45 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan , Kecantikan, Lambung dan Anak Paling Lengkap

Posted on

Manfaat Temulawak untuk Kesehatan , Kecantikan, Lambung dan Anak – Temulawak adalah jenis tanaman temu-temuan dengan bentuk rimpang dan akar. Temulawak masuk dalam keluarga tanaman Zingiberaciae, sama seperti kunyit, jahe, lengkuas dan lainnya. Tanaman jenis rimpang tersebut banyak tumbuh di wilayah tropis seperti di Indonesia dan negara Asia Tenggara.

Temulawak sering dimanfaatkan sebagai tanaman obat herbal yang bermanfaat mengobati berbagai masalah penyakit dalam tubuh kita. Hal ini disebabkan karena dalam temulawak mengandung Zat Aktif antara lain Kurkumin, kurkuminoid, P-toluilmetilkarbinol, seskuiterpen d-kamper, mineral, minyak atsiri serta minyak lemak, karbohidrat, protein, mineral seperti Kalium (K), Natrium (Na), Magnesium (Mg), Besi (Fe), Mangan (Mn), dan Kadmium (Cd). Kandungan tersebutlah yang membuat temulawak memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Manfaat Temulawak

1. Memelihara fungsi hati
Temulawak memiliki kandungan katagoga yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan fungsi hati. Katagoga bekerja dengan memproduksi empedu dalam hati dan merangsang pengosongan kandung empedu.

2. Mengobati Asam Lambung
Manfaat selanjutnya dari temulawak adalah bermanfaat mengobati asam lambung yang naik, hal ini dikarenakan temulawak memiliki kandungan kurkumin yang memang baik untuk mengatasi masalah lambung.

3. Menambah nafsu makan
Manfaat selanjutnya dari temulawak yaitu baik untuk meningkatkan nafsu makan khususnya pada anak-anak. Kandungan minyak atsiri pada temulawak yang bersifat karminativum berguna menambah nafsu makan.

4. Menjaga kecantikan wajah
Temulawak memiliki kandungan antioksidan yang memiliki manfaat untuk menjadikan kulit menjadi lebih sehat dan lebih sehat. Hal ini karena fungsi dari antioksidan adalah ampuh untuk menangkal radikal bebas penyebab munculnya jerawat.

5. Mengurangi radang sendi
Dalam temulawak memiliki kandungan kurkumin sekitar 100 mg fenibutazon yang bermanfaat baik untuk mengurangi peradangan pada sendi dalam tubuh. Hal ini terbukti bahwa di India, temulawak telah lama dimanfaatkan sebagai obat alami untuk meredakan radang sendi.

6. Mencegah dan mengurangi penyakit kanker
Kandungan kurkumin dalam temulawak juga memiliki fungsi dalam mencegah dan mengurangi penyakit kanker. Kurkumin memiliki manfaat untuk menghambat pertumbuhan kanker prostat dan mencegah perkembangbiakan sel penyakit kanker.

7. Mengontrol kolesterol
Temulawak memiliki fungsi untuk meningkatkan aliran empedu dari dalam kandung empedu ke hati. Cairan dalam empedu yang pahit dan berwarna hijau memiliki peran dalam proses penyerapan sari makanan agar tidak terganggu sehingga dapat mengontrol serta menormalkan kolesterol jahat dalam darah.

8. Melancarkan pencernaan
Kandungan zat dalam temulawak diketahui ampuh untuk merangsang produksi empedu yang bermanfaat melancarkan pencernaan. Sehingga tidak heran, jika banyak orang mengkonsumsi temulawak untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti gerd, asam lambung, perut begah dan lainnya.

9. Melancarkan ASI
Manfaat selanjutnya dari temulawak adalah membantu melancarkan dan meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui. Hal ini karena kandungan antioksidan pada temulawak yang bermanfaat mencegah terjadinya perubahan atau oksidasi nutrisi seperti protein dan asam lemak yang diperlukan untuk memproduksi ASI.

10. Menurunkan lemak darah
Manfaat selanjutnya dari temulawak adalah mampu menghasilkan fraksi kurkuminoid yang berkhasiat menurunkan kadar kolesterol total dan memberikan peningkatkan pada kolesterol baik. Senyawa kurkuminoid juga berperan baik menurunkan lemak darah sehingga berdampak baik untuk kesehatan jantung dan baik untuk sistem kardiovaskular dalam tubuh.

Manfaat Temulawak untuk Lambung

1. Mengobati Asam Lambung atau GERD
Asam lambung atau Gastro Esophageal Reflux Disease (GERD) adalah penyakit yang disebabkan tidak berfungsinya otot esofagus bagian bawah dengan baik. Sedangkan fungsi dari otot tersebut adalah membuka dan menutup agar makanan tidak kembali atau asam lambung naik ke atas. Munculnya gangguan tersebut biasanya disebabkan oleh beberapa hal, seperti stress berlebihan, makan tidak teratur, obesitas, merokok, diabetes, kurang tidur, konsumsi kopi berlebihan dan coklat berlebihan. Gejala yang muncul akibat asam lambung menyebabkan aktivitas terganggu. Untuk membantu mengatasi masalah asam lambung anda perlu mencoba melakukan pengobatan dengan menggunakan ramuan temulawak. Ramuan temulawak bermanfata mengurangi rasa sakit dan menyembuhkan penyakit asam lambung.

2. Mengobati Tukak Asam Lambung (Ulkus)
Tukak lambung adalah terkikisnya dinding lambung yang menimbulkan luka atau sering disebut dengan radang lambung. Biasanya penyakit tukak lambung diawali dengan sakit maagh berkelanjutan sehingga sering dikatakan bahwa penyakit tukak lambung bentuk parahnya penyakit maagh. Untuk mengobati penyakit ini, kita dapat memanfaatkan rebusan rimpang temulawak yang dicampur dengan daun salam dan diminum secara teratur.

3. Mengatasi Maag seperti Gastritis dan Dispepsia
Gastritis dan Dispepsia adalah jenis penyakit maag, yang perbedaanya terletak pada daerah yang mengalami peradangan. Maag sering disamakan dengan penyakit asam lambung. padahal keduanya berbeda, Maag terjadi karena asam lambung berlebih dan akhirnya lambung mengalami peradangan, sedangkan penyakit asam lambung terjadi karena asam lambung berlebih yang memungkinkan untuk kembali ke kerongkongan sehingga lidah terasa pahit. Untuk membantu mengatasi Maag seperti Gastritis dan Dispepsia anda dapat melakukan pengobatan dengan rutin mengkonsumsi rebusan rimpang temulawak secara teratur dan pola makan sehat.

4. Mengobati kanker Lambung
Sel kanker dapat tumbuh dan perkembang diberbagai organ dalam tubuh, tidak terkecuali juga pada lambung. Kandungan kurkumin pada temulawak diketahui mampu untuk membantu menghambat perkembangan dan penyebaran sel kanker. Karena itulah konsumsi temulawak juga baik untuk penderita kanker lambung.

5. Mengobati tumor lambung
Selain kanker, temulawak juga baik membantu mengobati penyakit tumor lambung. Tumor lambung sering disebut sebagai polip lambung yang ditandai dengan munculnya bintil-bintil pada permukaan lambung. Polip lambung biasanya muncul akibat sering mengkonsumsi makanan banyak mengandung pengawet, yang di asinkan atau perokok parah. Untuk mengobati tumor lambung anda perlu mengkonsumsi ramuan temulawak dan campuran kunyit secara rutin.

Manfaat Temulawak untuk Anak

Tanaman yang seringkali digunakan sebagai salah satu bahan obat herbal ini memiliki banyak kandungan yang cukup penting terutama menjaga kesehatan tubuh, baik tua maupun muda serta anak-anak yang terutama. Kandungan yang dimiliki oleh temulawak yang terpercaya menjadi satu dari sekian banyak tanaman herbal berkhasiat ini diantaranya protein, karbohidrat, serta minyak atsiri. Dalam minyak atsiri sendiri terdiri dari beberapa kandungan yakni glukosida, kamfer, kurkumin serta turmerol. Kurkumin dalam temulawak memiliki manfaat yang cukup penting yakni sebagai anti peradangan dan juga anti hepototoksik yang bisa diartikan sebagai penangkal keracunan pada empedu. Berikut ini beberapa manfaat temulawak untuk anak, antara lain:

  1. Mencegah peradangan pada mata anak
  2. Menjaga fungsi empedu
  3. Menjaga kesehatan organ hati pada anak
  4. Melancarkan buang air kecil pada anak
  5. Menambah nafsu makan anak
  6. Melancarkan produksi ASI pada ibu menyusui
  7. Obat pengusir nyamuk alami
  8. Mendukung tumbuh kembang kesehatan anak
  9. Sebagai makanan pendamping ASI

Manfaat Temulawak Untuk Kecantikan

Tidak hanya bermanfaat baik untuk kesehatan, temulawak juga memiliki manfaat untuk kecantikan wajah dan kulit Beberapa manfaat temulawak untuk kecantikan adalah untuk:

  1. Temulawak untuk Mengatasi Jerawat
  2. Temulawak untuk Mencerahkan Kulit
  3. Temulawak untuk Mencegah Penuaan Dini
  4. Temulawak untuk Menghaluskan kulit wajah
  5. Temulawak untuk Antioksidan Alami pada Kulit Wajah
  6. Temulawak untuk Mengencangkan Kulit
  7. Temulawak untuk Mengatasi Noda Hitam
  8. Temulawak untuk Menghilangkan Bekas Luka
  9. Temulawak untuk Mencegah kanker kulit
  10. Temulawak untuk Membuat kulit lebih awet muda
  11. Temulawak untuk menghilangkan kerutan pada kulit
  12. Temulawak sebagai pigmentasi
  13. Temulawak untuk mengangkat sel-sel kulit mati
  14. Temulawak untuk Melembabkan kulit wajah
  15. Temulawak untuk Menghilangkan bekas noda jerawat
  16. Temulawak untuk Mengatasi kulit belang
  17. Temulawak untuk Mengatasi kulit berminyak
  18. Temulawak untuk Mengecilkan pori-pori wajah
  19. Temulawak untuk mengatasi kulit kusam
  20. Temulawak untuk Menyamarkan flek hitam
  21. Temulawak untuk mengurangi produksi minyak berlebih

Untuk membantu mengatasi berbagai masalah kecantikan kulit dan wajah seperti diatas, anda perlu melakukan treatment menggunakan masker temulawak yang dicampurkan dengan beberapa bahan, seperti berikut ini.

Siapkan 1/2 sdt bubuk temulawak, 1 sdm madu, susu dan perasan jeruk nipis. Cara melakukan perawatannya yaitu bersihkan terlebih dahulu wajah dengan air perasan jeruk nipis dengan cara oleskan pada wajah kecuali area bagian mata. Tunggu 5 menit dan bersihkan. Setelah itu aduk campuran bubuk temulawak, madu dan susu cair, lalu oleskan secara merata pada wajah dan biarkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air hangat. Untuk hasil yang optimal, gunakan masker wajah temulawak dua kali seminggu.

Setiap obat, memiliki efek samping yang berbeda untuk setiap orang. Alangkah baiknya, gunakan obat sesuai dengan petunjuk dokter. Begitu juga dengan obat-obatan berbahan dasar temulawak.

Itulah penjelasan tentang Manfaat Temulawak untuk Kesehatan , Kecantikan, Lambung dan Anak . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.