65 Manfaat dan Pentingnya Olahraga untuk Tubuh dan Kesehatan

Posted on

Manfaat dan Pentingnya Olahraga untuk Tubuh dan Kesehatan – Olahraga adalah suatu aktivitas gerak tubuh yang dapat dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan kebugaran tubuh yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh tidak hanya secara jasmani juga secara rohani. Manfaat paling umum dari olahraga adalah metabolisme tubuh menjadi lancar sehingga distribusi dan penyerapan nutrisi dalam tubuh menjadi lebih efektif dan efisien.

Gerak tubuh yang dilakukan seperti berjalan, berlari, berdiri, jongkok, melompat, meloncat, melempar, menggenggam dan sebagainya. Meskipun demikian, masih terdapat banyak aktivitas gerak tubuh atau olahraga lain yang bermanfaat untuk kebugaran tubuh seperti jogging, berenang, basket, sepakbola, bulu tangkis dan lain sebagainya.

Setiap orang yang melakukan aktiivitas pasti memiliki tujuan yang ingin dicapai. Seperti melakukan olahraga yang sering dilakukan karena beberapa tujaun seperti karena hoby, ingin menurunkan berat badan, ingin membuat otot-otot bertambah besar, hanya untuk bermain, hingga melakukan olahraga untuk mengikuti kejuaraan, dan masih banyak lagi tujuan yang diinginkan.

Selain karena tujuannya, olahraga tentunya memiliki manfaat bagi yang melaksanakannya. Beberapa manfaat dari pentingnya melakukan olahraga antara lain:

Manfaat Olahraga untuk Tubuh

1. Meningkatkan Fungsi Otak
Secara teratur melakukan olahraga dapat meningkatkan konsentrasi, kreativitas dan kesehatan. Olahraga juga meningkatkan jumlah oksigen dalam darah sehingga melancarkan aliran darah menuju otak. Hal tersebut berperan dalam membantu meningkatkan fungsi otak.

2. Menurunkan resiko stress
Melakukan olahraga secara rutin bermanfaat baik untuk mengatasi emosi dan mengurangi gelisah sehingga dapat mengurangi rasa stress yang kadang terjadi dalam tubuh dan pikiran. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa melakukan olahraga secara rutin akan memiliki indeks kecemasan lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang jarang melakukan olahraga. Hal ini berkaitan dengan teori yang menyatakan bahwa olahraga menyebabkan tubuh bereaksi termasuk otak. Sebagai responsnya maka otak akan melepaskan banyak hormon termasuk endorphin dan neurotransmitter yang bisa mempengaruhi suasana hati.

3. Menurunkan Kolesterol Jahat
Saat tubuh bergerak melakukan olahraga maka saat tersebutlah tubuh berperan juga membakar kalori sehingga menghasilkan energi yang dibutuhkan untuk bekerja. Hal tersebut berperan dalam menurunkan timbunan lemak dalam tubuh.

4. Memabkar Kolestero LDL dan Meningkatkan HDL
Selain itu, melakukan olahraga secara teratur juga dapat membakar kolesterol LDL dan trigliserida serta membantu meningkatkan kadar kolesterol naik (HDL). Jenis olahraga yang dianjurkan untuk mengurangi kolesterol adalah jenis jenis olahraga yang menggerakkan otot-otot pada paha, kaki, lengan, dan pinggul. Contohnya, senam aerobik, jalan kaki, joging, berenang, dan bersepeda.

5. Melancarkan Peredaran Darah
Aktivitas gerak yang dilakukan saat melakukan olahraga secara teratur dapat membantu melancarkan peredaran darah. Hal tersebut bermanfaat baik untuk menurunkan resiko seseorang mengalami penyakit tekanan darah atau stroke.

6. Menyehatkan dan Menyegarkan Tubuh
Ketika melakukan olahraga tubuh akan membuang energi berupa keringat. Kemudian keringat yang terbuang akan digantikan dengan energi baru yang muncul dari makanan dan minuman sehat yang dikonsumsi setelah beberapa menit melakukan olahraga. Dengan begitu tubuh akan merasa lebih segar dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

7. Membantu Proses Diet
Cara paling mudah dan sehat untuk membantu proses diet berjalan dengan baik dan aman adalah dengan melakukan olahraga. Hal ini karena saat melakukan olahraga otot akan membakar lebih banyak kalori daripada lemak. Karena itulah penting bagi anda melakukan olahraga secara teratur untuk melancarkan proses penurunan berat badan dengan baik.

8. Mencegah Berbagai Penyakit
Melakukan olahraga secara rutin dapat mencegah beberapa jenis penyakit seperti mencegah stroke, kolesterol, penyakit jantung, dan penyakit-penyakit lainnya. Seperti pada penyakit kolesterol tinggi yang dapat menimbulkan munculnya penyakit lainnya seperti serangan jantung dan serangan stroke. Untuk mencegah dan melawan berbagai penyakit tersebut anda dapat melakukan olahraga secara rutin. Cara paling sederhana yang dapat anda lakukan adalah dengan rutin berjalan kaki saat beraktivitas.

9. Mencegah Penuaan Dini
Melakukan olahraga secara rutin dapat mencegah perubahan dalam tubuh seperti mencegah timbulnya keriput pada wajah. Keriput yang muncul dapat menyebabkan proses penuaan berjalan dengan cepat, untuk itu cegah dengan melakukan olahraga secara rutin.

10. Meningkatkan Energi
Manfaat penting selanjutnya dari olahraga adalah untuk meningkatkan stamina tubuh menjadi lebih tinggi. Cara sederhanya yang dilakukan setiap hari adalah dengan melakukan berlari atau jogging. Karena itu eringlah berolahraga secara secara teratur, walaupun hanya 30 menit dalam sehari tubuh akan lebih segar dalam melaksanakan dan menjalankan segala aktivitas-aktivitas baru.

11. Menormalkan Tekanan darah
Tekanan darah tinggi menyebabkan terjadinya penyempitan pembuluh darah didalam tubuh sehingga membuat aliran darah dalam tubuh menjadi tidak lancar. Untuk mengatasi dan mencegah tekanan darah tinggi, anda dapat melakukan olahraga secara teratur. Hal ini penting dilakukan karena membuat pembuluh darah menjadi lebih lebar sehingga aliran darah menjadi lancar dan tekanan darah menjadi normal.

12. Memperbaiki Kualitas Insulin
Rendahnya kadar dan kualitas insulin dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit diabetes. Karena itulah tubuh membutuhkan insulin yang berkualitas untuk menjaga kestabilan gula darah dalam tubuh. Salah satu cara untuk memperbaiki kualitas insulin dalam tubuh adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Olahraga secara teratur bermanfaat untuk memperbaiki kualitas insulin dalamtubuh sehingga dapat mengurangi resiko terkena penyakit diabetes.

13. Membakar Lemak dalam Tubuh
Timbunan lemak dalam tubuh dapat menyebabkan obesitas, lemak juga berperan membuat gula dalam tubuh tidak dapat terserap dengan sempurna. Cara paling mudah untuk mengurangi timbunan lemak dalam tubuh adalah dengan melakukan olahraga. Melakukan olahraga secara teratur akan membuat lemak dalam tubuh terbakar sedikit demi sedikit sehingga mengurangi resiko munculnya berbagai penyakit.

14. Meningkatkan Gairah Seksual
Manfaat selanjutnya dari rutin melakukan olahraga adalah membantu meningkatkan gariah seksual. Hal ini karena dengan olahraga maka akan membantu meningkatkan hormon totesteron di dalam tubuh, hormon itu merupakan hormon yang berpengaruh kepada gairah seksual dan libido seseorang.

15. Mengurangi Resiko Kanker Usus Besar
Olahraga juga bermanfaat untuk melancarkan dan menyehatkan sistem pencernaa, hal tersebut bermanfaat besar untuk membantu mengurangi resiko terkenan kanker usus besar. Karena kebanyakan kasus, penyakit kanker usus besar disebabkan karena sistem pencernaan yang tidak lancar terutama pada usus besar. Pencernaan yang tidak lancar menyebabkan usus banyak mengandung banyak toksin atau racun yang bisa menyebabkan seseorang terkena kanker usus besar.

Manfaat dan Pentingnya Olahraga 

  1. Olahraga dapat meningkatkan suasana hati atau Mood menjadi baik. Hal ini karena melakukan olahraga dapat mengurangi segala macam beban pikiran dan membuat tubuh menjadi merasa legadan tenang.
  2. Olahraga bermanfaat untuk menyehatkan jantung, karena membuat aliran darah ke jantung menjadi lancar. Namun, untuk anda yang memiliki masalah kesehatan jantung sebaiknya hanya melakukan olahraga ringan dan hindari melakukan olahraga berat.
  3. Olahraga membantu merangsang otot-otot dan bagian tubuh lainnya untuk bergerak sehingga tubuh merasa lebih rileks.
  4. Olahraga membantu sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh menjadi lancar sehingga metabolisme tubuh menjadi optimal.
  5. Olahraga teratur bermanfaat untuk meningkatkan fungsi hormon-hormon dalam tubuh di mana hormon-hormon ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh.
  6. Olahraga dapat meringankan kerja jantung, hal ini karena olahraga menyebabkan aliran darah menjadi lancar dan jantung dapat memompa darah keseluruh tubuh dengan rengan.
  7. Olahraga berperan untuk melenturkan otot-otot yang ada pada pembuluh darah sehingga membuat pembuluh darah menjadi lebar sehingga aliran darah bisa dialirkan secara lancar ke seluruh tubuh.
  8. Olahraga seperti berenang dapat meningkatkan pertumbuhan tulang dan gigi pada anak usia remaja.
  9. Melakukan olahraga secara teratur dan didukung dengan mengkonsumsi susu tinggi kalsium bermanfaat baik untuk menjaga kepadatan tulang, khususnya tulang belakang. Olahraga ringan seperti jogging setiap pagi akan membuat tulang semakin padat dan kokoh.
  10. Melakukan olahraga secara rutin bermanfaat baik untuk mencegah terjadinya obesitas. Hal ini karena dengan olahraga tubuh akan membkar timbunan lemak yang menjadi penyebab obesitas.
  11. Keseimbangan tubuh dapat dijaga dengan melakukan olahraga secara rutin. Tubuh yang seimbang akan membuat sistem metabolisme dalam tubuh pun ikut seimbang sehingga akan mencegah berbagai macam penyakit kronis menyerang.
  12. Olahraga secara teratur dapat menyeimbangkan hormon-hormon dalam tubuh, salah satunya adalah keseimbangan hormon yang berperan menjaga kualitas tidur. Karena kualitas tidur yang baik akan menghindarkan tubuh terserang berbagai macam penyakit.
  13. Insomnia bisa diatasi dengan cara olahraga secara teratur. Lakukan olahraga ringan untuk membantu mengatasi insomnia yangg anda derita.
  14. Olahraga berperan melenturkan otot-otot dalam tubuh, sehingga otot menjadi lebih fleksibel dan mencegah berbagai macam gangguan otot seperti nyeri otot, kram dan masih banyak lagi lainnya bisa diatasi.
  15. Olahraga berkaitan juga dengan melatih pernapasan. Pernapasan yang dilakukan sudah pasti melibatkan paru-paru, dengan rutin melakukan olahraga maka semakin sering anda melakukan pernapasan. Hal tersebut bermanfaat untuk melatih pernapasan dan menyehatkan paru-paru.
  16. Meningkatkan Kinerja Otot Dan Daya Tahan Otot
  17. Menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh
  18. Menghindari penyakit jantung
  19. Menjaga dan meningkatkan sistem imunitas tubuh
  20. Meningkatkan kepercayaan diri seseorang
  21. Meninggikan tubuh pada masa pertumbuhan
  22. Memperbaiki postur bentuk tubuh
  23. Mencegah penyakit diabetes
  24. Membantu pertumbuhan sel baik dalam tubuh
  25. Meningkatkan kekuatan sendi
  26. Meningkatkan Daya Ingat Otak
  27. Menangkal efek buruk dari radikal bebas
  28. Meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh
  29. Meringankan rasa sakit pada persendian
  30. Meningkatkan kualitas konsentrasi
  31. Meringankan kadar asam urat dalam tubuh
  32. Mengurangi resiko kanker payudara
  33. Mencegah tubuh mudah lelah
  34. Meringankan mual pada hamil muda
  35. Menstabilkan suasana hati atau mood
  36. Mencegah serangan kanker rahim
  37. Mencegah penyakit asma
  38. Mengurangi resiko penyakit batu empedu
  39. Meredakan sakit punggung
  40. Meningkatkan produktivitas
  41. Mengurangi Kadar Trigliserida Dalam Darah
  42. Menghindari Penyakit Penurunan Kognitif
  43. Meningkatkan kapasitas dalam otak
  44. Berolahraga akan Memompa Jantung Anda Lebih Baik
  45. Olahraga membuat tubuhnya tetap sehat dan bugar
  46. Olahraga membuat mental menjadi lebih kuat
  47. Olahraga membuat ligamen yang berhubungan dengan otot, tulang dan sendi menjadi lebih kuat.
  48. Menunda keterbatasan fisik saat usia tua
  49. Menekan risiko osteoporosis karena olahraga membantu pembentukan tulang
  50. Olahraga meningkatkan kualitas hidup

Agar manfaat yang dicapai lebih maksimal, para ahli merekomendasikan untuk melakukan 20 sampai 30 menit aktivitas aerobik tiga kali atau lebih dalam seminggu serta berbagai kegiatan olahraga lainnya untuk menguatkan otot dan peregangan setidaknya dua kali seminggu. Selain itu untuk mendapatkan manfaat tersebut, anda juga perlu menjaga pola makan sehat dengan baik dan seimbang.

Itulah penjelasan tentang Manfaat dan Pentingnya Olahraga untuk Tubuh dan Kesehatan. Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.