47 Manfaat dan Efek Samping Buah Bit untuk Kesehatan, Kecantikan, Ibu Hamil dan Bayi Yang Perlu Diketahui

Posted on

Manfaat dan Efek Samping Buah Bit untuk Kesehatan, Kecantikan, Ibu Hamil dan Bayi – Buah bit adalah jenis tanaman umbi-umbian yang memiliki warna ungu kemerahan dnegan bentuk menyerupai kentang. Buah bit adalah tanaman yang berasal dari Mesopotamia yang akhirnya mulai tersebar ke Benua Asia dan Eropa. Tanaman ini memiliki banyak manfaat mulai dari bagian tangkai, daun dan bagian umbinya.

Buah bit tinggi akan kandungan Karbohidrat namun rendah lemak, kalori dan protein, yang bagus dimasukan dalam menu diet harian. Selain itu buah bit juga memiliki kandungan zat besi, juga betasianin (pigmen ungu) dan betasantin (pigmen kuning) yang membuat buah bit memiliki warna merah keunguan. karena warnanya yang cantik inilah buah bit juga sering digunakan sebagai pewarna makanan alami atau dibuat jus.

Selain kandungan diatas, buah bit masih memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan seperti mengobati berbagai masalah kesehatan. Berikut ini kandungan nutrisi yang ada pada 100 gram daging buah bit.

Prinsip Nilai Gizi Persentase RDA

  • Energi 43 kal 2%
  • Karbohidrat 9,56 g 7%
  • Protein 1,61 g 1%
  • Total Lemak 0,17 g 0,5%
  • Kolesterol 0 mg 0%
  • Serat makanan 2,80 g 7%

Vitamin

  • Folat 109 μg 27%
  • Niacin 0,334 mg 2%
  • Asam pantotenat 0,155 mg 3%
  • Pyridoxine 0,067 mg 5%
  • Riboflavin 0,057 mg 4%
  • Thiamin 0,031 mg 2,5%
  • Vitamin A 33 IU 1%
  • Vitamin C 4,9 mg 8%
  • Vitamin E 0,04 mg 0,5%
  • Vitamin K 0,2 μg 0%

Elektrolit

  • Sodium 78 mg 5%
  • Kalium 325 mg 7%
  • Mineral
  • Kalsium 16 mg 1,5%
  • Tembaga 0,075 mg 8%
  • Besi 0,80 mg 10%
  • Magnesium 23 mg 6%
  • Mangan 0,329 mg 14%
  • Seng 0,35 mg 3%

Phyto-nutrisi

  • Carotene-ß 20 μg –
  • Betaine 128,7 mg

Manfaat Buat Bit

Berdasarkan Kandungan Nutrisinya

  1. Asam folat 34% berkhasiat menumbuhkan dan mengganti sel yang rusak dan menunjang perkembangan otak dalam janin.
  2. Kalium 14% berkhasiat menstabilkan kondisi cairan dalam tubuh
  3. Serat 13,6% berkhasiat melancarkan dan menyehatkan sistem pencernaan
  4. Vitamin C 10,2% berkhasiat menjaga sistem daya tahan tubuh dan merangsang pembentukan sel serta jaringan baru.
  5. Magnesium 9,8% berkhasiat menjaga fungsi otak dan sistem saraf
  6. Zat besi 7,4% berkhasiat membantu proses metabolisme dan mengikat oksigen dalam darah
  7. Tembaga 6,5% bermanfaat membantu proses pembentukna sel darah merah
  8. Fosfor 6,5% bermanfaat untuk membantu memperkuat tulang tubuh
  9. Triotofan 1,4% berkhasiat untuk mendukung pertumbuhan anak dan mempercepat penyembuhan sakit
  10. Ceumarin memiliki fungsi mencegah munculnya sel tumor
  11. Betasianin memiliki fungsi mencegah munculnya sel kanker
  12. Akar buah bit merupakan sumber vitamin B kompleks yang kaya seperti niasin (B-3), asam pantotenat (B-5), piridoksin (B-6) dan mineral seperti besi, mangan, tembaga, dan magnesium.

Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan

  1. Mengontrol tekanan darah
    Buah bit memiliki kandungan nitrat yang akan diubah menjadi nitrit yang dapat memberikan efek rileks pada otot, sehingga membuat tekanan darah menjadi stabil.
  2. Mengobati Tumor dan Kanker
    Buah Bit memiliki kandungan antioksidan tinggi yang berfungsi menghancurkan sel tumor dan sel kanker dalam tubuh.
  3. Membersihkan racun pada ginjal dan kantung empedu
    Fungsi ginjal dan kantung empedu adalah untuk menetralisir racun dalam tubuh dan menyaring darah agar tetap bersih. Dengan mengkonsumsi buah bit, maka dapat membantu kerja kedua organ tersebut menjadi lebih maksimal dalam mengeluarkan racun dalam tubuh.
  4. Mencegah dan mengatasi Anemia
    Buah bit memiliki kandungan zat besi yang bermanfaat mengatasi anemia. Zat besi juga berfungsi membantu pembentukan sel darah merah dan membantu darah dalam mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh.
  5. Menjaga stamina tubuh
    Bit mengandung karbohidrat uang bermanfaat baik dalam mensuplai energi agar tubuh tetep prima ketika melakukan aktivitas. Rutin mengkonsumsi buah bit bermanfaat baik untuk menjaga stamina tubuh.
  6. Melancarkan pencernaan
    Bit tinggi kandungan serat yang dapat melancarkan proses pencernaan dan menjaga organ pencernaan dengan baik.
  7. Mengatasi peradangan
    Meskipun hanya sedikit mengandung kolin, buah bit juga membantu mempertahankan struktur membran sel dan mengurangi peradangan kronis. Selain itu, kolin juga membantu pergerakan otot, penyimpanan memori dan tidur manusia.
  8. Mengobati Diabetes
    Buah bit juga memiliki peran yang baik untuk membantu mengobati diabtes dengan cara merangsang dan meningkatkan produksi insulin serta mencegah proses oksidasi sel. Sedangkan kandungan antioksidan alpha-lipoic mampu menurunkan kadar gula atau glukosa dalam darah.
  9. Menjaga Kesehatan Mata
    Buah bit tinggi kandungan betakaroten yang juga bermanfaat menangkal radikal bebas akibat polusi dan racun kimia yang dapat menyebabkan degenerasi makula atau kesehatan mata.
  10. Mencegah Stroke
    Kandungan kalium dalma buah bit bermanfaat melebarkan pembuluh darah sehingga dapat juga dikonsumsi untuk membantu menurunkan kadar kolesterol yang menjadi salah satu penyebab stroke.
  11. Mendetoksifikasi racun tubuh
    Racun-racun dalam tubuh yang disebabkan oleh berbagai macam paparan polusi, debu dan zat-zat kimia pada makanan dapat memicu munculnya berbagai macam jenis penyakit. Dengan minum jus buah bit secara rutin maka racun dalam tubuh dapat didetoksifikasi dengan baik.

Manfaat Buah Bit Untuk Kecantikan

  1. Menurunkan berat badan
    Buah bit memiliki kandungan karbohidrat tinggi yang dapat membuat anda merasa kenyang lebih lama. Sehingga buah bit sering disarankan masuk kedalam menu diet harian anda. Meskipun tinggi karbohidrat, buah bit rendah lemak dan kalori sehingga tidak akan membuat perut anda membuncit.
  2. Memerahkan bibir
    untuk anda yang memiliki warna bibir gelap, jangan terlalu risau. Gunakan buah bit untuk memerahkan kembali kondisi bibir anda sehingga menjadi lebih cerah dan menawan. Gunakan buah bit dengan cara mengoleskan secara rutin ampas dari juas buah bit atau dengan mengkonsumsi buah bit secara langsung
  3. Menyuburkan rambut
    Kandungan karotenoid pada buah bit bermanfaat baik untuk membantu proses penyuburan rambut agar lebih terlihat bervolume. Cara perawatannya dengan mengkonsumsi buah bit secara langsung atau dengan menggunakan masker dari buah bit pada rambut.
  4. Mencerahkan kulit wajah
    Buah bit memiliki kandungan vitamin C yang juga bermanfaat baik untuk perawatan kulit wajah, seperti memudarkan noda hitam, menghilangkan kulit kusam dan mencerahkan kulit wajah. Cara perawatannya adalah dengan menggunakan ampas dari jus buah bit lalu oleskan pada wajah sebagai masker selama 15 menit lalu bilas hingga bersih.
  5. Mengatasi Jerawat
    Jerawat menjadi salah satu masalah yang sering dialami oleh bayak orang karena dapat membuat kita tidak percaya diri. Untuk mengatasinya kita dapat menggunakan buah bit sebagai masker untuk mengatasi masalah jerawat. Cara perawatannya adalah dengan gunakan masker dari ampas jus buah bit lalu oleskan pada wajah sebagai masker.
  6. Mengatasi ketombe
    Selain menyuburkna rambut, anda juga dapat menggunakan masker jus buah bit untuk membantu mengatasi masalah ketombe. Ketombe biasanya disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati dan kotoran yang menyebabkan rasa gatal. Buah bit berperan untuk melembabkan kulit kepala dan mengangkat sel-sel kulit mati serta meregenerasi kulit.
  7. Mencegah penuaan dini
    Buah bit memiliki kandungan antioksidan yang dapat melindungi kulit dari penuaan dini, serta menangkal dan menetralisir resiko negatif dari radikal bebas.
  8. Pewarna rambut
    Ekstrak buah bit juga dapat dimanfaatkan sebagai pewarna rambut alami yang dicampur dengan pewarna rambut untuk menimalisir kerusakan rambut.

Manfaat Buah Bit untuk ibu hamil dan bayi

selain bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan, buah bit juga bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan bayi. Berikut ini beberapa manfaat buah bit untuk ibu hamil dan bayi, antara lain:

  1. Buah bit untuk menjaga sistem imunitas tubuh ibu hamil
  2. Buah bit untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada ibu hamil
  3. Antioksidan pad buah bit berperan untuk mencegah pertumbuhan sel kanker
  4. Buah bit untuk mencegah anemia yang biasanya terjadi pada ibu hamil
  5. Buah bit membantu melancarkan sistem pencernaan ibu hamil
  6. Buah bit mampu mengembalikan stamina yang hilang akibat aktivitas ibu hamil
  7. Buah bit untuk mencegah penyakit diabetes gestasional yang biasanya terjadi pada ibu hamil
  • Pada bayi buah bit bermanfaat untuk memaksimalkan pertumbuhan tulang dan gigi
  • Buah bit juga baik untuk mencegah anemia pada bayi
  • Buah bit mencegah terjadinya iritasi, alergi dan radang pada bayi
  • Buah bit menjaga kesehatan mata bayi
  • Buah bit mampu meningkatkan kecerdasan otak bayi

Efek samping buah bit

Meskipun kaya nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan, buah bit juga memiliki efek samping untuk tubuh. Apa sajakah efek samping yang ada pada buah bit? simak informasi berikut ini.

  1. Menyebabkan Beeturia
    Beeturia adalah air seni yang dikeluarkan memiliki warna yang sama dengan apa yang kita konsumsi. Efek ini yang sering terjadi akibat terlalu sering mengkonsumsi buah bit. Meskipun tidak berbahaya, sebaiknya konsumsi buah bit sesuai dengan kebutuhan dan dalam batas yang wajar saja.
  2. Bahaya untuk penderita Batu Ginjal
    Bagi penderita batu ginjal tidak disarankan untuk mengkonsumsi buah bit. Hal ini karena dalam buah bit mengandung oxalate yang tidak baik untuk penderita batu ginjal. Oxalate adalah senyawa yang berbentuk kristal berukuran kecil. Kristal tersebut memiliki kandungan garam dan mineral yang biasa ditemukan didalam urine, hal tersebut memberikan efek negatif dan memperparah penyakit batu ginjal.
  3. Menyebabkan Demam
    Efek samping dari proses detoksifikasi buah bit biasanya dapat menyebabkan demam, hal ini dikarenakan adanya tanda proses dari pembuangan racun didalam tubuh. Selain demam biasanya juga dapat menyebabkan alergi sehingga sebagainya anda berkonsultasi terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi buah bit.
  4. Menurunkan darah secara drastis
    Buah bit memang berkhasiat untuk membantu menurunkan darah atau obat hipertensi, tapi anda harus berhati-hati karena buah bit dapat menurunkan tekanan darah secara drastis yang justru dianggap tidak baik untuk tubuh.

Meskipun demikian, buah bit memang bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan kita. Namun kita harus bijak dalam mengkonsumsinya agar tidak menyebabkan efeksamping yang lebih membahayakan tubuh.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Manfaat dan Efek Samping Buah Bit untuk Kesehatan, Kecantikan, Ibu Hamil dan Bayi yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..