45 Manfaat dan Efek Samping Lidah Buaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Jarang diketahui Banyak Orang

Posted on

Manfaat dan Efek Samping Lidah Buaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan – Lidah buaya adalah salah satu jenis tanaman yang banyak ditanam oleh masyarakat, seperti sebagai tanaman hiat atau dibudidayakan karena tanaman lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Tanaman dengan naman latin Aloe Vera ini tumbuh subur pada iklim tropis dengan bentuk menyerupai kaktus, mirip seperti lidah dan memiliki gel. Bagian gel dan lateks tersebutlah yang paling sering digunakan manfaatnya. Bagian gel lidah buaya berada pada bagian daging lidah buaya, sedangkan lateks berada tepat dibawah kulit tanaman dengan warna kekuningan.

Komposisi kandungan dalam 100 gram lidah buaya

Kandungan Energi Lidah Buaya = 4 kkal
Kandungan Protein Lidah Buaya = 0,1 gr
Kandungan Lemak Lidah Buaya = 0,2 gr
Kandungan Karbohidrat Lidah Buaya = 0,4 gr
Kandungan Kalsium Lidah Buaya = 85 mg
Kandungan Fosfor Lidah Buaya = 186 mg
Kandungan Zat Besi Lidah Buaya = 0,8 mg
Kandungan Vitamin A Lidah Buaya = 0 IU
Kandungan Vitamin B1 Lidah Buaya = 0,01 mg
Kandungan Vitamin C Lidah Buaya = 0 mg
Kandungan kadar air Lidah Buaya = 99,20 mg
Kandungan Abu Lidah Buaya = 0,10 gr
Kandungan Serat Lidah Buaya = 0,30 gr
(sumber : Dinas Kesehatan RI :1992)

Selain kandungan diatas, masih terdapat banyak lagi kandungan yang ada pada lidah buaya yang bermanfaat untuk kesehatan atau untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Manfaat Lidah Buaya

Dari banyaknya kandungan senyawa pada lidah buaya sudah pasti banyak manfaat yang didapatkan dari lidah buaya. Lidah buaya banyak dimanfaatkan dalam bidang kesehtan dan kecantikan sehingga tidak heran jika dalam beberapa produk obat atau kosmetik banyak menggunakan lidah buaya sebagai bahan campurannya. Penggunaanya pun dapat dikatakan aman dan tidak beresiko, sehingga banyak orang yang memanfaatkan lidah buaya untuk kebutuhannya. Berikut ini manfaat yang didapatkan dari lidah buaya, antara lain :

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

1. Meningkatkan kekebalan tubuh
Kandungan antioksidan pada lidah buaya memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan melawan radikal bebas. Mengkonsumsi lidah buaya sangat dianjurkan karena berguna untuk mencegahberbagain penyakit yang menyerang tubuh. Konsumsi jus lidah buaya secara teratur untuk mendapatkan hasil optimal.

2. Melakukan Detoksifikasi
Protein dari lidah buaya bermanfaat untuk menetralkan racun-racun yang masuk dalam tubuh. Racun racun yang masuk dalam tubuh dapat mengancam kesehatan tubuh. Untuk mengeluarkan racun-racun tersebut anda dapat mengkonsumsi jus lidah buaya secara rutin.

3. Menjaga kesehatan kardiovaskular
Ekstrak lidah buaya yang disuntikkan ke dalam darah dapat membantu meningkatkan sel darah merah untuk terdifusi dan mentransportasi oksigen, sehingga memperkecil resiko terkena serangan jantung, dan kesehatan kardiovaskular akan tetap terjaga.

4. Baik untuk penderita Diabetes
Penyakit diabetes saat ini banyak sekali menyerang masyarakat Indonesia, penyakit ini disebabkan faktor pola hidup yang tidak sehat. Lidah buaya bisa anda manfaatkan untuk mengatur kadar gula dalam tubuh karena lidah buaya memiliki 3 senyawa penting yang dibutuhkan oleh penderita diabetes seperti lektin, mannans, dan anthraquinones. Oleh karena itu, lidah buaya sangatlah dianjurkan dikonsumsi dalam bentuk jusa oleh penderita diabetes.

5. Meningkatkan Alkalisasi tubuh
Alkaslisasi tubuh dilakukan untuk menjaga kadar keasaman dalam tubuh. Lidah buaya sangat efektif digunakan untuk meningkatkan alkalisasi tubuh karena lidah buaya memiliki sifak alkali. Untuk mejaga kadar asam tubuh sangat dianjurkan untuk meminum jus lidah buaya setelah makan.

6. Melancarkan pencernaan
Manfaat selanjutnya dari lidah buaya yaitu baik untuk membantu proses pencernaan. Lidah buaya membantu fungsi usus menyerap protein dalam makanan dan meminimalisir kebiasaan seperti mulas. Untuk melancarkan pencernaan konsumsi jus lidah buaya secara rutin setiap hari.

7. Mencegah Peradangan
Peradangan dapat terjadi dalam organ tubuh manusia seperti pada sel persendian atau pada tulang. Lidah buaya memiliki kandungan Vitamin, serat, mineral dan 12 zat lainnya yang dapat membantu mencegah terjadinya peradangan tersebut. Konsumsi lidah buaya untuk mengatasi peradangan.

8. Membantu progam Diet
Lidah buaya tinggi akan protein yang sangat baik untuk dikonsumsi pada saat program diet. Protein membantu mencukupi kebutuhan tubuh, serat pada lidah buaya juga berfungsi untuk melancarkan pencernaan dan membuat anda lebih kenyang. Konsumsi jus lidah buaya pada menu diet anda.

9. Mengobati Bisul
Lidah buaya dapat anda manfaatkan untuk membantu mengobati bisul. Manfaatkan daun lidah buaya untuk mengobati bisul dengan cara tumbuk halus dan beri sedikit garam, lalu oleskan pada bisul. Lakukan rutin hingga bisul mengempis dan sembuh.

10. Mengobati Wasir
Penyakit wasir adalah jenis penyakit yang disebabkan karena aktivitas padat dan kurang mengkonsumsi makanan berserat. Untuk mengatasi wasir anda dapat mengkonsumsi jus lidah buaya secara rutin 3 kali sehari sebelum atau sesudah makan.

11. Mencukupi kebutuhan asam amino
Tubuh memerlukan 20 jenis asam amino yang 8 jenis diantaranya tidak dapat dihasilkan secara mandiri oleh tubuh. Sedangkan lidah buaya memiliki 19 jenis asam amino dan 7 jenis diantaranya adalah jenis asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh, Sehingga mengkonsumsi lidah buaya sangat dianjurkan untuk membantu meningkatkan kebutuhan asam amino dalam tubuh.

12. Mempercepat penyembuhan luka
Lidah buaya mengandung zat anti-inflamasi yang sangat baik untuk membantu menyembuhkan kulit yang bermasalah. Kandungan anti bakteri didalam lidah buaya juga efektif untuk melawan infeksi sehingga dapat mempercepat penyembuhan luka.

13. Mengobati Iritasi
Lidah buaya juga dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam permasalah kulit seperti eksim, psoriasis atau rosacea. Untuk mengatasinya gunakan gel lidah buaya untuk olesan pada bagian kulit yang iritasi.

14. Mengatasi Herpes
Herpes adalah jenis penyakit kulit yang menyebabkan timbulnya bintik merah bergerombol yang berisi gelembung air pada kulit, hingga memicu rasa gatal dan panas. Untuk mengatasinya anda dapat mengunakan gel lidah buaya sebagai obat oles pada bagian kulit yang terkena herpes secara rutin hingga herpes mengering dan sembuh.

15. Menyembuhkan Sariawan
Untuk mempercepat penyembuhan sariawan, gunakan jus lidah buaya untuk berkumur atau gunakan gel lidah buaya untuk di oleskan langsung pada luka sariawan. Kandungan vitamin C nya bermanfaat ampuh untuk menyembuhkan sariawan. Selain itu, kandungan lupeol dalam lidah buaya berfungsi sebagai antiseptik yang berguna mengurangi rasa nyeri dimulut akibat sariawan.

16. Menyembuhkan Psoriasis
Pada penderita psoriasis tentu akan merasa terganggu dengan munculnya bercak merah dengan rasa gatal yang disertai kulit mengelupas yang disebabkan adanya reakdi autoimun dalam tubuh. Gunakan gel lidah buaya untuk menghambat reaksi autoimun tersebut. Cara menghambatnya adalah dengan menggunakan ekstrak lidah buaya yang telah dijadikan krim, lalu oleskan krim lidah buaya untuk mempercepat penyembuhan bercak psoriasis.

17. Menyembuhkan luka bakar
Lidah buaya tinggi akan kandungan air yang bersifat dingin, karena itulah gel ludah buaya juga sering dimanfaatkan untuk mengobati luka bakar. Selain karena sifatnya yang mendinginkan, gel lidah buaya juga mengandung anti bakteri yang dapat mencegah infeksi sekunder yang bisa saja muncul akibat luka bakar yang berkepanjangan, sedangkan antiokisdan pada lidah buya berfungsi untuk menghambat reaksi peradangan pada luka bakar. Oleskan gel lidah buaya untuk mendinginkan luka bakar.

18. Mengatasi dermatitis atau eksim
Dermatitis atau eksim adalah peradangan yang terjadi pada kulit yang muncul karena kulit sensitif terutama jika musim panas datang. Biasanya kulit menjadi tampak merah, muncul bintik-bintik dan rasa gatal. Dengan mengoleskan gel lidah buaya pada bagain eksim akan menimbulkan rasa dingin sehingga akan mengurangi rasa gatal, sedangkan senyawa alprogen dan C-glukosil yang terkandung di dalamnya dapat menghambat reaksi peradangan dan meredakan ruam merah yang muncul.

19. Mengatasi Sembelit
Salah satu manfaat selanjutnya mengkonsumsi lidah buaya yaitu untuk mengatasi sembelit atau susah buang besar. Bagian yang digunakan kali ini adalah bagian lateks yang berada dibawah kulit daun lidah buaya. Lateks memiliki senyawa alonin/barbaloin yang memiliki efek laksatif. Efek laksatif tersebut berkerja sebagai pencahar untuk melancarkan buang air besar. Alonin berperan sebagai agen laksatif dengan meningkatkan pergerakan usus dan melunakkan feses.

20. Menurunkan kolesterol jahat
Manfaat penting dari lidah buaya selanjutnya yaitu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah sebesar 15-25 %. Kandungan asam amino-nya mampu mengikat kolesterol dalam darah agar segera diproses dan dikeluarkan dari dalam tubuh. Konsumsi ekstrak lidah buaya secara teratur dan tentu dengan diimbangi menjaga pola makan rendak kolesterol.

Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan

1. Melebatkan Rambut
Lidah buaya mengandung enzim yang mampu membuang sel kulit mati yang menjadi penghambat pertumbuhan rambut. Selain itu, alkalisasi dari lidah buaya juga dapat membuat kadar pH rambut menjadi lebih baik dan normal sehingga dapat membuat rambut lebih tebal.

2. Mengatasi Ketombe
Lidah buaya memiliki kandungan asam yang memiliki manfaat untuk memusnakan ketombe dikepala. Cara mengatasi ketombe dengan lidah buaya adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya pada kulit kepala berketombe. Lakukan secara rutin untuk menghilangkan ketombe secara optimal.

3. Kondisioner Rambut
Gel lidah buaya mengandung protein yang baik untuk sel-sel rambut dan menyehatkan kulit kepala. Dengan mengoleskan gel lidah buaya secara rutin pada rambut secara rutin akan membantu menyehatkan rambut dan kulit kepala.

4. Mencegah Rambut Rontok
Kandungan protein pada lidah buaya memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan rambut, salah satunya yaitu untuk mencegah kerontokan rambut. Gel lidah buaya bermanfaat unutk menguatkan rambut dari ujung hingga akar rambut sehingga akan mencegah kerontokan dan rambut patah. Gunakan gel lidah buaya sebagai masker untuk rambut anda.

5. Melembabkan Rambut
Kulit kepala yang kering menyebabkan rambut menjadi kusam dan rapuh. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah menggunakan gel lidah buaya. Gel lidah buaya juga ampuh untuk melembabkan kulit rambut kepala sehingga rambut akan lebih sehat.

6. Menutrisi Rambut
Gel dalam lidah buaya memiliki tekstur yang mudah meresap dalam kulit kepala. Kandungan senyawa dalam lidah buaya memiliki peran untuk mencukupi kebutuhan nutrisi kepala dan rambut. Gunakan masker lidah buaya secara merata pada kulit kepal dan rambut agar rambut tercukupi nutrisi sehingga tidak mudah terserang penyakit dan rambut tetap sehat.

7. Mencegah gatal pada kulit kepala
Kulit kepala gatal sering disebut dengan Pruritus adalah masalah yang sering terjadi. Salah satu cara untuk mengatasi gatal pada kulit kepala adalah dengan menggunakan lidah buaya. Enzim pada lidah buaya bekerja untuk menenangkan kulit kepala dan menyehatkan masalah kulit kepala.

8. Melembabkan Kulit
Manfaat selanjutnya dari gel lidah buaya yaitu memberikan efek baik untuk kulit yaitu dengan melembabkan dan mengencangkan kulit. Gunakan lulur gel lidah buaya pada tubuh secara rutin untuk menjaga kulit tetap lembab dan tidak kusam.

9. Melindungi kulit dari sengatan matahari
Gel lidah buaya juga dapat anda gunakan sebagai subblock untuk melindungi kulit terpapar sinar matahari. Gunakan seperlunya saja karena gel lidah buaya terasa lengket.

10. Mencegah penuaan dini
Gel lidah buayajuga bermanfaat untuk membantu mengencangkan kulit wajah sehingga wajah akan lebih cerah dan terbebas dari kerutan. Oleskan masker gel lidah buaya secara rutin untuk mencegah munculnya kerutan-kerutan pada wajah.

11. Mengurangi Bekas Stretch Mark
Stretch Mark sering mengganggu penampilan para wanita. Lidah buaya juga berperan untuk membantu mengurangi Stretch Mark, dengan cara rutin oleskan gel lidah buaya pada bekas Stretch Mark.

12. Melebatkan alis mata
Untuk anda yang memiliki alis mata tipis, anda dapat menggunakan cara ini untuk membantu mengatasi masalah anda. Oleskan gel lidah buaya pada alis mata anda pada malam hari dan bilas di pgi harinya. Penggunaan rutin lidah buaya pada alis mata akan mempercepat alis mata menjadi lebih tebal dan lebat.

13. Menghilangkan jerawat
Untuk kecantikan, lidah buaya memiliki vitamin yang berfungsi juga untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat. Gunakan gel lidah sebagai masker pada wajah untuk menghilangkan jerawat.

14. Menghilangkan flek hitam
Selain untuk menghilangkan jerawat, penggunaan masker gel lidah buaya juga bermanfaat untuk menghilangkan flek hitam atau bintik-bintik hitam pada wajah. Gunakan secara rutin untuk hasil maksimal.

15. Melembabkan Wajah
Penggunaan masker lidah buaya juga memiliki manfaat untuk melembabkan kulit wajah. Jika dilakukan secara rutin penggunaan masker lidah buaya bermanfaat untuk melembabkan kulit wajah.

16. Menjaga kesehatan bulu mata
Untuk menjaga kesehatan bulu mata agar tidak mudah rontok dan menjadi lebih tebal, oleskan gel lidah buaya pada bulu mata dengan hati-hati dan bilas setelah 30 menit.

17. Pembersih makeUp
Selain dengan menggunakan produk kecantikan berbahan kimia untuk membersihkan makeUp, anda juga dapat menggunakan gel lidah buaya untuk membersihkan gel lidah buaya.

18. Mengurangi plak gigi
Dilansir dari Journal of Health, jus lidah buaya murni ternyata efektif untuk mengurangi plak sebagai bahan obat kumur generik. Ramuan ini memiliki fungsi sama dengan chlorhexidine atau obat antiseptik golongan antimikroba. Anda dapat menggunakan jus lidah buaya sebagai alternatif untuk membersihkan plak pada gigi dengan berkumur secara rutin.

Efek Samping Lidah Buaya

Lidah buaya memang memiliki banyak sekali kandungan dan manfaat yang berfungsi untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Namun ketahui juga beberapa efek samping yang ditimbulkan dari mengkonsumsi lidah buaya berikut ini :

1. Lidah buaya mengandung zat anthraquinone atau dikenal sebagai zat pencahar, yang jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan diare.

2. Konsumsi lidah buaya menyebabkan reaksi yang tidak baik jika dikonsumsi bersamaan dengan beberapa jenis obat tertentu. Zat pencahar pada lidah buaya dapat menghambat penyerapan beberapa obat dalam tubuh. Jus lidah buaya memiliki reaksi negatif terhadap beberapa tumbuhan seperti pada akar jalap, minyak jarak, rhubarb akar dan kulit akar yang menyebabkan dehidrasi dan diare.

3. Konsumsi lidah buaya dapat menyebabkan ruam pada kulit seperti gatal-gatal, bengkak sulit bernafas hingga iritasi tenggorokan. Hentikan konsumsi jika terlihat efeksamping tersebut.

4. Kandungan lateks pada lidah buaya memiliki banyak resiko untuk kesehatan seperti dapat memperburuk masalah kesehatan seperti radang usus, penyakit Crohn, radang usus buntu, diverticulosis, obstruksi usus, wasir, sakit perut dan bisul. Ada juga laporan yang menyatakan bahwa jus lidah buaya sebagai pemicu penyakit hepatitis.

5. Wanita hamil dan ibu menyusui dilarang untuk mengkonsumsi lidah buaya karena lidah buaya mengandung pencahar yang dapat menyebabkan iritasi. Lidah buaya juga dapat merangsan kontaksi rahim pada wanita hamil yang menyebabkan keguguran dan cacar lahir.

6. Konsumsi jus lidah buaya dapat menyebabkan tubuh memproduksi adrenalin secara berlebihan. Adrenalin yang berlebihan tentunya tidak baik terutama buat kamu yang memiliki masalah pada jantung.

7. Mengkonsumsi jus lidah buaya lebih dari satu tahun dapat menyebabkan pseudomelanosis coli, suatu kondisi yang meningkatkan risiko kanker kolorektal.

Itulah penjelasan tentang Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.