41 Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan, Kecantikan dan Kehamilan yang Perlu anda Ketahui

Posted on

Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan, Kecantikan dan Kehamilan¬† –¬†Tanaman sirsak adalah jenis tanaman yang sudah sejak dulu dimanfaatkan sebagai tanaman herbal oleh sebagian banyak orang. Manfaat yang paling populer adalah untuk mengatasi penyakit kanker. Dari situlah manfaat yang diberikan oleh tanaman sirsak tidak diragukan oleh banyak orang. Selain untuk mengatasi penyakit kanker, tanaman sirsak juga memiliki banyak manfaat lainnya untuk berbagai masalah penyakit lainnya.

Seperti yang kita ketahui ada sekitar 50 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan yang pernah kita ulas pada beberapa waktu yang lalu.

Baca : 50 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

Selain bagian daunnya, daging buah sirsak juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Untuk mengetahui manfaat yang ada pada buah sirsak simak penjelasan berikut ini:

Manfaat Buah Sirsak untuk kesehatan

Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang ada pada buah sirsak berdasarkan kandungan yang ada didalamnya.

Manfaat buah Sirsak dari Kandungannya

  1. Karbohidrat
    Dalam satu gelas jus sirsak mengandung karbohidrat sebanyak 38 gram sebagai sumber energi untuk tubuh. Karbohidrat dalam buah sirsak lebih sehat dibandingkan jenis karbohidrat yang ada dalam kue yang berakibat buruk bagi kadar gula dalam darah.
  2. Kalium
    Daging sirsak memiliki kandungan kalium yang dapat membantu otot-otot dalam tubuh, seperti memperbaiki tulang, dan mengatur tekanan darah.
  3. Serat
    Buah sirsak memiliki kandungan serat yang membantu melancarkan pencernaan, melancarkan metabolisme dalam tubuh. Kandungan serat dalam buah sirsak juga berfungsi untuk mengontrol berat badan.
  4. Vitamin C
    Buah sirsak memiliki kandungan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. Antioksidan memiliki peran yang baik untuk melawan berbagai macam penyakit dalam tubuh, seperti mempercepat luka dan mencegah kerusakan kulit.
  5. Fosfor dan Kalsium
    Buah sirsak memiliki kandungan mineral yaitu kalsium dan fosfor. Dalam 100gram sirsak mengandung fosfor sebanyak 27 mg dan kalsium sebanyak 14 mg. Mineral tersebut bermanfaat dalam proses pembentukan tulang dan menghambat terjadinya pengeroposan tulang.
  6. Air
    Segelas jus sirsak mengandung air sebanyak 183 gram sehingga wajar saja jika buah sirsak juga dapat mencegah terjadinya dehidrasi.

Manfaat Sirsak untuk Kesehatan

  1. Sirsak untuk Mengatasi Kolesterol Jahat
    Sirsak memiliki kandungan vitamin C dan tinggi serat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh, menyerap kolesterol jahat pada tubuh sehingga kolesterol jahat dalam tubuh dapat terkikis. KOnsumsi jus sirsak secara teratur setiap harinya akan berdampak baik dan terbebas dari kolesterol jahat.
  2. Sirsak untuk mencegah kanker
    Bagian daun, biji dan batang pada tanaman sirsak memiliki kandungan Annonaceous acetogenins . Annonaceous acetogenins adalah zat yang berkhasiat menangkal serangan kanker dan virus. Kandungan Annonaceous acetogenins pada sirsak juga berkhasiat untuk membunuh sel-sel ganas pada 12 jenis kanker seperti pada kanker payudara, usus besar, prostat, paru-paru, dan masih banyak lagi.
  3. Sirsak untuk melancarkan buang air kecil
    Buah sirsak banyak mengandung air yang sudah pasti akan membantu melancarkan buang air kecil. Selain itu kandungan air pada buah sirsak juga bermanfaat untuk mengatasi haematuria yaitu bercampurnya sel darah putih dalam urin dan penyakit hati ringan.
  4. Sirsak untuk menjaga kesehatan tulang
    Selain kandungan fosfor dan kalsium, buah sirsak juga memiliki kandungan tembaga yang membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang, sehingga tulang akan tetap tercukupi kebutuhan nutrisinya.
  5. Sirsak untuk meningkatkan energi
    Dalam daging buah sirsak memiliki kandungan thiamin yang memiliki khasiat untuk meningkatkan energi. Cobalah untuk mengkonsumsi buah sirsak jika anda merasa kurang semangat dan ingin mengembalikan mood anda.
  6. Sirsak untuk meredakan Migrain
    Daging buah sirsak memiliki kandungan riboflavin atau vitamin B2 yang dikenal efektif meredakan sakit kepala seperti migrain.
  7. Sirsak untuk mencegah Anemia
    Manfaat selanjutnya buah sirsak untuk kesehatan adalah karena kandungan zat besi didalamnya yang memiliki manfaat untuk meredakan gejala anemia yang bisa menyerang siapa saja.
  8. Sirsak untuk mengobati diare
    Bayi yang mengalami diare dapat disembuhkan dengan menggunakan air perasan dari buah sirsak. Namun jangan memberikan air perasan secara berlebihan karena dapat membahayakan.
  9. Sirsak untuk Mengurangi mual dan muntah
    Selain daun dan buahnya, biji sirsak juga memiliki kandungan zat emesis yang berkhasiat utnuk mengurangi rasa mual dan muntah.
  10. Sirsak untuk mengobati Ambeien
    Manfaat selanjutnya dari buah sirsak adalah untuk mengobati penyakit wasir atau ambeien. Caranya dengan menkonsumsi air perasan sirsak sekitar 1 gelas secara teratur 2 hari sekali. Konsumsi pada pagi atau sore hari untuk mempercepat penyembuhan.
  11. Sirsak untuk mengatasi anyang-anyangan
    Manfaat sirsak selanjutnya adalah mengobati sakit anyang-anyangan. Caranya dengan merebus buah sirsak setengah matang dengan gula pasir. Rebus daging sirsak dengan tambahan gula dan 2 gelas air setelah itu minum rebusan tersebut untuk menyembuhkan anyang-anyangan.
  12. Sirsak untuk meningkatkan kekebalan tubuh
    Buah sirsak memiliki kandungan senyawa acetogenins hingga muricapentocin yang berguna untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh dari bahaya penyakit, selain juga bisa juga digunakan sebagai obat penyakit.
  13. Sirsak untuk meningkatkan kesehatan otak
    Kandungan tiamin dalam buah sirsak bermanfaat untuk menjaga fungsi otak dan meningkatkan memori serta konsentrasi.
  14. Sirsak untuk membantu produksi sel darah merah
    Sirsak memiliki kandungan riboflavin yang membantu produksi sel darah merah sehingga cukup untuk mengaliri oksigen ke seluruh jaringan dalam tubuh. Dengan begitu semua organ baik yang vital maupun tidak kinerjanya dapat berlangsung secara normal.
  15. Sirsak untuk mengurangi resiko serangan jantung
    Buah sirsak bermanfaat untuk menghilangkan aterosklerosis di dalam jantung. Penyakit tersebut merupakan sebuah kondisi arteri jantung mengalami penebalan sehingga membuat darah menjadi tidak lancar dan serangan jantung mudah terjadi.
  16. Sirsak untuk melancarkan pencernaan
    Sirsak juga memiliki kandungan manfaat yang baik untuk melancarkan pencernaan, hal tersebut dikarenakan vitamin B2 yang terdapat di dalamnya yang berfungsi untuk melindungi membran mukosa usus sehingga sistem pencernaan tetap lancar dan terjaga kondisi baiknya.
  17. Sirsak untuk mencegah penyakit katarak
    Sirsak juga bermanfaat baik untuk mencegah gangguan pada mata seperti katarak. Mengkonsumsi sirsak secara rutin dipercaya ampuh untuk mengurangi resiko pandangan kabur dan buram.
  18. Sirsak untuk mencegah diabetes
    Sirsak tidak mengandung kadar gula tinggi sehingga buah ini tidak membahayakan jika di konsumsi oleh penderita diabetes.
  19. Sirsak untuk mengatasi sakit pada kandung kemih
    Manfaat selanjutnya dari buah sirsak adalah membantu mengatasi masalah pada kandung kemih. Caranya dengan membuat kolak buah sirsak setengah matang dengan campuran gula dan garam.
  20. Sirsak untuk mengatasi penyakit liver
    Buah sirsak juga memililiki manfaat yang baik untuk membantu mengobati penyakit liver secara alami. Untuk mengobati liver dengan buah sirsak adalah dengan mengkonsumsi jus sirsak selama satu minggu berturut-turut.
  21. Sirsak untuk mengobati bisul
    Meskipun bukan penyakit berbahaya, bisul dapat membuat anda kehilangan kepercayaan diri. Untuk mengatasinya, anda dapat memanfaatkan daging sirsak yang ditumbuk halus lalu balurkan pada bisul hingga mengering kemudian basuh dengan air hangat. Lakukan perawatan secara rutin hingga bisul mengecil dan sembuh.
  22. Sirsak untuk gangguan kesehatan kulit
    Untuk mengatasi gangguan kesehatan kulit anda dapat memanfaatkan daun sirsak muda yang ditumbuk halus lalu tempelkan pada kulit yang bermasalah. Diamkan hingga mengering lalu bilas hingga bersih
  23. Sirsak untuk Mencegah penuaan dini
    Kandungan vitamin C dan asam askorbat pada buah sirsak memiliki fungsi sebagai antioksidan yang dapat mencegah tanda penuaan dini seperti pigmentasi kulit, keriput, bintik-bintik hitam dan garis halus.
  24. Sirsak untuk menghilangkan kutu rambut
    Daun sirsak memiliki manfaat yang ampuh untuk membunuh kutu rambut, yaitu dengan cara melumatkan daun sirsak muda hingga menjadi pasta dan oleskan secara merata pada rambut. Diamkan hingga kering dan bilas hingga bersih.
  25. Sirsak untuk mengatasi ketombe
    Daun sirsak memiliki kandungan anti parasit sehingga bermanfaat juga untuk membantu mengatasi masalah ketombe dan gatal-gatal pada kulit kepala.
  26. Sirsak untuk kesehatan rambut
    Buah sirsak juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga ampuh untuk mengatasi rambut rontok dan menyehatkan kulit rambut.

Manfaat Buah Sirsak Lainnya

  1. Mengkonsumsi buah sirsak sebagai jus secara rutin pada masa kehamilan bisa membantu membuat tulang janin yang baru tumbuh menjadi kuat dan menghindari kecacatan pada janin.
  2. Selain menyehatkan pada masa kehamilan, mengkonsumsi buah sirsak juga membantu merangsang produksi ASI pada saat menyusui.
  3. Buah sirsak memiliki kandungan serat tinggi dan vitamin yang juga berkhasiat untuk anda yang sedang menjalankan program diet.
  4. Mengkonsumsi jus sirsak secara rutin juga bermanfaat baik untuk pria dewasa yaitu dapat meningkatkan kesuburan bagi pria.
  5. Buah sirsak dapat meningkatkan metabolisme, sehingga membuat tubuh menjadi lebih segar dan juga tidak mudah lelah.
  6. Buah sirsak dapat memperkuat antibodi yang berfungsi sebagai penahan virus yang berasal dari luar.
  7. Buah sirsak dapat meredakan penyakit demam serta panas yang tinggi karena beberapa virus seperti Typus, DBD, dan lain-lain.
  8. Buah sirsak mampu membuat kulit Anda menjadi bersih dan putih, jika anda mengkonsumsi secara rutin
  9. Buah sirsak dapat memperbaiki sel DNA menjadi lebih baik lagi, sehingga Anda bisa memiliki kesempatan yang besar untuk dapat memiliki keturunan yang lebih cerdas dan sehat.

Disarankan untuk tidak mengkonsumsi buah sirsak secara berlebihan karena dapat membuat asam lambung naik.  Demikianlah pembahasan singkat tentang Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan, Kecantikan dan Kehamilan yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..