Patients receiving a transfusion

50 Manfaat Donor Darah Dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan yang Penting Diketahui

Posted on

Manfaat Donor Darah Dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan¬† –¬†Menjadi pendonoh darah adalah cara paling mulia untuk membantu hidup seseorang yang membutuhkan transfusi darah, karena hal tersebut adalah cara terbaik untuk menyelamatkan nyawa mereka. Tidak hanya bermanfaat untuk penerima donor, manfaat donor darah juga dapat dirasakan oleh pendonor.

Donor darah dilakukan dengan membagi sedikit darah dari dalam tubuh untuk membantu mereka yang membutuhkannya. Jumlah darah yang diambil dari dalam tubuh pendonor adalah sekitar 200ml-450ml. Sejumlah kondisi yang membutuhkan bantuan donor darah pada umumnya, meliputi:

  • Menjalani operasi besar
  • Mengalami kecelakaan
  • Mengidap suatu kelainan seperti hemofilia
  • Menderita penyakit tertentu seperti anemia, kanker, dan lainnya.

Sebelum melakukan donor darah, terlebih dahulu darah akan diperiksa, di uji keamanan, dan memastikan kelayakan darah sebelum diberikan pada pasien yang memerlukannya.

Saat ini banyak sekali kegiatan-kegiatan sosial yang mengadakan aksi donor darah. Hal ini berarti jika donor darah merupakan kegiatan penting syarat manfaat bagi pihak pendonor dan penerima donor. Bagi penerima, donor darah sangat bermakna sekali untuk menyelamatkan nyawa mereka, sedangkan dari pihak pendonor, selain merupakan kegiatan mulia, manfaat melakukan donor darah dapat dirasakan langsung oleh tubuh jika dilakukan secara rutin maksimal 5 kali dalam setahun.

Manfaat Donor Darah

Berikut ini beberapa manfaat donor darah yang bisa dirasakan secara langsung oleh tubuh pendonor.

1. Membantu menyelamatkan nyawa penerima donor
Manfaat paling utama dari melakukan donor darah adalah membantu menyelamatkan nyawa seseorang yang membutuhkan darah. Manfaat ini sangat mulia sekali dilakukan, karena membantu sesama merupakan tugas sesama manusia.

2. Melindungi Jantung
Para pendonor darah yang melakukan aksi donor darah memiliki 88% lebih kecil terserang penyakit jantung dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah mendonorkan darahnya. Para pendonor darah memiliki jantung lebih sehat sehingga dapat memompa jantung lebih sehat dan terbebas dai gangguan kelainan jantung.

3. Menurunkan Resiko Kardiovaskular
Selain melindungi jantung, manfaat melakukan donor darah lainnya yaitu menurunkan resiko terserang penyakit kardiovaskular. Penurunan resiko ini hingga mencapai 335 dari mereka yang tidak pernah melakukan donor darah.

4. Menurunkan Resiko Kanker
Manfaat selanjutnya melakukan donor darah yaitu mampu menurunkan resiko terkena penyakit kanker. Beberapa jenis penyakit kanker yang dapat dicegah dengan rutin melakukan donor darah adalah jenis kanker paru-paru, kanker lambung, kanker usus besar, dan kanker tenggorokan. Donor darah sebaiknya dilakukan 3 bulan sekali oleh pria, dan dilakukan 4 bulan sekali oleh wanita.

5. Meregenerasi Sel Darah
Melakukan donor darah secara rutin akan membuat tubuh semakin sehat karena regenerasi sel darah terjadi secara rutin. Sel darah yang terregenerasi akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan membantu fungsi organ. Jika kesehatan darah terjaga maka kesehatan tubuh pun akan ikut terlindungi.

6. Menurunkan Level Zat Besi dalam Darah
Menurunnya kadar zat besi dalam darah bermanfaat baik untuk menghindari berbagai penyakit kardiovaskular dan penyakit jantung dalam tubuh. Untuk terhindari dari berbagai macam penyakit tersebut sebaiknya anda melakukan kegiatan donor darah secara rutin.

7. Menurunkan Kolesterol
Melakukan kegiatan donor darah juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Hal tersebut berdampak baik untuk anda karena dengan melakukan aksi baik, anda juga akan mendapatkan kesehatan yang baik pula.

8. Membakar Kalori
Cara tepat dan sehat untuk melakukan diet adalah dengan melakukan aksi donor darah secara rutin. Melakukan donor darah merupakan cara cukup efektif untuk membakar kalori tanpa melakukan diet ketat. Dengan menyumbangkan 500l darah maka kalori dalam tubuh akan terbakar sebanyak 650 kalori.

9. Mencegah penuaan dini
Ketika pikiran menjadi lebih stabil, tenang dan bahagia setelah melakukan donor darah, hal tersebut telah berkontribusi untuk membantu mencegah penuaan dini. Selain dapat mencegah strees donor darah juga dapat mempercepat regenerasi sel kulit sehingga anda juga akan terhindar dari penuaan dini.

10. Melancarkan Aliran Darah
Melakukan donor darah secara teratur memiliki potensi untuk melancarkan aliran darah sehingga tubuh akan menjadi lebih sehat, hal tersebut juga dapat mencegah penyumbatan arteri yang memicu penyakit jantung.

Manfaat Donor Darah Lainnya

  1. Menyelamatkan nyawa seseorang
  2. Menurunkan kadar seng
  3. Mengontrol kesehatan
  4. Menurunkan resiko stroke
  5. Mengetahui golongan darah
  6. Melindungi kesehatan ginjal
  7. Meningkatkan sel darah merah
  8. Menurunkan berat badan yang berlebih
  9. Meningkatkan sirkulasi darah
  10. Mendeteksi resiko penyakit sejak dini
  11. Meningkatkan kesehatan paru-paru
  12. Sebagai bentuk kepedulian antar sesama
  13. Mencegah tubuh terserang berbagai penyakit langka
  14. Mencegah kekakuan pada pundak
  15. Meningkatkan kesehatan psikologis
  16. Memaksimalkan darah di dalam paru-paru
  17. Menyembuhkan berbagai penyakit bagi pendonor dan penerima darah
  18. Sekantong darah dapat memberikan kesempatan hidup bagi 3 orang

Sedangkan dalam acara “A Drop for Hopes” yaitu sebuah acara peringatan dari donor darah seduni pada tanggal 14 juni 2013, menyebutkan terdapat sekita 22 manfaat melakukan donor darah, yaitu

  1. Mencegah stroke
  2. Melindungi jantung
  3. Membantu sirkulasi darah
  4. Membantu hidup orang lain
  5. Membantu membakar kalori
  6. Mencegah penyakit langka
  7. Memperpanjang hidup oran lain
  8. Membantu menurunkan berat badan
  9. Deteksi dini resiko kesehatan
  10. Mengatur kontrol kesehatan
  11. Meningkatkan sel darah merah
  12. Meningkatkan kesehatan psikologis
  13. Memaksimalkan darah dalam paru-paru
  14. Menurunkan zat seng dalam darah
  15. Memperbaharui sel darah baru
  16. Mencegah resiko kesehatan
  17. Bentuk kepedulian terhadap sesama
  18. Menghilangkan kaku di pundak
  19. Mengalahkan kelebihan zat besi
  20. Meningkatkan kapasitas paru-paru dan ginjal
  21. Satu kantong darah dapat menyelamatkan 3 nyawa
  22. Mengetahui lebih lanjut tentang tipe darah individu

Efek Samping Donor Darah

Pada umumnya donor darah aman dan tidak membahayakan tubuh. Namun terkadang ada sebagian orang yang merasakan efek samping setelah melakukan donor darah sepertu memar pada daerah bekas suntikan sewaktu pengambilan darah, merasa pusing hingga pingsan. Sedangkan efek samping yang berat hingga memerlukan perawatan medis sangat jarang terjadi.

Jika tubuh mengalami efek samping ringan, cara mengatasinya adalah dengan beristirahat, mengonsumsi cukup air putih , dan mengkonsumsi makanan bernutrisi.

Itulah pembahasan singkat tentang Manfaat Donor Darah Dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..