37 Manfaat Sereh Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit yang Perlu Anda Ketahui

Posted on

Manfaat Sereh Untuk Kesehatan dan Kecantikan – Sereh atau banyak orang menyebutnya sebagai batang serai adalah tanaman herbal dari keluarga rumput Poaceae. Tanaman sereh memiliki batang kasar, berumbai serta daun tengah yang tumbuh pada tandan tebal. Sereh tumbuh secara bertandan dengan tinggi mencapai 3 meter.

Sereh sering dimanfaatkan oleh banyak orang sebagai bumbu masakan, karena sereh akan mengeluarkan rasa masam seperti pada lemon dan memiliki bau khas yang mampu meningkatkan cita rasa makanan.

Selain bermanfaat sebagai bumbu masakan, batang sereh juga sering dimanfaatkan sebagai ramuan yang dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Hal ini karena dalam batang sereh memiliki kandungan manfaat yang penting untuk kesehatan. Beberapa kandungan yang ada pada batang sereh seperti kandungan nutrisi seperti vitamin A dan C, folat, asam folat, magnesium, zat besi, seng, tembaga, potasium, fosfor, kalsium dan mangan.

Dalam batang sereh juga memiliki kandungan berupa sumber vitamin yang penting bagi tubuh seperti vitamin A, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B6 (piridoksin), folat dan vitamin C. Selain sumber vitamin, sereh juga memiliki kandungan mineral penting seperti potasium, kalsium, magnesium, fosfor, mangan, tembaga, seng dan zat besi.

Selain itu memiliki kandungan antioksidan, flavonoid dan senyawa fenolik seperti luteolin, glikosida, kuersetin, kaempferol, eliminin, catecol, asam chlorogenic, dan asam caffeic. Bahkan serai bersifat sebagai anti jamur dan antimikroba.

Manfaat Sereh

1. Sebagai Anti Kanker
Batang sereh memiliki kandungan Citral, yaitu salah satu zat anti kanker yang membantu membunuh perkembangan sel-sel kanker. Senyawa Citral bertugas membantu membunuh sel kanker dengan tetap mempertahankan sel ata jaringan sehat dalam tubuh.

2. Mengatasi Diabetes
Dalam teh serai memiliki manfaat untuk membatnu membersihkan dan detoksifikasi pankreas dan membantu meningkatkan fungsi pankreas, sehingga mampu membantu menurunkan tingkar gula darah pada penderita diabetes.

3. Mengatasi Anemia
Batang sereh memiliki kandungan zat besi yang penting untuk ksintesis hemoglobin (Protein dalam sel darah merah yang bertanggung jawab membawa oksigen ke seluruh tubuh). Serai juga bermanfaat membantu berbagai jenis anemia yang disebabkan kekurangan zat besi.

4. Membersihkan bakteri dan jamur
Dalam rebusan sereh memiliki kandungan antiseptik yang dapat membantu menghilangkan mikro-organisme jahat dalam tubuh, proses detoksifikasi, membersihkan darah, menghilangkan bakteri, jamur serta ragi.

5. Sebagai antiinflamasi dan anti-septik
Dalam rebusan sereh memiliki kandungan antiinflamasi dan antiseptik yang bermanfaat baik sebagai teh herbal untuk mengobati arthritis, asam urat dan radang saluran kemih.

6. Sebagai minyak gosok
Kandungan minyak atsiri pada daun sereh bermanfat membantu dan melakukan tindakan balsamic yang dapat digunakan untuk meredakan saluran pernapasan. Ekstrak daun serai juga sering digunakan untuk meringankan gejala yang berhubungan dengan flu dan demam dingin.

7. Sebagai Detoksifikasi
Ekstrak daun sereh memiiki sifat Anti-oksidan, anti-septik dan efek diuretik yang penting untuk proses detoksifikasi tubuh. Proses detoksifikasi sangat penting untuk membersihkan dan memurnikan ginjal, hati, kandung kemih, pankreas dan membantu meningkatkan sirkulasi darah. Efek diuretik membantu mengeluarkan racun secara efektif.

8. Menurunkan berat badan
Konsumsi teh daun sereh bermanfaat untuk mencairkan lemak dengan proses detoksifikasi. Efek tersebut juga membantu melancakan BAB dengan volume tinggi, efektif dan cepat, sehingga berdampak baik untuk menurunkan berat badan.

9. Menurunkan kolesterol
Dalam batang serai memiliki kandungan zat anti kolesterol dan anti aterosklerosis, kedua zat tersebut berkhasiat membantu dan mengurangi penyerapan kolesterol dari usus. serta oksidasi LDL (kolesterol jahat) dalam darah, sehingga mencegah salah satu proses awal dalam pembentukan plak aterosklerotik.

10. Mengatasi Insomnia
Insomnia adalah terjadinya ketidakseimbangan zat kimia dalam tubuh atau adanya gangguan pada sistem saraf. Rebusan batang sereh bermanfaat untuk proses pemurnian dan memberikan efek menenangkan sehingga membantu meningkatkan proses dan kualitas tidur.

11. Menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi
Rebusan batang sereh memiliki kandungan tinggi akan potasium, hal ini mampu memdorong proses diuresis yang dapat membantu menurunkan dan mengatur tekanan darah. Untuk membantu menurunkan tekanan darah, anda dapat mengkonsumsi teh betang sereh secara rutin.

12. Mengatasi Gastritis
Satu cangkir teh batang serai berkhasiat untuk membantu pemulihan rasa mulas / gastritis atau gangguan pencernaan akibat berlebihan zat asam dalam tubuh.

13. Meningkatkan sistem saraf
Dalam satu cangkir rebusan batang sereh memiliki kandungan magnesium, fosfor, dan folat. Senyawa tersebut merupakan nutrisi penting yang diperlukan tubuh untuk perkembangan dan fungsi sistem saraf. Mengkonsumsi teh sereh secara rutin bermanfaat membantu meningkatkan konsentrasi, memori dan kemampuan otak untuk memproses informasi.

14. Membersihkan racun dalam tubuh
Manfaat paling penting yang didapatkan dari mengkonsumsi teh sereh yaitu efek memurnikan pada seluruh tubuh, membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh dengan meningkatkan pembersihan usus besar.

15. Membantu proses pencernaan
Manfaat selanjutnya dari rebusan batang sereh adalah ampuh mengatur fungsi usus dan motilitas dengan sifat anti-mikroba yang dimiliki. Sifat tersebut ampuh membantu bakteri jahat dan parasit dengan mengembalikan bakteri baik dalam usus, sehingga membantu meningkatkan masalah pencernaan seperti mengatasi gangguan pencernaan, sembelit, diare, kembung usus, perut kembung, kejang perut, muntah dan kram.

16. Mencegah penyakit malaria
Penyakit malaria disebabkan oleh parasit dan ditularkan ketubuh manusia oleh nyamuk, yang jika diabaikan dapat menyebabkan kematian. Dalam batang sereh ditemukan terdapat kandungan minyak esensial yang bermanfaat baik untuk menekan resiko penyakit malaria sebesar 62 hingga 87%.

17. Mengatasi gangguan pernafasan
Batang serai sering dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi batuk dan pilek karena daam rebusan batang sereh memiliki efek penyembuhan untuk masalah gangguan pernafasan. Dalam batang sereh juga memiliki kandungan vitamin C yang memiliki efek menyembuhkan, membantu mengatasi penyumbatan hidung, flu dan gangguan pernapasan lainnya seperti asam dan brokial.

18. Mengatasi radang sendi
Sereh memiliki sifat anti-inflamasi dan penghilang rasa sakitnya. Sereh membantu mengobati radang sendi, rematik, osteoartritis, asam urat dan beberapa jenis nyeri sendi lainnya. Untuk menredakan radang sendi anda dapat menggosok bagian yang sakit dengan minyak sereh atau dengan rutin mengkonsumsi rebusan batang sereh.

19. Meningkatkan produksi ASI
Manfaat selanjutnya dari mengkonsumsi teh batang sereah adalah membantu meningkatkan produksi ASI. Selain itu, sifat antimikroba dan anti bakteri yang ada pada rebusan batang sereh membantu bayi agar terhindar dari infeksi. Ibu menyusui dapat mengkonsumsi teh batang sereh sehari dua kali, hanya saja jagan berlebihan.

20. Meredakan nyeri datang bulan
Manfaat selanjutnya dari teh batang sereh adalah baik untuk kesehatan wanita, baik juga untuk membantu mengurangi rasa sakit akibat menstruasi, hal ini karena dalam teh batang sereh memiliki efek yang menenangkan.

21. Mengatasi Depresi
Dalam teh batang sereh memiliki sifat anti depresen yang sangat baik membantu mengatasi depresi. Kandungan sifat tersebut bekerja dengan mengaktifkan pelepasan serotonin yang berfungsi melawan depresi, mengatasi cemas, meningkatkan semangat dan memberikan efek menenangkan.

22. Mengatasi rematik
Batang serai memiliki kandungan antiinflalmasi yang efektif untuk membantu menghilangkan rasa sakit dan rasa tidak nyaman yang disebabkan karena rematik.

23. Meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak
Mengkonsumsi teh sereh memiliki manfaat untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga membuat prose pencernaan lebih lancar dan mengoptimalkan proses pembakaran kaloru dalam tubuh.

24. Mengatasi Masuk angin
Mengkonsumsi teh batang serai dan gula merah memiliki sifat menghangatkan tubuh sehingga sangat baik dikonsumsi ketika tubuh merasa masuk angin, perut kembung dan gejala yang menyertainya.

25. Menangkal radikal bebas
Dalam batang sereh kaya akan antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas dan membantu menguatkan sistem imunitas serta membuat daya tahan tubuh kebal terhadap serangan penyakit.

26. Mengatasi infeksi
Batang sereh memiliki kandungan antiseptik yang baik untuk membantu mencegah terjadinya infeksi pada luka atau penyakit kulit lainnya akibat jamur.

27. Menjaga kesehatan gigi dan mulut
Kandungan antibakteri dan antiseptik yang ada pada batang sereh juga bermanfaat baik untuk membantu menjaga kesehatan mulut dan berguna untuk memutihkan gigi.

Manfaat Sereh Untuk Kecantikan

Saat ini banyak produk kecantikan herbal yang berbahan dasar batang sereh, namun tetap ada campuran bahan lain seperti minyak kelapa, susu, minyak zaitun, dan tentunya minyak sereh. Anda dapat menggunakan sabun herbal sereh untuk merawat kecantikan kulit, beberapa manfaat yang didapatkan dari sabun sereh herbal antara lain:

  1. Menjaga kesehatan kulit
  2. Mengatasi jerawat
  3.  Menghilangkan bekas jerawat
  4. Mengatasi kulit pecah-pecah pada kaki
  5. Menghilangkan bau badan
  6. Menghilangkan ketombe
  7. Mencerahkan kulit
  8. Sebagai aroma terapi yang menenangkan
  9. Mengrileksasi tubuh dari kelelahan
  10. Mencegah gigitan nyamuk dan serangga.

Itulah penjelasan tentang Manfaat Sereh Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.