31 Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan Serta Efek Samping Bagi Tubuh yang Perlu Anda Ketahui

Posted on

Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan  – Buah pepaya adalah jenis buha yang dapat dengan mudah kita temukan diberbagai tempat karena buah pepaya dapat dengan baik tumbuh didaerah tropis seperti di Indonesia. Buah pepaya meatang memiliki tekstur lembut dan rasa manis sehingga banyak orang yang menyukainya. Buah pepaya memiliki banyak sekali manfaat baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan.

Namun berbeda dengan buahnya yang memiliki rasa manis, daun tanaman pepaya memiliki rasa pahit yang membuat banyak orang tidak menyukainya. Padahal dalam daun pepaya memiliki banyak manfaat yang juga bermanfaat baik untuk kesehatan. Kandungan dalam daun pepaya sangat penting untuk kesehatan kardiovaskular, mencegah terjadinya kanker serta sebagai antioksidan yang membantu mencegah radikal bebas. Dari beberapa manfaat yang didapatkan dari daun pepaya sudah dapat dipastikan bahwa dalam daun pepaya memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan.

Daun pepaya memiliki kandungan gizi yang cukup banyak seperti vitamin A 18250 SI, vitamin B1 0,15 miligram per 100 gram, vitamin C 140 miligram per 100 gram daun pepaya, kalori 79 kal per 100 gram, protein 8,0 gram per 100 gram, lemak 2,0 gram per 100 gram, hidrat arang/karbohidrat 11,9 gram per 100 gram, kalsium 353 miligram per 100 gram, dan air 75,4 gram per 100 gram. Daun pepaya mengandung zat papain yang tinggi sehingga menjadikan rasanya pahit, namun zat ini justru bersifat stomakik yaitu dapat meningkatkan nafsu makan.

Manfaat Daun Pepaya

Dari berbagai kandungan senyawa yang ada pada daun pepaya sudah pasti banyak manfaat yang didapatkan dari daun pepaya, berikut ini beberapa manfaat yang didapatkan dari daun pepaya, antara lain:

Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan

Dari segi kesehatan, daun pepaya juga memiliki kandungan manfaat yang beragam, antara lain:

1. Mengatasi Demam Berdarah
Dalam menyembuhkan demam berdarah, daun pepaya bekerja dengan membantu meningkatkan trombosit pada penderita DBD. Untuk menyembuhkan demam berdarah, anda harus mengkonsumsi air rebusan daun pepaya dengan takaran rebusan 3 lembar daun pepaya dengan 3 gelas air dan rebus hingga tersisa 1 gelas air rebusan. Minum air rebusan secara berkala.

2. Mengatasi penyakit Emsifema
Emsifema adalah jenis penyakit yang berhubungan dengan paru-paru dan sangat penting untuk keberlangsungan hidup manusia. Adanya kandungan vitamin D pada daun pepaya bermanfaat ampuh untuk membantu membunuh akar penyakit dari emsifema.

3. Mengatasi Kanker
Kanker menjadi penyakit yang sangat ditakuti semua orang. Untuk membantu penyembuhannya, daun pepaya dapat dimanfaatkan untuk membantu membunuh perkembangbiakan sel-sel kanker dengan cara rutin mengkonsumsi rebusan daun pepaya.

4. Mengatasi Nyeri Haid
Sebagian wanita biasanya akan merasa nyeri ketika mengalami masa haid atau menstruasi. Daun pepaya memiliki manfaat membantu mengurangi rasa nyeri akibat menstruasi dengan cara merebus satu lembar daun pepaya dengan ditambahkan sedikit garam dan asam jawa. Minum ramuan tersebut selagi hangat dan nyeri haid akan segera berkurang.

5. Mengatasi sakit perut pada anak
Balita biasanya sering mengalami sakit perut dan sering membuat ibu menjadi panik. Namun ibu tidak harus terlalu panik karena ibu dapat menggunakan ramuan herbal ini untuk membantu mengatasi sakit perut pada balita. Tumbuk 2 lembar daun pepaya, 3 lembar daun dadap serep dan sedikit kapur sirih hingga halus, lalu balurkan ramuan tersebut pada perut balita.

6. Menghambat bakteri
Daun pepaya sering dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk mengambat perkembangan bakteri jahat. Hal ini karena dalam daun pepaya memiliki kandungan senyawa karpain yang bekerja menghambat jamur, cacing, parasit dan bakteri dalam tubuh yang merugikan tubuh.

7. Melindungi Usus
Usus adaldah organ tubuh bagian dalam yang paling rentan terkena penyakit, untuk melindungi usus dari berbagai penyakit seperti cacing parasit, anda dapat mengkonsumsi air rebusan pepaya. Hal ini disebabkan daun pepaya memiliki kandungan tanin yang bemanfaat baik untuk mengusir cacing dalam usus.

8. Mengatasi tifus
Jika biasanya para penderita tifus sering menggunakan ekstrak cacing sebagai obat, anda juga perlu memanfaatkan daun pepaya untuk mengobati tifus. Daun pepaya memiliki kandungan tannin, karpain dan antibakteri yang bermanfaat untuk membantu meredakan sakit tifus yang disebabkan oleh bakteri tifosa serta membantu meredakan gejala yang biasanya muncul seperti demam, diare, maagh dan lainnya.

9. Meregenerasi sel darah
Tubuh yang kekurangan sel darah atau trombosit biasanya akan merasa lemah dan lelah. Untuk membantu menormalkan kadar sel darah anda perlu mengkonsumsi daun pepaya, karena dalam daun pepaya juga memili kandungan vitamin A, C dan E yang baik untuk meregenerasi sel darah dan melindungi tubuh.

10. Meningkatkan sistem Imunitas
Sistem imunitas yang baik sangat penting untuk melindungi tubuh dari ancaman berbagai penyakit. Untuk menjaga sistem inumitas tetap baik anda perlu mengkonsumsi berbagai jenis makanan sehat dan bernutrisi. Daun pepaya juga termasuk salah satu jenis makanan yang baik untuk membantu menjaga sistem imunitas tubuh.

11. Mencegah Katarak
Walapun penyakit katarak banyak ditangani dengan melakukan tindakan operasi, anda juga sebelumnya perlu melakukan pencegahan dengan cara mengkonsumsi daun pepaya baik dalam keadaan mentah atau dimasak. Dalam daun pepaya memiliki kandungan vitamin A tinggi yang bermanfaat baik utnuk membersihkan mata dari katarak.

12. Menambah Nafsu Makan
Untuk meningkatkan nafsu makan anda dapat menggunakan ramuan dari daun pepaya dan sedikit garam. Ambil sari daun pepaya dengan cara di remas dan saring sarinya lalu beri sedikit garam dan air hangat. Ramuan ini juga aman untuk diberikan pada anak-anak yang susah makan. Meskipun memiliki rasa pahit, nutrisi papain, vitamin dan nutrisi dalam daun pepaya bermanfaat baik untuk membantu menambah nafsu makan.

13. Mengatasi Hipertensi
Hipertensi atau penyakit darah tinggi pada umumnya memili gejala seperti pusing, sakit kepala, bahu terasa tegang, sesak napas pada bagian bahu dan dada. Untuk mengurangi hipertensi, anda dapat memanfaatkan rebusan daun pepaya, kandungan kalsium dan rendah kalori bermanfaat baik untuk membantu menurunkan hipertensi.

14. Melancarkan ASI
Daun pepaya memang dilarang untuk ibu hamil karena dapat membahayakan janin, namun pada ibu menyusui daun pepaya bagus untuk membantu melancarkan ASI. Untuk melancarkan ASI, tempelkan daun pepaya yang telah di hangatkan hingga layu pada payudara, dan hindari menempelkan pada putingnya.

15. Melancarkan buang air
Buang air kecil membantu kita untuk membersihkan dan menghilangkan berbagai racun dalam tubuh. Urin akan mengangkut semua bahan berbahaya dan zat yang tidak digunakan dalam tubuh. Daun pepaya memiliki kandungan karpein yang dapat membantu memudahkan buang air kecil.

16. Menghindari Dehidrasi
manfaat mengkonsumsi daun pepaya selanjutnya adalah baik untuk menjaga kebugaran tubuh setiap hari. Hal ini karena daun pepaya memiliki banyak kandungan air yang baik untuk menjaga tubuh terhindar dari dehidrasi sehingga tubuh tetap merasa bugar dan fit setiap hari.

17. Obat anti dingin
Daun pepaya baik dikonsumsi sebagai obat anti dingin atau sebagai penghangat tubuh. Cara ini dapat anda manfaatkan untuk anda yang tinggal di pegunungan atau daerah dingin.

18. Mengatasi Gastritis
Grastritis adalah kondisi iritasi atau peradangan pada lambung yang akut hingga kronis yang termasuk salah satu jenis penyakit golongan dispepsia organik, yakni adanya kelainan organik pada tubuh.Daun pepaya memiliki kandungan enzim papain yang bermanfaat untuk mengobati penyakit Gastritis pada manusia.

19. Mengatasi Dispepsia
Dispepsia adalah penyakit pencernaan yang mirip dengan penyakit maag namun penggolongannya lebih banyak dan penyebabnya lebig beragam. Untuk mengatasi Dispepsia anda dapat mengkonsumsi daun pepaya, hal ini karena daun pepaya memiliki kandungan zat papain yang baik untuk membantu mengatasi Dispepsia.

20. Mengatasi Eksim
Untuk mengatasi eksim, anda dapat mengunakan eksim sebagai obat eksim dengan cara gosokkan daun pepaya pada bagain kulit yang terkena eksim secara rutin.

21. Sebagai agen detoksifikasi
Jika dikonsumsi sebagai jus, daun pepaya bermanfaat sebagai agen detoksifikasi karena daun pepaya memiliki kandungan karpain yang mampu mencegah pertumbuhan mikroorganisme atau toksin lain dalam tubuh.

22. Mengurangi Berat Badan
Rebusan daun pepaya baik anda konsumsi sebagai menu diet anda karena daun pepaya mengeyangkan perut lebih lama dan memiliki kandungan mineral yang baik untuk menjaga kondisi badan tetap bugar meskipun anda sedang melakukan diet.

23. Mengatasi cacingan pada anak
Penyakit cacingan dapat membuat petumbuhan anak menjadi terganggu. Daun pepaya memiliki kandungan carposide yang bermanfaat mengatasi penyakit cacingan pada anak.

24. Mengatasi gangguan pencernaan
Enzim papain dalam daun pepaya memiliki manfaat membantu dalam proses pencernaan dan bermanfaat mengobati gangguan pencernaan. Rebusan daun pepaya mampu mengurangi rasa mulas dan merangsang nafsu makan. Daun pepaya juga membantu dalam mencerna gluten protein gandum, yang terjadi bagi sebagian orang, yang dikenal sebagai penyakit celiac.

25. Membantu penyakit pembesaran prostat
Daun pepaya juga bermanfaat untuk membantu mengatasi pembesaran prostat jinak, selain itu daun ini juga dapat membantu menggurangi berbagai masalah terkait pembesaran prostat seperti masalah lesi dubur.

26. Menangkal Infeksi Virus
Manfaat daun pepaya selanjutnya adalah baik untuk menangkal virus-virus jahat yang masuk kedalam tubuh. Hal ini karena daun pepaya mengandung vitamin A, C dan vitamin E yang bekerja baik untuk mendongkrak sistem kekebalan tubuh.

Manfaat Daun Pepaya untuk Kecantikan

Selain baik untuk membantu mengatasi masalah kesehatan, daun pepaya juga dipercaya ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kecantikan. Terdapat berbagai masalah kecantikan yang dapat diatasi dengan menggunakan daun pepaya, berikut ini beberapa jenis masalah kecantikan yang dapat diatasi dengan daun pepaya, antara lain:

  1. Mengatasi Jerawat
  2. Membersihkan kulit wajah
  3. Melembutkan kulit wajah
  4. Sebagai anti aging (melawan penuaan dini)
  5. Sebagai kondisioner rambut
  6. Membersihkan ketombe

Untuk mengatasi berbagai masalah kecantikan dengan daun pepaya adalah dengan menggunakan sebagai masker daun pepaya. Cara membuat masker daun pepaya adalah dengan menghalsukan daun pepaya lalu mengaplikasikan pada wajah, tunggu hingga kering dan bilas dengan air hingga. Lakukan cara yang sama pada rambut yaitu dengan aplikasikan masker daun pepaya pada rambut.

Efek Samping Daun Pepaya

Meskipun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, daun pepaya juga memiliki efek samping seperti menimbulkan rasa pedas pada mata dan membuat hidung berair. Daun pepaya juga berbahaya bagi ibu hamil karena enzim papain didalamnya bisa meracuni janin sehingga dapat berimbas pada keguguran.

Itulah penjelasan tentang Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.