11 Manfaat Dan Cara Mengolah Akar Bayam untuk Kesehatan Penting Diketahui

Posted on

Manfaat Dan Cara Mengolah Akar Bayam untuk Kesehatan – Bayam adalah salah satu jenis sayuran yang sering kita jumpai bahkan kita konsumsi sebagai sayur harian kita. Bayam merupakan sayuran tinggi zat besi yang penting untuk kesehatan tubuh. Namun tidak hanya bagian daun yang memiliki banyak kandungan nutrisi penting, pada bagian akar bayam juga memiliki kandungan manfaat yang penting untuk kesehatan.

Bayam memiliki jenis akar serabut sehingga mudah untuk diolah menjadi bahan obat herbal. Beberapa kandungan yang terdapat pada akar bayam antaralain Protein, Zat Besi, Zat anti Inflamasi, anti bakteri dan anti Peptida. Kandungan tersebut bermanfaat untuk kesehatan, seperti:

Manfaat Akar Bayam untuk Kesehatan

1. Mengatasi Gangguan Pencernaan
Lambung dan usus merupakan bagian penting dalam masalah kesehatan usus. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan masalah pencernaan anda dapat menggunakan akar bayam untuk mengatasinya. Akar bayam memiliki khasiat yang berperan penting untuk melancarkan pencernaan bagian usus dan lambung sehingga cocok dikonsumsi untuk anda yang sering mengalami gangguan pencernaan.

2. Mengatasi Sembelit
Sembelit menjadi masalah yang umum ditemukan dalam masalah buang air besar. Sembelit terjadi karena tubuh kekurangan asupan serat dan kadar air yang mencukupi sehingga memicu terjadinya sembelit. Anda bisa mendapatkan asupan serat dari berbagai sayuran salah satunya adalah bayam. Bayam dikenal tinggi kandungan serat. Tidak hanya pada bagian daunnya, akar bayam juga memiliki kandungan serat yang dapat memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh.

3. Mengatasi Keputihan
Keputihan dibedakan menjadi 2 macam, yaitu keputihan normal dan tidak normal. Keputihan tidak boleh dianggap sepele karena bisa menjadi pemicu gejala penyakit serius. Normalnya, keputihan terjadi pada masa-masa reproduksi wanita dengan cairan normal dan tidak berbau menyengat. Sedangkan pada keputihan tidak normal biasanya keluar cairan cukup banyak, berwarna keruh dan bau menyengat. Jika terjadi kondisi tersebut sebaiknya segera konsultasi ke dokter atau anda juga dapat mengkonsumsi akar bayam. Kandungan pada akar bayam bermanfaat juga untuk mengatasi keputihan baik keputihan normal atau tidak normal.

4. Mengatasi Anemia
Salah satu masalah kesehatan tubuh yang mengganggu aktivitas sehari-hari adalah anemia. Anemia menyebabkan penderitanya merasa lelah setiap harinya. Salah satu cara untuk mengatasi anemia adalah dengan mengkonsumsi bayam, selain dari daunnya akar bayam juga sering dimanfaatkan untuk mengatasi anemia karena memiliki kandungan tinggi zat besi. Zat besi memiliki peran membentuk sel-sel darah merah dan menghindarkan diri dari kekurangan darah atau anemia.

5. Menurunkan Tekanan Darah
Manfaat akar bayam selanjutnya adalah efektif untuk membantu menurunkan tekanan darah. Bayam terbukti baik untuk mengatasi masalah sistem peredaran darah. Akar bayam memiliki kandungan Angiotensin serta Peptida yang ampuh menurunkan tekanan darah serta memperlancar peredaran darah.

6. Mencegah dan mengobati wasir
Wasir merupakan jenis penyakit yang cukup berbahaya jika diabaikan, hal ini karena wasir dapat menyebabkan pembuluh darah membengkak disekitar anus karena penekanan saat BAB yang cukup kuat. Gesekan atau tertekan dapat mengakibatkan pembuluh darah menjadi pecah dan terjadilah wasir atau sering disebut sebagai ambeien. Untuk mengobatinya anda bisa menggunakan ramuan dari rebusan akar bayam secara rutin.

7. Sebagai Anti bakteri
Akar bayam memiliki kandungan antibakteri tinggi yang sangat baik untuk menghilangkan bakteri jahat dalam tubuh dan pada organ reproduksi wanita. Selain menghilangkan bakteri, mengkonsumsi jus akar bayam juga bermanfaat untuk meningkatkan produksi bakteri baik pada organ reproduksi anda.

8. Membersihkan Organ Reproduksi
Mengkonsumsi jus akar bayam selain bermanfaat untuk detoksifikasi juga bermanfaat untuk membersihkan organ reproduksi anda dari bakteri ataupun sisa menstruasi yang dapat mengakibatkan gangguan. Dengan menjaga kebersihan organ reproduksi anda maka anda akan terhindar dari keputihan.

Cara Mengolah Akar Bayam

Berikut ini beberapa cara mengolah akar bayam untuk dijadikan sebagai ramuan untuk kesehatan:

  • Jus Akar Bayam
    Cara mengolah akar bayam yang pertama adalah dengan membuat jus segar akar bayam. Cara sederhana ini dapat anda lakukan secara rutin yang efektif untuk mengatasi masalah keputihan.
  • Menumbuk Akar Bayam
    Cara selanjutnya adalah dengan menumbuk halus akar bayam lalu peras air sarinya. Setelah itu beri campuran sedikit garam pada air perasan akar bayam. Cara ini efektif untuk mengatasi masalah pencernaan.
  • Merebus Akar Bayam
    Cara lain untuk mendapatkan manfata akar bayam yaitu dengan merebus akar bayam. Caranya siapkan 1 ikat akar bayam dan sedikit adas pulawaras lalu rebus dengan 1 liter air hingga mendidih. Cara ini bermanfaat untuk pnderita wasir.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Manfaat Dan Cara Mengolah Akar Bayam untuk Kesehatan yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..