19 Manfaat Gandum Untuk Kesehatan dan Kecantikan Penting Diketahui

Posted on

Manfaat Gandum Untuk Kesehatan dan Kecantikan – Gandum adalah jenis tanaman yang masih dalam kelompok serelia dari suku padi-padian kaya akan karbohidrat. Tanaman yang diperkirakan berasal dari daerah sekitar laut Merah dan laut Mediterania ini memiliki tekstur keras yang terdiri dari tiga bagian yaitu bagian kulit (bran), bagian endosperma, dan bagian lembaga (germ). Biji gandum biasanya diolah menjadi tepung, pakan ternak atau difermentasi untuk menghasilkan alkohol.

Gandum memiliki kandungan nutrisi tinggi seperti serat pangan, protein, vitamin B1, B2, B3, B6, asam folat, magnesium, tembaga, fosfor, seng, mangan dan selenium. Selain itu, bagian ini juga merupakan sumber yang baik bagi vitamin E, zat besi dan asam lemak essensial. Dengan kandungan natrium yang rendah dan tidak mengandung kolesterol semakin memperkuat intisari gandum sebagai bagian yang paling bergizi dari biji gandum.

Banyaknya kandungan nutrisi yang ada dalam gandum, membuat Kementerian Pertanian Amerika Serikat (USDA) menjadikan gandum sebagai salah satu makanan yang dianjurkan untuk menjadi resep masakan sehat dengan menganjurkan mengkonsumsi gandum setiap hari setidaknya makan gandum utuh. Gandum utuh adalah gandum yang tidak dimurnikan atau tidak digiling sehingga masih terdiri dadri dedak dan benih. Jenis gandum utuh lebih banyak mengandung selenium, magnesium, dan potasium. Produk yang terbuat dari gandum utuh di antaranya roti gandum, pasta gandum, dan beras merah.

Manfaat Gandum untuk Kesehatan

1. Meningkatkan metabolisme tubuh
Meningkatkan metabolisme tubuh yaitu dengan mengkonsumsi gandum. Gandum memiliki banyak kandungan serat yang bekerja untuk meningkatkan proses pencernaan dalam tubuh dan meningkatkan metabolisme secara keseluruhan. Diet menggunakan gandum merupakan salah satu cara yang paling efektif, cepat, dan menyenangkan karena dapat mengurangi sindrom metabolik tetapi juga tetap menjaga keseimbangan berat badan.

2. Mencegah Diabetes Tipe 2
Gandum tinggi magnesium. yaitu mineral yang bertindak sebagai co-faktor untuk lebih dari 300 enzim.Mengkonsumsi gandum secara teratur dapat mengontrol gula darah sehingga dianjurkan bagi pasien diabetes untuk mengganti konsumsi nasi mereka dengan gandum.

3. Mengurangi Peradangan
Kandungan betaine dalam gandum mempengaruhi sejumlah aspek kimia dalam tubuh yang menjamin lebih rendah terkena peradangan. Peradangan menjadi unsur utama yang dapat mengakibatkan sebagian besar nyeri rematik dan beberapa penyakit rematik.

4. Mencegah Batu Empedu
Gandum kaya akan serat larut yang membantu mempercepat proses transit usus makanan dan menurunkan sekresi asam empedu. Asam empedu yang berlebihan dapat menjadi penyebab utama pembentukan batu empedu. Selain itu, asupan tinggi gandum juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin sehingga akan menurunkan trigliserida atau lemak dalam darah.

5. Mencegah Asma bagi anak-anak
Gandum memiliki kapasitas untuk menurunkan kemungkinan penyakit asma hampir 50% pada anak. Hal ini karena gandum memiliki kandungan magnesium dan vitamin E yang juga berkontribusi untuk mengurangi masalah penyakit asma.

6. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular
Mencukupi asupan harian dengan gandum merupakan cara efektif untuk menghindari penyakit kardiovaskular. Mengkonsumsi gandum dapat memperlambat perkembangan aterosklerosis yang merupakan bangunan plak di arteri dan pembuluh darah, serta mengurangi frekuensi serangan jantung dan stroke.

7. Mengurangi kolesterol
Kandungan serat pada gandum bermanfaat bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Gandum memiliki kemampuan untuk mengurangi low density lipoprotein atau LDL merupakan kolesterol jahat dalam darah.

8. Membantu pencernaan
Gandum utuh bermanfaat baik untuk membantu masalah pencernaan. Kandungan serat didalamnya membuat gerakan usus lebih teratur. Berdasarkan studi mengatakan seseorang yang lebih banyak mengkonsumsi makanan berserat tidak memerlukan obat pencahar.

9. Mencegah Obesitas pada wanita
Gandum memiliki kemampuan untuk mengendalikan berat badan. Mengkonsumsi gandum adalah cara terbaik untuk mencegah dan penderita obesitas pada wanita. Hal in dibuktikan bahwa gandum adalah pilihan terbaik untuk membantu menurunkan berat badan adalah dengan mengkonsumsi gandum.

10. Melawan Kanker Payudara
Diet kaya serat penting dilakukan bagi wanita untuk menjaga kanker paudara. Mengkonsumsi makanan dari biji-bijian seperti gandum memberikan perlindungan yang signifikan bagi wanita pra-menopause terhadap kanker payudara.

11. Mencerahkan kulit wajah
Gandum merupakan biji-bijian dengan kaya karbohidrat kompleks, vitamin, dan mineral, yang juga dipercaya ampuh untuk mempercantik kulit tanpa menimbulkan efek samping. Cara menggunakan gandum untuk masker adalah dengan mencampurkan gandum, mau dan air lalu aduk hingga menjadi pasta. Oleskan secara merata pada wajah dan diamkan selama 30 menit.

12. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi
Mengkonsumsi gandum setiap hari bermanfaat baik untuk membantu menurunkan tekanan darah sistolik dan tekanan darah diastolic. Untuk anda penderita hipertensi, anda dapat lepas dari berbagai macam jenis obat-obatan jika rutin mengkonsumsi gandum.

13. Mengurangi Nafsu Makan
Gandum mampu menjaga tingkat kekenyangan lebih lama sehingga mencegah munsulnya rasa lapar, maka akan berdampak pada mengurangi nafsu makan anda.

14. Untuk Berendam
Anda juga dapat menggunakan gandum untuk berendam, caranya dengan tuang satu cangkir oatmeal dalam bak mandi lalu tambahkan air hangat, beri 15 tetes minyak lavender sebagai aromaterapy. Rendamkan seluruh badan dalam larutan oatmeal selama 15 menit. Cara ini dilakukan untuk membersihkan dan menjaga kelembaban kulit.

15. Mengatasi Gatal pada Kulit
Kulit gatal dan kulit kering sering memiliki tingkat pH yang tinggi, oat dapat membantu menormalkan pH kulit sehingga dapat meredakan gatal dan rasa tidak nyaman pada kulit. Mandi dengan oatmeal dapat melembutkan dan melembabkan kulit serta mengatasi gatal-gatal pada kulit.

16. Pembersih wajah
Gandum memiliki senyawa kimia yang disebut saponin yang memiliki sifat pembersih intens. Oatmeal sering diguanakan sebagai pembersih wajah, yaitu dengan mencampurkan oatmeal dengan air hangat dan madu hingga menjadi pasta. Setelah itu oleskan secara perlahan pada wajah dengan gerakan melingkar untuk membersihkan kulit.

17. Exfoliator Alami
Exfoliator Alami dengan bahan alami lebih aman dilakukan karena tanpa efek samping. Cara membuat Exfoliator Alami dengan gandum adalah dengan mencampurkan oatmeal, minyak kelapa, gula merah, dan air hangat. Kulit akan menjadi lebih cerah karena sel-sel kulit mati terkelupas tanpa membuat kulit wajah memerah. Selain itu, minyak kelapa akan menjadikan kulit tampak sehat bercahaya.

18. Mengatasi Jerawat
Oatmeal memiliki manfaat yang baik untuk menyerap kelebihan minyak, menghilangkan bakteri pada wajah serta membantu pengelupasan sel kulit mati. Cara mengatasi jerawat dengan gandum adalah dengan mencampurkan oatmeal dengan air hangat sebagai masker wajah, lalu biarkan selama 15 menit.

19. Menyerap Kelebihan Minyak
Selain mampu menyerap dan menghilangkan kelebihan minyak dan kotoran pada kulit, oatmeal juga membantu menyerap kelebihan minyak dan kotoran pada rambut. Haluskan oatmeal dan campurkan dengan air lalu balurkan pada kulit berminyak bagian wajah atau rambut yang kotor.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Manfaat Gandum Untuk Kesehatan dan Kecantikan yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..