26 Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Yang Perlu Anda Ketahui Lengkap

Posted on

Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan – Lengkuas adalah jenis tanaman umbi-umbian yang dapat tumbuh subur diberbagai daerah tinggi maupun dataran rendah. Lengkuas dibedakan menjadi dua jenis yaitu lengkuas putih yang sering dimanfaatkan sebagai campuran bumbu masakan dan lengkuas putih yang sering digunakan sebagai pengobatan tradisional.

Lengkuas banyak dimanfaatkan untuk kesehatan karena kandungan nutrisi yang ada didalamnya baik bagi kesehatan. Di India lengkuas sering digunakan sebagai pewangi tubuh dan halitosis obat, sedangkan di Eropa dan di Asia lengkuas sering digunakan sebagai afrodisiak selama berabad-abad.

Dalam 64 gram lengkuas mengandung sekitar 45 kalori dan 2 gram serat. Selain itu lengkuas juga kaya akan kandungan sodium, zat besi, vitamin A, vitamin C, flavonoid, fitonutrien, emodin, beta-sitosterol, quercetin, galangin. Selain itu, lengkuas juga memiliki kandungan anti-inflamasi dan antioksdian yang bermanfaat membantu resiko peradangan tertentu. Berdasarkan sebuah studi para ilmuwan Korea menyatakan bahwa semua senyawa yang terkandung dalam lengkuas mampu menghambat oksida nitrat (NO), dan produksi lipopolisakarida (LPS).

Manfaat Lengkuas

1. Mencegah Kanker
Manfaat paling penting dari lengkuas adalah sebagai herbal anti kanker dan mencegah munculnya tumor. Beberapa jenis kanker yang dapat diatasi dengan lengkuas, antaralain :

  1. Kanker Lambung
  2. Leukimia
  3. Melanoma
  4. Kanker Pankreas
  5. Kanker Usus Besar
  6. Kanker Payudara
  7. Kanker Hati

2. Meningkatkan jumlah dan fungsi sperma
Pada bagian akar lengkuas memiliki manfaat untuk kesuburan pria. Mencampurkan ekstrak lengkuas dan ekstrak buah delima bermanfaat meningkatkan jumlah sperma motil tiga kali lipat dan jumlah plasebo.

3. Sebagai agen Anti-inflamasi
Lengkuas menunjukkan efek antiinflamasi pada tubuh yang pada umumnya muncul pda kondisi peradangan yang biasanya dikaitkan dengan perkembangan beberapa penyakit besar seperti kanker, penyakit jantung, penyakit alzheimer dan beberapa penyakit lainnya. Selain itu rambuan herbal lengkuas juga dapat membantu mengurangi peradangan yang berhubungan dengan arthritis.

4. Mendukung kesehatan otak
Salah satu senyawa dalam lengkuas ada yang dikenal sebagai ACA, ACA memiliki efek untuk perlindungan otak, mengurangi beberapa bentuk degenerasi kognitif usia.

5. Menenangkan perut
Mengkonsumsi lengkuas dapat membantu mengurangi rasa perut tidak nyaman yang disebabkan karena adanya peradangan atau penyakit lain. Konsumsi lengkuas juga bermanfaat untuk membantu mengurangi muntah, mual, mabuk perjalanan serta mengurangi gejala diare. Sedangkan di Cina, lengkuas sering dimanfaatkan sebagai obat cegukan, yang penggunaannya dikombinasi dengan manfaat ginseng.

6. Menurunkan Demam
Kandungan lengkuas lainnya adalah anagesik dan antipiretik yang berfungsi untuk membantu mengurangi rasa sakit seperti demam, dan membantu mengurangi infeksi akibat bakteri dan jamur.

7. Mengatasi gangguan pernapasan
Manfaat dari lengkuas lainnya yaitu digunakan sebagai pengobatan infeksi saluran pernapasan bagian atas seperti bronkitis kronis dan batuk.

8. Menjaga kesehatan mulut
Manfaat selanjutnya dari ekstrak akar lengkuas yaitu baik untuk digunakan sebagai obat kumur yang bermanfaat untuk mengatasi sariawan, radang gusi dan radang tenggorokan serta membantu mengurangi bau mulut.

9. Menurunkan resiko rematik
Antiinflamasi pada lengkuas memiliki manfaat baik untuk peradangan, tidak terkecuali juga pada peradangan akibat rematik dan arthritis.

10. Mencegah penuaan dini
Dalam lengkuas terdiri dari 40 manfaat antioksidan yang bermanfaat membantu melindungi kulit terhadapa penuaan dini.

11. Mempertahanka keremajaan kulit
Antioksidan pada lengkuas memiliki kemampuan untuk membantu menghilangkan racun-racun dalam tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah. Hal tersebut berdampak pada pelepasan nutrisi ekstra untuk jaringan kulit sehingga mampu mecegah radikal bebas yang dapat merusak kulit dan membantu menjaga keremajaam kulit.

12. Menghilangkan bekas luka bakar
Manfaat selanjutnya dari lengkuas adalah untuk membantu menghilangkan bekas luka bakar. Selain menghilangkan, lengkuas juga membantu meringankan rasa sakit dan menyembuhkan luka. Cara menghilangkan bekas luka dengan lengkuas adalah dengan menggosokkan lengkuas pada bekas luka dikulit 2 sampai 3 kali setiap hari.

13. Membersihkan bekas jerawat
Manfaat selanjutnya dari lengkuas adalah bekerja sebagai antiseptik yang membantu menjaga kulit agar tetap terlihat bersih, cerah dan halus. Ramuan dari lengkuas dapat membantu mengurangi pembentukan jerawat dengan membersihkan bakteri pada kulit.

14. Menyehatkan kulit kepala
Manfaat lengkuas lainnya dapat digunakan sebagai obat ayurvedic yang bermanfaat untuk mengobati penyakit yang berhubungan dengan rambut dan kulit kepala.

15. Mempercepat pertumbuhan rambut
Pemanfaatan lengkuas pada kulit kepala bermanfaat baik untuk membantu meningkatkan sikulasi darah, sehingga dapat membantu pertumbuhan rambut lebih cepat.

16. Merawat rambut kering dan rapuh
Dalam lengkuas memiliki kandungan manfaat vitamin, zinc dan fosfor memperkuat akar rambut dan membuatnya lebih bersinar, sehingga rambut tidak mudah kering dan juga rapuh.

17. Mengurangi rambut bau tak sedap
Manfaat selanjutnya dari ekstrak legnkuas untuk rambut adalah membantu mengurangi bau rambut tidak sedap.

18. Mengatasi kerusakan pada rambut
Lengkuas juga memiliki manfaat utnuk membantu memperbaiki kondisi buruk pada rambut seperti ketika rambut terkena polusi, terlalu sering terkena panas, maupun jenis kerusakan yang lain.

19. Menghilangkan ketombe
Lengkuas dapat bekerja sebagai antiseptik yang membantu menyingkirkan ketombe secara permanen. Mengoleskan ektrak lengkuas dengan campuran minyak zaitun dan minyak wijen pada rambut bermanfaat menghilangkan ketombe.

Itulah penjelasan tentang Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.