24 Manfaat dan Kandungan Minyak Kayu Putih untuk Kesehatan Penting Diketahui

Posted on

Manfaat dan Kandungan Minyak Kayu Putih untuk Kesehatan – Kayu putih adalah sejenis tanaman suku jambu-jambuan (Myrtacecae) yang pada bagian ranting dan daunnya sering dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai minyak kayu putih. Cara mengekstrak minyak kayu putih biasanya dengan cara disuling dengan uap terutama dari daun dan ranting tanamannya.

Tanaman kayu putih biasa tumbuh di tempat gersang , dapat bertahan dalam cuaca panas dan tunas bisa tumbuh kembali meskipun tanaman telah terkena api kebakaran. Tanaman kayu putih juga bisa tumbuh di dataran rendah hingga 400 m dpl, bisa tumbuh di dekat pantai di belakang hutan bakau, di tanah berawa atau membentuk hutan kecil di tanah kering sampai basah.

Ekstrak tanaman kayu putih atau sering dikenal sebagai minyak kayu putih, sudah sejak dahulu digunakan sebagai obat rumahan seperti untuk mengatasi flu, infeksi sinus, hidung tersumbat dan masalah pernapasan. Hal ini karena adanya kandungan antiseptik dan anti bakteri pada minyak kayu putih.

Tidak hanya itu, minyak kayu putih juga memiliki beberapa kandungan lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan seperti kandungan zat kimia yang disebut minyak atsiri yang terdiri dari sineol 44-55%, terpineol, butorat, aldehid valerat, L-pinen, benzoat, dan limonen.

Sifat dalam Minyak Kayu Putih

  1. Dekongestan, membantu menghilangkan sesak pernapasan di dada saat dihirup.
  2. Ekspektoran, membantu membersihkan paru-paru dari lendir yang mengganggu.
  3. Analgesik, membantu menghilangkan rasa sakit.
  4. Antibakteri, membantu membunuh spesies bakteri tertentu dalam tubuh.
  5. Antijamur, membantu membunuh spesies jamur.
  6. Antivirus, aktif memberikan perlindungan terhadap beberapa virus.
  7. Antineuralgic, memberikan efek perlindungan pada sistem saraf.
  8. Antiseptik, mencegah infeksi pada luka.
  9. Karminatif, membantu membersihkan usus dari gas yang berbahaya.
  10. Mengeluarkan keringat, mempromosikan keringat berlebihan.
  11. Antipiretik, untuk meredakan demam.
  12. Insektisida, bisa digunakan untuk membunuh banyak spesies serangga.
  13. Vulnerary (cicatrizant),membantu dalam penyembuhan luka dan goresan.
  14. Tonic, meningkatkan kerja yang lebih baik dari saluran tubuh.
  15. Antispasmodic, mengurangi kejang.
  16. Astringent, menghilangkan kelebihan minyak dalam kulit.
  17. Antiinflamasi, mengurangi peradangan.
  18. Antioksidan, manfaat antioksidan melindungi sel dari kerusakan radikal bebas.

Manfaat Kayu Putih

Tanaman kayu putih menjadi salah satu tanaman yang dikembangkan menjadi tanaman indsutri untuk dijadikan sebagai ekstrak minyak kayu putih. Minyak kayu putih berasal dari proses penyulingan yang sering dimanfaatkan sebagai minyak balur atau sebagai campuran dari produksi industri lainnya. Berikut ini beberapa manfaat yang diberikan dari tanaman dan minyak kayu putih, antara lain:

1. Mengatasi Insomnia
Untuk mengatasi insomnia, bagian yang dimanfaatkan adalah bagian kulit pohon kayu putih. Caranya dengan rebus 2 gelas air dengan 9gram kulit pohon kayu putih hingga mendidih dan hanya tersisa sekitar 1 gelas saja. Saring dan konsumsi pada pagi dan sore hari dengan takaran sekali minum setengah gelas.

2. Mengatasi demam, flu dan batuk
Untuk mengatasi demam, flu dan batuk, bagian yang dimanfaatkan adalah bagian daun pohon kayu putih. Caranya dengan rebus 2 gelas air dengan 13 gram daun kayu putih segar hingga mendidih dan hanya tersisa sekitar 1 gelas saja. Saring dan konsumsi pada pagi dan sore hari dengan takaran sekali minum setengah gelas.

3. Meredakan Sakit Gigi
Untuk mengatasi sakit gigi, anda dapat menggunakan minyak kayu putih dan tumbukkan kunyit. Caranya tempelkan tumbukan kunyit yang telah diberi beberapa tetes minyak kayu putih pada bagian gigi yang sakit. Atau anda bisa menggunakan cara lainnya yaitu dengan meneteskan minyak kayu putih pada kapas kemudian tempelkan kapas tersebut pada bagian gigi yang sakit.
Perawatan ini bisa membasmi kuman yang ada di mulut dan gigi dengan sangat cepat dan bisa memberikan bantuan yang sangat berarti.

4. Mengatasi Radang Kulit
Untuk membantu mengatasi radang kulit, cara yang dilakukan adalah dengan merebus 3 gelas air dengan 1 gengga, daun kayu putih segar hingga mendidih. Setelah itu, gunakan untuk membasuh bagian kulit yang meradang pada saat rebusan terasa hangat kuku.

5. Mengatasi Nyeri Tulang dan Rematik
Untuk mengatasi nyeri tulang dan rematik yang digunakan adalah bagian daun kayu putih segar. Caranya rebus 2 gelas air dengan 9 gr daun kayu putih kering hingga air tersisa menjadi segelas. Dinginkan, saring kemudian minum air rebusan tersebut pada pagi dan sore hari masing-masing dengan jumlah takaran setengah gelas untuk setiap kali minum.

6. Mengatasi Luka Nanah
Cara untuk mengatasi luka nanah yaitu dengan menyediakan kulit kayu putih muda, jahe dan asam jawa. Kunyah semua bahan tersebut lalu tempelkan pada bagian luka yang bernanah. Atau dengan cara lain yaitu dengan menumbuknya.

Efek Samping Minyak Kayu Putih

  • Minyak kayu putih memiliki iritan yang kuat sehingga penggunaannya harus dalam keadaan encer dalam minyak dasar atau air.
  • Minyak kayu putih tidak baik digunakan untuk ibu hamil dan bayi karena dapat menimbulkan iritasi.
  • Hindari penggunaan pada mata karena minyak kayu putih memiliki efek panas yang dapat mengakibatkan mata menjadi pedih dan iritasi.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Manfaat dan Kandungan Minyak Kayu Putih untuk Kesehatan yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..