Manfaat Susu Untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Kulit yang Perlu diketahui

Posted on

Manfaat Susu Untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Kulit  – Susu menjadi salah satu sumber nutrisi yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh, kecantikan kulit maupun untuk kesehatan rambut. Hal ini karena banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat dalam susu seperti vitamin, protein, kalsium, magnesium, fosfor, dan zinc, mineral atau lemak.

Pada umumnya susu yang dikonsumsi adalah susu sapi, susu kambing, susu kedelai, dan lain-lain. Namun saat ini banyak produk olahan yang berbahan dasar dari susu seperti pada yoghurt atau keju. Dari banyaknya kandungan nutrisi yang ada pada susu jadi tidak heran jika susu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari susu, antara lain:

Manfaat Susu untuk Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Tulang
Susu merupakan salah satu sumber kalsium yang baik untuk pertumbulan tulang, khususnya untuk tumbuh kembang anak. Teratur minum susu akan membuat tulang anak sehat dan kuat dan mencapai kepadatan tulang optimalnya di usia 25-30th. Asupan susu bagi anak-anak juga mempengaruhi tinggi badan mereka.

2. Mengurangi Peradangan dan Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Kandungan vitamin D pada susu bermanfaat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kekurangan vitamin D juga meningkatkan resiko osteoporosis.

3. Menguatkan Gigi
Susu merupakan sumber kalsium dan fosfor yang berperan penting untuk menjaga dan menguatkan gigi. Sedangkan salah satu protein yang disebut dengan kasein yang berperan membentuk film (lapisan) tipis di permukaan email gigi dan membantu mencegah hilangnya kalsium dan fosfat. Karena itulah susu memiliki peran yang penting untuk menjaga kesehatan gigi.

4. Meringankan Depresi
Kandungan vitamin D pada susu mendukung produksi serotonin, yaitu hormon yang berhubungan dengan suasana hati, nafsu makan dan tidur. Sedangkan tubuh yang kekurangan vitamin D berkaitan dengan depresi, kelelahan kronis, dan PMS.

5. Memperbaiki Tekanan Darah
Berdasarkan sebuah penelitian di Spanyol, pada lebih dari 5.000 orang dewasa mengkonsumsi susu rendah lemak, dan sekitar 54% lebih kecil kemungkinan untuk mengembangkan tekanan darah tinggi selama periode dua tahun.

6. Menjaga Berat Badan
Untuk anda yang sedang menjalankan program diet, mengkonsumsi susu rendah lemak dapat anda lakukan untuk membantu menurunkan berat badan. Segelas susu rendah lemak dan buah segar dapat anda konsumsi pada malam hari untuk menunjang diet yang anda lakukan.

7. Menambah energi saat menstruasi
Mengkonsumsi susu baik untuk meningkatkan energi pada wanita yang sedang pada masa PMS. Menurut sebuah studi dari University of Massachusetts di Amherst menyatakan, wanita yang lebih banyak mendapatkan kalsium dan vitamin D memiliki resiko lebih rendah mengembangkan PMS.

8. Baik untuk kesuburan
Wanita yang mengkonsumsi lebih dari satu porsi susu tinggi lemak sekitar 25%, lebih kecil kemungkinannya untuk menderita masalah ovulasi dibandingkan dengan mereka yang lebih sedikit meminum susu dalam seminggu.

9. Menjaga Kesehatan Jantung
Manfaat susu juga terbukti mampu mengurangi masalah penyakit kardivaskular dan kemungkinan terhadap penyakit stroke. Kandungan magnesium dan kalsium pada susu juga bertindak sebagai vasodilator yang dapat mengurangi tekanan darah, meningkatkan aliran darah ke organ-organ vital, serta mengurangi ketegangan pada jantung dan sistem kardiovaskular.

10. Mencegah Diabetes tipe 2
Mengkonsumsi rutin susu rendah lemak dapat membantu mengurangi resiko terkena penyakit diabetes tipe 2. Hal ini karena produk susu maupun olahan susu memiliki kadar indeks glikemik rendah, yang dapat membantu dalam mengontrol kadar gula.

11. Mengurangi Keasaman Tubuh
Mengkonsumsi susu atau produk olahan susu dalam keadaan dingin dapat membantu mengurangi keasaman pada seluruh tubuh.

Manfaat Susu untuk Kecantikan

12. Toner Pembersih
Susu juga dapat digunakan sebagai pembersih wajah untuk membantu menghilangkan kotoran diwajah. Hal ini karena kandungan enzim lipase yang dapat larut dalam lemak. Selain itu, kandungan asam laktat pada susu juga dapat membantu mengangkat sel kulit mati sehingga menjadikan kulit lebih halus dan bercahaya. Cara perawatan dengan susu adalah dengan mengoleskan susu murni pada wajah dan biarkan selama 5 menit hingga kering lalu bilas hingga bersih.

13. Pelembab untuk kulit kering dan pecah-pecah
Produk olahan susu seperti mentega memiliki manfaat sebagai moisturiser untuk membantu melembabkan kulit kering dan kulit pecah-pecah. Anda dapat menerapkan pada tangan, kaki, wajah atau bibir.

14. Mencerahkan kulit
Susu juga bermanfaat membantu mencerahkan kulit wajah, caranya dengan mencampurkan 2 sendok makan susu bubuk, satu sendok makan madu, dan kemudian campur menggunakan 2 sendok air hangat. Lalu gunakan campuran tersebut dengan menerapkannya ke seluruh wajah dan leher. Biarkan hingga mengering dan kaku. Bersihkan menggunakan air hangat.

15. Mencegah Penuaan dini
Kandungan enzim, protein, mineral dan vitamin yang terkandung di dalam susu dapat membantu meremajakan kulit. Caranya dengan mencampurkan pisang yang telah dihaluskan dengn susu lalu oleskan secara merata pada wajah. Cara ini bertujuan untuk membantu menghilangkan garis-garis halus pada wajah yang menyebabkan penuaan dini.

16. Mengatasi Kulit Sensitif
Untuk anda yang memiliki jenis kulit sensitif, tentunya akan lebihberhati-hati untuk memilih pembersih wajah. Susu bisa anda gunakan sebagai alternatif pembersih wajah. Hal ini karena susu tidak akan memberikan dampak alergi pada semua jenis kulit.

17. Membersihkan sel kulit mati
Gunakan scrub yang berasal dari susu murni dan garam untuk membantu mengangkat sel kulit mati pada tubuh. Gunakan scrub dan beri gosokan lembut lalu biarkan selama 20 menit dan bilas hingga bersih.

18. Mengercilkan pori-pori
Manfaat selanjutnya dari susu adalah mampu mengecilkan pori-pori. Caranya yaitu dengan siapkan krim susu secukupnya kemudian oleskan secara merata di sleuruh wajah dan leher. Biarkan mengering selama 15 menit, kemudian cuci menggunakan air dingin.

19. Kondisioner Rambut
Susu juga bermamfaat untuk perawatan rambut, hal ini karena kandungan enzi dalam susu dan kandungan protein yang menjadikan susu dapat digunakan sebagai kondisioner rambut. Caranya yaitu dengan mengoleskan susu cain pada rambut setelah keramas, lalu beri pijatan lembut dan bilas hingga bersih.

20. Mengatasi Rambut kering dan kasar
Menggunakan masker susu secara rutin pada rambut bermanfaat baik untuk menghaluskan rmabut secara alami. Caranya yaitu dengan mengoleskan susu murni pada rambut lalu beri pijatan lembut dan bilas seperti biasanya. Namun cara ini tidak dianjurkan oleh seseorang yang memiliki ketombe, karena dapat memperparah kondisi ketombe.

Sudah sejak dulu susu dijadikan sumber asupan yang menyempurnakan gizi untuk kebutuhan tubuh yaitu 4 sehat, 5 sempurna oleh susu. Atas kepentingan itulah, susu harus dikonsumsi karena manfaatnya yang penting untuk tubuh, sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.

Itulah penjelasan tentang Manfaat Susu Untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Kulit . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.