50 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya dengan Efektif

Posted on

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan – Sirsak adalah tanaman dari salah satu spesies tanaman buah yang berasal dari Karibia, Amerika, dan Amerika Serikat. Meskipun berasal dari Negara Lain, anda dapat dengan mudah menemukan tanaman ini di Indonesia karena tanaman ini tumbuh subur di daerah tropis. Tanaman sirsak menghasilkan buah dengan rasa asam manis dan mengandung serat tinggi. Tidak hanya buahnya saja, daun sirsak juga dapat anda konsumsi karena daun sirsak memiliki banyak manfaat dalam pengobatan tradisional.

Kandungan Gizi Daun Sirsak

lactones

Annohexocina
Annomuricina A, B, C dan E
Annomutacina
Annopentocinas A, B dan C
Muricoreacina
Gigantetronemina
Murihexocina A dan C
Javoricina
Isoquinoline

Anonaine
Anoniine
Atherospermine
Coreximine
Lipid

Asam Gentisic
Asam Lignoceric
CLA
asam stearat

Dari banyaknya kandungan gizi dari daun sirsak sudah pasti banyak pula manfaat yang didapat dari mengkonsumsi daun sirsak. Manfaat apa saja yang didapatkan dari mengkonsumsi daun sirsak? Simak ulasan dibawah ini.

Manfaat Daun Sirsak berdasarkan kandungan

Kandungan senyawa dan zat pada daun sirsak dipercaya ampuh untuk mengatasi berbagai macam, berikut manfaat daun sirsak berdasarkan senyawa didalamnya, antara lain:

  1. Antibakteri : Untuk Menghambat pertumbuhan bakteri
  2. Antivirus: Untuk menghambat perkembangan virus
  3. Antikanker: Untuk Menghambat perkembangan kanker
  4. Antitumor: Untuk Menghambat pertumbuhan tumor
  5. Antiparasit: Untuk Menghambat perkembangan parasit
  6. Antimalaria: Mencegah malaria
  7. Antileishmania: Antileishmania
  8. Antispasmodic: Zat yang dapat merelaksasikan otot polos
  9. Antikonfulsan: antikonvulsan
  10. Astrigen: Zat yang kerut / menciutkan selaput lendir
  11. Antimutagenik: Zat yang menghambat mutasi gen
  12. Analgesik: Zat yang dapat mengurangi rasa sakit / nyeri
  13. Anti-inflamasi: Zat yang menekan peradangan
  14. Obat penurun panas: Zat yang dapat menurunkan panas demam badan
  15. Hipotensi: Zat yang menurunkan tekanan darah
  16. Hipoglikemik: Zat yang menurunkan kadar gula darah
  17. Nervin: Untuk memperkuat saraf / saraf tonik
  18. Kardiodepresan: Menekan aktivitas jantung
  19. Galactogogue: Zat yang dapat meningkatkan produksi ASI
  20. Obat penenang: Zat yang menenangkan
  21. Stomakik: Zat yang memperkuat perut dan meningkatkan nafsu makan
  22. Vasodilator: Zat yang melebarkan pembuluh darah
  23. Vermifuge: Zat yang dapat membunuh cacing usus
  24. Diuretik: The emetik dari aurine
  25. Penenang: Zat yang menenangkan

Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

Pada daun sirsak memiliki senyawa proaktif seperti acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, anomurine, anonol, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoleic acid, muricapentocin, dll. Senyawa tersebut cukup berkhasiat 100 kali lipat untuk mengatasi kanker dibandingkan dengan melakukan kemoterapi.

Untuk mendapatkan manfaatnya, pengolahan daun sirsak didapatkan dari mengkonsumsi air rebusan atau melalui kapsul berisi ekstrak daun sirsak atau dengan cara membalurkan tumbukan daun sirsak untuk penyakit luar. Beberapa manfaat dari daun sirsak antara lain :

1. Mencegah dan Mengobati kanker
Sebuah penelitian dilakukan oleh pihak National Cancer Institute pada tahun 1976, menemukan bahwa daun dan batang sirsak mampu membunuh sel kanker. Penelitian ini diperkuat dengan adanya bukti uji klinis yang dilakukan para ilmuwan di Korea Selatan.

Berdasarkan penelitian, daun sirsak mengandung zat proaktif yang mampu membunuh sel-sel kanker, dimana zat proaktif mampu memilih untuk membunuh sel-sel yang berbahaya, dan membiarkan (tidak membunuh) sel-sel yang sehat. Sehingga khasiat daun sirsak ini dianggap jauh lebih baik dibandingkan dengan metode kemoterapi dalam pengobatan kanker.

2. Mengobati diabetes
Nutrisi dalam daun sirsak dipercaya mampu bekerja untuk menstabilkan kadar gula darah dalam kisaran normal. Sehingga ekstrak daun sirsak dapat menjadi solusi anda untuk mengobati diabetes secara herbal.

3. Mengobati Asam urat
Kandungan pada daun sirsak yang antara lain adalah acetogenin, annocatalin, asam gentisic, annomuricin, caclourin, dan asam linoleat pun dimanfaatkan pula untuk mengobati asam urat. Cara mengobati asam urat dengan daun sirsak adalah dengan mengkonsumsi rebusan daun sirsak secara rutin.

4. Mengobati Kista Ovarium
Kista ovarium adalah jenis penyakit tumor jinak yang muncul pada bagian ovarium. Jika tidak segera ditangani kista akan berubah menjadi kanker. Sebelum berubah menjadi kanker anda dapat memanfaatkan daun sirsak untuk mengobati kista ovarium. Konsumsi air rebusan daun sirsak untuk mengobati kista secara herbal.

5. Mengatasi Kolesterol
Kandungan senyawa yang ada pada daun sirsak juga bermanfaat untuk mengobati kolesterol tinggi. Untuk mendapatkan manfaatnya, anda perlu merebus daun sirsak dan konsumsi sari daun sirsak secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil optimal.

6. Mengobati Sakit Punggung
Daun sirsak juga memiliki manfaat sebagai obat herbal untuk mengobati sakit punggung tanpa memberikan efek negatif. Cara mengobati sakikt punggung dengan daun sirsak yaitu dengan konsumsi air rebusan daun sirsak secara rutin.

7. Meningkatkan kekebalan tubuh
Nutrisi pada daun sirsak dipercaya ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindari infeksi dalam tubuh. Senyawa antioksidan pada daun sirsak juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

8. Mengatasi Rematik
Penyakit rematik paling sering menyerang para orang tua yang menyebabkan rasa sakit hebat. Cara ampuh mengobati rematik adalah dengan mengkonsumsi rebusan daun sirsak karena rebusan daun sirsak efektif untuk nyeri artritis. Cara mengobati rematik dengan menggunakan daun sirsak adalah dengan rutin mengkonsumsi rebusan daun sirsak.

9. Mengobati penyakit paru-paru
Manfaat lain dari daun sirsak adalah untuk mengobati penyakit paru-paru. Daun sirsak berfungsi sebagai senyawa anti-bakteri untuk mengobati penyakit paru-paru basah maupun paru-paru kering.

10. Mencegah bakteri dan virus pada perkembangan tumor
Daun sirsak juga memiliki berbagai macam manfaat yang efektif untuk menghambat pertumbuhan bakteri, virus parasait hingga perkembangan sel tumor. KOnsumsi rebusan daun sirsak secara teratur untuk membantu meningkatkan stamina dan memfasilitasi pemulihan yang cepat dari berbagai penyakit.

11. Mengobati bisul
Daun sirsak juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati bisul. Cara yang digunakan adalah dengan menghaluskan 10 lembar daun sirsak lalu tempelkan pada bisul hingga mengering.

12. Mengobati Eksim
Eksim adalah penyakit kelainan pada kulit yang dapat diobati menggunakan daun sirsak. Gunakan masker daun sirsak untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh eksim.

13. Menghilangkan komedo
Untuk mengatasi komedo dengan daun sirsak adalah dengan cara gunakan masker daun sirsak pada area wajah yang berkomedo, biarkan hingga mengering dan lakukan secara rutin untuk mengilangkan komedo.

14. Menghilangkan kutu rambut
Manfaat daun sirsak selanjutnya adalah mampu menghambat pertumbuhan parasit yang tumbuh dikepala yang dapat menyebabkan ketombe dan kutu rambut. Cara menghilangkan kutu atau ketombe dengan daun sirsak adalah dengan memanfaatak air rebusan daun sirsak untuk berkeramas secara teratur.

15. Menurunkan Demam
Daun sirsak mengandung senyawa aktif yang mampu menurunkan suhu tubuh serta mengatasi infeksi yang terjadi dalam tubuh. Saat terserang demam, rebuslah beberapa helai daun sirsak dengan segelas air selama 10 menit kemudian minumlah air rebusannya dalam keadaan hangat.

16. Mengurangi arthritis
Mengkonsumsi air rebusan daun sirsak juga bermanfaat untuk mengurangi gejala arthritis. Daun sirsak mengandung senyawa anti inflammatori atau peradangan yang dapat mengurangi arthritis. Arthritis adalah gangguan yang terjadi pada persendian yang disebabkan oleh peradangan dan menjadi salah satu gejala munculnya penyakit auto imun.

17. Mencegah kerusakan kulit
Daun sirsak kaya akan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan dan mengatasi masalah pada kulit yang disebabkan oleh radikal bebas.

18. Mengobati Malaria
Ekstrak pentana yang terkandung dalam daun sirsak mampu membunuh Plasmodium penyebab penyakit malaria secara efektif. Konsumsi rebusan air sirsak untuk menyembuhkan malaria.

19. Mengobati Penyakit kuning
Senyawa ethanol pada daun sirsak atau A.Muricata memiliki efek postif pada organ hati, senyawa tersebut melindungi liver atau hati dari racun dan efek radikal bebas. Konsumsi air rebusan daun sirsak untuk membantu membersihkan serta mengobati masalah kesehatan yang menyerang pada organ liver atau hati seperti penyakit kuning yang disebabkan oleh virus hepatitis.

20. Menyembuhkan luka pada kulit
Tumbukan daun sirsak efektif untuk mempercepat penyembuhan luka pada kulit, karena daun sirsak memiliki kandungan enyawa etil asetat dan antioksidan.

Manfaat lainnya dari daun sirsak seperti :

  1. Menguatkan saraf otak
  2. Memperkuat antibodi
  3. Meredakan sakit kepala
  4. Melancarkan peredaran darah
  5. Melancarkan pencernaan

Efek samping Daun Sirsak

Tips menggunakan daun sirsak untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, harus menggunakan beberapa cara dan dosis yang benar untuk menghindari efek samping yang terjadi. Hendaknya konsumsi daun sirsak sesuai dengan keperluan, jangan berlebihan. Mengkonsumsi daun sirsak secara berlebihan akan mengakibatkan efek samping seperti :

  1. Badan menggigil
  2. Suhu tubuh meningkat
  3. Gangguan pada organ ginjal
  4. Dehidrasi
  5. Nyeri persendian
  6. Kontipasi
  7. Terkena Diare
  8. Lambung terasa perih
  9. Punggung terasa panas
  10. Badan mengeluarkan banyak keringat

Itulah penjelasan tentangManfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan. Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.