18 Manfaat dan Efek Samping Daun Katuk untuk Kesehatan BUKTI TERUJI

Posted on

Manfaat dan Efek Samping Daun Katuk untuk Kesehatan – Daun katuk atau Sauropus androgynus adalah jenis tanaman sayur yang banyak tumbuh di Asia tenggara. Biasanya masyarakat mengolah daun katuk seperti mengolah kangkung atau bayam. Tanaman daun katuk sudah sejak dahulu dikenal sebagai salah satu sayuran yang bermanfaat baik untuk ibu hamil dan untuk melancarkan produksi ASI.

Daun katuk memiliki kandungan hampir 7%, serat kasar 19 %, kaya akan vitamin K, selain pro-vitamin A (beta-karotena), B, dan C. Mineral yang dikandungnya adalah kalsium (hingga 2,8%), besi, kalium, fosfor, dan magnesium. Warna daunnya hijau gelap karena kadar klorofil yang tinggi.

Manfaat Daun Katuk

Dari banyaknya kanungan yang dimiliki oleh daun katuk, sudah pasti daun katuk memiliki banyak manfaat yang juga baik untuk tubuh. Beberapa manfata yang didapatkan dari daun katuk antara lain:

1. Melancarkan ASI ( Air Susu Ibu)
Kandungan senyawa dalam daun katuk seperti saponin, tanin, flafonoid, triterpenoid, asam amino, sangat baik untuk membantu meningkatkan produksi ASI dan melancarkan ASI pada Ibu menyusui.

2. Mencegah Osteoporosis
Daun katuk tinggi akan kandungan kalium yang sangat baik dikonsumsi untuk menguatkan tulang dan mencegah osteoporosis.

3. Menjaga Kesehatan mata
Daun katuk mengandung vitamin A, yang berfungsi baik untuk menjaga kesehatan Mata

4. Mengatasi Flu
Kandungan Efedrin dalam daun katuk berfungsi untuk mengatasi flu.

5. Meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak
Kandungan efedrin, vitamin C yang terdapat pada sayur katuk juga bermanfaat untuk mengganti sel sel tubuh yang rusak saat sakit.

6. Mencegah Anemia
Dalam 100 gram daun katuk mengandung 2,7 mg zat besi. Kandungan zat besi pada daun katuk bermanfaat untuk mencegah anemia atau kekurangan sel darah merah.

7. Sebagai Detoksifikasi
Daun katuk mengandung klorofil yang sangat tinggi. Klorofil berfungsi membantu membersihkan sisa-sisa metabolisme dan membuang racun-racun dalam tubuh melalui detoksifikasi.

8. Mengatasi Hipertensi
Tubuh yang kekurangan kalsium dapat menyebabkan terjadinya hipertensi atau darah tinggi. Daun katuk mengandung kalsium yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita hipertensi untuk menormalkan kadar kalsium dalam tubuh serta menormalkah kadar darah dalam tubuh.

9. Menurunkan resiko kanker payudara
Daun katuk memiliki kandungan kaempferol yang merupakan flavonol alami mirip dengan estrogen. Kaempferol dapat menyatu dengan reseptor estrogen dan meningkatkan efek agonis ataupun antagonis dari estrogen. Sehingga dapat menurunkan resiko terkena kanker payudara.

10. Mengatasi masalah kulit
Untuk mengatasi masalah kulit dengand aun katuk yaitu dengan mengbalurkan perasan air daun katuk pada bagian kulit yang sakit secara rutin hingga masalah penyakit kulit sembuh.

11. Mengatasi gejala anemia
Daun katuk memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi, sehingga dapat bermanfaat untuk mengatasi gejala penyakit Anemia.

12. Meningkatkan kualitas sperma
Daun katuk memiliki kandungan zat aktif yang mampu merangsang sintesis hormone steroid seperti progesterone, dan testoteron sehingga bermanfaat untuk membangkitkan vitalitas seksual, mamacu kualitas dan kuantitas sperma.

13. Menjaga kekebalan tubuh
Daun katuk mengandung senyawa utama yang butuhkan tubuh dalam pembuatan kolagen dalam tubuh, dan sebagai pengangkut lemak, pengangkut elektron, menehatkan gusi, mengatur tingkat kolesterol, serta pemacu imunitas dan ketahan tubuh.

14. Menyembuhkan borok
Munculnya borokan akibat adanya aktivitas pertumbuhan beberapa bakteri jahat yang ada pada kulit. Borok mengakibatkan munculnya rasa sakit dan gatal. Untuk mengatasinya anda dapat mengunakan daun katuk sebagai olesan untuk masalah borok.

15. Mengatasi Sembelit
Sembelit terjadi akibat kekurangan serat dalam tubuh. Daun katuk ringgi akan kandungan serat yang sangat bermanfaat untuk membantu sistem pencernaan dalam tubuh.

16. Menambah energi pada ibu hamil
Daun katuk tinggi akan kandungan zat besi yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin dalam kandungan. Zat besi bermanfaat untuk menambah energi pada masa kehamilan.

17. Program Diet
Daun katuk dapat dijadikan sebagai menu program diet anda, karena daun katuk juga bagus dikonsumsi untuk membantu proses pelansingan tubuh.

18. Mencegah penyakit jantung
Daun katuk dapat menghambat penyakit jantung serta ganguan pada pembuluh darah.

Efek Samping Daun Katuk

Daun katuk mengandung papaverina, yaitu suatu alkaloid yang juga terdapat pada candu (opium). Jadi, mengkonsumsi daun katuk secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping seperti keracunan papaverin.

Itulah penjelasan tentang Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan. Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.