25 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Perlu Anda Ketahui

Posted on

Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan – Daun salam adalah daun dari tanaman salam yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai bahan campuran pada bumbu masakan, pengawet serta menambah aroma dan pewarna pada masakan. Daun salam memiliki aroma khas karena daun salam memiliki kandungan minyak atsiri.

Selain digunakan sebagai bumbu masakan, daun salam juga salah satu penghasil rempah yang banyak digunakan sebagai bahan campuran herba tradisional. Salah satu manfaat daun salam adalah untuk menyembuhkan masalah penyakit umum, hingga penyakit kronis. Dalam daun salam terkadnung banyak senyawa yang bermanfaat untuk mengatasi banyak penyakit, karena kandungan kimia daun salam terdiri dari minyak atsiri, tannin, dan flavonoida. Daun salam kering mengandung 0,17% minyak esensial, terdiri dari senyawa eugenol dan methyl chavicol. Ekstrak etanol digunakan sebagai antijamur dan antibakteri, ekstrak metanol bisa digunakan sebagai anti cacing.

Manfaat air rebusan daun salam mengandung asam caffeic, quercetin, euganol dan catechin. Senyawa ini dapat melindungi tubuh dari serangan kanker, mengandung phytonutrient (parthenolide) untuk menahan proliferasi sel kanker serviks.

Manfaat Daun Salam Untuk kesehatan

Dari uraian diatas, melihat dari kandungan yang ada pada daun salam maka dapat dikatakan jika daun salam memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Beberapa manfaat dari daun salam didapatkan dari air rebusan daun salam. Beeriku beberapa manfaat daun salam bagi kesehatan :

1. Menghilangkan Kutu Rambut
Salah satu manfaat daun salam adalah mampu untuk membasmi kutu rambut. Cara yang dilakukan untuk membasmi kutu dengan daun salam adalah :

  • Siapkan 50 gram daun salam
  • Rebus dengan 400 ml air hingga mendidih
  • saring dan tunggu hingga agak dingin
  • Gunakan air rebusan daun salam untuk membasuh kulit kepala secara merata
  • Biarkan hingga 3 sampai 4 menit
  • Bilas hingga bersih dan lakukan cara ini secara rutin sampai kutu dikepala hilang.

2. Mengatasi Kulit Gatal
Manfaat lain dari daun salam adalah untuk mengatasi masalah gatal-gatal pada kulit yang disebabkan karena iritasi, alergi, kulit kering atau gigitan serangga. Untuk mengatasi gatal-gatal dnegan daun salam adalah :

  • siapkan sekitar 8 lembar daun salam
  • Tumbuk hingga halus
  • Balurkan pada kulit yang gatal
  • Diamkan selama 1 hingga 2 jam
  • Bilas dengan air hangat, ulangi jika rasa gatal pulih

3. Memutihkan Gigi
Daun salam juga bermanfaat untuk membantu memutihkan gigi, hanya saja lakukan cara ini secara rutin sehingga anda akan melihat hasil efektifnya. Cara yang digunakan untuk memutihkan gigi dengand aun salam adalah :

  • Siapkan 7 lembar daun salam kering
  • Siapkan kulit jeruk kering
  • Tumbuk kedua bahan tersebut hingga halus
  • Lalu gosokkan bubuk campuran daun salam dan kulit jeruk pada gigi.

4. Mengatasi kulit stress
Daun salam juga memiliki manfaat untuk mengatasi masalah kulit stress seperti munculnya kudis. Cara yang dilakukan untuk mengatasi kudis dengan daun salam adalah dengan :

  • Siapkan beberapa lembar daun salam
  • Giling hingga daun halus seperti bubur
  • Oleskan bubur daun salam pada kulit yang terkena kudis
  • Diamkan beberapa jam lalu bilas
  • Lakukan secara rutin agar memberikan efek optimal

5. Mengobati Asam Urat
Daun salam mengandung senyawa tanin, dan flavonoid yang memiliki manfaat untuk meringankan rasa sakit ketika asam urat menyerang. Konsumsi air rebusan daun salms secara rutin akan membantu mengobati penyakit asam urat. Cara yang digunakan untuk mengobati asam urat dengan daun salam adalah dengan :

  • Siapkan 10 lembar daun salam
  • 1/2 tangkai batang sereh
  • 700 cc air
  • Rebus semua bahan diatas hingga air rebusan tersisa 200 cc
  • saring dan minum sata hangat sebagai obat asam urat

6. Mengurangi Kolesterol jahat
Kolesterol jahat memiliki dampak buruk untuk kesehatan tubuh jika memiliki jumlah yang berlebihan. Untuk mengatasi masalah kolesterol jahat, anda dapat mengunakan daun salam untuk mengobatinya. Cara yang digunakan untuk mengoabti kolesterol jahat dengan daun salam adalah dengan :

  • siapkan 7 lembar daun salam
  • Air 600 cc
  • Daun cermai 30 gram
  • Rebus semua bahan tersebut dan tunggu hingga air rebusan tersisa 300 cc.
  • Minum air rebusan tersebut 2 kali sehari

7. Mengatasi masalah ginjal
Rebusan daun salam juga bermanfaat untuk mengatasi masalah ginjal seperti infeksi ginjal dan masalah batu ginjal. Minum air rebusan 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil maksimal. Cara yang digunakan untuk mengatasi masalah ginjal adalah dengan :

  • Siapkan 5 lembar daun salam
  • 5 lembar daun sirsak
  • 500 cc air
  • Rebus ramuan tersebut hingga air rebusan tersisa 300ml
  • Konsumsi air rebusan tersebut secara rutin

8. Melancarkan Pencernaan
Kandungan mineral dan vitamin dalam daun salam dapat melancarkan dan mencegah masalah dalam oencernaan seperti mengatasi sembelit atau masalah diare. Konsumsi air rebusan daun salam yang ditambah sedikit garam dapat bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan.

9. Mengatasi Magh
Rebusan daun salam juga bermanfaat untuk mengobati penyakit magh kronis atau penyakit magh akut. Cara mengobati magh dengan daun salam yaitu dengan rebus 15 lembar daun salam dengan 1/2 liter air hingga mendidih sempurna. Tambahakan sedikit gula aren atau madu untuk menambah rasa.

10. Mengatasi Hipertensi
Senyawa rutin, salisilat, asam caffeic dan fitontrien dalam daun salam berkhasiat meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah stroke. Sedangkan flavonoid membantu menormalkan darah untuk penderita hipertensi. Kandungan mineral dalam daun salam bermanfaat untuk melancarkan darah dan menurunkan hipertensi.

11. Mengobati Diabetes
Manfaat lain dari daun salam adalah untuk mengatasi masalah diabetes tipe 2, menurunkan glukosa darah, kolesterol dan trigliserida. Daun salam yang digunakan adalah dalam bentuk bubuk. Untuk hasil optimal konsumsi bubuk daun salam selama 30 hari. Bubuk daun salam mengandung antioksidan yang dapat membantu ginjal menghasilkan insulin secara lebih efisien. Yang juga sangat baik dikonsumsi untuk orang yang kekurangan hormon insulin.

12. Mencegah Kanker
Daun salam mengandung asam caffeic, quercetin, euganol dan catechin. Ketiga zat ini akan memberikan perlawanan kepada berbagai jenis kanker baik yang sudah ada maupun cikal bakal kanker. Kandungan phytonutrient juga mampu untuk menahan proliferasi sel kanker serviks. Konsumsi air rebusan daun salam untuk mencegah berkembangnya sel kanker jahat dalam tubuh.

13. Meredakan FLu atau Pilek
Untuk meredakan flu atau pilek dengan daun salam adalah gunakan air rebusan daun salam untuk mengkompres bagian hidung ketika masih dalam kondisi hangat. Selain untuk mengkompres, konsumsi air rebusan daun salam juga perlu dilakukan.

14. Mengatasi rambut rontok
Untuk mengatasi masalah rambut rontok adalah dengan daun salam yaitu dengan gunakan rebusan daun salam untuk membilas rambut saat sesi terakhir keramas. Diamkan dan lakukan pijatan di kepala.

15. Mengobati sakit mata
Manfaat lain dari daun salam yaitu untuk mengatasi sakit mata. Cara yang digunakan adalah dengan rendam daun salam kedalam air panas, lalu gunakan rendaman daun salam untuk mencuci mata atau menetesi mata saat air rendaman sudah dingin.

16. Mengatasi Radang Tenggorokan
Manfaat selanjutnya dari daun salam yaitu ampuh untuk mengatasi masalah radang tenggorokan. Radang tenggorokan dapat diatasi dengan mengkonsumsi air rebusan daun salam secara rutin hingga kondisi radang tenggorokan membaik.

17. Merangsang kehamilan
Kandungan asam folat pada daun salam bermanfaat untuk merangsang kehamilan. Kandungan asam folat juga bermanfaat untuk ibu hamil selama periode periode penconception (3 bulan sebelum dan sesudah kehamilan). Asam Folat mencegah terjadinya cacat pada anak. Dan merangsang kehamilan bagi calon ibu yang mengalami kesulitan hamil.

18. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Manfaat selanjutnya yang didapatkan dari daun salam adalah ampuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Cara sederhana yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan menambahkan daun salam pada setiap masakan yang akan anda makan.

19. Daun salam untuk diet
Cara memanfaatkan daun salam untuk menurunkan berat badan atau diet adalah dengan rebus 20 lembar daun salam dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas air rebusan dan konsumsi 2 kali sehari dengan takaran satu gelas sekali minum.

20. Mengatasi menstruasi
Air rebusan daun salam juga memiliki manfaat untuk melancarkan siklus menstruasi bagi wanita yang memiliki siklus haid tidak normal.

21. Memudahkan tidur
Konsumsi air rebusan daun salam sesaat sebelum tidur bermanfaat untuk membuat kualitas tidur menjadi lebih baik.

22. Mengatasi Diare
Selain beberapa manfaat diatas, salah satu manfaat lainnya dari air rebusan daun salam adalah untuk mengatasi diare. Konsumsi air rebusan daun salam ketika anda diare.

23. Mengatasi Batuk
Masalah batuk juga dapat diatasi dengan mengkonsumsi air rebusan daun salam. Minum air rebusan daun salam ketika masih hangat.

24. Mengencangkan kulit wajah
Gunakan terapu uap air rebusan daun salam untuk mencegah kulit keriput dan mengencangkan kulit wajah. Cara yang dilakukan, rebus 5 lembar daun salam hingga mendidih, letakan air rebusan pada baskom lalu gunakan uap air rebusan untuk menguapi wajah, gunakan handuk untuk menutupi kepala agar uap air tidak keluar dari wajah.

25. Mengusir Nyamuk
Kandungan asam laurat pada daun salam berguna untuk obat nyamuk alami. Gunakan ekstrak daun salam sebagai lotion anti nyamuk yang akan membantu mencegah sengatan dan gigitan nyamuk atau serangga.

Itulah penjelasan tentang Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.