34 Manfaat Pare Untuk Kesehatan dan Kecantikan Yang Perlu Diketahui

Posted on

Manfaat Pare Untuk Kesehatan dan Kecantikan – Pare adalah sayuran berwarna hijau cerah yang masuk dalam family Cucurbitaceae atau suku labu-labuan yang memiliki rasa pahit. Meskipun memiliki rasa pahit, pare adalah salah satu jenis sayuran yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Rasa pahit pada pare disebabkan karena pare memiliki senyawa momordicin pada bagian dagingnya.

Pare tumbuh secara merambat dan menjalar seperti pohon mentimun. Pada umumnya masyarakat memasak pare untuk ditumis dengan campuran sayur lain atau dengan daging. Namun, tahukah anda jika pare memiliki banyak kandungan manfaat yang baik untuk kesehatan.

Pare memiliki kandungan rendah kalori yaitu sekitar 17kalori/100gram pare. Selain itu, pare juga memiliki kandungan fitonutrien, serat, mineral, vitamin dan anti oksidan. Beberapa kandungan pare lainnya dapat anda lihat pada tabel dibawah ini:

Manfaat Pare untuk Kesehatan

  1. Melegakan Pernafasan
    Pare memiliki manfaat untuk membantu melegakan pernafasana terutama pada penyakit asma. Pare berperan melegakan pernapasan dengan sel-sel penecap dengan rasa pahit yang dimilikinya.
  2. Mencegah kehamilan
    Bagi anda yang belum mengingikan kehamilan, pare bisa mengontrol kehamilan anda. Rasa pahit pada pare dapat mengusir spermatozoid yang ada pada wanita. Hal tersebut bermanfaat menurunkan resiko kehamilan terjadi.
  3. Mengatasi Diabetes
    Pare memiliki kandungan senyawa sulfonylurea yang biasanya ada pada obat diabetes. Selain itu pare juga memiliki kandungan sneyawa sterol glikosida yang bagus dikonsumsi penderita diabtes, dan sifat hipoglikemiknya bermanfaat baik untuk mengatasi diabetes.
  4. Meningkatkan Nafsu Makan
    Manfaat lainnya dari pare adalah untuk meningkatkan nafsu makan. Hal ini karena pare memiliki kandungan asam trichosanat dan momordicin yang dapat meningkatkan nafsu makan serta meningkatkan pencernaan.
  5. Menghambat Perkembangan AIDS
    Walaupun mengerikan dan belum ditemukan obat mujarabnya, namun ternyata ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk mengurangi penyebaran atau menghambat AIDS. Kandungan protein alpha-momocharin atau MAP 30 pada pare diteliti bisa mengurangi penyebaran penyakit AIDS.
  6. Melancarkan Pencernaan
    Paria mengandung vitamin C, serat dan juga Kalium dan Karoten. Rasa pahit yang ada pada paria bisa membantu untuk melancarkan pencernaan walaupun rasanya tidak enak tetapi makanan ini sangat sehat untuk anda.
  7. Menangkal Sel Kanker
    Sayuran pare dapat mengatasi atau menangkal sel kanker, kandungan zat lesichin yang ternyata bermanfaat dalam meningkatkan kekebalan dan menangkal sel kanker dalam tubuh.
  8. Membersihkan Darah
    Pare bermanfaat untuk membersihkan darah, rasa pahit pada pare bermanfaat baik untuk mengurangi kandungan gula dalam darah sehingga aliran darah menjadi lancar.
  9. Menurunkan Kolesterol
    Menkonsumsi jus pare bermanfaat untuk membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Hal in karena dalam pare memiliki kandungan lemak hanya 0,3 gr, rendah kalori dan karbohidrat yang berpean untuk membantu menurunkan kolesterol.
  10. Mengatasi bronkhitis
    Pare juga bermanfaat untuk mengatasi bronkhitis, kandungan Albiminoid, Karbohidrat dan juga zat warna pada pare bermanfaat untuk mengatasi bronkhitis.
  11. Mengatasi disentri
    Pare memiliki kandungan asam momordial yang bisa mengatasi disentri. Konsumsi rebusan air paria atau bisa langsung paria yang memang sudah mengandung banyak air untuk mengobati sakit disentri.
  12. Mengobati malaria
    Malaria bisa diobati dengan paria,karena pare mengandung senyawa seperti karbohidrat dan juga albiminoid.
  13. Mengatasi Wasir
    Beberapa orang menggunakan pare untuk mengatasi wasir. hal ini karena kandungan dalam pare seperti asam momordial dan juga asam aleonolat bisa mengobati wasir sehingga tidak bengkak dan juga mengobati wasir.
  14. Mengatasi Penyakit Kuning
    Pare berkhaisat untuk mengurangi sakit kuning yang diderita, kandungan Albuminoid bisa membantu untuk menangani kondisi tubuh yang sedang tidak normal, yang mempengaruhi pigmentasi kulit.
  15. Menurunkan berat badan
    Kandungan kalori dan karbohidrat pada pare menutrisi tubuh untuk membantu menghilangkan berat badan dan membantu menghilangkan tumpukan lemak jahat dalam tubuh. Selain itu, karbohidrat juga berperan untuk membuat tubuh merasa kenyang.
  16. Mengobati batu ginjal
    Ginjal berguna untuk membersihkan tubuh dan menyaring air seni pada tubuh, jika ginjal terganggu maka kerja sistem tubuh akan ikut terganggu. Untuk mengatasinya, anda dapat mengkonsumsi pare. Pare memiliki kandungan phytonutrien yang baik untuk menjaga ginjal.
  17. Menurunkan Tekanan Darah
    Pare efektif untuk mengusir cacingan dan penyakit cacingan, karena pare memiliki efek antihelmintik yang mampu mengusir adanya nematoda yang bisa menjadikan tubuh mengalami cacingan.
  18. Menghambat perkembangan sel leukimia
    Pare juga bermanfaat untuk menghambat perkembangan sel leukimia. Anda dapat megnkonsumsi kukusan atau rebusan pare untuk mencegah perkembangan sel lukimia dalam tubuh.
  19. Menurunkan Demam
    Meskipun memiliki rasa pahit, pare merupakan salah satu sayuran dingin yang dapat menetralkan tubuh ketika sedang mengalami demam. Konsumsi jus pare untuk mengatasi demam anda.
  20. Meluruhkan Dahak ketika batuk
    Pare juga bermanfaat sebagai peluruh dahak ketika sedang mengalami batuk. Pare memiliki banyak kandungan air dan zat pahit yang berperan untuk meluruhkan batuk secara cepat.
  21. Penguat Hati (Liver)
    Mengkonsumsi jus pare setiap hari secara rutin selama satu minggu bermanfaat baik untuk menyembuhkan masalah kesehatn hati (liver).
  22. Menjaga Kekebalan Tubuh
    Untuk meningkatkan kekebalan tubuh anda, cobalah untuk mengkonsumsi rebusan daun pare atau rebusan buah pare setiap hari yang bermanfaat baik untuk melawan serangan virus atau infeksi.

Manfaat Pare Untuk Kecantikan

  1. Mencegah Penuaan Dini
    Pare memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang bermanfaat baik untuk membantu mengatasi masalah kerutan dan penuaan dini. Anda dapat mengkonsumsi jus pare atau dengan menggunakan perasan pare untuk masker wajah.
  2. Merawat kulit
    Kulit membutuhkan nutrisi yang tepat untuk membuatnya menjadi terawat dengan baik. Pare memiliki kandungan vitamin C yang bermanfaat baik untuk menyumbangkan nutrisi pada kulit dan membuat kulit menjadi lebih bagus.
  3. Mengatasi Noda diwajah
    Pare mengandung zat pahit, vitamin C dan juga protein yang bisa menutrisi kulit sehingga lebih baik. Anda dapat mengkonsumsi pare untuk mengatasi noda pada wajah.
  4. Mengatasi Jerawat
    Pare memiliki kemampuan untuk membersihkan jerawat, hal tersebut juga berlaku untuk menghilangkan dan membersihkan jerawat, karena jerawat juga disebabkan karena penumpukan darah kotor dalam tubuh. Selain itu kandungan antioksidan dan antibakteri, serta zat pahitnya bisa membantu bakteri dan kuman yang menyebabkan jerawat tumbuh.
  5. Sebagai Anti Aging
    Pare memiliki akdnungan vitamin C dan tinggi antioksidan, kedua nutrisi tersebut bermanfaat untuk melawan radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab keriput.
  6. Membuat Rambut Berkilau
    Untuk melakukan perawatan rambut agar berkilau, anda perlu mencampurkan jus pare dengan yoghurt lalu oleskan secara merata pada rambut seperti menggunakan masker pada rambut dengan diberi sedikit pijatan lalu bilas hingga bersih.
  7. Mengatasi Ketombe
    Ketombe adalah masalah yang umum terjaid pada rambut setiap orang. Untuk mencegah ketombe, nada dapat membuat masker rambut dari jus pare dan biji jintan lalu oleskan ramuan tersebut pada kulit rambut dan beri pijatan ringan. Lakukan secara rutin untuk menghilangkan ketombe secara tuntas.
  8. Mengatasi Rambut Bercabang
    Untuk mengatasi rambut bercabang, anda dapat mengoleskan jus pare mentah lalu sisirkan secara perlahan. Lakukan perawatan ini 2 kali seminggu untuk mendapatkan manfaat terbaiknya.
  9. Mengatasi gatal kulit kepala
    Pare juga berperan untuk mengatasi rambut gatal, caranya dengan gosokkan irisan pare pada kulit rambut secara perlahan dan merata lalu bilas dengan melakukan keramas.
  10. Mengatasi Rambut Rontok
    Rambut rontok dapat diatasi dengan pare, caranya dengan Mengcampurkan jus pare dengan gula pasir lalu gunakan pasta tersebut untuk rambut dan beri pijatan ringan.
  11. Mengatasi rambut berminyak
    Jika anda memiliki rambut berminyak, anda dapat mengunakan campuran jus pare dengan cuka apel untuk menghilangkan kelebihan minyak dari rambut anda.
  12. Mengurangi Rambut Uban
    Mengoleskan jus pare pada setiap helai rambut bermanfaat baik untuk membantu mengurangi resiko rambut beruban den menjadi putih.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Manfaat Pare Untuk Kesehatan dan Kecantikan yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..