Manfaat Daun Sirih Merah untuk Diabetes Melitus Terbukti AMPUH

Posted on

Manfaat Daun Sirih Merah untuk Diabetes MelitusDaun sirih merah diyakini mampu membantu mengatasi penyakit diabetes dan tumor. Tanaman yang berasal dari Sulawesi ini memiliki nama latin Piper ornatum, tanaman yang masih berkerabat dengan sirih hijau ini tumbuh baik didaerah dataran tinggi. Kandungan manfaat tanaman ini ditemukan pada bagian daun yang memiliki ciri khusus dengan warna merah dibagian tulang daunnya. Daun sirih merah dipercaya ampuh untuk membantu menurunkan kadar glukosa dalam darah untuk penderita diabetes.

Diabetes adalah penyakit yang terjadi ketika seseorang tidak lagi mampu memproduksi insulin yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga menyebabkan kadar glukosa dalam tubuh tidak lagi dapat diolah secara maksimal dan akhirnya masuk ke dalam darah sehingga menyebabkan meningkatnya kadar gula dalam darah.


loading...

Bagi penderita diabetes, penyuntikan insulin merupakan cara terbaik untuk mengobati penyakit diabetes, namun cara ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit sehingga tidak semua penderita diabetes dapat melakukan cara pengobatan tersebut. Karena itu banyak penderita lebih suka mengcari cara pengobatan alternatif seperti menggunakan pengobatan herbal dengan biaya yang lebih murah dan lebih aman.

Kandungan senyawa tannin, alkaloid, saponin dan flavanoid dalam daun sirih merah dipercaya ampuh untuk membantu aktivitas hipoglikemik sehingga mampu menurunkan kadar glukosa dalam darah. Selain itu, daun sirih merah masih banyak mengandung nutrisi lain yang juga sering dimanfaatkan untuk pengobatan penyakit lainnya. Daun sirih merah juga mengandung polifenol, minyak atsirih, sapononin, allylprokatekol, karvokol, eugenol, p-cymene, cineole, coryofelen, kadimen, ekstragol, terpenana dan propoda.

Selain untuk pengobatan diabetes, Flavonoid dan polifenol merupakan senyawa yang dapat membantu pengonatan penyakit kanker dan sebagai obat agen pencegah tumbuhnya sel-sel kanker. Senyawa alkaloid memiliki peran yang sangat besar untuk menekan perkembangan sel-sel penyakit, senyawa Karvakol memiliki manfaat sebagai desinfektan dan anti jamur ketika digunakan sebagai anti septik seperti obat kumur dan obat keputihan bagi wanita. Sedangkan senyawa euganol memiliki manfaat untuk meredakan rasa sakit dalam tubuh. Daun sirih merah dipercaya mampu mengatasi berbagai jenis penyakit seperti membantu mengobati penyakit hepatitis, asam urat, batu ginjal, menurunkan kolesterol, mencegah stroke, rilis vagina, iritasi prostat, masalah mata, bisul, kelelahan, nyeri sendi, hingga pengobatan pada penyakit kulit.

Cara Pengobatan Diabetes Dengan Sirih Merah

Setelah mengetahui kandungan dan manfaat yang didapat dari daun sirih merah, berikut merupakan cara pengobatan yang dapat anda lakukan untuk menggobati penyakit diabetes secara herbal.

Mengobati diabetes dengan daun sirih merah

  • Sediakan 3 lembar daun sirih merah setengah tua yang didapat dari daun ke enam atau ke tujuh dari pucuk.
  • Cuci bersih dan iris daun hingga kecil-kecil
  • Rebus dengan 3 gelas atau sekitar 600 ml air sampai mendidih hingga tersisa setengah gelas
  • Minum ramuan sehari tiga kali sebelum makan dengan takaran setengah gelas sekali minum.

Diabetes melitus biasanya identik dengan luka yang sering timbul pada kaki, untuk itu anda juga bisa menggunakan daun dari sisa rebusan untuk ditempelkan pada area luka namun hindari menempelkan daun pada luka yang cukup parah untuk menghindari infeksi yang lebih parah.

Untuk anda yang kesulitan mendapatkan daun sirih merah, saat ini telah tersedia supplement yang dibuat menggunakan daun sirih merah atau teh sirih merah yang cukup mudah untuk ditemukan di apotik atau toko-toko. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat, terimakasih.


loading...