35 Manfaat Daun Sirih Merah untuk Pengobatan Herbal dan Kecantikan

Posted on

Manfaat Daun Sirih Merah – Sirih merah adalah jenis tanaman rambat yang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk pengobatan. Tanaman yang juga dimanfaatkan sebagian orang sebagai tanaman hias ini memiliki nama latin Piper ornatum. Tanaman sirih merah berasal dari Sulawesi yang tumbuh subur di dataran tinggi. Sirih merah masih berkerabat dekat dengan sirih hijau dan lada.

Senyawa yang terdapat pada kandungan daun sirih merah banyak digunakan sebagai obat diabetes militus, hepatitis, asam urat, batu ginjal, menurunkan kolestrol, mencegah strok, keputihan, radang prostat, radang mata, maag, kelelahan, nyeri sendi, dan memperhalus kulit.

Daun sirih merah memiliki kandungan senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan, seperti kandungan flavonoid, polifenol, alkoloid, tanin, minyak atsirih, sapononin, allylprokatekol, karvokol, eugenol, p-cymene, cineole, coryofelen, kadimen, ekstragol, terpenana, dan propoda. Sehingga tidak salah jika daun sirih merah sejak dulu sudah digunakan sebagai alternatif pengobatan herbal.

Manfaat Kandungan Senyawa Sirih Merah

  • Kandungan senyawa flavoid dan polifenol pada daun sirih merah bermanfaat sebagai antioksidan, antiiflamasi dan andtidiabetec .
  • Senyawa alkaloid sangat baik berkerja untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh.
  • Senyawa flavonoid merupakan zat anti diabetes yang bermanfaat untuk menurunkan glukosa dalam darah.
  • Senyawa polifenol dan flavonoid bermanfaat sebagai antioksidan, anti inflamasi, anti kuman dan anti kanker.
  • Senyawa karkoval pada sirih merah bermanfaat sebagai desinfektan dan anti jamur, sehingga efektif sebagai anti septik, obat kumur dan keputihan.
  • senyawa eugenol dalam sirih merah bermanfaat sebagai analgesik atau pereda nyeri.
  • Kadungan tannin yang cuku tinggi pada sirih merah bermanfaat sebagai antiseptik pada luka penderita diabetes yang berkhasiat mampu mengurangi infeksi.

Berikut ini manfaat yang didapatkan dari sirih merah, simak penjelasan selengkapnya.

Manfaat Daun Sirih Merah

Setelah dijelaskan manfaat dari kandungan senyawa yang terdapat pada daun sirih merah untuk kesehatan. Berikut ini adalah jenis penyakit dan cara pengobatan yang dilakukan menggunakan sirih merah. Simak selengkapnya.

1. Sirih merah untuk diabetes melitus (kencing manis)
Diabetes (diabetes melitus) adalah penyakit jangka panjang atau kronis yang ditandai dengan kadar gula darah (glukosa) yang jauh di atas normal. Senyawa polifenol dan flavonoid bermanfaat membantu menurnkan kadar glukosa dalam darah. Cara pengobatannya yaitu dengan menyiapkan 3 lembar daun sirih merah yang dipetik dari daun ke enam atau ketujuh dari pucuk. Cuci bersih dan rebus dengan 3 gelas atau 600 ml air hingga mendidih dan tersisa sekitar setengah gelas ramuan. Lalu minum ramuan tiga kali sehari dengan takaran 1/2 gelas.

2. Sirih merah untuk megobati hepatitis atau radang liver
Penyakit liver adalah penyakit yang disebabkan oleh berbagai faktor yang merusak hati, seperti virus dan penggunaan alkohol. Cara mngobati hepatitis atau radang liver dengan daun sirih merah yaitu dengan 6 lembar daun sirih merah tua yang dicuci bersih lalu direbus dengan 4 gelas atau 800 ml air sampai mendidih hingga tersisa sekitar 1 1/2 gelas rebusan ramuan. Saring dan endapkan ramuan terlebih dahulu. Minum ramuan 3 kali sehari dengan takaran minum 1/2 gelas dengan ditambah madu sekita 3 sdt.

3. Sirih merah untuk mengobati ginjal
Penyakit ginjal akut adalah kondisi ginjal yang secara tiba-tiba berhenti berfungsi. Jika kondisi ini tidak segera ditangani mengakibatkan kadar garam dan unsur kimia yang abnormal di dalam tubuh. Cara mengobati penyakit ginjal menggunakan sirih merah yaitu dengan menyiapkan 8 lembar sirih merah yang masih muda (daun bagian pucuk), lalu cuci bersih dan iris kecil-kecil, rebus dengan 4 gelas atau sekitar 800 ml air hingga tersisa sekitar 1 1/2 setengah air rebusan. Kemudian saring dan endapkan ramuan terlebih dahulu. Minum ramuan tiga kali sehari dengan takaran 1/2 gelas sekali minum dan tambahkan madu 2 sdt.

4. Sirih merah untuk mengobati jantung koroner
Penyakit jantung koroner adalah kondisi yang terjadi ketika pembuluh darah utama yang menyuplai darah ke jantung (pembuluh darah koroner) mengalami kerusakan. Cara mengobati penyakit jantung koroner dengan sirih merah yaitu dengan menyiapkan daun sirih merah ukuran sedang 3-4 lembar atau ukuran kecil 6-8 lembar. Cuci bersih lalu iris kecil-kecil. Selanjutnya, rebus irisan sirih merah dengan air 4 gelas (800 ml) sampai mendidih hingga tersisa 2 gelas dan disaring. Terakhir, minum ramuan selagi hangat dua kali sehari sebelum makan, sekali minum 1 gelas.

5. Sirih merah untuk mengobati radang prostat
Prostatitis merupakan peradangan yang terjadi pada kelenjar prostat. Prostat adalah kelenjar berbentuk seperti kacang kenari yang terletak di bawah kandung kemih dan di sekeliling uretra (pangkal kandung kemih). Cara mengobati penyakit radang prostat dengan sirih merah yaitu dengan menyiapkan 6 lembar daun sirih merah yang masih muda (bagian pucuk). Cuci bersih lalu iris kecil-kecil, kemudian rebus dengan air 2 gelas (400 ml) sampai mendidih hingga tersisa 1 gelas. Selanjutnya, saring dan minum ramuan sekaligus setelah dingin (bisa ditambahkan madu murni sebanyak 2 sendok teh) dua kali sehari.

6. Sirih merah untuk mengobati TBC
Penyakit Tuberkolosis atau TBC adalah penyakit menular paru-paru yang disebabkan oleh basil Mycobacterium tuberculosis. Cara mengobati penyakit TBC dengan sirih merah yaitu dengan menyiapkan 6 lembar daun sirih yang sudah tua berukuran sedang atau ukuran besar sebanyak 4-5 lembar. Cuci bersih dan dibilas hingga 3 kali, kemudian iris kecil-kecil dan rebus dengan air 3 gelas (600 ml) sampai mendidih hingga tersisa 1 ½ gelas. Selanjutnya, saring dan minum ramuan selagi hangat tiga kali sehari. Sekali minum sebayak ½ gelas. Untuk menghindari rasa yang terlalu pahit bisa ditambahkan 1 sendok teh madu murni atau perasan jeruk nipis.

7. Sirih merah untuk mengobati wasir
Penyakit wasir adalah pembengkakan atau peradangan pembuluh darah yang terjadi disekitar anus dan bagian rektum bagian bawah. Cara mengobati penyakit wasir dengan sirih merah yaitu dengan menyiapkan 7 lembar daun sirih lalu cuci bersih dan diiris kecil-kecil. Selanjutnya rebus sirih merah dengan air 3 gelas (600 ml) sampai mendidih hingga tersisa 1 ½ gelas. Setelah disaring dan dingin, ramuan diminum tiga kali sehari, sekali minum ½ gelas. Bisa ditambahkan 2 sendok teh madu murni.

8. Sirih merah untuk mengobati kanker payudara dan kanker rahim
Kanker adalh jenis penyakit yang disebabkan karena pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sle kanker. Sirih merah dapat digunakan juga untuk membantu mengobati penyakit kanker payudara dan kanker rahim. cara mengobati penyakit kanker payudara dan kanker rahim dengan daun sirih emrah yaitu dengan menyiapkan 6 lembar daun sirih ukuran besar beserta batangnya sepanjang 15 cm (usahakan memilih daun sirih merah yang bagian bawahnya berwarna merah merata dan segar). Daun dan batang sirih merah dicuci hingga bersih, direbus dengan air 4 gelas (800 ml) sampai mendidih hingga tersisa 2 gelas, kemudian disaring. Minum ramuan selagi hangat dua kali sehari, sekali minum ½ gelas. Bisa ditambahkan 2 sendok teh madu murni.

9. Sirih merah untuk mengobati Asam urat
Asam urat atau gout adalah kondisi yang menyebabkan nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan dan rasa panas pada persendian. Cara mengobati penyakit asam urat mengunakan daun sirih merah yaitu dengan menyiapkan 7 lembar daun sirih merah ukuran sedang beserta batangnya sepanjang 15 cm. Cuci bersih lalu iris kecil-kecil dan direbus dengan air 4 gelas (800 ml) hingga tersisa 2 gelas. Kemudian, saring dan minum ramuan selagi hangat dua kali sehari. Sekali minum ½ gelas. Bisa ditambahkan 2 sendok teh madu murni dan perasan jeruk nipis. Sisanya bisa diminum pada hari berikutnya setelah dipanaskan terlebih dahulu.

10. Sirih merah untuk mengobati sifilis
Penyakit sifilis adalah penyakit yang disebabkan karena bakteri yang disebut Treponema pallidum. Penyakit ini menyebar melalui hubungan seksual dengan orang yang terinfeksi penyakit yang sama. Cara mengobati penyakit sifilis dengan daun sirih merha yaitu dengan menyiapkan 25-30 lembar daun dan tangkai sirih merah, 1/4 gula aren dan secukupnya garam. Rebus semua bahan tersebut dengan 2 liter air dampai mendidih, saring ramuan tersebut dan minum 3 kali sehari secara rutin.

11. Sirih merah untuk mengobati bronkitis
Penyakit Bronkitis adalah infeksi pada saluran pernapasan utama dari paru-paru atau bronkus yang menyebabkan terjadinya peradangan atau inflamasi pada saluran tersebut.Cara mengobati bronkitis menggunakan daun sirih merah yaitu dengan menyiapkan 7 lembar daun sirih merah dan 1 potong gula batu. Iris daun sirih merah lalu rebus bersama 1 potong gula batu dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas ramuan. Minum ramuan tersebut 3 kali sehari sebanyak 3 sendok makan.

12. Sirih merah untuk mengatasi diare
Jika dibiarkan begitu saja, diare dapat menyebabkan penyakit serius dan membahayakan bagi penderita. Cara mengobati diare menggunakan daun sirih merah yaitu dengan 6 lembar daun sirih, 6 butir merica dan 1 sendok makan minyak. Kemudian tumbuk ketiga bahan tersebut hingga lembut, kemudian gosokkan pada perut penderita diare. Jangan lupa untuk selalu minum air putih yang banyak guna menghindari dehidrasi.

13.Sirih merah untuk mengatasi gusi berdarah
Gusi berdarah jika dibiarkan akan menyebabkan infeksi, manfaatkan daun sirih untuk mengatasi gusi berdarah dengan cara berkumur dengan air rebusan daun sirih merah. Daun sirih merah ampuh untuk mengatasi infeksi karena mangandung antiseptik alami.

14. Sirih merah untuk mengatasi mimisan
Pendarahan pada hidung atau sering disebut dengan mimisan dapat dihentikan dengan daun sirih merah. Cara mengatasinya dengan melumatkan daun sirih muda lalu gulung hingga mengeluarkan sedikit minyak. Setelah itu gunakan gulungan daun sirih merah untuk menyumbat hidung untuk menekan darah agar tidak keluar lagi.

15. Sirih merah untuk mengatasi gigi berlubang
Sakit gigi akan sangat mengganggu aktivitas kita. Jika anda mengalami sakit gigi, gunakan air rebusan daun sirih merah untuk berkumur secara berulang-ulang hingga nyeri yang terjadi berkurang dan hilang.

16. Sirih merah untuk mengatasi batuk
Batuk dapat diatasi dengan menggunakan daun sirih merah, yaitu dengan menyiapkan 4 lembar daun sirih, 3 lembar daun bidara upas dan madu secukupnya. Daun sirih diiris-iris, kemudian direbus bersama daun bidara upas dalam 2 gelas air hingga mendidih. Setelah dingin, tambah madu secukupnya, kemudian ramuan tersebut dibuat untuk berkumur. Usahakan untuk menjangkau daerah kerongkongan.

17. Sirih merah untuk mengatasi susah buang air kecil
Sifat diuretik yang dimiliki oleh daun sirih merah mampu membantu melancarkan buang air kecil. Jika mengalami susah BAK, anda dapat mencoba membuat ramuan jus daun sirih merah. Caranya dengan mencampurkan jus daun sirih merah dengan madu dan susu lalu minum ramuan tersbeut 1 kali dalam seminggu untuk melancarkan proses buang air kecil.

18. Sirih merah untuk mengobati luka infeksi dan gatal-gatal
Gatal-gatal yang disebabka karena infeksi jamur atau kuman dapat diatasi dengan menggunakan daun sirih merah. Cara pengobatan dilakukan dengan merebus sekitar 15 hingga 20 lembar daun sirih dan gunakan air rebusan untuk mandi dalam keadaan masih hangat.

19. Sirih merah untuk mengobati jerawat
Gunakan manfaat daun sirih merah untuk mengatasi jerawat pada wajah anda secara alami. Caranya denga menyiapkan sekitar 10 lembar daun sirih lalu cuci bersih dan tumbuk kasar, kemudian seduh dengan air panas. Gunakan air tersebut untuk membasuh muka yang berjerawat. Lalukan cara ini dengan rutin 2 hingga 3 kali sehari.

20. Sirih merah untuk mengobati bisul
Gunakan daun sirih merah untuk mengatasi bisul, caranya dengan menumbuk daun sirih tua lalu balurkan pada bagian yang terkena bisul. Agar tumbukan sirih tidak lepas, gunakan kain untuk membalut.

21. Sirih merah untuk mengatasi luka bakar
Sirih merah mengandung antiseptik yang baik digunakan untuk pengobatan luka. Salah satunya yaitu untuk mengatasi luka bakar. Cara melakukan pengobatan ini yaitu dengan memeras sari dari daun sirih merah lalu ditambahkan dengan sedikit madu. Setelah itu, tempelkan ramuan ini pada luka bakar. Jika luka bakar cukup parah anda perlu memeriksakan ke dokter.

22. Sirih merah untuk mengatasi mata merah
Untuk mengatasi mata merah, anda dapat mengatasinya dengan menggunakan daun sirih merah. Caranya dengan merendam daun sirih merah dengan air panas, lalu basuh mata dengan air rendaman tersebut. Mata akan terasa pedih namun akan terasa ringan setelahnya.

23. Sirih merah untuk mengatasi keputihan
Daun sirih merah mengandung anti septik, sehingga juga baik digunakan untuk mengatasi keputihan pada masalah wanita. Caranya yaitu dengan menyiapkan 10 lembar daun sirih merah dan rendam dengan 3 liter air hangat. Gunakan rendaman tersebut untuk membasuh organ kewanitaan.

24. Sirih merah untuk mengatasi pembengkakkan pada pauydara ketika menyusui
Untuk mengatasi pembengkakkan yang terjadi pada payudara akibat menyusui anda dapat mengunakan daun sirih. Caranya yaitu dengan membalurkan minyak kelapa pada daun sirih merah lalu panaskan sebentar diatas api hingga layu dan taruh daun pada payudara selagi masih hangat.

25. Sirih merah untuk mengatasi magh
Cara mengatasi magh dengan menggunakan daun sirih merah yaitu dengan cara menggiling halus daun sirih merah yang diberi sedikit air panas, setelah itu gunakan untuk membalur perut. Gunakan cara ini secara rutin 2x sehari.

26. Sirih merah untuk mengatasi bau badan
Cara menghilangkan masaah bau badan, anda dapat juga menggunakan daun sirih merah. Caranya dengan merebus 5 lemabr daun sirih merah dengan dua gelas air, hingga tersisa 1 gelas saja. Gunakan ramuan ini untuk membantu mengurangi masalah bau badan.

27. Sirih merah untuk mengatasi asma
Asma adalah kejadian dimana kita mengalami kesulitan untuk bernafas. Asma dapat disembuhkan dengan menggunakan ramuan daun sirih secara rutin. Caranya dengan menyiapkan 4-5lembar daun sirih dengan satu gelas ari dan minum rebusan tersebut secara rutin 2-3 gelas perhari.

28. Sirih merah untuk mengatasi radang tenggorokan
Radang tenggorokan dapat diatasi dengan minum air rebusan daun sirih merah, caranya dengan merebus 4-5 lembar daun sirih merah menggunakan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum secara rutin 2-3 kali sehari.

29. Sirih merah untuk mengatasi demam berdarah
Demam berdarah dapat diatasi dengan minum air rebusan daun sirih merah. caranya dengan merebus 5-6 lembar daun sirih merah menggunakan 2 gelas air hingga tersisa setengah gelas. Minum secara rutin 2 kali sehari.

30. Sirih merah untuk melancarkan haid
Masalah haid dapat diatasi dengan menggunakan daun sirih merah. Cara melancarkan haid dengan daun sirih merah yaitu dengan merebus 3 lembar daun sirih, 10 gram mahkota dewa, 15 gram umbi dewa dalam 2 gelas air sampai hanya tersisa 1 gelas saja. Minum rebusan tersebut 2 kali sehari.

31. Sirih merah untuk mengatasi bau mulut
Untuk mengatasi bau mulut anda dapat menggunakan air rebusan daun sirih merah untuk berkumur. Caranya dengan merebus 10-15 lemabr daun sirih merah, lalu rebus dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas dan gunakan untuk berkumur.

32. Sirih merah untuk mengatasi sariawan
Sariawan dapat diatasi dengan menggunakan daun sirih merah, yaitu dengan mengunyah 1-2 lembar daun sirih merah selama 10 menit, lakukan cara ini 2 kali sehari.

33. Sirih merah untuk mengatasi keringat berlebih
Daun sirih juga memiliki manfaat yang mampu untuk mengendalikan senyawa kavicol dan estragol pada produksi kelenjar keringat. Cara mengatasi keringat berlebih dnegan daun sirih merah yaitu dengan mengoleskan tumbukan dari 2 lembar daun sirh merah pada area ketiak dan sumber keringat lainnya secara teratur. Selain itu anda juga bisa menggunakan air rebusan daun sirih merah untuk membantu mempercepat menghilangkan keringat berlebih.

34. Sirih merah untuk mengatasi radang paru-paru
Rebusan air daun sirih merah juga memiliki manfaat untuk mengatasi peradangan pada paru-paru, cara pengobatannya dengan merebus sekitar 5-7 lembar daun sirih merah dalam 500 ml air sampai mendidih hingga air tersisa sekitar setengahnya saja. Minum ramuan secara rutin 3 kali sehari.

35. Sirih merah untuk menghaluskan kulit
Untuk menghaluskan kulit, anda dapat menggunakan tumbukan daun sirih merah yang telah dicampur dengan air panas. Lalu gunakan rendaman tersebut untuk masker wajah selagi masih hangat. Gunakan cara ini seminggu sekali.

Semoga informasi yang diberikan tentang manfaat daun sirih merah untuk pengobatan herbal dan kecantikan, semoga bermanfaat.