8 Manfaat Kulit Buah Naga Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Posted on

Manfaat Kulit Buah Naga  – Kebanyakan dari kita sering membuang kulit buah naga setelah kita mengkonsumsi dagingnya. Padahal berdasarkan uji klinis, ternyata tak hanya daging buah naga yang menyimpan sejuta khasiat. Kulit buah naga yang cerah dan cenderung bersisik diketahui mengandung senyawa aktif seperti pentacyclic triyepene taraxast 20ene 3aol dan juga taraxast 12,20(30)dien 3aol. Kedua senyawa ini sangat ampuh menjaga serta melindungi kelenturan pembuluh darah.

Saat ini buah naga menjadi salah satu tanaman yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Meskipun termasuk buah pendatang baru, buah naga dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya peminat dan banyaknya masyarakat yang membudidayakan tanaman buah naga ini. Buahnya yang unik dan warna yang menarik membuat para penggemar cepat menyukai buah naga. Dibalik keunikan dan warna cantiknya, ternyata buah naga juga menyimpan banyak sekali kandungan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan.

Berbagai penelitian menyebutkan, pada daging buah naga memiliki kandungan air yang tinggi, daging buah naga juga memiliki kandungan serat, mineral, vitamin serta kalsium dan kandungan fosfor yang cukup tinggi. Karena itulah buah naga dinilai sangat baik dan mampu membantu menjaga kesehatan tubuh.

Namun, banyak masyarakat yang belum mengetahui ternyata selain dari daging buahnya, kulit buah naga juga memiliki kandungan unsur penting yang baik untuk tubuh. Kulit buah naga memiliki kandungan seperti Vitamin B1, B12 dan vitamin C, Protein, Mineral, dan Anti oksidan. Dari banyaknya zat penting yang ada pada kulit buah naga, maka tidak heran jika saat ini banyak orang memanfaatkan kulit buah naga untuk dijadikan sebagai obat herbal yang bermanfaat untuk kesehatan.

Saat ini banyak orang yang telah mengolah kulit buah naga untuk dijadikan obat herbal yang dapat dengan mudah anda dapatkan karena banyak beredar dipasaran atau apotik. Namun jika anda ingin membuat ramuan sendiri anda dapat mengolah kulit buah naga menjadi teh siap seduh atau menbuatnya menjadi jus kulit buah naga tanpa gula.

Manfaat Buah Naga

Kulit buah naga yang cerah dan bersisik mengandung senyawa aktif yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, berikut ini beberapa manfaat yang didapatkan dari kulit buah naga, antara lain yaitu :

1. Menghambat pertumbuhan tumor
Salah satu manfaat dari mengkonsumsi kulit buah naga adalah untuk menghambat pertumbuhan tumor. Tumor memang tidak lebih bahaya dibandingkan dengan penyakit kanker namun jika tidak segera ditangani tumor akan terus berkembang dan berubah menjadi kanker. Mengkonsumsi teh herbal kulit buah naga secara rutin tanpa tambahan gula dapat membantu memperlambat dan menghambat perkembangan sel tumor.

2. Menghambat pertumbuhan sel kanker
Kanker merupakan jenis penyakit yang menyebabkan kematian massal disetiap tahunnya. Khasiat buah naga cukup baik untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Mengkonsumsi teh kulit buah naga dapat menekan pertumbuhan sel kanker secara efektif.

3. Melembabkan Kulit
Untuk anda yang sering terkena sinar matahari, pasti cenderung memiliki jenis kulit yang kering dan bersisik. Mengkonsumsi teh herbal buah naga juga bermanfaat untuk membantu melembabkan kulit.

4. Melindungi Pembuluh darah
Senyawa aktif pentacyclic triyepene taraxast 20ene 3aol dan juga taraxast 12,20(30)dien 3aol pada buah naga sangat ampuh untuk menjaga dan melindungi kelenturan pembuluh darah. bahkan kedua senyawa tersebut dapat menyamai obat Troxerutin yang dikenal sebagai obat berbahan kimia yang digunakan untuk melindungi pembuluh darah mikro. Obat ini banyak beredar di pasaran dan populer digunakan untuk mereduksi potensi pembuluh darah pecah. Dengan ditemukannya kandungan pada kulit buah naga ini, tentu akan menjadi alternatif alami untuk mencegah pecahnya pembuluh darah.

5. Menangkal radikal bebas
Kandungan antioksidan yang ada pada buah naga bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang membahayakan tubuh. Konsumsi teh herbal kulit buah naga secara rutin untuk membantu menangkal radikal bebas.

6. Merawat kulit wajah
Kulit buah naga juga dapat anda gunakan sebagai masker wajah yang dapat membantu menghilangkan jerawat serta membantu mengatasi kerutan pada wajah dan menglembutkan kulit wajah. Manfaatkan kulit buah naga dengan membuatnya menjadi masker dengan cara dilender lalu oleskan pada wajah secara merata dan keringkan, setelah itu basuh wajah dengan air bersih. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil maskimal dan wajah menjadi lebih cerah.

7. Menurunkan kadar gula darah
Bagi penderita diabetes, mengkonsumsi teh buah naga tanpa gula dapat menjadi alternatif anda untuk membantu menurunkan kadar gula darah.

8. Mendeteksi kandungan borak dan formalin pada makanan
Borak dan formalin saat ini banyak digunakan oleh oknum nakal untuk meraup untung lebih banyak dari barang dagangannya. Kandungan borak dan formalin yang masuk kedalam tubuh dalam jangka pajang akan membuat tubuh mengalami banyak gangguan seperti kanker, tumor, kerusakan otak dan lainnya. Untuk mendeteksi kandungan borak dan formalin dalam makanan, kita dapat menggunakan kulit buah naga. Caranya sangat mudah yaitu dengan menyiapkan kulit buah naga yang dipotong-potong dan rendam dalam air tawar dan beri beberapa tetesan air jeruk nipis dan tunggu hingga air berubah menjadi berwarna merah. Setelah itu siapkan tisu dan celupkan pada air rendaman kulit buah naga. Tempelkan tisu tersebut pada makanan yang hendak di uji, jika tisu tidak mengalami perubahan warna dan tetap berwarna merah maka makanan tersebut mengandung boraks dan formalin, sedangkan jika tisu berubah menjadi pudar dan memutih maka makanan tersebut aman untuk dikonsumsi karena bebas kandungan boraks dan formalin.

Itulah penjelasan tentang Manfaat Kulit Buah Naga Bagi Kesehatan  . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.