26 Manfaat Kuning Telur untuk Kesehatan, Kecantikan dan Rambut yang Perlu Diketahui

Posted on

Manfaat Kuning Telur untuk Kesehatan, Kecantikan dan Rambut – Telur kaya akan kandungan gizi, berharga murah dan mudah diolah sehingga menjadi salah satu makanan yang banyak digemari banyak orang. Telur terbagi menjadi 2 bagian yaitu bagian putih dan bagian kuning telur. Keduanya memiliki manfaat yang berbeda. Salam satu butir telur utuh mengandung 72 kalori, sebanyak 17 kalori ada pada bagian putih telur sedangkan 55 kalori lainnya ada pada bagian kuning telur. Selain tinggi kalori, kuning telur biasanya juga mengandung 180-200 mg kolesterol dan 6 mg lemak.

Banyaknya kandungan koleterol pada kuning telur membuat banyak orang sering menghindarinya. Namun, kuning telur juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan jika dikonsumsi secara wajar. Manfaat kuning telur sebenarnya cukup penting untuk tubuh karena kuning telur mengandung mineral, vitamin, zat besi dan memiliki kandungan gizi tinggi.

Manfaat Kuning Telur

Tingginya kandungan gizi pada kuning telur membuatnya sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Berikut beberapa manfaat yang didapatkan dari mengkonsumsi kuning telur, diantaranya :

Manfaat Kuning Telur untuk Kesehatan

1. Sumber vitamin B12
Kuning telur banyak mengandung vitamin B12 yang sangat penting untuk memperbaiki sistem saraf

2. Sumber zat Besi
Kunin telur juga kaya zat besi yang sangat baik untuk ibu hamil meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuhnya.

3. Tinggi mineral
Kuning telur memiliki kandungan mineral tinggi yang berfungsi untuk mengelola fungsi tubuh. Terdapat 13 jenis mineral yang ada pada kuning telur, seperti diantaranya potasium, selenium, magnesium dan besi.

4. kandungan kolin
Kandungan kolin pada kuning telur meregulasi fungsi kardiovaskuler yang dapat menekan resiko gejala penyakit jantung. Kandungan kolin juga merupakan zat anti inflamasi, yang akan mengurangi rasa sakit pada penderita penyakit inflamasi seperti osteoporosis atau arthritis.

5. Kandungan kartenoid
Kuning telur memiliki kandungan vitamin bernama kartenoid yang berfungsi baik untuk membantu melindungi tubuh dari degenerasi makula atau penyakit yang menyebabkan kebutaan.

6. Kandungan asam lemak omega 3
Dalam kuning telur memiliki kandungan asam lemak omega 3 seperti pada ikan yang berfungsi baik untuk membantu pertumbuhan beberapa organ dalam tubuh.

7. Kandungan Kalsium
Kuning memiliki kandungan Kalsium yang berfungsi baik untuk membantu memperkuat tulang.

8. Kandungan zat seng
Dalam kuning telur juga memiliki kandungan zat seng yang bermanfaat sebagai antioksidan sekaligus bekerja melindungi kesehatan tulang.

9. Untuk kesehatan ibu hamil
Dalam kuning telur juga bermanfaat baik untuk ibu hamil dan ibu menyusui, kuning telur baik untuk membantu perkembangan otak janin.

10. Untuk anak-anak
Kuning telur sangat baik untuk anak-anak karena bermanfaat membantu dan mendukung tumbuh kembang serta kesehatan anak.

11. Meningkatkan hormon testosteron
Dalam kuning telur banyak mengandung vitamin D3 dan mineral zink (seng) yang berperan penting untuk merangsang produksi hormon testosteron. Hormon testosteron dapat membantu meningkatkan libido atau gairah seksual pada pria.

12. Menjaga tulang dan gigi
Kuning telur tinggi akan kangungan vitamin A, D, E, K dan B kompleks yang baik untuk membantu meningkatkan kekuatan tulang dan gigi. karena itulah penting bagi anak-anak dan ibu hamil untuk sering mengkonsumsi kuning telur.

13. Menjaga kesehatan sistem saraf
Kuning telur memiliki kandungan Vitamin B12 yang sangat baik untuk menjaga kesehatan sistem saraf.

Batas Aman Mengkonsumsi Kuning Telur

Kuning telur memiliki banyak sekali manfat yang baik untuk kesehatan. Namun, kita juga perlu mengetahui berapakah jumlah kuning telur yang kita konsumsi agar tetap aman untuk kesehatan kita, karena telah kita ketahui bahwa dalam kuning telur memiliki kandungan kolesterol yang sangat tinggi yaitu sekita 180-200mg pada setiap butirnya. Sedangakan tubuh kita hanya membutuhkan sekitar 300-350mg kolesterol/harinya.

Dalam sebuah penelitian di Health Science Center University Hospital, London menyatakan bahwa mengkonsumsi telur setiap hari akan memberikan dalam buruk bagi kesehatan, seperti memicu terjadinya penyakit jantung koroner dan aterosklerosis. sedangakan penelitan American Heart Association mengatakan bahwa mengkonsumsi telur tidaklah berbahaya, asalkan tidak lebih dari satu butir perharinya. Sebuah penelitian baru menyebutkan bahwa sebagain besar kandungan kolesterol dalam kuning telur adalah kolesterol baik (HDD), dan hanya sedikit kolesterol jahat (HDL). Namun untuk mengantisipasi, bag penderita kolesterol dan penyakit jantung sebaiknya tidak mengkonsumsi kuning telur lebih dari 4 butir per minggu nya.

Cara mengkonsumsi kuning telur dengan baik adalah dalam keadaan matang. Sebab kuning telur mentah beresiko terkontaminasi oleh bakteri Salmonella. Selain itu, protein telur mentah lebih sulit dicerna dibandingkan dengan mengkonsumsi telur matang.

Manfaat Kuning Telur untuk Wajah

Berikut ini beberapa manfaat kuning telur untuk wajah, antara lain:

1. Mengatasi jerawat
Kuning telur juga bermanfaat untuk membersihkan jerawat pada wajah serta membantu membersihkan sisa bekas jerawat yang menempel pada wajah. Kuning telur membantu mengkontrol produksi minyak berlebih pada wajah yang dapat menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan jerawat. Untuk membantu mengatasi jerawat dengan kuning telur adalah dengan mencampurkan kuning telur dengan minyak zaitun, lalu aplikasikan masker kuning telur pada wajah dan tunggu hingga kering, setelah itu bilas dengan air hangat hingga bersih.

2. Melembabkan kulit
Masker kuning telur juga bermanfaat untuk membantu melembabkan kulit wajah. Kuning telur membantu melembutkan dan menghaluskan kulit wajah sehingga wajah akan terlihat lebih segar dan cerah. Untuk melembabkan kulit wajah dengan kuning telur adalah dengan gunakan langsung masker kuning telur pada wajah dan biarkan hingga kering lalu bilas dengan air hangat.

3. Menghilangkan komedo
Komedo biasanya muncul akibat wajah terlalu sering terkena paparan sinar UV atau karena kurang menjaga kebersihan wajah dengan rutin membersihkan wajah dari bekas make up atau debu akibat polusi udara. Kuning telur dapat anda manfaatkan untuk membantu membersihkan komedo dengan cara mencampurkan kuning telur dengan perasan jeruk nipis lalu oleskan masker pada bagian wajah berkomedo, diamkan hingga kering dan bersihkan dengan air hangat.

4. Menghaluskan kulit wajah
Manfaatnya selanjutnya masker kuning telur untuk wajah adalah untuk membantu menghaluskan kulit wajah sehingga akan nampak lebih berseri. Untuk membuat masker kuning telur untuk menghaluskan wajah adalah dengan mencampurkan kuning telur dengan madu dan perasan air lemon lalu oleskan pada wajah dan biarkan hingga kering, setelah itu bilas dengan air hangat hingga bersih.

5. Mengatasi kulit kering
Dalam kunin telur kaya akan kandungan asam lemak dan vitamin yang bermanfaat baik untuk mengatasi masalah kulit kering. Kuning telur akan membantu wajah menjadi lebih lemabab dan terlihat normal. Cara membuat masker kuning telur untuk mengatasi kulit kering adalah dengan mencampurkan kuning telur dengan minyak zaitun dan perasan air lemon lalu oleskan secara merata pada wajah dan leher, diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

6. Mengatasi Kantung mata
Munculnya kantung mata biasanya disebabkan akibat kurang tidur atau mata terlalu lelah bekerja didepan layar monitor. Kantung mata hitam membuat tampilan wajah menjadi tidak segar dan terlihat kusam. Untuk mengatasi masalah mata panda anda dapat menggunakan masker kuning telur yaitu dengan megoleskan kuning telur pada bagian bawah mata dan diamkan selama 10 menit, lalu cuci dengan air hangat hingga bersih.

7. Mengatasi kulit sensitif
Kulit wajah yang sensitif biasanya jika terkena make up akan muncul ruam seperti iritasi, hal tersebut dapat dengan mudah diatasi dengan menggunakan masker kuning telur. Oleskan masker kuning telur pada wajah untuk membantu merawat kulit wajah terawat lebih alami dan terhindar dari masalah kulit sensitif.

8. Mencegah penuaan dini
Dalam kuning telur memiliki kandungan yang bermanfaat untuk membantu mencegah penuan dini pada wajah, sehingga tidak asing jika ada beberapa produk anti aging yang memiliki campuran kuning telur sebagai salah satu bahan pembuatannya. Untuk mencegah penuaan dini dengan kuning telur adalah dengan oleskan kuning telur pada wajah minimal dua minggu sekali untuk membantu mengencangkan kulit wajah sehingga wajah akan terlihat lebih muda dan kulit wajah terasa lebih kencang.

Penggunaan masker kuning telur pada wajah biasanya enggan dilalukan oleh banya orang karena kuning telur cenderung memiliki bau amis yang dapat membuat banyak orang tidak menyukainya. Untuk meminimalisir bau amis, anda dapat menambahkan minyak zaitun atau perasan jeruk nipis. Hentikan penggunakan masker kunin telur jika pada wajah muncul alergi seperti gatal atau kemerahan.

Manfaat Kuning Telur untuk Rambut

Selain untuk kesehatan dan perawatan kecantikan wajah, kuning telur juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Berikut ini beberapa manfaat yang didapatkan dari menggunakan masker kuning telur untuk rambut, antaranya :

1. Melembabkan rambut
Manfaat kuning telur yang pertama untuk rambut adalah baik untuk mengatasi rambut kering. Menggunakan masker kuning telur dengan campuran yoghurt, madu dan minyak almond bermanfaat baik untuk membantu melembabkan rambut anda.

2. Mencegah kerontokan rambut
Untuk mengatasi rambut rontok anda dapat menggunakan konung yang telah di kocok hingga membentuk seperti krim lalu oleskan pada rambut dan kulit kepala lalu biarkan selama setengah jam. Lakukan cara ini seminggu sekali untuk mendapatkan hasil maksimal dan rambut akan menjadi lebih kuat.

3. Mengatasi ketombe
Kuning telur memiliki kandungan asam lemak yang baik untuk menjaga kesehatan rambut. Untuk mengatasi ketombe anda dapat menggunakan masker kuning telur secara merata pada rambut anda satu jam sebelum anda melakukan keramas. Jika dilakukan secara rutin, cara ini dapat membuat rambut anda terbebas dari ketombe.

4. Mempercepat pertumbuhan rambut
Manfaat masker kuning telur selanjutnya untuk rambut adalah sangat baik untuk membantu mempercepat pertumbuhan rambut. Karena dalam kuning telur mengandung vitamin A, B dan E yang akan membuat rambut menjadi lebih kuat dan sehat.

5. Menghaluskan rambut
Untuk membantu menghaluskan rambut, anda dapat menggunakan masker kuning telur dan yoghurt. Campurkan kuning telur dan yoghurt lalu kocok secara merata. Oleskan secara merata pada seluruh bagian rambut, dan diamkan selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih dengan air dingin.

Agar manfaat yang didapatkan dari menggunakan masker kuning telur lebih efektif, anda dapat mencampurkan kuning telur dengan beberapa kombinasi seperti menambahkan minyak zaitun, jeruk nipis, yoghurt, madu atau dengan air mawar.

Itulah penjelasan tentang Manfaat Kuning Telur untuk Kesehatan, Kecantikan dan Rambut . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.