21 Manfaat Sorgum untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Posted on

Manfaat Sorgum untuk Kesehatan – Sorgum adalah jenis tanaman dari keluarga rumput-rumputan yang masih satu keluarga dengan padi, jagung dan gandum yang dapat hidup didataran beriklim tropis maupun subtropis. Sorgum terdiri dari beberapa jenis, namun hanya ada 1 jenis saja yang dapat dikonsumsi oleh manusia yaitu jenis biji sorghum bicolor yang berasal dari Afrika, sedangkan jenis lainnya digunakan sebagai pakan ternak.

Biji sorgum dikenal sebagai bahan baku pembuatan sereal penting no 5 di dunia. Bukan hanya itu, biji sorgum juga dikenal memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Seperti kandungan riboflavin, niacin, thiamin. Selain itu, biji sorgum juga dilengkapi dengan mineral penting seperti zat besi, tembaga, kalium, fosfor dan magnesium.

Sorgum juga mengandung serat tidak larut air atau serat kasar dan serat pangan, masing-masing sebesar 6,5% – 7,9% dan 1,1% – 1,23%. Kandungan protein pun seimbang dengan jagung sebesar 10,11% sedangkan jagung 11,02%. Begitu pula dengan kandungan patinya sebesar 80,42% sedangkan kandungan pada jagung 79,95%.

Sorgum, dikenal memiliki manfaat yang lebih baik daripada tepung terigu karena gluten free serta memiliki angka glikemik index yang rendah sehingga turut mendukung tren gerakan konsumen gluten free diet seperti di negara-negara maju.

Selain gluten free, sorgum juga memiliki senyawa fenolik yang memiliki aktivitas antioksidan, anti tumor dan dapat menghambat perkembangan virus sehingga bermanfaat bagi penderita penyakit kanker, jantung dan HIV-1.

Manfaat Sorgum

1. Mencegah Kanker
Biji sorgum memiliki lapisan katul yang mengandung antioksidan. Kandungan antioksidan yang terdapat pada biji sorgum memiliki peran untuk menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Radikal bebas yang masuk kedalam tubuh dapat memicu perkembangan dan pertumbuhan sel kanker. Mengkonsumsi sorgum secara tidak langsung juga dapat mencegah timbulnya penyakit kanker.

2. Melancarkan Pencernaan
Biji sorgum memiliki banyak kandungan serat yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Hal ini karena kandungan serat pada satu porsi sorgum dapat memenuhi kebutuhan serat harian tubuh. Dengan sistem pencernaan yang sehat, maka makanan akan tercerna dengan baik sehingga tubuh akan terhindar dari masalah pencernaan seperti masalah asam lambung, sembelit, diare, kembung dan masalah pencernaan lainnya.

3. Meningkatkan Stamina dan Tenaga
Sorgum memiliki kandungan vitamin B6 yang merupakan peran penting untuk mengubah senyawa makanan menjadi energi. Dengan mengkonsumsi sorgum maka energi tubuh anda dapat terjaga sepanjang hari sehingga anda bisa menjalankan rutinitas harian dengan lebih semangat.

4. Mengontrol Gula Darah
Selain antioksidan, pada katul biji sorgum juga memiliki kandungan zat tanin yang memiliki enzim untuk menghambat proses penyerapan pati oleh tubuh sehingga bisa membantu mengontrol kadar insulin dan juga kadar glukosa dalam tubuh. Karena itu, sorgum sering menjadi makanan pengganti bagi penderita diabetes.

5. Menjaga Kesehatan Tulang
Sorgum memiliki kandungan magnesium yang bermanfaat untuk membantu proses penyerapan kalsium dalam tubuh. Magnesium dan kalsium berperan dalam proses pembentukan jaringan tulang dan menjaga kesehatan tulang sehingga tulang tidak mudah keropos.

6. Melancarkan sirkulasi darah
Biji sorgum emiliki kadnungan zat besi yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh serta melancarkan sirkulasi darah sehingga tubuh menjadi lebih bugar dan terhindar dari anemia.

7. Menjaga Kesehatan Jantung
Sorgum tinggi kandungan serat yang juga membantu tubuh untuk mengikis kolesterol berbahaya (LDL), hal ini bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung dan melindungi tubuh dari kondisi seperti aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

8. Mengontrol Celiac
Celiac termasuk dalam jenis penyakit baru, yaitu jenis penyakit alergi parah terhadap gluten. Biji sorgum merupakan jenis biji-bijian gluten free sehingga aman dikonsumsi oleh anda yang memiliki alergi terhadap gluten.

9. Meningkatkan sel darah merah
Biji sorgum memiliki kandungan tembaga yang berperan untuk membantu meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh. Dengan demikian, hal tersebut dapat membantu menurunkan resiko terkena penyakit anemia. Perkembangan sel darah merah ini juga akan meningkatkan sirkulasi darah, merangsang dan memperbaiki pertumbuhan sel, serta meningkatkan pertumbuhan rambut dari kulit kepala.

10. Menjaga Kesehatan Tiroid
Mangan merupakan komponen dari tiroksin yang menjadi hormon penting dalam kelenjar tiroid. Sedangkan biji sorgum kaya akan kandungan mangan yang bermanfaat untuk membantu fungsi kelenjar tiroid dalam tubuh.

11. Meningkatkan Daya Kognitif
Fungsi otak dan neurotransmitter berasal dari fosfor. Sorgum memiliki kandungan fosfor yang membantu menjaga respon emosi, neuron dan hormon, sehingga akan mencegah terjadinya penurunan daya kognitif dan gangguan usia seperti penyakit alzheimer.

12. Menjaga Kesehatan Gigi
Selain untuk menjaga kesehatan tulang, kandungan magnesium yang membantu proses penyerapan kalsium dalam tubuh juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi. Mengkonsumsi biji sorgum bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan gigi dengan baik.

13. Menjaga Kesehatan Lambung
Biji sorgum juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan lambung. Biji sorgum dapat mencegah peradangan dan maag yang terjadi pada lambung.

14. Menyehatkan Organ usus
Sorgum tinggi kandungan serat yang berperan untuk melancarkan sistem pencernaan. Sistem pencernaan yang baik akan berperan baik pula untuk menjaga kesehatan usus.

15. Anti Tumor
Kandungan antioksidan dan nutrisi pada sorgum berperan membantu melindungi sel-sel tubuh dari perkembangan abnormal yang menjadi pemicu pertumbuhan sel tumor.

16. Mengahambat perkembangan virus
Sorgum juga sangat baik dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung, kanker, atau HIV-1 karena dapat menghambat perkembangan virus di dalam tubuh.

17. Melancarkan Metabolisme Tubuh
Biji sorgum memiliki kandungan niacin yang berperan dalam pembentukan energi dari makan yang masuk ke tubuh sehingga metabolisme tubuh menjadi lancar dan kebutuhan tubuh akan energi tercukupi dengan baik.

18. Anti Sembelit
Kandungan tinggi serat pada biji sorgum bermanfaat baik untuk menjaga pencernaan sehingga tubuh akan terhindar dari masalah sembelit.

19. Mencegah Osteoporosis
Mengkonsumsi biji sorgum baik untuk menjaga kesehatan tulang sehingga dapat mencegah dan meminimalisir timbulnya gangguan dan penyakit yang berkaitan dengan tulang, salah satunya adalah masalah osteoporosis.

20. Meningkatkan kekebalan tubuh
Konsumsi sorgum yang kaya nutrisi dalam jumlah cukup juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tubuh terlindungi dari serangan berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit.

21. Menurunkan Berat Badan
Meskipun tinggi karbohidrat, sorgum juga tinggi serat sehingga dapat mengenyangkan lebih lama. Sorgum bisa dijadikan alternatif untuk anda yang ingin menurunkan berat badan.

Manfaat tersebut bisa didapatkan dengan mengkonsumi biji sorgum secara rutin.  Demikianlah pembahasan singkat tentang Manfaat Sorgum untuk Kesehatan yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..