37 Manfaat dan Resiko Mengkonsumsi Minyak Ikan Bagi Kesehatan

Posted on

Manfaat dan Resiko Mengkonsumsi Minyak Ikan Bagi Kesehatan – Minyak ikan berasal dari jaringan minyak ikan. Kualitas minyak ikan terbaik berasal dari lemak cold-water (ikan air dingin). Terdapat berbagai jenis ikan yang menjadi sumber minyak ikan yang baik seperti jenis kan makarel, herring, sarden, ikan todak, tuna, pilchard, ikan asin dan salmon. Namun yang sering diambil minyaknya adalah ikan tuna sirip kuning, herring, makarel, sarden dan ikan salmon.

Minyak ikan tinggi kandungan asam lemak omega-3 yang rantai panjangnya Docosahexaenoic (DHA) dan asam eicosapentaenoic (EPA). Asam lemak lainnya adalah termasuk asam alfa-linolenat atau ALA dan asam Gamma-linolenat atau GLA. Kualitas minyak ikan sangat tergantung pada jenis ikan apa yang diambil minyaknya.

Manfaat Minyak Ikan

1. Mengurangi Kadar Trigliserida
Mengkonsumsi minyak ikan diyakini dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dalam darah. Tingginya kadar trigliserida dapat memicu terkena penyakit jantung.

2. Menjaga Kesehatan Jantung
Mengkonsumsi jenis ikan kaya minyak atau minyak ikan dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi resiko penyakit jantung. Hal ini berdasarkan penelitian yang menunjukkan pada mereka yang mengkonsumsi minyak ikan secara rutin beresiko lebih rendah terkena serangan jantung dan memiliki tekanan darah yang lebih stabil.

3. Mencegah Penyumbatan Pembuluh Darah
Minyak ikan juga memiliki manfaat untuk mencegah penyumbatan pada pembuluh darah (aterosklerosis). Hal ini berdasarkan peneltian yang menunjukkan bahwa mengkonsumsi minyak ikan bermanfaat mengurangi kadar kolesterol jahat dan mencegah terjadinya peradangan sehingga mengurangi resiko terjadinya penyumbatan dalam darah.

4. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil
Kandungan DHA dan EPA pada minyak ikan dapat mengurangi risiko preeklamsia, persalinan prematur, dan meningkatkan berat badan lahir bayi. Karena itu mengkonsumsi minyak ikan bermanfaat menjaga kesehatan ibu hamil.

5. Mengurangi Gejala ADHD
Kandungan asam lemak omega-3 berperan membantu mengurangi gejala ADHD atau hiperatikvitas anak dan mengatasi berbagai masalah yang berhubungan dnegan kesehatan mental seseorang. Minyak ikan diyakini mempunyai efek yang baik sehingga dapat meningkatkan kinerja fungsi otak, hal ini masuk akal karena 69% otak terdiri dari lemak.

6. Mencegah Alzheimer
Kandungan asam lemak pada minyak ikan bermanfaat untuk mencegah penurunan daya fikir, serta membantu mencegah atrofi otak pada usia lanjut. Penelitian yang telah diterbitkan pada jurnal FASEB dari suplemen asam lemak omega-3 dan antioksidan selama 4-17 bulan memperlihatkan efek kesehatan yang dapat dijadikan senjata untuk mencegah terjadinya penurunan daya fikir dan penyakit Alzheimer.

7. Mengatasi Kecemasan
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh European Journal of Neuroscience tahun 2013 menyatakan bahwa mengkonsumsi minyak ikan dapat membantu menghilangkan depresi dan kecemasan secara berangsur-angsur. Minyak ikan memiliki peran untuk perkembangan otak. Karena itulah, minyak ikan sering disarankan untuk dikonsumsi oleh anak sejak dini agar mereka mampy mengatasi kecemasan dan memiliki perkembangan otak yang baik.

8. Mengatasi Peradangan
Mengkonsumsi minyak ikan yang kaya omega-3 berperan untuk membantu mengurangi nyeri peradangan seperti radang sendi, encok maupun Rematik (Arthritis).

9. Mencegah Kardiovaskular
Kardiovaskular adalah penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Cardiovascular Research Institute di Maastricht Belanda menunjukan bahwa asam lemak tak jenuh ganda (FA) memiliki efek bermanfaat daripada merugikan pada hasil CVD (penyakit kardiovaskular). Termasuk asam lemak pada minyak ikan yang memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mencegah dan mengatasi penyakit kardiovaskular.

10. Mencegah Depresi
Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi minyak ikan berperan untuk menurunkan resiko terjadinya gangguan depresi secara signifikan. Hal ini karena minyak ikan memiliki kandungan asam amino yang berfungsi baik untuk menutrisi otak.

11. Mencegah Diabetes
Mengkonsumi dapat membantu menurunkan resiko terkena penyakit diabtes, karena minyak ikan berperan melindungi sel-sel hippocampus dari kehancuran.

12. Menjaga kesehan mata
Minyak ikan juga berpean untuk memulihkan rabun mata karena faktor usia seperti karena masalah katarak.

13. Meningkatkan daya tahan tubuh
Mengkombinasikan antioksidan dengan minyak ikan bermanfaat untuk meningkatkan sistem daya tahan tubuh sebanyak 2 kali lipat.

14. Menjaga kulit dan rambut
Minyak ikan bermanfaat untuk mengurangi peradangan, hal ini juga berkaitan dengan menjaga kesehatan kulit dan rambut.

15. Meningkatkan kesuburan
Kandungan DHA dan EPA pada minyak ikan berkhasiat juga untuk meningkatkan kesehatan sperma, sehingga dapat meningkatkan kesuburan. Selain itu, minyak ikan juga baik untuk meningkatkan kebutuhan gizi bagi ibu hamil dan anak-anak.

16. Merawat Kesehatan Kulit
Minyak ikan juga bagus untuk mengatasi masalah kulit kering yang juga berguna untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan kulit seperti eksim, psoriasis, gatal, kulit kemerahan, bekas jerawat, dan ruam.

17. Mengatasi Jerawat
Minyak ikan juga berkhasiat untuk mengatasi masalah jerawat. Hal ini karena nutrisi EPA dapat menghambat pembentukan androgen, yang dapat mempengaruhi pembentukan sebum di folikel rambut, yang menyebabkan jerawat.

18. Mengatasi Borok
EPA dan DHA dalam minyak ikan bermanfaat untuk menyembuhkan borok yang disebabkan oleh obat anti inflamasi nonsteroid (NSAID).

Manfaat Lain Minyak Ikan

  1. Menurunkan resiko penyakit Amyotropik Lateral Sklerosis (ALS) yang berkaitan dengan penyakit saraf.
  2. Mengatasi penyakit chorn atau tubuh tang mengalami kesulitan menyerap lemak, nutrisi, serta vitamin
  3. Mengatasi penyakit Ulcerative Colitis yaitu penyakit akibat peradangan pada dinding saluran pencernaan.
  4. Mengatasi masalah sakit maag karena minyak ikan memiliki sifat anti peradangan.
  5. Melancarkan peredaran darah
  6. Menurunkan Resiko Asma
  7. Menurunkan Resiko Gagal Ginjal
  8. Mengontrol berat badan berlebih
  9. Menjaga kesehatan pencernaan
  10. Membantu mengobati penyakit HIV
  11. Meningkatkan nafsu makan pada anak dan balita
  12. Meningkatkan kemampuan baca anak
  13. Kandungan omega-3 dan DHA berperan meningkatkan kecerdasan anak

Resiko Mengkonsumsi Minyak Ikan

Meskipun memiliki banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan, mengkonsumsi minyak ikan dengan dosis tinggi dapat membahayakan kesehatan. Berikut beberapa resiko yang mungkin terjadi jika mengkonsumsi minyak ikan dengan dosis tinggi.

  1. Mengkonsumsi minyak ikan dengan dosis tinggi lebih dari 3 gram perharinya dapat meningkatkan resiko pendarahan.
  2. Mengkonsumsi dalam dosis tinggi minyak ikan dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (low-density lipoprotein (LDL) ) dalam tubuh.
  3. Mengkonsumsi minyak ikan dengan dosis tinggi dapat mengganggu kadar gula dalam darah.
  4. Pada pasien transplantasi jantung, asam lemak omega-3 dapat mempengaruhi detak jantung. Dengan demikian minyak ikan tidak dianjurkan dikonsumsi oleh pasien transplantasi jantung.
  5. Minyak ikan berpotensi memengaruhi kerja obat-obatan tertentu, seperti obat pengencer darah.
  6. Mengkonsumsi minyak ikan dengan dosis tinggi dapat meningkatkan resiko penyakit stroke.
  7. Mengkonsumsi dengan dosis tinggi minyak ikan dapat menyebabkan nyeri ulu hati, mual, ruam, mimisan dan tinja cair.

Mengkonsumsi minyak ikan dengan kadar dosis rendah lebih aman dilakukan, misalnya pada ibu hamil dan ibu menyusui. Namun jika lebih baik konsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum mengkonsumsi minyak ikan untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan. Hal ini dilakukan karena kondisi dan riwayat kesehatan tiap orang berbeda-beda.

Selain itu, mendapatkan nutrisi minyak ikan secara langsung dari bentuk aslinya lebih baik dibandingkan mengkonsumsi minyak ikan dalam bentuk kapsul suplemen yang telah melewati proses pengolahan pabrik. Sebab sebanyak apapun nutrisi yang didapat dari suplemen tidak sebanding dengan kandungan nutrisi yang didapat langsung dari daging ikan.

Kandungan nutrisi asam lemak omega-3 sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya didapatkan dari mengkonsumsi suplemen minyak ikan berkualitas tinggai dan pilihan terbaik, atau dengan mengkonsumsi ikan yang tinggi omega 3.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Manfaat dan Resiko Mengkonsumsi Minyak Ikan Bagi Kesehatan yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..