50 Manfaat dan Efek Samping Jeruk Nipis sebagai Tanaman Herbal Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Posted on

Manfaat Dan Efek Samping Jeruk Nipis untuk Kesehatan dan Kecantikan – Jeruk nipis (Citrus aurantifolia) adalah tumbuhan yang masih masuk suku jeruk-jerukan banyak tersebar di Asia dan Amerika Tengah. Jeruk Nipis sangat mudah ditemui karena banyak dari masyarakat di Indonesia yang membudidayakan atau menanam jeruk nipis dipekarang rumahnya.

Jeruk nipis telah dikenal sejak dahulu sebagai tanaman buah kaya manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan. Meskipun memililiki rasa asam, pahit dan sedikit dingin, jeruk nipis memiliki beragam manfaat, selain sebagai tanaman herbal, jeruk nipis juga kerap dimanfaatkan sebagai bumbu penyedap masakan, sebagai minuman segar, sebagai bahan pembuat asam sitrat, membersihkan karat atau logam kotor juga baik untuk dicampurkan dengan jamu.

Sebelum mengetahui manfaat yang didapatkan dari jeruk nipis, cari tahu terlebih dahulu kandungan senyawa dan nutrisi yang ada pada jeruk nipis berikut ini :

Kandungan Jeruk Nipis

Kandungan nutrisi dan gizi dalam 100 gram jeruk nipis :

Vitamin C : 27 mg
Vitamin B1 : 04 mg P
rotein : 0.9 gram
Lemak : 0.2 gram
Karbohidrat : 11.4 gram
Mineral : 0.5 gram
Kalsium : 33 mg
Fosfor : 23 mg Zat
besi : 0.4 mg
Asam askorbat : 49 mg
Energi : 51 kal
Sisanya Air : 86 gram

Kandungan senyawa kimiawi pada jeruk nipis :

Asam sitrat,
Asam amino
triptofan dan lisin,
Minyak atsiri S
itral,
limonen, felandren,
lemon kamfer,
kadinen,
gerani-lasetat,
linali-lasetat,
aktilaldehid,
nildehid.
Damar,
Glikosida,
Asam sitrun,
Lemak,
Kalsium,
Fosfor,
Zat besi,
belerang.

Manfaat Jeruk Nipis 

Setelah mengetahui kandungan-kandungan jeruk nipis diatas, sudah pasti akan ada banyak sekali manfaat yang didapatkan dari konsumsi jeruk nipis. Ketahuilah beberapa manfaat yang didapatkan dari jeruk nipis berikut ini :

1. Membunuh bakteri jahat dalam tubuh
Bakteri jahat dalam tubuh dapat menyebabkan tifus, malaria, dan kolera. Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk nipis memiliki kemampuan untuk membasmi bakteri dan menjaga tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari bakteri jahat.

2. Meningkatkan daya tahan pembuluh darah
Pembuluh darah yang kuat akan melancarkan sistem peredaran darah, sehingga akan terhindar dari penyumbatan pada pembuluh darah dan tentu tubuh akan terhindari berbagai macam masalah penyakit. Kandungan vitamin C pada jeruk nipis bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan pada pembuluh darah.

3. Mengatasi masalah pencernaan
Masalah pencernaan seperti kontipasi atau diare dapat diatasi dnegan mengkonsumsi jeruk nipis. Campurkan perasan jeruk nipis kedalam satu gelas air hangat dan konsumsi untuk memebantu mengatasi masalah pencernan.

4. Mengatasi Magh
Konsumsi perasan jeruk nipis yang telah dicampurkan dengan air dingin sebelum makan untuk membantu mengatasi masalah maagh. Jika dilakukan secara rutin dan tepat, masalah maagh akan segera teratasi.

5. Mengobati Asam Urat
Kandungan asam sitrat pada jeruk nipis mampu melarutkan asam urat, itulah sebabnya jeruk nipis baik dikonsumsi oleh penderita asam urat. Konsumsi perasan jeruk nipis 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.

6. Meningkatkan daya tahan tubuh
Vitamin C memiliki peranan yang penting dalam sistem kekebalan tubuh manusia. Konsumsi vitamin C juga dapat membantu mencegah berbagai macam penyakit yang menyerang dalam tubuh. Jeruk nipis kaya akan vitamin C yang memiliki peran untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan flavonoid dalam jeruk nipis juga mampu membunuh dan memusnahkan virus yang menyerang tubuh.

7. Menjaga kondisi penglihatan
Kandungan vitamin C dan Flavonoid pada jeruk nipis bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan penglihatan. Vitamin C kaya akan antioksidan yang mampu melindungi mata dari kerusakan atau penuaan. Sedangkan flavonoid menjaga mata dari iritasi dan infeksi. Konsumsi jeruk nipis secara rutin untuk menjaga kondisi kesehatan mata.

8. Menjaga keseimbangan pH tubuh
Jeruk nipis mengandung asam nitrat tinggi yang baik dikonsumsi untuk menyeimbangkan pH dalam tubuh. pH adalah tingkat keasaman dalam tubuh.

9. Membunuh cacing dalam tubuh
Cacing dalam tubuh dapat menyerap sari0sari makanan dan akan membuat tubuh menjadi kekurangan nutrisi. Cacing juga dapat menghambat sistem pencernaan manusia. Sebab itulah kita perlu mengeluarkan cacing yang ada didalam usus. Cara untuk mengeluarkan cacing pada usus adalah dengan menggunakan perasan jeruk nipis yang dicampurkan dengan air kelapa muda. Konsumsi tiga kali sehari agar cacing dalam tubuh dapat keluar.

10. Mencegah Kanker
Jeruk nipis memiliki kandungan liminoid. Dalam tubuh, senyawa liminoid mencegah kerja radikal bebas dan mencegah terjadinya kanker dalam tubuh.

11. Menyembuhkan Hipertensi
Darah tinggi dapat diturunkan dan dijaga dengan tercukupi asupan kalium dalam tubuh. Jeruk nipis tinggi akan kalium yang mampu mengobati penyakit darah tinggi.

12. Menyehatkan Ginjal
Penderita penyakit ginjal biasanya disarankan untuk mengkonsumsi banyak air putih. Selain air putih, konsumsi perasan air jeruk nipis juga baik untuk kesehatan ginjal. Kandungan asam sitrat pada jeruk nipis mencegah pengikatan mineral yang memberatkan kerja ginjal. Konsumsi air jeruk nipis untuk menyehatkan masalah ginjal.

13. Menyembuhkan Batuk
Jeruk nipis telah dipercaya sejak dulu aktif untuk menyembuhkan masalah batuk. Untuk mengatasi batuk dengan jeruk nipis campurkan perasan jeruk nipis dengan madu dan garam, Konsumsi rutin 2 kali sehari hingga batuk mereda.

14. Menyembuhkan infeksi tenggorokan
Jeruk nipis juga ampuh untuk mengatasi menyembuhkan radang tenggorokan. Untuk menyembuhkan infeksi tenggorokan atau radang tenggorokan campurkan perasan jeruk nipis dengan madu dan konsumsi secara rutin.

15. Mencairkan Dahak
Selain bermanfaat untuk mengatasi radang tenggorokan, jeruk nipis juga ampuh untuk mengencerkan dahak. Untuk mengencerkan dahak menggunakan jeruk nipis yaitu dengan mencampurkan perasan jeruk nipis dengan garam dan madu, konsumsi secara rutin untuk mendapatkan hasil optimal.

16. Menyembuhkan Amandel
Manfaat selanjutnya dari jeruk nipis adalah untuk mengatasi amandel. Untuk mengatasi amandel dengan jeruk nipis adalah dengan merebus jeruk nipis hingga mendidih dan gunakan air rebusan jeruk nipis untuk berkumur secara rutin dan berulang kali hingga kondisis amandel membaik.

17. Menyembuhkan sakit gigi
Manfaat selanjutnya dari jeruk nipis adalah untuk menyembuhkan sakit gigi. Untuk mengatasi sakit gigi, campurkan perasan jeruk nipis pada tumbukan daun legetan warak dan akar kecubung hitam serta beri sedikit garam, beri garam lalu saring. Gunakan air tersebut untuk berkumur 5 kali dalam sehari hingga rasa sakit pada gigi menghilang.

18. Menurunkan demam pada malaria
Penyakit malaria dapat menyebabkan panas dan demam, untuk mengatasi masalah demam anda dapat memanfaatkan jeruk nipis. Rebus irisan jeruk nipis dengan daun prasman. Minum air rebusan tersebut dua kali sehari hingga demam berangsur turun.

19. Menyembuhkan gangguan otak
Gangguan pada otak seperti vertigo dan parkinson dapat diatasi dengan mengkonsusmi perasan jeruk nipis. Konsumsi perasan jeruk nipis dengan dicampur dengan air hangat untuk membantu meringankan masalah gangguan vertigo atau parkinson.

20. Mencegah penyakit jantung
Penyakit jantung dapat dicegah dengan kandungan serat pangan pada jeruk nipis. Serat pangan akan membantu menjaga kadar gula dalam darah dan mengurangi kolesterol sehingga dapat mencegah gangguan pada jantung. Konsumsi jeruk nipis untuk mencegah penyakit jantung.

21. Menyembuhkan Ambeien
manfaat selanjutnya dari jeruk nipis adalah untuk mengatasi penyaki ambeien. Pengobatan ambeien atau wasir yaitu dengan menggunakan akar pohon jeruk nipis, rebus selama 30 menit. Saring dan konsumsi ramuan tersebut untuk mengatasi masalah ambeien.

23. Mencegah bau badan
Jeruk nipis juga memiliki manfaat untuk mengatasi bau badan. Caranya yaitu dengan goreskan potongan jeruk nipis pada kapur sirih lalu gunakan potongkan jeruk nipis tersebut pada ketiak atau pada bagian tubuh yang sering berkeringat. Lakukan secara rutin hingga bau badan menghilang.

Manfaat Jeruk nipis untuk Kecantikan

Jeruk nipis juga banyak dimanfaatkan untuk masalah kecantikan. Kandungan vitamin didalamkan efektif untuk mengatasi masalah wajah, cara melakukan perawatannya dengan oleskan perasan jeruk nipis pada kulit berjerawat. Beberapa perawatan masalah wajah yang dapat dilakukan dengan jeruk nipis antara lain:

1. Menghilangkan Jerawat
2. Menghilangkan bekas jerawat
3. Mencegah penuaan Dini
4. Menghilangkan komedo
5. Mengencangkan pori-pori
6. Mengangkat sel kulit mati
7. Mencerahkan wajah
8. Mengatasi flek hitam
9. Mengatasi pori-pori membesar
10. Menjaga kelembabab kulit

Manfaat Jeruk Nipis untuk Rambut

Kandungan asam pada jeruk nipis bermanfaat juga untuk menjaga kesehatan rambut. Cara yang dilakukan untuk merawat kesehatan rambut yaitu dengan menggunakan perasan air jeruk nipis sebagai masker pada rambut. Masker rambut jeruk nipis berguna untuk menjaga kesehatan rambut seperti :

1. Mengurangi rambut rontok
2. Menghilangkan ketombe
3. Melebatkan rambut
4. Meningkatkan pertumbuhan rambut
5. Menyuburkan rambut
6. mencerahkan warna rambut
7. Membuat rambut berkilau
8. Melembabkan rambut
9. Menghilangkan kutu
10. Menghindari rambut kering
11. Mengatasi rambut mudah patah
12. Mencegah rambut bercabang
13. Menghitamkan rambut

Efek Samping Jeruk Nipis

Jeruk nipis memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, namun jika dikonsumsi secara berlebihan akan berdampak buruk dalam tubuh. Beberapa masalah yang kerap muncul akibat terlalu sering dan berlebih mengkonsumsi jeruk nipis, antara lain:

  1. Jeruk nipis mengandung asam askorbat dan asam amino yang jika dikonsumsi secara berlebih dapat membahayakan penderita magh.
  2. Jeruk nipis tinggi akan kandungan asam yang jika dikonsumsi secara berlebihan akan menganggu sistem pencernaan.
  3. kandungan asam yang tinggi pada jeruk nipis juga akan merusak serta mengikis lapisan gigi.
  4. Pada kulit yang sensitif, penggunaan jeruk nipis pada kulit dapat menimbulkan ruam dan merah-merah pada kulit.
  5. Jeruk nipis dapat membahayakan pad bebrapa bagaian wajah, untuk itu hentikan penggunakan masker jeruk nipis jika wajah terasa panas seperti terbakar.

Itulah penjelasan tentang Manfaat Jeruk nipis untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.