35 Manfaat dan Khasiat Jahe Merah Untuk Kesehatan dan kecantikan AMPUH TERBUKTI

Posted on

Manfaat dan Khasiat Jahe Merah Untuk Kesehatan –  Jahe adalah jenis tanaman rimpang yang sangat populer sebagai obat herbal dan rempah-rempah. Jahe memiliki rasa pedas yang disebabkan dari senyawa keton bernama zingeron. Terdapat tiga jenis varietas jahe yaitu jahe gajah/ jahe badak yang tidak terllau pedas, jahe kuning yang sering digunakan sebagai bumbu masakan dengan rasa dan aroma yang tajam, dan jahe merah yang mengandung tinggi minyak atsiri dan rasa paling pedas sehingga cocok sebagai bahan dasar farmasi dan jamu, jahe merah memiliki rimpang kecil dan kulit berwarna merah.

Jenis jahe merah sering digunakan sebagai bahan obat rempah-rempah atau sebagai obat tradisional. Jahe merah memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan seperti :

  • Zingiberena (zingerona)
  • Organik
  • Terpenoid
  • Gingerol
  • Bisabolena
  • Fenolik utama
  • Minyak asiri
  • Filendrena
  • Senyawa flavanoid
  • Alkaloid
  • Kurkumin
  • Resin pahit
  • Lemonin
  • Kamfena
  • Zingiberol
  • Kurkumen
  • Oleoserin
  • Geranil asetat
  • Trans geraniol
  • Zingiberen
  • Kapsaisin, dsb

Jahe merah memiliki warna yang berbeda dengan jenis-jenis jahe lain yaitu berwarna kemerah-merahan. Jahe merah juga memiliki ukuran yang lebih kecil namun memiliki kandungan serat yang lebih banyak. Khasiat rimpang jahe merah yang banyak dipublikasikan antara lain adalah sebagai antiinflamasi, anti trombbotik, antihiperglikemia, antimikroba, antiemetik, antidepresan, anti-karsinogen, dan anti tumor.

Ciri-ciri tanaman Jahe merah

  • Batang jahe merupakan batang semu dengan tinggi 30-100 cm.
  • Rimpangnya berwarna merah dan lebih kecil dibandingkan jahe putih
  • Akarnya berbentuk rimpang dengan daging akar berwarna kemerahan.
  • Bau menyengat yang khas.
  • Daun sempit/menyirip dengan panjang 15-23 mm
  • Daun lebarnya 8-15 mm.
  • Tangkai daun berbulu halus dan memiliki panjang 2-4 mm.
  • Bunga jahe berwarna hijau kekuningan dan tangkai putik berjumlah dua.

Manfaat Jahe Merah

Selain kandungan senyawa diatas, jahe juga memiliki kandungan yang berfungsi sebagai anti-alergi, anti-inflamasi, anti-kanker, anti-bakteri, anti-alkohol, anti-depresan, anti-tusif, anti-mikroba, anti-emetik, anti peggumpalan darah dan antioksidan yang sangat tinggi. Tidak heran jika jahe merah memiliki keampuhan untuk memberantas berbagai macam jenis penyakit. Manfaat jahe diantaranya sebagai berikut :

1. Manfaat Minyak atsiri pada jahe merah

Kandungan minyak atsiri pada jahe merah cocok digunakan untuk ramuan obat-obatan seperti merangsang pencernaan dan merangsang nafsu makan. Beberapa manfaat jahe merah seperti berikut :

  1. Mengobati Reumatik atau encok
  2. Mengobati Asma
  3. Mengobati Migrain (kesemutan)
  4. mengatasi masuk angin
  5. Mengobati Influenza
  6. Mengatasi Kurang darah
  7. Mencegah penggumpalan darah
  8. Mengatasi Radang tenggorakan
  9. Mengobati gejala lambung
  10. Mengatasi pencernaan yang kurang baik

2. Menurunkan Berat Badan
Jahe berfungsi melebarkan pembuluh darah dan menjadikannya sebagai panas tubuh. Jahe menngandung sedikit kalori yang tidak menyebabkan berat badan naik meskipun dikonsumsi secara terus menerus. Karena itu konsumsi minuman jahe juga berfungsi untuk menurunkan berat badan.

3. Menjaga Jantung
Jika tubuh menyimpan kolesterol dan minyak maka akan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Jahe memiliki kandungan yang berperan sebagai penurun trigliserida dan kolesterol yang berlebih di dalam tubuh, sehingga akan menyehatkan jantung.

4. Mengatasi mabuk perjalanan
Jahe memiliki sifat anti mual yang baik untuk dikonsumsi ketika anda hendak bepergian, selain itu jadikan bekal diperjalan untuk menghangatkan badan.

5. Mengatasi Morning Sickness
MOrning sickness adalah ganguan mual yang dialami oleh ibu hamil pada pagi hari. Untuk mengatasi morning sicness anda dapat mengkonsumsi minuman wedang jahe setiap kali anda merasa mual.

6. Mencegah kanker usus
Rutin mengkonsumsi wedang jahe atau makanan berbahan dasar jahe dapat mencegah penyakit kanker koloretal atau kanker usus besar.

7. Mengatasi sakit kepala
Mengkonsumsi wedang jahe dapat membuat tubuh menjadi rileks dan menyegarkan otak sehingga menjadi lebih fresh dan merasa nyaman.

8. Mengatasi Alergi
Jahe mengandung sifat anti alergi yang efektif untuk mengurangi rasa gatal akibat alergi.

9. Mengobati Masuk angin
Jika anda merasa masuk angin, cobalah untuk minum wedang jahe untuk membuat tubuh menjadi hangat sehingga masuk angan segera hilang.

10. Meningkatkan kekebalan tubuh
Wedang jahe juga bermanfaat untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika sistem imun dalam tubuh kuat, maka bakteri jahat yang menyerang dapat dilawan oleh tubuh. Konsumsi wedang jahe secara rutin untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

11. Mencegah perut buncit
Jahe memiliki khasiat untuk mencegah perut buncit sehingga akan membuat perut terlihat proporsional. Konsumsi wedang jahe dan imbangi dengan pola makan sehat dan olahraga teratur untuk mendapatkan hasil maksimal.

12.Meningkatkan vitalitas pria
Mengkonsumsi jahe merah secara rutin minimal satu hari sekali sebelum tidur akan meningkatkan vitalitas pria.

13. Meningkatkan produksi sperma
Selain mengkonsumsi kecambah, konsumsi wedang jahe secara rutin juga akan membantu meningkatkan produksi sperma.

14. Mengobati batuk
Manfaat selanjutnya dari jahe adalah ampuh untuk mengatasi batuk, konsumsi wedang jahe akan membuat batuk menjadi reda dan melegakan tenggorokan.

15. Mengobati radang tenggorokan
Biasanya batuk akan disertai dengan sakit tenggorokan. Wedang jahe sangat efektif untuk membantu meredakan sakit tenggorokan.

16. Menghilangkan bau mulut
Untuk menghilangkan bau mulut, anda dapat mengunyah beberapa ruas jahe dan rasakan perbedaan yang dirasakan.

17. Mencegah Anemia
Zat besi dalam jahe merah bekerja efektif dalam mengontrol jumlah sel darah maerah dalam tubuh. Bagi wanita yang hendak melahirkan, ada baiknya Anda memperbanyak konsumsi jahe merah untuk mencegah anemia.

18. Menghilangkan penyakit kulit
Jahe juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kulit seperti pada panu, kudis atau kurap. Balurkan tumbukan jahe pada bagian kulit dan beri pijatan lembut hingga mengering.

19. Menambah Stamina
Konsumsi wedang jahe secara rutin bermanfaat untuk menambah stamina tubuh sehingga tubuh menjadi lebih bugar dan sehat.

20. Mengatasi masalah kesehatan
Warna merah pada jahe merah memiliki khasiat yang mirip dengan wortel. Konsumsi jahe merah juga dapat mengatasi masalah penglihatan.

21. Mengatasi Magh
Konsumsi wedang jahe merah juga berkhasiat untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti pada lambung. Ketika asam lambung naik, anda dapat segera minum air rebusan jahe yang telah dicampurkan dengan madu.

22. Meningkatkan nafsu makan
Mengkonsumsi wedang jahe juga bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan untuk masa pemulihan setelah sakit.

23. Mengatasi Asma
Efek pedas pada jahe akan membuka pernapasan yang tersumbat dan kemudian akan melancarkan pernafasan kembali dengan bantuan zat bronki splasmolitika.

Cara mengobati beberapa penyakit diatas dengan jahe merah adalah dengan cara :

Iris tipis rimpang jahe lalu keringkan dibawah sinar matahari, lalu haluskan dengan cara di blender hingga menjadi bubuk, setelah itu jemur kembali dibawah sinar matahari. Cara pemakaiannya yaitu dengan seduh 1 sendok bubuk jahe merah dengan 1/2 gelas air panas dan minum 2x sehari. Atau gunakan rebusan jahe sebagai cara penyembuhan dengan pemanfaatan jahe merah. 

24. Mengatasi Jerawat
Tumbuk beberapa ruas jahe lalu oleskan pada bagian wajah yang berjerawat namun hindari daerah mata. Efek pedas pada jahe akan membunuh kuman sekaligus mengurnagi inflamasi.

25. Menyerap minyak berlebih pada wajah
Selain efektif untuk mengatasi jerawat, tumbukan jahe merah juga efektif untuk menyerap produksi minyak berlebih pada wajah. Jadikan masker jahe pada wajah dan biarkan 10 menit lalu bilas bersih.

Konsumsi ramuan jahe secara teratur dengan dosis yang tidak berlebihan. Bagi yang memiliki riwayat penyakit, berlebihan mengkonsumsi jahe dapat menyebabkan perut mulas dan gangguan pencernaan. Itulah penjelasan tentangManfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.