90 Manfaat dan Efek Samping Kunyit untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Perlu di Ketahui

Posted on

Manfaat dan Efek Samping Kunyit untuk Kesehatan dan Kecantikan – Kunyit merupakan salah satu tanaman rempah yang paling banyak ditemui di Indonesia. Kunyit menjadi salah satu jenis rempah-rempah yang memiliki banyak sekali manfat untuk kesehatan. Kunyit memiliki warna khas kuning yang mencolok, yang sering digunakan sebagai salah satu bumbu penyedap masakan. Selain digunakan sebagai salah satu rempah bumbu masakan. Rimpang kunyit memiliki banyak seklai manfaat untuk bermanfaat bagi kesehatan.

Kunyit mengandung senyawa yang berkhasiat obat, yang disebut kurkuminoid.

Kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin dan bisdesmetoksikurkumin dan zat- zat manfaat lainnya Kandungan

Zat : Kurkumin : R1 = R2 = OCH3 10 %
Demetoksikurkumin : R1 = OCH3, R2 = H 1 – 5 %
Bisdemetoksikurkumin: R1 = R2 = H
sisanya Minyak asiri / Volatil oil (Keton sesquiterpen,
Turmeron,
Tumeon 60%,
Zingiberen 25%,
Felandren,
Sabinen,
Borneol dan sineil ) Lemak 1 -3 %,
Karbohidrat 3 %,
Protein 30%,
Pati 8%,
Vitamin C 45-55%,
Garam-garam Mineral (Zat besi, fosfor, dan kalsium) sisanya.

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

1. Mengatasi Peradangan
Peradangan atau inflamasai adalah proses yang terjadi sebagai reaksi terhadap infeksi atau ganggunan pada sel atau jaringan dalam tubuh yang diakibatkan adanya infeksi bakteri dan radikal bebas yang memicul pelepasan senyawa sitokin. Kunyit memiliki kandungan yang mampu meningkatkan kekebalan sel imun dan menghambat sitokin serta prostaglandin sehingga peradangan dalam tubuh dapat berkurang.

2. Mencegah kanker
Kandungan antioksidan pada kunyit bermanfaat untuk mencegah pengaruh radikal bebas dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Senyawa curcumin juga dipercaya mampu untuk membunuh sel kanker dan meningkatkan efektifitas obat-obatn konvensional yang digunakan dalam pengobatan kanker.

3. Mengurangi Arthritis
Arthritis adalah radang yang terjadi pada persendian sera memicu rasa sakit pada persendian. Senyawa curcuminoid dan minyak essensial yang terkandung dalam kunyit mampu mengurangi produksi senyawa penyebab radang pada persendian. Dengan mengkonsumsi kunyit secara rutin makan bermanfaat untuk mengurangi gejala arthitis.

4. Meredakan Magh
Senyawa curcumin pada kunyit mampu menghambat produksi asam lambung yang berlebih sehingga menyebabkan rasa perih dan nyeri. Untuk penderita magh konsumsi kunyit secara ruitn dapat membantu menyembuhkan luka pada lambung serta meningkatkan nafsu makan.

5. Mengurangi gas pada pencernaan
Jika anda mengalami buang gas secara berlebihan, anda dapat mengunakan ramuan kunyit untuk membantu menenangkan perut karena kunyit berperan mengurangi asam pada perut yang berlebih.

6. Mengurangi Mual
Jika anda mengalami mual yang dikarenakan masalah pencernaan, anda dapat menggunakankunyit sebagai ramuan untuk mengurangi rasa mual pada pencernaan. Kandungan phytochemical pada kunyit berfungsi untuk sebagai antioksidan yang berperan untuk memerangi racun sehingga dapat membantu meredakan mual.

7. Meredakan Diare
Kandungan magnesium dan kalium pada kunyit berperan untuk melawan dehidrasi dan menyeimbangkan cairan tubuh yang terkuras akibat diare yang dialami.

8. Meredakan Stress
Mengkonsumi kunyit dalam bentuk suplemen atau mencampurkannya dengan susu dapat membantu menenangkan saraf dan meredakan stress. Efek curcumin dalam turmeric sama dengan efek yang ditimbulakn oleh obat-obatan anti depresi seperti prozac. Oleh sebab itu anda dapat mengkonsumsi kunyit sebagai terapi depresi untuk meredakan stress dan aman untuk jangka panjang tanpa efek samping.

9. Menurunkan Kolesterol
Kolesterol jahat dalam tubuh yang cukup tinggi dapat meningkatkan resiko penyakit jantung dan penyempitan pembuluh darah atau atherosklerosis. Senyawa curcumin yang terkandung dalam kunyit telah terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam plasma darah dan meningkatkan kadar kolesterol baik yang dibutuhkan oleh tubuh.

10. Meningkatkan fungsi otak
Kandungan senyawa dalam kunyit mampu membantu meningkaykan aliran nutrisi dan oksigen ke otak sehingga otak berfungsi secara maksimal. Otak yang berfungsi dengan baik mampu meningkatkan hormon melatonin dan serotonin yang dapat membantu meningkatkan daya ingat dan mengatasi penyakit mental lainnya.

11. Mengatasi Jerawat
Jerawat disebabkan adanya infeksi bakteri p.Acne dan penyumbatan akibat sel kulit mati. Salah satu manfaat kunyit lainnya adalah mengadung senyawa antibakteri yang mampu meredakan infeksi P.Acne sekaligus berperan dalam menghilangkan bekas jerawat.

12. Mencegah penuaan Dini
Kandungan antioksidan dalam kunyit dapat bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Dengan rutin mengkonsumsi kunyit mampu menunda penuaan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas.

13. Mencegah penyakit alzheimer
Alzheimer adalah penyakit akibat rusaknya saraf otak yang dapat menyebabkan hilangnya memori atau sering disebut juga dengan pikun. Untuk mencegah alzheimer anda dapat rutin mengkonsumsi kunyit. Berdasarkan penelitian, kunyit mampu mernagsang pembentukan sel dalam otak sehingga mempercepat jalannya rangsan atau stimulus dari sel sensor menuju otak.

14. Mencegah Diabetes
Senyawa curcumin pada kunyit juga memiliki peran untuk membantu menurunkan kadar gula dalam darah serta menjaganya dalam kondisi normal. Mengkonsumsi kunyit secara teratur dapat membantu tubuh menjaga sensitivitas insulin dan mencegah munculnya penyakit diabetes.

15. Menurunkan berat badan
Terdapat banyak jenis produk pelangsing berbahan dasar kunyit seperti jamu kunyit asam yang berkhasiat untuk membantu menurunkan berat badan. Dengan begitu kita menyakini bahwa dengan rutin mengkonsumsi kunyit dapat membantu menurunkan berat badan dan mempertahankan berat tubuh supaya optimal.

16. Mempercepat penyembuhan luka
Kandungan senyawa curcumin dan antioksidan dalam kunyit efektif untuk mempercepat penyembuhan luka dengan mengurangi peradangan pada daerah kulit. Untuk menyembuhkan luka di kulit anda dapat membalutkan parutan kunyit pada luka utnuk mempercepat pengeringan luka.

17. Membersihkan Liver
Senyawa aktif curcumin pada kunyit memicu pembentukan glutathione S transferase. Senyawa tersebut merupakan salah satu enzim yang berperan dalam proses detoksifikasi dalam tubuh. Enzim glutathione S transferase juga mampu merangsang perbaikan dan regenerasi sel hati yang telah rusak. Mengkonsumsi kunyit secara rutin dapat mencegah penyakit hati seperti hepatitis dan cirosis.

18. Mengatasi Asma
Kunyit mengandung anti inflamasi yangg ampuh untuk meredakan dan mencegah kambuhnya asma. Konsumsi susu hangat yang dicampur dengan kunyit untuk meredakan asma ketika menyerang.

19. Meredakan flu dan demam
Flu dan demam disebabkan adanya infeksi bakteri dan virus yang masuk kedalam tubuh. Kandungan curcumin pada kunyit dapat membantu meredakan demam dan flu secara efektif.

20. Mengatasi Kontraksi usus Abnormal
Irritable bowel syndrom (IBS) merupakan suatu kondisi penyakit di mana terdapat kontraksi usus abnormal, sehingga memengaruhi kerja usus besar di sistem pencernaan. Kunyit bermanfaat untuk mengurangi gerakan otot yang abnormal. Konsumsi ramuan kunyit untuk membantu menormalkan pergerakan otot.

Beberapa manfaat penting yang didapatkan dari konsumsi kunyit secara rutin, antara lain:

  1. Kurkumin mampu menetralisir radikal bebas dalam tubuh
  2. Sebagai detokdifikasi dari racun bahan kimia dalam tubuh
  3. Meredakan peradangan sendi
  4. Kurkumin melindungi sel-sel usus bersar dari radikal bebas yang dapat merusak DNA
  5. Kurkumin membantu tubuh untuk menghancurkan perkembangan sel-sel kanker
  6. Kurkumin mampu meningkatkan fungsi hati
  7. Kurkumin akan menghambat proses sintesis yang berperan dalam pembentukan tumor
  8. Kurkumin mencegah perkembangan suplai darah tambahan yang diperlukan untuk pertumbuhan sel kanker.
  9. Kunyit membantu penyumbuhan pada kanker Hati
  10. Kunyit membantu penyumbuhan pada kanker usur besar
  11. Kunyit membantu penyumbuhan pada kanker darah
  12. Kunyit membantu penyumbuhan pada kanker prostat
  13. Kurkumin membantu meningkatkan aktivitas enzim antioksidan didalam tubuh
  14. Kunyit bisa mengurangi risiko terkena leukimia
  15. Menghambat mutagenisitas hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH) (bahan kimia karsinogenik yang diciptakan oleh pembakaran bahan bakar berbasis karbon termasuk asap rokok)
  16. Menghambat radiasi kerusakan kromosom
  17. Mencegah pembentukan amina heterosiklik berbahaya dan senyawa nitroso, yang terdapat pada makanan olahan tertentu, seperti produk daging olahan yang mengandung nitrosamin.
  18. Menghambat perbanyakan sel leukemia dalam kultur sel
  19. Curcumin mungkin dapat mencegah oksidasi kolesterol dalam tubuh
  20.  Kunyit merupakan sumber vitamin B6 yang diperlukan untuk menjaga tingkat homocysteine ​​agar tidak terlalu tinggi yang berisko pada penyakit jantung.
  21. Kunyit baik untuk penderita tifus
  22. Usus Buntu
  23. Disentri
  24. Keputihan pada wanita
  25. Melancarkan haid
  26. Mengatasi perut mulas saat haid
  27. Melancarkan ASi
  28. Melancarkan proses persalinan
  29. Menyapih anak
  30. Mengatasi amandel
  31. Menyembuhkan sakit perut
  32. Mengatasi perut mual
  33. Mengatasi perut kembung
  34. Mengatasi sembelit
  35. Mengatasi kontipasi
  36. Mengobati sakit kepala
  37. Menyembuhkan sariawan
  38. Mengobati mabuk kendaraan
  39. Mengatasi sakit gigi berlubang
  40. Membersihkan darah
  41. Penambah nafsu makan
  42. Mengobati eksim
  43. Mengatasi bisul
  44. Mengobati borog
  45. Mengatasi luka bengkak akibat serangga
  46. Mengatasi kurap atau panu
  47. Mengatasi gatal-gatal
  48. Menghilangkan bekas noda jerawat
  49. Menghaluskan kulit
  50. Mengencangkan kulit wajah
  51. Mengatasi minyak berlebih pada wajah
  52. Menyamarkan kerutan
  53. Sebagai pewarna rambut alami
  54. Mengatasi rambut rontok
  55. Mengangkat sel-sel kulit mati
  56. Melembabkan kulit
  57. Mencerahkahkan kulit
  58. Mengatasi feses berlendir
  59. Mengatasi perut mulas
  60. Mengatasi morbili atau campak pada anak anak

Efek Samping Kunyit

Kunyit memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan serta kecantikan, namun ketahui juga bahwa terdapat pula efek samping yang muncul akibat konsumsi kunyit. Berikut beberapa efek samping yang muncul akibat konsumsi kunyit.

  1. Bila dikonsumsi dengan jumlah yang berlebihan, kunyit dapat menyebabkan ganguan pada lambung karena kunyit memiliki sifat yang pedas.
  2. Pada ibu hamil dilarang untuk mengkonsumsi kunyit karena kunyit dapat menyebabkan kontraksi sehingga dapat menyebabkan keguguran.
  3. Jika anda dalam proses kemoterapi, sebaiknya hindari mengkonsumsi kunyit karena kunyit dapat menyebabkan pendarahan serta akan menganggu proses pengobatan kemoterapi yang sedang berjalan.
  4. Konsumsi kunyit lebih dari 1500 mg 2 kali sehari akan membuat detak jantung abnormal.
  5. Hentikan konsumsi kunyit jika menimbulkan iritasi seperti ruam dan gatal-gatal.
  6. Kunyit dapat menurunkan kadar hormon testoteron dan memperlambat laju sperma, untuk anda yang ingin segera memiliki momongan sebaiknya tidak berlebihan mengkonsumsi kunyit.
  7. Menghambat kerja obat-obatatan. Kunyit dapat menginterupsi khasiat beberapa obat seperti aspirin, clopidogrel, serta warfarin.
  8. Mengkonsumsi kunyit secara rutin juga dapat menimbulkan bau badan tidak sedap.
  9. Kunyit dapat meregulasi hormon dalam tubuh , namuan efek samping yang diberikan biasanya keluar keringat dingin.
  10. Konsumsi kunyit secara berlebihan dapat mengubah kulit menjadi tampak kekuningan, kuku, feses serta keringat yang lebih lengkat.

Untuk menghindari efeksamping yang ditimbulkan, sebaiknya konsumsi kunyit sesuai dosis dan jangan berlebihan .

Itulah penjelasan tentang Manfaat Kunyit untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.