25 Manfaat dan Kandungan Patikan Kebo untuk Kesehatan yang Jarang di Ketahui Banyak Orang

Posted on

Manfaat dan Kandungan Patikan Kebo untuk Kesehatan – Patikan kebo memiliki pengaruh bagi kesehatan tubuh, seperti di beberapa negara khususnya di India, patikan kebo menjadi salah satu tanaman herbal yang dimanfaatkan untuk dunia kesehatan. Bagian yang dimanfaatkan dari tanaman patikan kebo adalah bagian daun dan tunas yang masih muda dan lembut dapat diolah menjadi berbagai makanan dan minuman untuk dikonsumsi.

Patikan kebo memiliki nama latin Euphorbia Hirta yang merupakan tanaman dari famili Euphorbiaceae yang ditandai dengan adanya getah berwarna susu. Patikan kebo biasa tumbuh liar di area kosong yang lama tidak digunakan atau daerah rerumputan. Pada area yang terkena sinar matahari, tanaman patikan kebo herbanya berwarna dominan merah keunguan. Memiliki getah yang mmerupakan ciri khas dari genus eurphorbia. Tanaman patikan kebo memiliki batang tegak atau setengah tegak melengkung, tidak berkayu, berwarna merah atau keunguan dengan tinggi antara 10-60cm, memiliki bulu, beruas-ruas, bentuk silinder dan memiliki percabangan berdiameter kecil.

Tanaman patikan kebo memiliki kandungan senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Beberapa kandungan senyawa pada tanaman patikan kebo antara lain: Alkaloida, tanin, senyawa folifenol (seperti asma gallat), flavonoid quersitrin, ksanthorhamnin, asam–asam organik palmitat oleat dan asam lanolat, senyawa terpenoid eufosterol, tarakserol dan tarakseron, kautshuk, taraxerol, friedlin, betha amyrin, betasitosterol, beta eufol, euforbol, triterpenoid, tirukalol, eufosterol, hentriacontane, flavonoid, tanin, elagic acid. Tanaman patikan kebo juga memiliki sifat anti radang, peluruh air seni dan menghilangkan gatal.

Khasiat Patikan Kebo

  • Antibakteri
    Ekstrak etanol dari tanaman patikan kebo berkhasiat untuk menghambat pertumbuhan Escherichia coli, Staphylococcus aureus, Pseudomonas aeruginosa, dan Bacillus subtili. Sedangkan ekstrak kloroform pada daun memiliki aktivitas antibakteri terhadap Klebsiella pneumonia.
  • Antimalaria
    Fraksinasi bioassay ekstrak metanol menunjukkan hambatan pertumbuhan pada P. falciparum sebanyak 90% dari pada konsentrasi 5 mg /ml.
  • Antiinflamasi
    Ekstrak n-heksana patikan kebo menunjukkan efek anti-inflamasi radang telinga pada tikus, tetapi efeknya tergantung dosis.
  • Antiasthmatic
    Patikan kebo memiliki aktivitas antiasthmatic karena efek relaksasi pada tabung bronkial dan tindakan depresan pada respirasi.
  • Efek pada output urine dan elektrolit
    Ekstrak daun patika kebo mempengaruhi diuresis pada tikus. Efek diuretik dari ekstrak etanol signifikan pada 6 jam (untuk 100 mg / kg) dan pada 24 jam (untuk 50 mg / kg). Terjadi peningkatan yang signifikan kandungan Na +, K + dan HCO3-dalam urin.
  • Antiamoebic
    Ekstrak polifenol patikan kebo menghambat pertumbuhan Entamoeba histolytica dengan konsentrasi aktif minimum kurang dari 10 mg/ml.
  • Antijamur
    Ekstrak patikan kebo menunjukkan aktivitas antijamur terhadap Colletotrichum capsici, Fusarium pallidoroseum, Botryodiplodia theobromae, Phomopsis Caricae-papayae, dan Aspergillus niger menggunakan teknik difusi cakram kertas.
  • Antipruritik
    Patikan kebo memiliki sifat antipruritik yang bermanfaat untuk menghilangkan gatal-gatal di kulit.
  • Hemostatik
    Tanaman patikan kebo memiliki sifat hemostatik yang bermanfaat untuk membantu menghentikan pendarahan.
  • Spasmolitik
    Patikan kebo memiliki sifat spasmolitik yang memberikan efek terhadap penyakit yang berhubungan dengan syaraf.

Resep Ramuan Patikan Kebo

1. Menyembuhkan Influenza
Untuk menyembuhkan influenza cara mengkonsumsi patikan kebo adalah dengan merebus 3 batang beserta daunnya dengan 200 cc air atau 1 gelas air hingga mendidih. Konsumsi ramuan 2 kali sehari hingga pulih.

2. Mengatasi Radang usus
Untuk menyembuhkan radang usus siapkan sekitar 7gr daun patikan kebo dan 1 ruas kunyit yang sudah diiris tipis. Rebus dengan 2/3 gelas air hingga mendidih dan minum selagi hangat.

3. Mengatasi Bronkitis
Untuk mengatasi bronkitis sediakan sekitar 10 gr daun patikan kebo lalu rebus dengan air secukupnya. Konsumsi dan minum 1 kali sehari sebanyak 1/4 gelas.

4. Mengatasi Sakit Tenggorokan
Untuk mengatasi sakit tenggorokan cara menyembuhkannya adalah dengan menyiapkan 5 helai patikan kebo dan rebus dengan segelas air hingga mendidih, lalu gunakan sebagai obat kumur.

5. Mengatasi Disentri
Untuk mengobati disentri, cara menyembuhkannya adalah dengan merebus 20 gram tanaman patikan kebo dengan 400 cc air lalu diberi sedikit tambahan gula merah, rebus hingga mendidih dan konsumsi 2x sehari.

6. Mengatasi mata iritasi
Untuk mengatasi mata iritasi caranya adalah dengan meneteskan getah tanaman patikan kebo pada bola mata.

7. Mengobati Bisul
Untuk menyembuhkan bisul caranya adalah dengan menumbuk kasar daun patikan kebo lalu tempelkan pada bagian bisul.

8. Mengatasi Asma
Untuk menyembuhkan asma dengan patikan kebo yaitu merebus sekitar 1 genggam daun patikan kebo dengan 2 gelas air dan minum rutin 2x sehari.

9. Menyembuhkan tipes
Untuk menyembuhkan penyakit tipes caranya adalah dengan merebus bagian daun dan batang patikan kebo dan minum 3x sehari.

10. Mengobati susah buang air kecil
Untuk mengobati susah buang air kecil dengan patikan kebo yaitu dengan merebus daun patikan keno hingga mendidih dan minum ramuan 2 kali sehari.

11. Mengobati Radang Ginjal
Untuk mengobati radang ginjal yaitu dengan menyiapkan daun patikan kebo kering sekitar 6-9gr lalu rebus hingga mendidih dan minum selagi hangat.

12. Mengatasi eksim
Caranya, siapkan Herba segar 90 gr ditambah 1/2 liter alkohol 70% direndam 3-5 hari , untuk cuci eksim.

13. Menyembuhkan Demam Berdarah
Gunakan 30 gram daun patikan kebo rebus menggunakan 400 cc air sampai tersisa 200 cc, kemudian minum airnya selagi masih hangat.

14. Mengatasi Darah Rendah
Gunakan 30 gram daun patikan kebo, 100 gram ati ayam dan 100 gram daun bayam ditim, lalu dimakan, lakukan secara berkala 2 kali 1 hari.

15. Mengobati Abses / Radang payudara
Gunakan Patikan kebo segar sebanyak 60 gram dan ditambah 120 gram tahu putih, di tim, kemudian di makan. lakukan sampai terasa hasilnya.

Efek Samping Patikan Kebo

  • Efek muntah dan mual pada beberapa orang
  • Iritasi karena getah patikan kebo untuk mereka yang alergi
  • Konstraksi pada wanita hamil (wanita hamil dilarang meminum ramuan patikan kebo)

Demikianlah pembahasan singkat tentang Manfaat dan Kandungan Patikan Kebo untuk Kesehatan yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..