50 Manfaat Daun Kelor Yang Ampuh Mengobati Berbagai Penyakit Ringan Hingga Akut – AMPUH

Posted on

Manfaat Daun Kelor – Daun kelor sering disebut sebagai tanaman ajaib. Tumbuhan dari suku Moringaceae sejak dari dulu sudah banyak dimanfaatkan sebagai tanaman obat herbal hingga sebagai santapan sayur. Daun yang mampu tumbuh hingga mencapai 711 meter ini memiliki banyak sekali kandungan manfaat yang baik untuk kesehatan.

Hasil penelitian menujukkan bahwa tanaman daun kelor memiliki kandungan 3 kali potasium dari pisang, 4 kali vitamin A dari wortel, 25 kali zat besi dari bayam. 7 kali vitamin C dari jeruk. 4 kali kalsium dari susu, dan 2 kali protein dari yoghurt.

Dari kandungan tersebut sangat wajar jika daun kelor disebut sebagai tanaman ajaib. Bahkan tanaman daun kelor asli Indonesia ini telah populer hingga mancanegara. Banyak peneliti yang menemukan banyak manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh.

Apa sajakah manfaat dari daun kelor? Simak uraian dibawah ini :

Manfaat Daun Kelor

Dari banyaknya kandungan senyawa yang ada pada daun kelor, berikut beberapa manfaat yang didapatkan dari daun kelor.

1. Mengobati penyekit jantung
Daun kelor dapat dimanfaatkan untuk mencegah kerusakan jantung dan bermanfaat sebagai antioksidan. Konsumsi daun kelor 200mg per kilogram berat badan selama satu bulan akan menghasilkan tingkat lebih rendah lipid teroksidasi dna jaringan jantung dilindungi dari kerusakan struktural.

2. Sebagai zat anti kanker
Ekstrak daun kelor bermanfaat unutk mendukung kematian sel kanker dini, mencegah perkembangan sel kanker dan reproduksi sel-sel kanker. Konsumsi ekstrak daun kelor dapat bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan dan perkembangan sel-sel kanker.

3. Sebagai anti diabetes
Kandungan nutrisi kadar nutrisi seng pada daun kelor memiliki manfaat untuk produksi insulin. Dengan memberikan ekstrak daun kelor sebanyak 150 mg bermanfaat sebagai anti diabetes yang signifikan.

4. Mengatasi Alergi
Daun kelor juga memiliki anti inflamasi yang efektif untuk mengatasi alergi. Cara mengatasi alergi dengan daun kelor yaitu dengan membuat ramuan dari campuran 3 gagang daun kelor, pulosari, satu siung bawang merah, 3 gelas air. Rebus hingga tersisa 2 gelas ramuan dan minum setiap hari secara rutin

5. Mengatasi peradangan pada kulit
Manfaat selanjutnya dari daun kelor yaitu efektif untuk menyembuhkan masalah peradangan pada kulit seperti herpes, kurap hingga luka nanah. cara yang digunakan untuk mengobati adalah dengan tumbuk 7 gagang daun kelor hingga halus lalu tempelkan pada bagian kulit yang terkena peradangan.

6. Mengobati sakit mata
Manfaat lainnya dari daun kelor adalah untuk mengatasi sakit mata, cara yang dilakukan untuk mengobati sakit mata dengan daun kelor adalah dengan siapkan tiga gagang daun kelor, tumbuk atau blender daun kelor sampai halus dan tambahkan 100 ml air matang, peras dan gunakan sari daun kelor untuk mencuci mata atau untuk obat tetes mata.

7. Mengobati Pegal Linu
Manfaat selanjutnya dari daun kelor adalah untuk mengatasi pegal linu, rematik atau nyeri persendian. Cara yang digunakan yaitu dengan menumbuk daun kelor dan campur sedikit kapur sirih, gunakan ramuan tersebut untuk menggosokk bagian tubuh yang pegal, atau nyeri.

8. Mengobati Penyakit Kuning
Daun kelor juga memiliki manfaat untuk membantu mengobati penyakit kuning. Untuk mengatasi penyakit kuning dengan daun kelor adalah dengan tumbuk atau blender 3 gagang daun kelor dan peras sarinya. Lalu campurkan dengan 1 gelas air kelapa hijau, tambahkan satu sendok madu dan minum ramuan ini satu kali sehari hingga penyakit kuning sembuh.

9. Mengobati mata rabun senja
Cara mengobati mata rabun senja dengan menggunakan daun kelor adalah dengan tumbuk halus 3 gagang daun kelor dan seduh dengan 1 gelas air panas, saring dan biarkan hangat lalu campurkan satu sendok madu. Minum ramuan ini sebelum anda pergi tidur.

10. Mengobati Cacingan
Untuk mengobati cacingan pada anak atau dewasa anda dapat memanfaatkan daun kelor untuk mengatasinya. Caranya adalah dengan merebus 3 gagang daun kelor, 1 gagang daun cabai, 2 batang daun meniran dan 2 gelas air. Rebus hingga ramuan terseisa 1 gelas. Minum ramuan tersebut untuk menyembuhkan penyakit cacingan.

11. Menurunkan Berat Badan
Untuk mengatasi perut buncit atau kegemukkan, anda dapat mengkonsumsi teh daun kelor secara rutin dan teratur. Teh daun kelor akan melancarkan pencernaan sehingga merangsang metabolisme untuk membakar kalori dengan lebih cepat.

12. Meningkatkan energi tubuh
Selain untuk membantu menurunkan berat badan, rutin mengkonsumsi teh daun kelor juga bermanfaat menguatkan bagian tubuh agar tetap pro aktif setiap hari, dan meningkatkan energi dalam tubuh.

14. Penyedia nutrisi pada otak
Otak membutuhkan nutrisi untuk membantunya mengambil keputusan yang tepat hingga pada situasi yang sulit. Mengkonsumsi teh daun kelor secara rutin memiliki peran yang penting untuk memelihara otak dan mata.

15. Meningkatkan fungsi Ekskresi
Tubuh akan terasa sehat dan bugar jika fungsi pembuangan limbah bekerja secara normal. Teh daun kelor memiliki peran untuk membantu memperbaiki dan meningkatkan fungsi ginjal dan hati.

16. Kesehatan Rambut
Selain untuk mengatasi penyakit, konsumsi teh daun kelor juga bermanfaat sebagai nutrisi yang berkhasiat untuk menguatkan dan melebatkan rambut serta membuat rambut tampak lebih berkilau, kuat dan sehat.

17. Mengatasi Kecantikan Wajah
Daun kelor juga memiliki manfaat untuk mengatasi permasalah pada wajah seperti menghilangkan flek hitam, memutihkan kulit, menghilangkan jerawat dan komedo. Cara yang dilakukan adalah dengan tumbuk halus daun kelor lalu campurkan dengan bedak tabur, dan gunakan sebagai masker wajah. Diamkan selama 30 menit hingga kering dan basuh wajah hingga bersih.

18. Menurunkan Demam Pada Anak
Ketika anak demam, anda dapat memanfaatkan daun kelor untuk mengobati demam pada anak. Cara yang dilakukan untuk mengatasi demam pada anak adalah dengan tumbuk halus daun kelor lalu tempelkan tumbukan daun kelor pada ubun-ubun anak pada pagi hari.

19. Meningkatkan kekebalan tubuh
Manfaat selanjutnya dari daun kelor adalah kandungan betakaroten pada daun kelor berfungsi memperkuat daya tahan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit dan juga mampu menyembuhkan sakit yang sedang diderita.

20. Sumber antioksidan
Minyak yang berasal dari biji daun kelor kaya akan antioksidan dan nutrisi yang hampir sama dengan minyak zaitun. Sehingga minyak ben pada biji ekstrak daun kelor sangat baik untuk kesehatan.

21. Sumber zat besi
Kandungan sumber zat besi pada sayur daun kelor tiga kali lipat dari kandungan zat besi pada sayur bayam. Sehingga sayur daun kelor sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan.

22. Sumber asam amino
Kandungan asam amino pada daun kelor berfungsi untuk memperbaiki dan memelihara sel-sel tubuh.

23. Sumber energi alami
Daun kelor memiliki kandungan sumber energi alami yang sangat penting untuk meningkatkan jumlah energi secara alami dna tahan lama.

24. Meningkatkan Jumlah ASI
Ibu menyusui dianjurkan untuk memperbanyak mengkonsumsi daun kelor, karena daun kelor bermanfaat untuk meningkatkan jumlah produksi ASI dan menjaga kualitas ASI.

25. Sumplemen alami
Daun kelor dan buahnya bermanfaat sebagai suplemen alami, karena pada daun kelor kaya akan kandungan kalsium dan multivitamin yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

26. Manfaat akar tanaman kelor
Selain daun dan buahnya, akar tanaman kelor juga bermanfaat sebagai obat tradisional yang ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti :

  1. Melancarkan sistem peredaran darah
  2.  Mencegah peradangan
  3. Menambah nafsu makan
  4. Melancarkan pencernaan
  5. Meningkatkan vitalitas pria
  6. Mengatasi masalah saluran reproduksi wanita
  7. Menyembuhkan kanker ovarium
  8. Mengobati batu ginjal
  9. Meningkatkan fungsi ginjal
  10. Membantu mengeluarkan kalsium dan fosfat dari dalam ginjal secara lebih efisien

27. Mengatasi kolesterol jahat
Daun kelor berfungsi untuk mengontrol, menyeimbangkan, dan mengatasi kolesterol jahat sebagai faktor penyebab resiko penyakit jantung dan penyakit stroke.

28. Memperbaiki metabolisme tubuh
Mengkonsumsi daun kelor bermanfaat untuk menstimulasi metabolisme dan struktur sel tubuh. Sistem metabolisme yang baik berperan penting untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan bugar.

29. Sebagai anti bakteri dan anti racun
Manfaat penting dari daun kelor adalah sebagai anti bakteri atau anti racun yang memiliki peran menyerap dan mengeluarkan racun daro dalam darah.

30. Menstabilkan mood
Daun kelor tinggi akan protein dan kaya sumber asam amino memiliki manfaat sebagai neurotransmitter, termasuk membantu tubuh dan mood akan “merasa baik”.

31. Mengobati Penyakit Liver
Kemampuan Phytotherapy pada daun kelor bermanfaat untuk melindungi organ hati dari kerusakan, seperti penyakit hepatitis dan sirosis. Selain itu senyawa aktif yang terkandung dalam daun kelor mampu merangsang pembentukan sel hati yang baru untuk menggantikan sel hati yang telah rusak.

32. Mengatasi Anemia
Daun kelor mengandung kadar zat besi yang lebih tinggi dari daun bayam dan dapat digunakan untuk mengatasi penyakit anemia pada seseorang.

33. Meringankan gejala penyakit autoimun
Penyakit autoimun meliputi penyakit Coeliac, arthritis, diabetes melitus tipe 1, dan penyakit lupus. Daun kelor mengandung senyawa Cystein yang dapat membantu proses detoksifikasi racun dalam tubuh. Racun inilah yang menyebabkan peradangan dalam tubuh dan merangsang respon sistem imun yang berlebihan.

34. Mengobati Sariawan
Daun kelor merupakan salah satu jenis daun yang kaya akan kandungan vitamin C. Karena itulah, daun kelor dapat dimanfaatkan sebagai obat sariawan dengan cara mengolahnya menjadi sayur untuk lauk makan.

35. Manfaat lainnya dari daun kelor antara lain sebagai :

  1. Menambah kebugaran tubuh
  2. Meningkatkan kekebalan tubuh pada penderita HIV
  3. Sebagai anti inflamasi
  4. Sumber klorofil yang tinggi
  5. Sebagai tonik penguat jantung
  6. Mengatasai tekanan darah tinggi.

Daun kelor memang memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan, namun untuk penderita penyakit tertentu seperti penyakit batu ginjal, alergi dan batu empedu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum mengkonsumsi daun kelor. Untuk ibu hamil sebaiknya anda hindari mengkonsumsi daun kelor karena daun kelor akan memberikan efek kontraksi rahim sehingga meningkatkan resiko keguguran.

Itulah penjelasan tentang Manfaat Daun Kelor  untuk Kesehatan. Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.