71 Manfaat Buah Stawberry Untuk Kesehatan, Kecantikan dan Kehamilan yang Perlu di Ketahui

Posted on

Manfaat Buah Stawberry Untuk Kesehatan, Kecantikan dan Kehamilan – Strawberry adalah tanaman buah herba yang pertama kali ditemukan di Chili, Amerika. Buah yang memiliki tampilan cantik dan mungil ini memiliki rasa asam manis sehingga banyak digemari oleh banyak orang. Selain dikonsumsi secara langsung, banyak orang mengolah Strawberry untuk dijadikan selai, penambah rasa pada makanan, susu hingga campuran pada produk kecantikan. Maka sudah tidak heran lagi jika strawberry juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan. Salah satu manfaat yang banyak dikenal banyak orang adalah karena tinggi vitamin C yang sangat baik untuk mengobati sistem kekebalan tubuh.

Selain kandungan vitamin C nya, masih banyak lagi kandungan nutrisi yang ada pada bauh strawberry. beberapa kandungan yang ada pada buah Strawberry meliputi :

Jumlah Per 100 g

  • Kalori (kcal) 32
  • Jumlah Lemak 0,3 g
  • Lemak jenuh 0 g
  • Lemak tak jenuh ganda 0,2 g
  • Lemak tak jenuh tunggal 0 g
  • Kolesterol 0 mg
  • Natrium 1 mg
  • Kalium 153 mg
  • Jumlah Karbohidrat 8 g
  • Serat pangan 2 g
  • Gula 4,9 g
  • Protein 0,7 g
  • Vitamin A 12 IU
  • Vitamin C 58,8 mg
  • Vitamin D 0 IU
  • Vitamin B6 0 mg
  • Vitamin B12 0 µg
  • Magnesium 13 mg
  • Kalsium 16 mg
  • Zat besi 0,4 mg

Selain nutrisi diatas, dalam buah Strawberry juga memiliki kandungan senyawa fitokimia seperti asam ellagik, kuersetin, kaempferol, asam fenolat dan antosianin yang diketahui dapat mencegah penggumpalan dara, salah satu penyebab orang kena serangan jantung atau stroke.

Manfaat Strawberry Berdasarkan Nutrisi

Beberapa manfaat Strawberry berdasarkan kandungan nutrisi yang ada, antara lain:

Vitamin C

  1. Menjaga kesehatan gigi dan gusi anak
  2. Membantu mempercepat penyembuhan luka
  3. Meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi
  4. Sumber antioksidan yang membantu mengurangi resiko beberapa jenis kanker
  5. Memperbaiki jaringan sel kulit
  6. Meningkatkan mood
  7. Mencegah serangan jantung
  8. Mencegah tekanan darah tinggi
  9. Meningkatkan kesehatan mata
  10. Mengurangi gejala flu
  11. Mencegah terjadinya stroke
  12. Mencegah penuaan dini
  13. Mencegah panas dalam
  14. Mengatasi sariawan

Vitamin A

  1. Menjaga kesehatan mata
  2. Membersihkan darah
  3. Melancarkan fungsi reproduksi pria
  4. Menjaga kesehatan rongga hidung
  5. Menyahatkan fungsi idung telur
  6. Memperkuat plasenta bayi
  7. Menjaga kesehatan janin
  8. Meningkatkan kekebalan tubuh
  9. Sebagai sumber antioksidan
  10. Membantu pertumbuhan sel

Zat besi

  1. Melancarkan aliran oksigen keseluruh tubuh
  2. Mencegah anemia
  3. Mengatur suhu tubuh
  4. Membantu sistem saraf
  5. Menyehatkan janin
  6. Menjaga kesehatan ibu hamil
  7. Membantu proses metabolisme
  8. Menjaga dan meingkatkan fungsi otak

Kalsium

  1. Mencegah terjadinya osteoporosis
  2. Meningkatkan postur tubuh
  3. Membakar lemak
  4. Menjaga tekanan darah
  5. Memproduksi enzim
  6. Mencegah terjadinya batu ginjal
  7. Membantu memperkuat otot
  8. Memperkuat tulang gigi

Manfaat Strawberry untuk Kesehatan

  1. Menjaga Kesehatan Gigi
    Buah strawberry memiliki kandungan asam malat yang bertindak sebagai zat yang mengikis dan menghilangkan beberapa noda dan plak pada gigi. Mengunyah strawbery memberikan efek baik untuk gigi seperti memutihkan, menghilangkan bau mulut, dan menyegarkan nafas.
  2. Mencegah pertumbuhan sel kanker
    Buah strawberry memiliki kandungan vitamin A, C, E, asal Ellagic dan tinggi antioksidan, nutrisi tersebut berfungsi baik untuk melumpuhkan sel kanker dalam tubuh serta membantu mencegah terjadinya leukimia.
  3. Mencegah Peradangan
    Buah strawberry memiliki kandungan gula yang rendah sehingga baik dikonsumsi oleh penderita peradangan sendi, melawan encok dan diet untuk penderita diabetes.
  4. Mencegah Penyakit Jantung
    Buah strawberry juga memiliki kandungan tinggi serat, folat, vitamin C dan antioksidan yang dinilai cukup efektif untuk membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh sehingga berpengaruh baik untuk mencegah serangan jantung.
  5. Mencegah Hipertensi
    Buah strawberry memiliki kandungan kalium yang tinggi sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi dengan meniadakan efek natrium dalam tubuh.
  6. Mengatasi Alergi dan Asma
    Konsumsi buah strawberry akan memberikan efek antiinflamasi dari quercetin berkhasiat untuk membantu meringankan gejala alergi seperti flu, mata berair dan mengatasi gatal-gatal.
  7. Mengontrol Kadar Gula Darah
    Buah strawberry memiliki indeks glikemik rendah dan tinggi serat sehingga bermanfaat baik untuk membantu mengatur gula darah agar tetap stabil untuk menghindari peningkatan atau penurunan kadar gul ayang ekstrim.
  8. Mengatasi Stroke
    Senyawa Antioksidan quercetin, kaempferol, antosianin dan kalium terbukti dapat membantu mengurangi pembekuan darah yang berbahaya terkait dengan resiko terjadinya Stroke. Sumber nutrisi tersebut juga terdapat pada buah strawberry, sehingga mengkonsumsi buah strawberry juga bermanfaat baik untuk membantu mengurangi resiko terjadinya stroke.

Manfaat Strawberry untuk Kecantikan

Buah strawberry memiliki kandungan vitamin C, flavanoids, anti-oksidan, serta sumber mineral potas yang baik untuk kulit. Buah strawberry juga tinggi kandungan antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis buah bervitamin C lainnya. Berikut ini beberapa manfaat strawberry untuk kecantikan kulit, antara lain:

  1. Mencerahkan kulit wajah
    Buah strawberry memiliki kandungan asam ellagic yang dapat membantu memutihkan kulit wajah yang kusam dan memperbaiki flek hitam. Antioksidan pada strawberry juga bermanfaat baik untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV.
    Cara perawatannya yaitu dengan membalurkan parutan buah strawberry yang telah dicuci bersih pada seluruh permukaann kulit wajah dan leher dengan diberi gosokan lembut. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan bersih. Lakukan perawatan secara rutin 3 hari sekali untuk membantu mencerahkan kulit kusam dan mengurangi flek hitam pada wajah.
  2. Mencerah Kulit Bibir
    Anda yang memiliki masalah bibir hitam dapat memanfaatkan buah strawberry sebagai cara alami untuk mencerahkannnya. Cara perawatannya yaitu dengan menggosokkan belahan buah strawberry pada bibir secara lembut selama beberapa menit. Nutrisi dalam buah strawberry bermanfaat baik untuk meregenerasi sel kulit mati dan melembabkan bibir secara alami.
  3. Sebagai Anti Aging
    Buah strawberry tinggi vitamin C yang sangat penting untuk menjaga kulit tetap elastis. Selain vitamin C, strawberry juga memiliki kandungan likopen yang mampu membantu memperlambat penuaan kulit. Untuk mendapatkan manfatnya, gunakan masker strawberry pada wajah secara rutin 2 kali seminggu.
  4. Mencegah Jerawat
    Selain menghilangkan flek hitam, strawberry juga memiliki khasiat mencegah timbulnya jerawat. Strawberry memiliki sifat asam yang bermanfaat baik untuk mengontrol kelebihan minyak yang menjadi penyebab utama timbulnya jerawat. Gunakan masker strawberry 2 kali dalam seminggu agar wajah terhindar dari jerawat.
  5. Menghaluskan kulit
    Selain untuk kulit wajah, masker strawberry juga bermanfaat baik untuk menghaluskan kulit tubuh. Gunakan pasta buah strawberry dengan campurkan susu dan minyak zaitun sebagai masker lulur mandi. Penggunaan secara maksimal dapat menjadikankulit halus dan kulit nampak lebih cerah.
  6. Mengurangi Kantung Mata
    Dalam buah strawberry juga memiliki kandungan zat yang bermanfaat untuk membantu mengurangi bengkak dan lingkaran dibawah mata. Cara perawatannya dengan menaruh potongan buah strawberry dibawah mata dan rileks selama 10-12 menit dan cuci wajah dengan air dingin sebelum tidur.
  7. Menghaluskan kerutan pada wajah
    Manfaat selanjutnya dari buah strawberry untuk kecantikan adalah membantu menghilangkan kerutan pada wajah. Cara perawatannya yaitu dengan membuat toner dari ekstrak jus buah strawberry + ekstrak air mawar, lalu gunakan sebagai toner untuk wajah.

Manfaat Strawberry untuk Ibu Hamil

Selain untuk kesehatan dan kecantikan, buah strawberry juga bermanfaat baik untuk ibu hamil. Hal ini karena adanya kandungan vitamin C yang tinggi, kandungan asam folat, pottasium dan asam ellagic yang bermanfaat untuk ibu hamil. Untuk ibu hamil, mengkonsumsi 8 buah strawberry setara dengan kebutuhan asam folat harian sebanyak 7,5% dari 400 mikrogram. Berikut ini beberapa manfaat buah strawberry untuk ibu hamil, antara lain:

  1. Mencegah anemia karena memiliki kandungan zat besi
  2. Melancarkan proses persalinan
  3. Mencegah berat badan berlebih pada janin
  4. Menyehatkan jantung janin
  5. Mencegah jerawat pada saat hamil
  6. Meningkatkan daya tahan tubuh
  7. Mencegah bayi lahir prematur
  8. Mempercepat pertumbuhan tulang dan gigi
  9. Mencegah janin terkena resiko cacat tabung syaraf
  10. Mencegah kanker rahim, kanker payudara dan kanker tenggorokan
  11. Mengatasi ibu hamil mengalami pembengkakan pada kaki dan tangan
  12. Sebagai sumber energi untuk ibu hamil
  13. Menjaga kekebalan tubuh
  14. Mengurangi rasa mual dan muntah
  15. Memenuhi kebutuhan asam folat harian ibu hamil

Disarankan untuk tidak mengkonsumsi buah strawberry secara berlebihan karena rasa asamnya dapat membuat asam lambung naik.  Demikianlah pembahasan singkat tentang Manfaat Buah Strawberry untuk Kesehatan, Kecantikan dan Kehamilan yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..