44 Manfaat dan Efek Samping Cuka Sari Apel Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Posted on

Manfaat Cuka Sari Apel Untuk Kesehatan dan Kecantikan – Cuka apel adalah hasil dari proses fermentasi dari buah apel untuk mendapatkan sari apel yang mempunyai rasa asam yang kuat, dimana bakteri dan ragi mengubah gula menjadi alkohol dan akhirnya menjadi asam asetat.

Ada dua macam jenis cuka apel yaitu cuka apel yang terbuat dari fermentasi buah apel dan cuka apel dari sari apel beralkohol (cider). Untuk muslim sebaiknya menghindari penggunaan cuka apel berbahan dasar Cider karena mengandung alkohol sebanyak 5,85% .

Cuka apel juga memiliki khasiat dan fungsi yang baik untuk kesehatan serta kecantikan. Cuka apel kaya akan kandungan mineral seperti kaliu, natrium, klorida, fosfor, kalium dan magnesium.

Pemanfaatan cuka apel telah lama dilakukan oleh kalangan penduduk di benua Amerika Utara. Belakang ini, pemanfaatan cuka apel juga telah menyebar ke berbagai dunia, seperti di Indonesia. Banyaknya kandungan nutrisi yang ada pada cuka apel dapat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Apasajakah kandungan yang ada pada cuka sari apel ?

Kandungan Cuka Sari Apel

Kandungan Gizi 
Sari cuka apelPer 100 g
Kalori (kcal) 21
Jumlah Lemak 0 g
Lemak jenuh 0 g
Lemak tak jenuh ganda 0 g
Lemak tak jenuh tunggal 0 g
Lemak trans 0 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 5 mg
Kalium 73 mg
Jumlah Karbohidrat 0,9 g
Serat pangan 0 g
Gula 0,4 g
Protein 0 g
Vitamin A0 IU
Vitamin C0 mg
Kalsium7 mg
Zat besi0,2 mg
Vitamin D0 IU
Vitamin B60 mg
Vitamin B120 µg
Magnesium5 mg

Selain kandungan diatas, cuka sari apel mengandung asam asetat yaitu jenis asam monoprotik dengan kadar keasaman (pH) 4,76. Cuka sari apel juga mengandung berbagai mineral yang baik untuk kesehatan, kandungan tersebut diantaranya :

  1. Asam Maltat : Membersihkan sel tubuh yang rusak dan menggantinya dengan sel yang baru sehingga menjadikan tubuh lebih awet muda dan segar.
  2. Magnesium : Mencegah dan menyembuhkan kerapuhan pada tulang seperti osteoporosis
  3. Asam Hidrochlorine : Membantu melancarkan proses pencernaan
  4. Kalium : Menghilangkan rasa nyeri sendi dan rematik, mencegah serangan jantung atau stroke, serta membersihkan darah dari kolesterol dan toksin.
  5. Pektin : Serat kasar berbentuk gel yang berguna untuk memperbaiki otot pencernaan dan mendorong sisa makanan pada saluran pencernaan, menyerap kelebihan air dalam usus, membuang racun dalam tubuh (detoksifikasi).

Manfaat Cuka Apel

Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan

1. Menormalkan kadar gula dalam darah
Mengkonsumsi cuka sari apel dapat membantu meningkatkan sensitivitas sensor insulin terhadap hormon. Jadi cuka apel dapat mencegah kadar gula meningkat secara tek terkendali. Konsumsi 2 sendok makan cuka sari apel sebelum tidur mampu menurunkan kadar gula sebesar 4% – 6% pada esok harinya.

Selain itu kandungan asam asetat pad acuka apel mampu mengurangi enzim-enzim pencernaan karbohidrat yaitu sukrase, maltase, laktase, dan amilase. Hal ini mengakibatkan tidak banyak karbohidrat yang diserap oleh usus, sehingga ini menghindarkan peningkatan kadar gula dalam darah setelah aktivitas makan.

2. Menurunkan kadar kolesterol
Cuka sari apel dapat dimanfaatkan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan lemak (trigliserida) dalam tubuh karena dapat meningkatkan sekresi empedu dan metabolisme lemak di dalam hati.

3. Sebagai Detoksifikasi
Konsumsi cuka sari apel juga bermanfaat untuk membantu proses pembuangan toksin atau racun dari dalam tubuh sehingga melancarkan fungsi kerja hari untuk mendetoksifikasi toksin. Selain itu, senyawa asam asetat dalam cuka apel bergabung dengan toksin yang menumpuk dalam darah untuk segera dibuang.

4. Menurunkan berat badan
Senyawa asam asetat pada cuka apel membuat anda merasa lebih kenyang meskipun jumlah porsi yang dikonsumsi hanya sedikit. Konsumsi cuka apel juga dapat memperlambat akumilasi lemak dalam tubuh seperti pada lapisan adiposa kulit dan permukaan organ.

5. Mengatasi peradangan
Peradangan terjadi akibat adanya debu,polusi, serangga atau terkena gigitan dari ubur-ubur atau dari duri. Asama asetat dalam cuka apel sangat berfungsi untuk membantu menghambat reaksi inflamasi yang akhirnya akan membuat kulit menjadi ruam, bengkak, hingga iritasi.

6. Melancarkan pencernaan
Salah satu manfaat dari cuka apel adalah untuk mengatasi sembelit atau kontipasi. Kandungan asam asetatnya akan bekerja sebagai antibiotik untuk membunuh bakteri penyebab kontipasi. Kandungan pektin yang tinggi juga dapat mengobati sakit perut yang disebabkan kram sistem pencernaan.

7. Mengurangi rematik
Kandungan magnesium pada cuka sari apel berfungsi sebagai perekat yang melekatkan kalsium dan fosfor pada tulang-tulang tubuh yang juga mampu melawan gejala penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang.

8. Meringankan sinus dan batuk
Kandungan asam asetat pada cuka apel bermanfaat untuk membantu mencairkan lendir dan bertindak sebagai antiseptik untuk membunuh bakteri dalam rongga pernapasan.

9. Mencegah tumbuhnya karang gigi
Berkumur dengan cuka apel berfungsi untuk mempertahankan pH mulut dan membunuh bakteri pada celah-celah gigi yang menyebabkan terbentuknya kerak gigi.

10. Mencegah bau mulut
Asam asetat pada cuka apel juga berperan sebagai antibiotik yang berperan membunuh bakteri-bakteri sebagai penyebab bau mulut tidak sedap.

11. Meningkatkan metabolisme
Kandungan potassium pada sari apel dapat membantu meningkatkan energi dan menghindarkan tubuh dari ancaman mudah lelah dan lesu sehingga mampu meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

12. Mengatasi darah tinggi
Manfaat selanjutnya dari cuka apel adalah untuk membantu mengurangi tekanan darah tinggi dengan menstabilkan tekanan darah.

13. Meringankan sakit tenggorokan
Kandungan asam asetat pada cuka apel berfungsi sebagai antibiotik yang dapat membunuh bakteri-bakteri penyebab radang tenggorokan.

14. Mengatasi Diare
Kandungan pektin pada cuka apel bermanfaat untuk mengobati diare. Zat pektin bertindak untuk melapisi lapisan usus yang meradang,

15. Mengatasi keputihan
Cuka apel memiliki kandungan antiseptik yang dapat membantu mengobati keputihan. Cara yang dilakukan adalah dengan mencampurkan satu cangkir cuka apel kedalam bak berisi air hangat lalu gunakan untuk berendam selama 20 menit.

Manfat Cuka Apel untuk Kecantikan

Selain untuk kesehatan, cuka apel juga bermanfaat untuk kecantikan dengan cara digunakan sebagai masker pada wajah atau olesan pada area kulit , manfaat cuka apel untuk kecantikan antara lain untuk :

  1. Cuka apel untuk menghilangkan jerawat pada wajah
  2. Cuka apel untul menyembuhkan kulit yang terbakar akibat sinar matahari
  3. Cuka apel menjaga pH kulit wajah agar tetap lembab
  4. Cuka apel untuk mengurangi dan mengobati sunburn
  5. Cuka apel untuk menghilangkan selulit
  6. Cuka apel untuk mengencangkan wajah sehingga menunda penuaan dini
  7. Cuka apel untuk menghilangkan flek dan bintik-bintik hitam pada wajah
  8. Cuka apel membantu menyembuhkan infeksi jamur
  9. Cuka apel membantu menghilangkan memar pada kulit
  10. Cuka apel untuk membantu menghilangkan kutil pada kulit
  11. Cuka apel untuk merendam kaki saat kaki mengalami pembengkakan
  12. Cuka apel sebagai deodoran untuk menghilangkan bau badan

Manfaat Cuka Apel untuk Diet

  1. Cuka apel mampu mengendalikan nafsu makan dengan baik
  2. Cuka apel membuat perut terasa kenyang lebih lama
  3. Cuka apel mampu membakar lemak dengan baik
  4. Cuka apel mampu menurunkan berat badan secara cepat

Manfaat Cuka Apel untuk Rambut

  1. Cuka apel bermanfaat membuat rambut lebih bersinar
  2. Cuka apel bermanfaat membuat rambut lebih halus
  3. Cuka apel mempercepat pertumbuhan rambut
  4. Cuka apel untuk menghilangkan ketombe
  5. Cuka apel membuat rambut lebih bersih
  6. Cuka apel mampu membunuh telur kutu rambut
  7. Cuka apel mampu mengatasi kulit kepala berminyak
  8. Cuka apel melembabkan rambut
  9. Cuka apel menyehatkan kulit kepala

Efek Samping Cuka Apel

Mengkonsumsi sedikit cuka apel adalah baik dan menyehatkan, tetapi jika mengkonsumsi terlalu banyak cuka apel dapat membahayakan kesehatan. Berikut ini beberapa efek samping yang terjadi akibat konsumsi cuka apel berlebihan.

1. Erosi pada enamel gigi
Cuka sari apel memang efektif untuk memutihkan gigi, namun penggunaan yang berlebihan mengakibatkan gigi menjadi erosi. Untuk berkumur sebaiknya cairkan terlebih dahulu cuka apel kedalam air sebelum digunakan untuk berkumur.

2. Konsumsi berlebihan pada cuka apel dapat membuat menjadi iritasi sehingga menyebabkan pencernaan seperti mual dan mulas.

3. Konsumsi terlalu banyak cuka apel setiap hari menyebabkan tingkat kalium dalam tubuh menguras hingga mengakibatkan hipokalemia yang menyebabkan sembelit, kram otot, jantung berdebar, kelemahan dan detak jantung menjadi abnormal.

4. Efek samping selanjutnya akibat konsumsi cuka apel berlebihan adalah terjadinya iritasi pada tenggorokan bahkan terjadi kerusakan pada dinding esophagus.

Itulah penjelasan tentang Manfaat Cuka Sari Apel Untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.