45 Manfaat Dan Resep Akar Alang-Alang untuk Pengobatan dan Kesehatan Penting di Ketahui

Posted on

Manfaat Dan Resep Akar Alang-Alang untuk Pengobatan dan Kesehatan – Alang-alang adalah jenis rumput berdaun tajam yang sering menjadi gulma dilahan pertanian. Meskipun sering disebut sebagai tanaman gulma, tanaman alang-alang ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, kandungan manfaatpada tanaman alang-alang terdapat pada bagian akarnya.

Hal ini terbukti dari kandungan yang ada pada akar alang-alang.

  • Rimpang alang-alang memiliki kandungan imperanene yang bersifat agregasi trombosit, yang dapat menghambat sel pembeku darah.
  • Kandungan cylendrene pada akar alang-alang memiliki manfaat untuk mengendurkan pembuluh darah pada otot polos sehingga dapat melancarkan peredaran darah.
  • Kandungan zat Graminone B pada akar alang-alang berperan untuk mencegah penyempitan pada pembuluh darah aorta.

Selain itu, akar alang-alang juga memiliki kandungan tanin, saponin dan senyawa penting polifenol serta memiliki efek diuretika. Kandungan senyawa lainnya pada akar alang-alang antara lain:

  • Zat logam alkali.
  • Malic acid.
  • Asam kersik.
  • Manitol.
  • Damar.
  • Glukosa organic.
  • Coixol.
  • Sakharosa.
  • Citric acid.
  • Fernenol.
  • Simiarenol.
  • Cylindrin.
  • Arundoin.
  • Anemonin.

Cara memanfaatkan akar alang-alang biasanya dengan cara merebusnya yang bertujuan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, salah satunya adalah untuk mengatasi diabetes. Beberapa manfaat akar alang-alang adalah sebagai berikut:

Manfaat Akar Alang-alang

Masalah kesehatan yang dapat diatasi oleh Manfaat Rebusan Akar Alang Alang ini diantaranya adalah :

  1. Mengatasi batu empedu.
  2. Mengatasi air urine mengandung darah.
  3. Menyembuhkan penyakit batuk berdarah.
  4. Mengatasi diare.
  5. Mengatasi batu ginjal.
  6. Mengatasi infeksi ginjal.
  7. Mengatasi kencing batu.
  8. Mengatasi gangguan lambung dan pencernaan.
  9. Mengatasi pendarahan pada organ intim wanita.
  10. Mengatasi kencing tidak lancar.
  11. Mengobati muntah darah
  12. Mengatasi batuk rejan.
  13. Mengatasi prostat.
  14. Mengatasi keputihan.
  15. Mengatasi buang air kecil terus menerus.
  16. Menyembuhkan gangguan pencernaan.
  17. Mengatasi batuk berdarah.
  18. Mengatasi radang paru-paru.
  19. Mengatasi mimisan.
  20. Mengatasi penyakit batu ginjal
  21. Mengatasi tekanan darah tinggi.
  22. Mengatasi radang hati.
  23. Mengatasi campak.
  24. Mengatasi demam.
  25. Mengatasi hipertensi.
  26. Mengatasi hepatitis.
  27. Mengatasi asma.
  28. Menyembuhkan air kencing berdarah.
  29. Mengatasi urat syaraf lemah.
  30. Mengatasi jantung koroner.
  31. Mengatasi Panas dalam.

Resep Herbal Akar Alang-Alang

1. Mengatasi Mimisan
Caranya :
Siapkan akar alang-alang secukupnya lalu tumbuk dan peras airnya hinda memperoleh 100 cc air, dan minum air perasan akar alang-alang secara langsung untuk mengatasi mimisan. Atau dengan cara lain …
Siapkan 30 gr akar ilalang segar lalu cuci bersih kemudian rebus dengan air kurang lebih 3 gelas dan biarkan hingga tersisa 1 gelas saja. Selanjutnya minum air rebusan tersebut.

2. Mengatasi Buang Air Kecil Tidak Lancar
Caranya :
Siapkan akar alang-alang yang telah di keringkan secukupnya, rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas. Kemudian dinginkan dan saring, diminum 2 kali sehari.

3. Mengatai Kencing Berdarah
Caranya :
Siapkan satu sendok akar alang-alang yang telah dijadikan bubuk halus, 2 gelas air , 3 potong tang kwe ( manisan labu putih / beligu ) lal rebus hingga tersisa 1 gelas. Minum 2 kali sehari, cara ini diyakini dapat menyembuhkan kencing berdarah dan menormalkan suhu badan.

4. Mengatasi Radang Ginjal Akut
Caranya :
Siapkan 60-120 gr akar ilalang segar yang sudah di cuci bersih. Selanjutnya potong akar menjadi kecil-kecil dan rebus hingga mendidih dengan air kurang lebih 3 gelas dan sisakan 1 gelas saja. Kemudian minum secara rutin 2-3 kali dalam sehari.

5. Mengatasi Muntah Darah
Caranya:
Siapkan sekitar 30-60 gr akar ilalang yang masih segar lalu cuci bersih. Potong dengan ukuran kecil-kecil dan rebus dengan air kurang lebih 3 gelas dan biarkan hingga tersisa 1 gelas. Dingin kan lalu minum secara rutin.

6. Mengatasi Kencing Nanah
Caranya:
Siapkan akar ilalang sekitar 300 gr lalu cuci bersih dan potong-potong dengan ukuran kecil. Kemudian rebus dalam air 2.000 cc dan diamkan hingga tersisa kurang lebih 1.200 cc. Tambahkan sedikit gula batu dan diamkan hingga dingin. Minum secara rutin 3 kali sehari sebagai ganti minum teh.

7. Mengatasi Hipertensi
Caranya:
Siapkan sekitar 30 gram akar alang-alang segar dan rebus dengan 200 cc air hingga tersisa 100 cc air lau konsumsi secara rutin setiap hari untuk membantu mengatasi hipertensi.

8. Mengatasi Keputihan
Caranya :
Siapkan akar alang-alang, daun pepaya dan adas pulosarim rebuslah bahan-bahan tersebut hingga mendidih selanjutnya ramuan tersebut disaring dan diminum secara rutin sebanyak 2 kali sehari pada saat siang hari dan malam hari sebelum tidur.

9. Mengatasi Asma
Caranya:
Siapkan 100gram akar alang-alang, 50 gram sirih ,50 gram kencur, rebus dengan 200 c air hingga mendidih dan tersisa 100cc.

10. Mengatasi Radang Paru-paru
Caranya:
Siapkan 500 gr akar alang-alang, 10 kuntum bunga melati kering, 5 lembar daun sembung, dan sedikit garam. Rebus semua bahan bersama 3 gelas air hingga airnya menyusut setengahnya, kemudian saring. Airnya dapat diminum untuk 2 kali pemakaian, di pagi dan sore hari.

11. Mengatasi Panas dalam
Caranya:
Keringkan akar alang-alang lalu tumbuk hingga menjadi bubuk. Seduh bubuk akar alang-alang dalam secangkir air panas, beri tambahan madu dan minum selagi hangat.

12. Mengatasi Batu Ginjal
Caranya:
Siapkan 100 gr akar alang-alang, setengah genggam daun meniran dan daun kumis kucing. Rebus ramuan tesebut dengan 5 gelas air hingga mendidih dan menyusut separuhnya. Minum 3 kali sehari pada kondisi dingin sebanyak satu gelas sekali minum. Lakukan cara ini sampai batu keluar melalui sekresi urin.

13. Meluruhkan Urin
Caranya:
Siapkan 250gr akar alang-alang, dan gula batu secukupnya. Rebus dengan 3 gelas air sekitar 15 menit, biarkan dingin. Saring dan minum 3 kali sehari.

14. Mengobati penyakit prostat
Caranya:
Siapkan 500gr akar alang-alang, rebus dengan 6 gelas air hingga menyusut setengahnya. Minum dalam keadaan dingin 3 kali sehari secara rutin.

Meskipun tanaman alang-alang ini mengganggu pertumbuhan tanaman lain namun sebenarnya tanaman ini dapat memberikan pengobatan berbagai permasalahan kesehatan.  Demikianlah pembahasan singkat tentang Manfaat Dan Resep Akar Alang-Alang untuk Pengobatan dan Kesehatan yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..