1001 Manfaat dan Efek Samping Buah Mengkudu Untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Perlu Diketahui

Posted on

Manfaat dan Efek Samping Buah Mengkudu Untuk Kesehatan dan Kecantikan – Mengkudu atau sering disebut dengan istilah buah Noni ini adalah buah dari famili Rubiaceae yang berasal dari Asia tenggara. Buah tanaman mengkudu merupakan buah majemuk, yang masuh muda berwarna hijau mengkilpa dengan bintik-bintik hitam dan ketika sudah tu aberwarna putih dengan bintik-bintik hitam memudar.

Pada umumnya masyarakat memanfaatkan buah mengkudu sebagai makanan seperti sayur, campuran membuat rujak hingga sebagai jus. Namun kebanyakan juga orang tidak menyukai aroma yang dikeluarkan dari buah mengkudu karena begitu menyengat dan seperti berbau busuk.

Kandungan Mengkudu

Mengkudu memiliki banyak sekali kandungan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, karena itulah buah mengkudu saat ini sering digunakan sebagai bahan utama beberapa jenis produk obat. Hal itu karena buah mengkudu memiliki kandungan senyawa seperti dibawah ini , antara lain :

  • Zat Nutrisi seperti Protein, Viamin dan mineral penting seperti selenium sebagai antioksidan yang sangat baik untuk tubuh.
  • Senyawa dalam mengkudu seperti xeronine, plant sterois,alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium.
  • Terpenoid sebagai zat yang membantu proses sontesis organic dan pemulihan sel-sel tubuh.
  • Zat antibakteri yang ampuh untuk membunuh bakteri penyebab infeksi seperti Pseudomonas aeruginosa, Protens morganii, Staphylococcus aureus, Bacillus subtilis, dan Escherichia coli. Zat anti bakteri itu juga dapat mengontrol bakteri pathogen (mematikan) seperti Salmonella montivideo, S . scotmuelleri, S . typhi, dan Shigella dusenteriae, S . flexnerii, S . pradysenteriae, serta Staphylococcus aureus.
  • Senyawa scolopetin sangat efektif sebagi unsur anti peradangan dan anti-alergi.
  • Mengkudu memiliki senyawa anti kanker
  • senyawa alkaloid Xeronine dan Proxeronine

Manfaat Mengkudu

  1. Meredakan sakit kepala
    Kandungan analgesik sebanyak 75% pada mengkudu dapat mengalahkan morfin untuk mengurangi rasa nyeri pada sakit kepala.
  2. Menurunkan tekanan darah tinggi
    Kandungan xeronine yang ada dalam buah mengkudu bermanfaat untuk menormalkan kembali tekanan darah seseorang. Zat fitonutrien scopoletin berguna melebarkan pembuluh darah, untuk menurunkan tekanan darah. Sehingga membuat jantung tidak bekerja terlalu keras dan dapat menormalkan tekanan darah.
  3. Melancarkan pencernaan
    Mengkonsumsi buah mengkudu secara teratur bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Konsumsi buah mengkudu sebelum mengkonsumsi makan besar.
  4. Sebagai Anti-Inflamasi
    Buah mengkudu memiliki kandungan anti-inflamasi yang ampuh untuk mencegah peradangan, juga untuk menurunkan resiko terkena serangan jantung.
  5. Meningkatkan sistem imunitas
    Buah mengkudu memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Seperti kandungan mineral, vitamin, asam amino, peptida dan enzim. Sedangkan Antioksidan alami, vitamin E dan koenzim Q10 diperlukan tubuh untuk menangkal radikal bebas. Vitamin C nya bermanfaat untuk mencegah berbagai macam penyakit masuk kedalam tubuh.
  6. Sebagai Anti bakteri
    Buah mengkudu mengandung anti bakteri yang terkandung dalam senyawa antrakuinon dan terpana, senyawa tersebut berperan memelihara kulit dari serangan parasit dan jamur yang menyebabkan penyakit kulit.
  7. Menurunkan Kolesterol jahat
    Senyawa Zat xeronine dan proxeronine dalam buah mengkudu mampu untuk mengobati kolesterol jahat dalam tubuh. Untuk mengobati kolesterol jahat, rebus buah mengkudu dan konsumsi sari nya secara rutin.
  8. Mengatasi sakit kuning
    Buah mengkudu ampuh untuk mengatasi sakit kuning secara alami, cara  yang dilakukan adalah dengan menghaluskan buah mengkudu lalu saring sarinya, campurkan dengan madu dan minum 3 kali sehari.
  9. Menyembuhkan Peradangan Usus
    Kandungan Zat scolopetin pada bauh mengkudu bermanfaat untuk meredakan peradangan dan luka didalam usus.
  10. Menyembuhkan peradangan lambung
    Untuk mengobati peradangan anda dapat memanfaatkan senyawa scolopetin yang ada pada buah mengkudu dengan cara rebus buah dan daun mengkudu dan konsumsi 3 kali sehari hingga peradangan sembuh.
  11. Mengobati Racun makanan
    Ketika anda keracunan makanan, anda dapat menggunakan mengkudu untuk mengatasinya karena mengkudu memiliki kandungan anti bakteri yang dapat menetralisir bakteri yang ada pada makanan yang beracun.
  12. Mengobati radang tenggorokan
    Radang tenggorokan ditandai dengan rasa perih ditenggorokan yang disebabkan karena adanya luka atau infeksi didalamnya. Obati peradangan dengan menggunakan mengkudu, mengkudu mengandung zat scolopetin yang mampu mengatasi peradangan.
  13. Mengobati Bronkitis
    Kandungan anti bakteri yang ada pada buah mengkudu memiliki manfaat untuk mencegah bakteri yang masuk kedalam paru-paru serta membunuh bakteri yang ada didalam paru-paru. Konsumsi rebusan buah mengkudu untuk membantu mengatasi bronkitis.
  14. Mengobati Radang Kulit
    Peradangan pada kulit biasanya ditandai dengan adanya ruam pada permukaan kulit. Kandungan Zat scolopetin dalam buah mengkudu bisa mengobati radang kulit yang anda derita.
  15. Mencegah sel kanker
    Buah mengkudu mengandung senyawa 2-methoxy-1,3,6-trihydroxyanthraquinone yang baik untuk mencegah kerusakan DNA sel yang menimbulkan gejala kanker serta baik untuk menjaga sel-sel sehat dalam tubuh. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah mengkudu juga bermanfaat untuk mencegah kanker.
  16. Mengobati Asam Urat
    Penyakit asam urat jika tidak ditangani dengan tepat dapat menimbulkan stroke atau penyakit jantung. Untuk mengatasi asam urat konsumsi rebusan buah mengkudu, karena buah mengkudu mengandung zat iridoid yang ampuh untuk mengobati asam urat.
  17. Mengobati diabetes
    Buah mengkudu mengandung Zat proxeronine yang berguna untuk mengobati diabetes. Baik jenis diabetes kering maupun diabtes kering dapat diatasi dengan mengunakan buah mengkudu.
  18. Menangkal radikal bebas
    Radikal bebas dapat mempengaruhi kesehatan dan kulit. Untuk menangkal radikal bebas anda perlu mengkonsumsi buah mengkudu secara rutin. Zat bioaktif di dalam mengkudu bisa digunakan untuk menangkal radikal bebas.
  19. Melancarkan Peredaran Darah
    Mengkudu memiliki kandungan Zat scopoletin yang bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah.
  20. Mengatasi Infeksi
    Terjadinya infeksi diakibatkan oleh berbagai macam bakteri yang ada didalam tubuh. Buah mengkudu memiliki kandungan anti bakteri yang bermanfaat untuk menghilangkan bakteri yang dapat mengakibatkan infeksi.
  21. Meredakan Batuk
    Zat anti bakteri yang ada di dalam buah mengkudu bermanfaat untuk menghilangkan rasa gatal dan membunuh kuman dan penyakit yang ada di dalam tenggorokan. Cara meredakan batuk dengan mengkudu adalah dengan mengkonsumsi rebusan buah mengkudu secara rutin
  22. Mengobati Sakit gigi
    Kandungan anti bakteri pada buah mengkudu juga bermanfaat untuk mengobati sakit gigi. Cara yang dilakukan adalah dengan berkumur dengan rebusan air mengkudu secara berulang-ulang hingga rasa sakit akibat sakit gigi mereda.
  23. Mengobati luka bakar
    Luka bakar akan mengakibatkan sel-sel kulit menjadi rusak, penyembuahan dapat dilakukan dengan memngganti sel-sel kulit yang rusak. Cara yang dapat anda gunakan untuk mengobati luka bakar adalah dengan mengkonsusmi rebusan buah mengkudu secara rutin untuk membantu memulihkan sel-sel yang rusak dalam tubuh.
  24. Mengobati Disentri
    Disentri disebabkan oleh bakteri yang bernama shigella dusenteriae. Antibakteri pada buah mengkudu ampuh untuk mengobati dosentri dan membunuh bakteri penyebab disentri.
  25. Mengatasi Diare
    Sama seperti mengatasi disentri, buah mengkudu juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah Diare. Zat anti bakterinya ampuh untuk membunuh penyebab diarea yaitu Bakteri salmonella dan e colli.
  26. Meningkatkan Stamina
    Protein dalam buah mengkudu bermanfaat unutk menghasilkan energi dalam tubuh. Konsumsi rebusan buah mengkudu untuk membantu mengurangi rasa lemas atau energi menurun.
  27. Mengurangi rasa sakit
    Buah mengkudu memiliki 75% kandungan analgesik yang ampuh untuk mengurangi rasa sakit. Rasa sakit atau rasa nyeri dapat anda atasi dengan mengkonsumsi rebusan mengkudu secara rutin.
  28. Menurunkan Demam
    Manfaat selanjutnya buah mengkudu adalah untuk menurunkan demam. Cara menurunkan demam dengan buah mengkudu adalah dengan merebus buah mengkudu dengan campuran kencur, dan konsumsi rebusan tersebut secara rutin hingga demam menurun.
  29. Mengatasi Tumor
    Tumor jinak dapat diatasi dengan rutin mengkonsumsi buah mengkudu. Mengkudu kaya akan kandungan antioksidan yang ampuh untuk mengecilkan sel-sel tumor didalam tubuh.
  30. Menghilangkan kulit bersisik
    Kulit yang kering akan membuat penampilan anda menjadi tidak percaya diri. Untuk melembabkan kulit, anda juga dapat memanfaatkan buah mengkudu sebagai masker atau oleskan irisan mengkudu pada kulit lalu bilas setelah beberapa saat.
  31. Menguatkan Tulang
    kandungan zat metil, asetil, asam kapril, morindone yang bemanfaat untuk menguatkan tulang dan meningkatkan kepadatan tulang di dalam tubuh. Konsumsi rebusan buah mengkudu untuk mengatasi pengeroposan tulang atau oesteoporosis.
  32. Mengatasi Ambeien
    Manfaat selanjutnya dari buah mengkudu adalah untuk mengatasi ambeien. Cara mengobati ambeien dengan buah mengkudu adalah dengan rutin mengkonsumsi rebusan buah dan daun mengkudu secara rutin.
  33. Menenangkan Hormon saat Haid
    Wanita akan mengalami perubahan hormon sehingga membuatnya menjadi lebih sensitif dan rentan marah. Buah mengkudu memiliki senyawa yang ampuh untuk meminimalisir perubahan mood dan emosi wanita selama masa PMS atau Premenstrual Syndrome. kandungan pada buah mengkudu berperan mengendalikan produksi hormone serotonin yang membuat mood-swing pada wanita semasa PMS.
  34. Menghilangkan Jerawat
    Jerawat dapat diatasi dengan menggunakan masker buah mengkudu, karena buah mengkudu mengandung anti bakteri yang juga ampuh untuk membunuh bakteri-bakteri penyebab jerawat. Haluskan buah mengkudu lalu aplikasikan pada wajah untuk digunakan sebagai masker wajah dan biarkan selama 20 menit hingga kering dan bilas. Lakukan secara rutin untuk menghilangkan jerawat.
  35. Menghilangkan Ketombe
    Manfaat selanjutnya dari buah mengkudu yaitu efektif untuk mengatasi masalah ketombe. Gunakan masker buah mengkudu secara merata pada wajah untuk mengatasi ketombe.
  36. Mengobati Cacar
    Manfaat selanjutnya buah mengkudu adalah untuk mengatasi cacar. Biasanya munculnya cacar disertai dengan munculnya demam pada tubuh, gunakan jus buah mengkudu untuk mengatasi demam akibat penyakit cacar.

Efek Samping Buah Mengkudu

Buah mengkudu sangat aman jika dikonsumsi sesuai dengan resep dan saran dokter, namun jika dikonsumsi secara berlebihan mengkudu dapat berubah menjadi senyawa yang dapat mematikan bagi diri anda. Beberapa efek samping dari konsumsi mengkudu adalah sebagai berikut :

  1. Bagi penderita liver atau masalh pada hati disarankan untuk tidak mengkonsumsi buah mengkudu, sebab kandungan mineral dalam buah mengkudu dipercaya dapat mengganggu kinerja hati atau liver.
  2. Pada penderita masalah ginjal, disarankan untuk tidak mengkonsumsi buah mengkudu karena buah mengkudu mengandung senyawa kalium yang tinggi. Kalium tersebut sangat ebrbahaya bila dikonsumsi oleh penderita batu ginjal.
  3. Buah mengkudu dapat menyebabkan kandungan mengalami kontraksi lebih awal hingga menyebabkan keguguran, untuk itu ibu hamil sebaiknya menghindari mengkonsumsi buah mengkudu.
  4. Ibu menyusui juga disarankan untuk tidak mengkonsumsi buah mengkudu karena buah mengkudu dapat merusak kandungan ASI.

Itulah penjelasan tentang Manfaat dan Efek Samping Buah Mengkudu untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.