15 Manfaat Buah Zuriat untuk Kesehatan Dan Program Hamil yang Perlu Di Ketahui

Posted on

Manfaat Buah Zuriat untuk Kesehatan Dan Program Hamil – Buah zuriat adalah buah asli dari Hulu Mesir yang menjadi salah satu jenis buah populer dikalangan jemaah haji setelah kurma. Orang melayu sering menyebut buah zuriat sebagia buah adam hawa, sedangkan di negara Aslinya, buah zuriat diskenal dengan naman buah Doum.

Buah Zuriat sering dijadikan sebagai buah tangan bagi jemaah haji atau jemaah umroh. Bukan tanpa alasan jemaah membawa buah tangab buah ini, hal ini karena buah zuriat diyakini memiliki banyak sekali manfaat dari kandungan nutrisi yang ada didalamnya.

Buah zuriat memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan, beberapa kandungan nutrisi yang ada pada buah zuriat seperti karbohidrat, energi, lemka, protein, vitamin B1, vitamin B2, Viatmin B3, kalsium, fosfor, dan kandungan nutrisi lainnya. Manfaat yang paling dikenal banyak orang adalah khasiatnya yang mampu meningkatkan kesuburan dan membantu progam kehamilan. Untuk mengetahui manfaat lainnya dari buah zuriat, simak ulasan berikut ini.

Manfaat Buah Zuriat

1. Menangkal Radikal Bebas
Efek radikal bebas sangat berbahaya bagi tubuh karena dapat memicu perkembangan sel kanker. Buah zuriat memiliki kandungan tinggi nitrogen dan tinggi antioksidan , yang keduanya memiliki peran untuk melawan radikal bebas.

2. Anti Hipertensi
Buah zuriat diyakini bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah. Cara menurunkan darah dengan buah zuriat adalah dengan mengunyah langsung buah zuriat muda, karena buah yang telah makan dagingnya akan sulit dikunyah secara lansung.

3. Mencegah Stress
Buah zuriat memiliki kandungan antioksidan phytochemical, hydroxycinnamates, kumarin dan flavonoid serta lignin memiliki manfaat yang tinggi untuk mengurangi stress oksidatif atau stress yang disebabkan dari pengaruh radikal bebas.

4. Mencegah Osteoporosis
Buah Zuriat tinggi kandungan kalsium yang bermanfaat baik untuk membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian tubuh. Tingginya kandungan kalsium pada buah zuriat jika dikonsumsi secara rutin efektif untuk mencegah masalah kesehatan tulang, seperti mencegah osteoporosis.

5. Mengatasi Alergi
kandungan senyawa flavonoid dan hydroxycinnamates pada buah zuriat berfungsi sebagai anti-alergi, sehingga sangat baik untuk mencegah dan mengatasi alergi.

6. Mengatasi Peradangan
buah zuriat memiliki sifat anti inflamasi yang baik untuk mengatasi peradangan. Mengkonsumsi buah zuriat juga bermanfaat baik untuk dikonsumsi untuk mengatasi peradangan, cedera dan infeksi.

7. Mencegah Kanker
Buah zuriat tinggi antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas yang memicu munculnya perkembangan sel kanker. Untuk itu agar terhindar dari penyakit kanker, sebaiknya anda rutin untuk mengkonsumsi buah zuriat.

8. Mengatasi sembelit
Buah zuriat memiliki kandungan serat dan mineral tinggi yang membantu kerja sistem pencernaan. Sehingga memperlancar pembuangan sampah tak berguna dalam usus.

9. Meningkat kekebalan tubuh
Buah zuriat memiliki kandungan vitamin C yang bermanfaat untuk melindungi dan membunuh kuman-kuman yang membahayakan luka. Hal lain yang harus diperhatikan saat tubuh sedang terluka adalah bisa jadi imunitas tubuh menjadi menurun. Buah zuriat bisa meningkatkan imunitas tubuh Anda.

10. Meningkatkan Kesuburan
Manfaat buah zuriat yang paling terkenal adalah untuk meingkatkan kesuburan dan membantu progam kehamilan. Buah zuriat dipercaya mampu menyuburkan sperma dan ovum, mengentalkan sperma, sangat baik dikonsumsi wanita hamil atau yang pernah mengalami keguguranm karena buah zuriat berperan untuk menguatkan dinding rahim. Konsumsi rebusan buah zuriat secara rutin, anda juga boleh menambahkan buah kurma muda untuk cemilan yang juga baik untuk membantu progam kehamilan.

11. Melancarkan Haid
Mengkonsumsi rebusan buah zuriat dapat membantu untuk lebih teratur ketika datang bulan. Hal ini karena buah zuriat memiliki fungsi yang mampu melancarkan saluran peredaran darah.

12. Mengobati mata hewan ternak
Biji buah zuriat yang diolah, bisa berguna untuk mengobati penyakit mata pada hewan. Hewan ternak seperti sapi, kambing, unta, dan lainnya, yang kemudian menderita penyakit mata, bisa disembuhkan dengan cara meneteskan olahan biji zuriat ke dalam bola matanya.

13. Menambah Nutrisi
Buah zuriat memiliki kandungan nutrisi yang jika dikonsumsi akan mengalirkan nutrisi yang baik untuk tubuh. Beberapa nutrisi yang penting untuk tubuh seperti protein, mineral, asam lemak, minyak essensial, dan nutrisi lainnya.

14. Mengatasi Dehidrasi
Biji buah zuriat bisa diolah menjadi sirup yang berkhasiat, bisa pula dijadikan manisan. Selain memiliki rasa yang manis, buah zuriat sangat segar, sehingga mampu melepas dahaga.

15. Mempercepat penyembuhan Luka
Nutrisi dalam buah zuriat berperan untuk mempercepat penyembuhan luka. Selain itu, kuma-kuman pada luka juga dapat dibunuh dengan kandungan vitamin C pada buah Zuriat. Dengan begitu, dapat mencegah terjadinya infeksi pada luka.

Cara Mengkonsumsi Buah Zuriat

Ada beberapa metode dan aturan untuk mengkonsumsi buah zuriat yang bertujuan agar anda mendapatkan manfaat berdasarkan tujuan anda mengkonsumsi buah zuriat. Berikut beberapa cara metode dan aturan yang dilakukan.

Metode Pertama

Metode Kedua

Metode Ketiga

Metode Keempat

Metode Kelima

Catatan

  • Sepasang buah Zuriat bisa digunakan berkali kali sampai airnya tidak berubah menjadi kecoklatan lagi.
  • Minum ramuan ini selama 40 atau 44 hari.
  • Tetap berusaha dan berdoa. Jangan putus asa dari rahmat Allah.
  • Tidak diperkenankan untuk diminum wanita haid.

Amalan

  • Bagi umat Islam, bisa mengamalkan amalan sebelum meminum air rebusan Zuriat.
  • Baca shalawat (11 x).
  • Baca Al Fatihah (7 x).
  • Baca surat Ali Imran ayat 38 dan 200, (3 x).
  • Baca surat Al Anbiya ayat 30, (3 x).
  • Baca surat As Syu’ara ayat 80, (1 x).
  • Niat dalam hati , memohon diberi keturunan atau keinginan kesembuhan yang diharapkan

Demikianlah pembahasan singkat tentang Manfaat Buah Zuriat untuk Kesehatan Dan Program Hamil yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..