43 Manfaat dan Efek Samping Daun Binahong untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Posted on

Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan dan Kecantikan – Binahong adalah tanaman merambat yang banyak tumbuh di Indonesia. Daun binahong memiliki bentuk seperti hati dengan daun tebal. Daun binahong telah dipercaya sejak dahulu ampuh mengatasi banyak masalah kesehatan dan kecantikan. Mulai dari penyakit ringan hingga penyakit akut. Daun binahong memiliki 2 jenis yaitu jenis Basella rubr dengan tulang dan batang daun berwarna merah, dan Basella alba dengan daun berwarna hijau gelap. Sebagai tanaman herbal yang efektif mengatasi berbagai macam penyakit, daun binahong di percaya mengandung sejumlah senyawa alami yang bermanfaat untuk kesehatan.

Kandungan Senyawa pada Daun Binahong

Tanaman yang dikenal sebagai tanaman herbal ini sudah banyak di gunakan sebagai ramuan tradisional. Berdasarkan beberapa penelitian, berikut ini beberapa kandungan yang ada pada daun binahong , diantaranya :

1. Saponin
Saponin adalah senyawa aktif yang memiliki kemampuan untuk melakukan hemolisis pada sel darah. Saponin bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dan membuat jantung menjadi lebih sehat.

2. Protein

  • Daun binahong memiliki protein yang berfungsi meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh sehingga merangsang terbentuknya antibodi.
  • Protein membantu tubuh untuk memproduksi hormon pertumbuhan
  • Protein juga berfungsi untuk menggantikan sel-sel dalam tubuh yang telah rusak.

3. Alkaloid
Alkaloid memiliki sifat basa dengan kandungan nitrogen yang tersusun didalamnya. Manfaat zat alkaloid sendiri biasanya dimanfaatkan oleh penderita diabetes, sebab mempunyai sifat hipoglikemik untuk menurunkan kadar gula dalam darah.

4. Asam Oleanolik
Asam Oleanolik termasuk kedalam golongan triterpenoid sebagai antioksidan dalam tanaman.

  • Asam Oleanolik berfungsi mencegah racun yang masuk untuk menuju ke sel-sel tubh serta membantu meningkatkan pertahanan sel dalam tubuh.
  • Asam Oleanolik juga memiliki zat yang bersifat anti inflamasi sehingga bermanfaat untuk mengatasi masalah peradangan.
  • Senyawa nitrit oksida dalam asam oleanolik ini berperan sebagai antioksidan yang berkhasiat untuk melawan radikal bebas dalam hal ini membunuh bakteri jahat yang masuk pada tubuh.
  • Asam oleanolik juga mampu memperkuat ketahanan sel tubuh terhadap serangan infeksi serta memperbaiki sel-sel tubuh.

5. Minyak Atsiri
Minyak Atsiri adalah sejenis minyak yang didapatkan dari tanaman dari proses penyulingan yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

  • Kandungan minyak astiri bisa digunakan sebagai antiseptik eksternal dan internal, hemolitik, bahan analgesik, obat untuk sakit perut, pewangi kosmetik, dan stimulan.

6. Antioksidan
Kandungan antioksidan pada daun binahong bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang menyebabkan zat karsinogen yang dapat memicu tumbuhnya kanker.

Manfaat Daun Binahong

1. Mencegah kanker
Kandungan antioksidan pada daun binahong dapat menangkal radikal bebas yang menjadi salah satu pemicu terbentunya kanker, sedangkan kandungan vitamin C nya mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Mencegah Diabetes
Kandungan alkoloid pada daun binahong dapat membantu memulihkan kesehatan untuk penderita diabetes, Hal ini terjadi karena senyawa alkanoid memiliki sifat hipoglikemik yang mampu membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

3. Mencegah dan Mengobati Asma
Daun binahong memiliki khasiat untuk mencegah terjadinya sesak nafas. Daun binahong dapat membantu melancarkan sistem pernafasan sehingga membuat paru-paru bekerja dengan lebih baik.

4. Mencegah tekanan darah
Manfaat selanjutnya dari daun binahong adalah untuk mencegah darah rendah. Ketika anda sudah merasa lelah dan lemas, segera konsumsi jus daun binahong untuk membuat tubuh menjadi semangat dan menormalkan tekanan darah.

5. Menyembuhkan luka
Daun binahong memiliki kandungan antimikroba yang ampuh untuk menyembuhkan luka dan menghindari terjadinya infeksi akibat luka yang terjadi. Tempelkan tumbukan daun binahong pada luka untuk menghindari terjadinya infeksi.

6. Menangkal radikal bebas
Daun binahong tinggi akan kandungan antioksidan yang ampuh untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas dapat membuat kulit menjadi tampak lebih cepat tua dan dapat menumbuhkan sel-sel kanker.

7. Menghentikan pendarahan
Daun binahong juga memiliki manfaat untuk membantu menghambat pendarahan kecil seperti mimisan.

8. Menambah Stamina pria
Konsumsi rebusan daun binahon dalam keadaan hangat bermanfaat untuk menambah stamina pria secara alami sehingga aman untuk tubuh.

Manfaat selanjutnya dari daun binahong antara lain :

  1. Menyembuhkan batuk yang menyebabkan muntah darah
  2. Mengobati penyakit paru-paru
  3. Mengatasi pembekuan darah
  4. Mengobati peradangan
  5. Mengurangi arthritis
  6. Memulihkan luka memar
  7. Mencegah asam urat
  8. Mengatasi wasir
  9. Mengobati sakit kepala
  10. Mengobati gatal-gatal
  11. Menjaga sistem kekebalan tubuh
  12. Mengatasi pembengkakan usus
  13. Memulihkan kondisi pasca operasi dan melahirkan
  14. Menghangatkan badan
  15. Mengatasi jerawat
  16. Meningkatkan nafsu makan
  17. Mengobati gusi berdarah
  18. Mengobati disentri
  19. Menghaluskan kulit
  20. Melembabkan wajah
  21. Mencegah penuaan dini
  22. Mempercepat pemulihan pada patah tulang
  23. Melancarkan haid
  24. Meningkatkan vitalitas

Efek Samping Daun Binahong

Daun binahong mengandung Efedrin yang disebut epherda yang terkait dengan tekanan darah tinggi, serangan jantung, gangguan otot, kejang, stroke, denyut jantung tidak teratur, kehilangan kesadaran, hingga kematian.

Penggunaan jenis tanaman yang mengandung efedrin harus menggunakan pengawasan dari profesional medis, karena daun binahong juga dapat menyebabkan pusing, gelisah, lekas marah, insomnia, sakit kepala, kurang nafsu makan, mual, muntah, flushing, kesemutan, kesulitan buang air kecil, dan detak jantung berdebar.

Hindari konsumsi daun binahong bersamaan dengan makanan atau minuman mengandung kafein karena dapat meningkatkan kemungkinan efek samping hingga mengancam jiwa. Ibu hamil dan ibu menyusui disarankan untuk tidak mengkonsumsi minuman daun binahong karena tidak baik untuk tubuhnya.

Itulah penjelasan tentang Manfaat dan Efek Samping Daun Binahong untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.