36 Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan, Kecantikan , Pria dan Wanita yang Luar Biasa

Posted on

Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan – Kemangi adalah tanaman bentuk perdu yang sering dimanfaatkan sebagai lalapan yang biasanya dimakan berdampingan dengan kubis, irisan timun, selada dan sambal, kemangi juga sering dimanfaatkan sebagai campuran masakan pepes atau pindang yang bermanfaat mengurangi bau amis pada ikan. Tanaman kemangi biasa tumbuh subur dipekarangan rumah berupa semak-semak yang memiliki bau harum khas.

Selain dimanfaatkan sebagai lalapan, daun kemangi memiliki banyak manfaat kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Dalam daun kemangi memiliki kandungan pro Vitamin A (beta karoten), Vitamin B, Vitamin C, Kolagen dan Fosfor. Dalam setiap 100 gram daun kemangi, teradpat setidatnya 5.000 SI Vitamin A, 45 mg Kalsium dan 75 mg fosfor.

Selain itu daun kemangi juga memiliki kandungan non nutrisi yang terdiri dari senyawa-senyawa Sitrat, Sineol, Stsiri, Zat Arigin, Senyawa Anetol, Zal Flavonoid, Boron, Eugenol, Betakarotin, Zat Triptofan dsb, juga terdapat kandungan minyak atsiri.

Tidak banyak orang mengetahui manfaat yang terdapat pada daun kemangi, mereka hanya sering memanfaatkan daun kemangi sebagai lalapan saja. Padahal dari banyaknya kandungan yang ada pada daun kemangi sudah membuktikan bahwa akan ada banyak pula kandungan manfaat yang baik untuk kesehatan.

Manfaat Daun Kemangi

Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan

1. Mencegah Asam Urat
Dalam daun kemangi memiliki kandungan minyak esensial yaitu eugenol, sitronelol, dan linalool yang berperan sebagai anti-inflamasi. Dengan kandungan senyawa tersebut membuktikan bahwa daun kemangi dapat menghindarkan tubuh dari resiko peradangan asam urat.

2. Menjaga Kesehatan Liver
Dengan mengkonsumsi daun kemangi dapat membantu fungsi hati karena sel lemak yang bertumpuk pada hati dapat berkurang yang menjadi penyebab penyakit liver.

3. Mencegah Batu Ginjal
Sifat diuretik yang bermanfaat untuk proses detoksifikasi pada daun kemangi memiliki manfaat untuk mecegah batu ginjal

4. Mencegah penyakit jantung
Manfaat ramuan dari daun kemangi memiliki manfaat juga untuk membantu mencegah penyakit jantung. Hal ini dikarenakaan daun kemangi memiliki fungsi baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

5. Mengatasi Demam
Untuk membantu mengatasi demam anda dapat mengkonsumsi rebusan daun kemangi yang dicampurkan dengan teh. Selain mengatasi demam, rebusan daun kemangi juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya malaria. Hal ini karena daun kemangi memiliki senyawa fitonutrien dan minyak penyembuhan yang ampuh untuk menurunkan demam dan mencegah malaria.

6. Mengobati batuk pilek
Manfaat daun kemangi selanjutnya adalah ampuh untuk mengatasi masalah batu pilek. Untuk membantu meredakan batuk pilek anda hanya pelu sering menjadikan daun kemangi sebagai lalapan atau membuatnya menjadi teh. Kandungan dalam daun kemangi bekerja dengan membantu mengencerkan lendir dalam bronkitis.

7. Mengatasi Stress
Daun kemangi dianggap sebagai ‘adaptoge ‘ atau agen anti – stres. Untuk mendapatkan pikiran tenang dan mengatasi stress, cobalah untuk menggunakan daun kemangi sebagai lalapan.

8. Sebagai antiseptik
Manfaat daun kemangi selanjutnya adalah sebagai antiseptik yang baik untuk penyembuhan luka dan infeksi.

9. Meningkatkan sistem imunitas
Sebuah penelitian menunjukkan terdapat berbagai senyawa kimia yang bermanfaat meningkatkan produksi antibodi dalam tubuh yang berfungsi baik untuk melawan infeksi hingga 20%.

10. Menjaga kesehatan pencernaan
Manfaat selanjutnya dari daun kemangi yaitu diyakini memiliki efek menenangkan pada perut. Untuk menjaga kesehatan pencernaan, anda dapat mengkonsumsi teh daun kemangi secara rutin utnuk mendapatkan pencernaan yang sehat.

11. Mengobati gigitan serangga
Daun kemangi dapat bermanfaat sebagai antiseptik alami. Untuk mengatasi gigitan serangga dengan daun kemangi adalah dengan melumatkan daun kemangi lalu gosokkan pada luka bekas gigitan serangga untuk menghindari infeksi.

12. Mengobati sakit kepala
Untuk mengobati sakit kepala dengan daun kemangi adalah dengan mencampurkan satu sendok daun kemangi kering pada 2 cangkir air mendidih dalam baskom besar. Kemudian tutup kepala dengan handuk dan hirup uap selama 5-10 menit sampai sakit kepala mulai mereda.

13. Menstabilkan gula darah
Daun kemangi juga telah terbukti dapat membantu kestabilan gula darah jika dikonsumsi secara teratur sebagai teh ataupun lalapan.

14. Mencegah Diare
Senyawa zat fitokimia pada daun kemangi berfungsi untuk melawan salah satu bakteri penyebab diare yaitu Staphyloccus aerus.

15. Menjaga kesehatan gigi dan mulut
Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut anda perlu menggunakan daun kemangi yang telah di keringkan kemudian di tumbuk halus lalu gunakan sebagai pasta gigi. Pasta gigi dari daun kemangi bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi, menangkal bau mulut dna memberikan rileksasi pada gusi.

16. Mengatasi sakit tenggorokan
Manfaat daun kemangi selanjutnya yang dikonsumsi sebagai teh juga bermanfaat baik untuk obat kumur dan membantu meredakan sakit tenggorokan.

17. Mengobati Gatal-gatal
Untuk mengobati gatal-gatal giling sekitar 200 gram daun kemangi campurkan dengan minyak biji wijen lalu tempelkan pada kulit yang gatal-gatal.

18. Menyembuhkan infeksi dalam mulut
Untuk mengatasi infeksi pada mulut, anda hanya perlu mengunyah daun kemangi segar selama beberapa menit.

19. Melancarkan ASI
Selain dengan daun katuk, ibu menyusui juga bagus mengkonsumsi daun kemangi karena kandungan dalam daun kemangi juga baik untuk membantu melancarkan produksi ASI.

20. Mencegah penuaan dini
Ramuan dengan bahan daun kemangi berfungsi ampuh untuk menangkal radikal bebas karena dalam daun kemangi tinggi kandungan beta-karoten, vitamin A, cryptoxanthin, lutein dan zea – xanthin . Senyawa tersebut bermanfaat baik untuk melindungi tubuh terhadap radikal bebas dari oksigen yang berperan mempercepat proses penuaan dan berbagai penyakit.

21. Mengatasi keputihan
Keputihan biasanya akan sangat mengganggu aktivitas bagi wanita. Untuk mengatasinya anda perlu mengkonsumsi daun kemangi, karena dalam daun kemangi memiliki kandungan eugenol yang berfungsi ampuh sebagai penghilang jamur penyebab keputihan.

22. Mencegah jerawat
Daun kemangi memiliki sifat antibakteri yang bermanfaat ampun mengatasi dan mencegah munculnya jerawat. Kandungan antibakterinya juga ampuh untuk mencegah peradangan oleh bakteri penyebab jerawat. Untuk mencegah jerawat dengan daun kemangi adalah dengan menghaluskan daun kemangi lalu gunakan pasta kemangi sebagai masker untuk wajah.

23. Mencegah komedo
Untuk mengatasi komedo anda hanya perlu meremas daun kemangi lalu sisipkan pada bagian hidung selama 5 menit , setelah itu lepas dan cuci muka hingga bersih.

24. Mencegah kerontokan rambut
Manfaat selanjutnya dari daun kemangi adalah baik untuk membantu mengatasi kerontokan rambut. Cara mengatasi kerontokan pada rambut dengan daun kemangi adalah dengan menghaluskan daun kemangi dan mencampurkan pada minyak kelapa lalu gosokkan secara merata pada rambut, lalu diamkan selama 20 menit dan bilas dengan sampo seperti biasanya.

25. Mencegah pertumbuhan uban
Untuk mencegah pertumbuhan uban, anda perlu mencampurkan pasta daun kemangi dengan bubuk amla, lalu oleskan pada rambut secara merata dan diamkan selama semalam dan cuci pada pagi harinya. Cara tersebut dilakukan untuk mencegah pertumbuhan uban dan rambut rontok.

26. Merangsang sel telur
Daun kemangi sangat baik untuk membantu wanita dalam proses pematangan sel telur (ovulasi), karena dalam daun kemangu memiliki kandungan zat Stigmaaterol pada kaun kemangi dapat merangsang pematangan sel telur pada wanita.

27. Manfaat untuk ibu hamil
Mengkonsumsi daun kemangi juga baik bagi ibu hamil, hal ini karena daun kemangi bermanfaat menjaga perkembangan janin pada ibu hamil. Kemangi memiliki kandungan mineral dan kalsium yang sangat baik untuk ibu hamil. Daun kemangi juga dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan pada ibu hamil serta mencegah sariawan

28. Manfaat Daun Kemangi Untuk Pria
Air rebusan daun kemangi dapat mengatasi masalah ejakulasi dini pada pria, hal ini dikarena kandungan bioaktif nongisi sineol 1-8 pada daun kemangi. Selain itu aliran darah menjadi lancar sehingga ereksi lebih maksimal.

Manfaat dari Kandungan Daun Kemangi

Kandungan beta karoten, vitamin A, cryptoxanthin, lutein dan zea xanthin, senyawa tersebut berfungsi dalam melindungi tubuh terhadap radikal bebas yang diturunkan oksigen dan spesies oksigen reaktif (ROS), dampaknya seperti penuaan dini dan meningkatkan resiko penyakit berbahaya.

  1. Zea Xanthin merupakan senyawa karotenoid flavonoid pada daun kemangi yang berfungsi untuk menyaring sinar UV yang berbahaya jika masuk ke retina mata.
  2. Kandungan vitamin A pada daun kemangi memiliki sifat antioksidan dan baik untuk organ mata. Mengkonsumsi makanan dengan tinggi kandungan vitamin A bermanfaat untuk mencegah kanker paru-paru dan kanker rongga mulut.
  3. Daun kemangi memiliki kandungan mineral seperti kalium, mangan, tembaga dan magnesium. Kalium merupakan bagian penting yang berkaitan dengan sel-sel dan cairan tubuh serta membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.
  4. Zat besi pada daun kemangi berfungsi sebagai komponen hemoglobin dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke dalam aliran darah.
  5. Daun kemangi juga memiliki kandungan vitamin K yang sangat dibutuhkan darah dan menjaga fungsi tulang, penguatan tulang serta mencegah penyakit tulang.
  6. Kandungan magnesium pada daun kemangi bermanfaat baik untuk membantu melancarkan peredaran darah sehingga membuat darah dan jantung terasa lebih rileks karena aliran darah menjadi lancar.
  7. Daun kemangi memiliki kandungan zat arginin yang berfungsi baik untuk daya tahan sperma sehingga sperma menjadi semakin kuat dan akan mencegah terjadinya kemandulan.
  8. Daun kemangi mengandung flavonoid polifenol seperti orientin dan vicenin yaitu senyawa yang masih termasuk antioksidan yang berfungsi baik untuk melawan lipid oksidasai dalam hati.

Untuk memanfaakan daun kemangi anda dapat menjadikannya sebagai lalapan, diseduh seperti teh, sedangkan untuk kecantikan anda dapat menghaluskannya telebih dahulu seperti membuat masker.

Itulah penjelasan tentang Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan, Kecantikan , Pria dan Wanita . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.