34 Manfaat Semut Jepang untuk Kesehatan dan Cara mengkonsumsi dengan tepat dan Efektif Menyembuhkan

Posted on

Manfaat Semut Jepang untuk Kesehatan – Semut Jepang adalah sejenis serangga kecil dari anggota Marga Tenebrio dan Tribolium (Ordo Coleoptera) yang berasal dari jepang . Semut jepang memiliki bentuk menyerupai serangga kumbang sagu pada pohon kelapa namun memiliki ukuran kecil.

Semut Jepang diyakini ampuh sebagai obat herbal atau obat untuk terapi yang bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit dalam tubuh seprti diabetes, kolesterol tinggi, hipertensi, penyakit jantung, penyakit asam urat, hingga osteoporosis. Serangga ini juga diklaim mampu meningkatkan kejantanan pria di ranjang.

Semut jepang memiliki kandungan Gizi dan Zat yang mengandung obat seperti Protein, Asam Amino, Asam Laktat, Asam Hialuronat (hyaluronic acid), Enzym hmes. Simak beberapa manfaat yang didapatkan dari semut jepan berikut ini :

Manfaat Semut Jepang

Manfaat semut jepang berdasarkan kandungannya

1. Protein
Kandungan protein pada semut jepang merupakan protein alami berkualitas tinggi sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan protein dalam semut jepang berfungsi bagi kesehatan antara lain untuk :

  1. Protein berfungsi sebagai zat pembangun yang berfungsi dalam pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan, menggantikan sel-sel yang telah mati dan harus terpakai sebagai protein struktural.
  2. Protein sebagai pertahanan tubuh untuk melawan berbagai mikroba dan zat toksik yang masuk kedalam tubuh.
  3. Protein sebagai zat pengatur yang berfungsi untuk mengatur proses metabolisme dalam bentuk enzime dan hormone.
  4. Protein dalam kromosom berfungsi untuk menyimpan dan meneruskan sifat-sifat keturunan dalam bentuk genes.

2. Asam Amino
Kandungan asama amino pada semut jepang memiliki manfaat bagi kesehatan seperti :

  1. Asam amino dalam semut jepang berfungsi untuk membantu mencegah rambut rontok dan menghambat pertumbuhan tumor dan kanker.
  2. Asam Amino dalam semut jepang bermanfaat untuk meningkatkan proses detoksifikasi amonia oleh hati sehingga akan membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.
  3. Asam Amino dalam semut jepang berguna untuk memastikan keseimbangan nitrogen yang dibutuhkan untuk kelancaran sistem reproduksi.
  4. Asam Amino dalam semut jepang bermanfaat untuk meningkatkan massa otot dan meningkatkan berat badan.
  5. Asam Amino dalam semut jepang bermanfaat untuk memperbaiki kulit dari jaringan ikat.
  6. Asam Amino dalma semut jepang juga bermanfaat untuk kesehatan kulit, rambut , dan kuku yang sehat
  7. Asam Amino pada semut jepang juga dapat memicu pelepasan insulin dan dengan demikian membantu keseimbangan tingkat gula darah.
  8. Asam amino juga berfungsi untuk merangsang produksi hormon pertumbuhan dan memperkuat tulang serta kolagen.
  9. Asam amino membantu menghindarkan kelelahan dan meningkatkan stamina.
  10. Asam Amino pada semut jepang berfungsi membantu menjaga kesehatan jantung, membantu menghindari depresi, dan meningkatkan daya ingat.

3. Asam Laktat
Pada awalnya senyawa asam laktat dianggap sebagai zat sisa yang dicurigai dapat menyebabkan kelelahan selama olahraga dan kram otot setelah selesai olahraga. Namun, penelitian baru menyebutkan, asam laktat merupakan bahan energy yeng penting selama olahraga yang berlangsung lama. Asam laktat justru bekerja untuk memperlambat terjadinya kelelahan dan meningkatkan kemampuan berolahraga.

  • Kandungan asam laktat dalam semut jepang dapat berfungsi menjadi bahan bakar untuk pembentukan energi dalam tubuh .

4. Asam Hialuronat (hyaluronic acid)
Senyawa Asam Hialuronat (hyaluronic acid) adalah zat yang ada pada seluruh jaringan tubuh manusia yang berfungsi untuk mengikat air. Asam Hialuronat (hyaluronic acid) juga berfungsi untuk menstabilkan struktur interseluler (bagian dalam sel) dan membentuk matriks fluida untuk tempat pengikatan kolagen dan serat elastik.

5. Enzym Hmes
Enzym Hmes adalah Hepatic Microsomal Enzyme System yang berfungsi seperti antikoagulan atau anti pembekuan darah. Enzim tersebut bertujuan untuk melancarkan proses pencernaan serta metabolisme pada tubuh. Enzim akan mengolah zat-zat baru yang masuk kedalam tubuh sehingga proses lainnya yang berubah. Enzym hmes didalam tubuh manusia berfungsi untuk memperlancar peredaran darah.

Manfaat Semut Jepang Untuk Kesehatan

1. Melancarkan Peredaran Darah
Semut jepang memiliki manfaat untuk melancarkan peredaran darah sehingga anda akan terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan karena peredaran darah yang tidak normal, seperti penyakit stroke dan jantung.

2. Meningkatkan Metabolisme tubuh
Manfaat lain dari semut jepang adalah membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Proses metabolisme memiliki peranan yang penting untuk kesehatan. Mengkonsumsi semut jepang akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga tubuh akan terjaga kesehatannya.

3. Sebagai antioksidan
Semut jepang tinggi akan kandungan antioksidan. Antioksidan berperan penting untuk menangkal radikal bebas yang membahayakan tubuh.

4. Meningkatkan Fungsi Sel
Semut jepang juga bermanfaat untuk mengingkatkan fungsi sel dalam tubuh sehingga tubuh senantiasa akan terhindari dari berbagai macam penyakit.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh
Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, anda dapat meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi semut jepang.

6. Sebagai Detoksifikasi
Manfaat lain dari semut jepang adalah sebagai detoksifikasi tubuh. Detoksifikasi berfungsi agar tubuh terhindar dari berbagai macam masalah penyakit.

7. Menguatkan saraf
Masyarakat Cina meyakini bahwa semut jepang memiliki kandungan yang efektif untuk memperkuat sistem saraf pada manusia. Sehingga masyarakat Cina sering mengkonsumsi semut jepang untuk memperkuat sistam saraf dalam tubuh.

Manfaat Semut jepang Untuk mengobati Penyakit

1. Mengobati Asam Urat
Asam urat biasanya sering diderita para orang tua, asma urat ditandai dengan munculnya nyeri pada persendian yang terasa sangat sakit. Untuk mengatasinya, Semut jepang memiliki kandungan khusus untuk menyembuhkan asam urat.

2. Menstabilkan tekanan darah
Kandungan enzim pada semut merah sangat baik untuk membantu menstabilkan tekanan darah dalam tubuh. Dengan tekanan darah yang stabil, tubuh akan terhindar dari berbagai macam penyakit seperti terhindar dari stroke, serangan jantung dan kolesterol.

3. Mengatasi stroke
Manfaat selanjutnya dari semut jepang adalah ampuh untuk mengatasi stroke sesuai dnegan tingkat keseriusan. Namun untuk stroke yang sudah terlampau parah sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

4. Mengatur kadar kolesterol
Kolesterol ada yang baik dan ada yang jahat. Kolesterol jahat merupakan musuh utama dalam tubuh karena mengakibatkan munculnya berbagai macam jenis penyakit dalam tubuh. Cara untuk menstabilkan kolesterol dalam tubuh adalah dengan menjaga pola hidup sehat dan bila perlu konsumsi semut jepang untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

5. Meringankan penyakit jantung
Manfaat semut merah lainnya adalah ampuh untuk meringankan penyakit jantung.

6. Meningkatkan vitalitas
Untuk anda yang membutuhkan tambahan energi, anad dapat mencoba mengkonsumsi semut merah untuk membantu meningkatkan vitalitas. serta stamina untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

7. Mengobati penyakit hati
Konsumsi semut merah juga efektif untuk meringankan penyakit liver baik ringan maupun berat.

8. Meringankan diabetes
Semut jepang memiliki manfaat untuk meringankan diabetes dalam tubuh dengan mengatur kadar gula menjadi lebih normal.

9. Meningkatkan kesuburan
Selain membantu untuk meningkatkan vitalitas, semut jepang juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kesuburan pada wanita.

10. Mencegah kanker
Kandungan antioksidan pada semut jepang memiliki manfaat untuk mencegah sel-sel kanker berkembang dalam tubuh. Hal tersebut dikarenakan antioksdian mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Cara Mengkonsumsi Semut Jepang

Terdapat beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengkonsumsi semut jepang. Anda dapat mencoba beberapa cara seperti dibawah ini.

1. Menggunakan air hangat
Anda dapat mengkonsumsi semut jepang dengan menenggelamkan semut jepang pada setengah gelas air panas hingga mati, lalu konsumsi semut jepang secara langsung atau menggunakan pisang.

2. Kapsul gelatin
Cara selanjutnya untuk mengkonsumsi semut jepang adalah dengan menggunakan kapsul gelatin, yaitu dengan memasukkan semut jepang pada kapsul gelatin.

Mengkonsumsi semut jepang harus berdasarkan jenis penyakit yang diderita, karena jenis penyakit memiliki takaran masing-masing. Untuk mengobati penyakit diabetes konsumsi semut merah sebanyak 5 ekor setelah makan sehari 2 kali. Ketika diabetes berkurang, anda dapat mengurangi jumlah takaran menjadi 3 ekor.

Untuk penderita darah tinggi dan penykit jantung, anda dapat mengkonsumsi semut jepang sebanyak 5 ekor hingga 7 ekor dan dikonsumsi 2 kali sehari hingga sembuh. Jika tubuh sudah normal kurangi jumlah konsumsi semut jepang menjadi 3 atau 2 ekor saja.

Efek Samping Semut Jepang

Beberapa efek samping yang dikabarkan muncul karena makan semut jepang antara lain tubuh jadi panas, kurang darah, lemas karena gula darah menurun drastis, gangguan pencernaan seperti mual dan muntah, hingga infeksi bakteri pada usus.

Itulah penjelasan tentang Manfaat Semut Jepang untuk Kesehatan. Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.