41 Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan dan Kecantikan Serta Efek Samping Bagi Tubuh

Posted on

Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan dan Kecantikan – Buah nanas adalah salah satu tanaman buah tropis yang memiliki banyak kandungan manfaat untuk kesehatan. Buah yang khas dengan bentuk daun berujung tajam dan kulit buah bersisik ini memiliki banyak kandungan air dan rasa yang manis menyegarkan.

Buah nanas kaya akan kandungan yang bermanfaat untuk tubuh. Salahsatunya adalah bromelain yang bersifat antiinflamasi atau anti pembengkakan, serta jumlah nutrisi lain didalamnya.

Kandungan Gizi Buah Nanas

Dalam 100 gram daging nanas terkandung beberapa zat-zat gizi sebagai berikut :

KandunganNilai GiziPersentasi RDA
Energi50 Kkal0.025
Karbohidrat13,52 g0.1
Protein0,54 g0.01
Lemak total0,12 g<1%
Kolesterol0 mg0
Serat makanan1,40 g0.04
Vitamin
Folat18 mcg0.045
Niasin0,500 mg0.04
Piridoksin0.112 mg0.09
Riboflavin0,018 mg0.015
Thiamin0,079 mg0.065
Vitamin A58 IU0.02
Vitamin C47,8 mg0.8
Vitamin E0,02 mg<1%
Vitamin K0,07 mcg0.005
Elektrolit
Sodium1 mg0
Kalium109 mg0.025
Mineral
Kalsium13 mg0.013
Tembaga0.110 mg0.12
Besi0,29 mg0.035
Magnesium12 mg0.03
Mangan0,927 mg0.4
Fosfor8 mg0.01
Selenium0,1 mcg<1%
Seng0,12 mg0.01
Phyto-nutrient
Carotene-ß35 mcg
Crypto-xanthin-ß0 mcg

*RDA = recommended daily allowance, jumlah nutrisi harian yang direkomendasikan untuk kesehatan tubuh optimal.

Manfaat Buah Nanas

Manfaat Vitamin dan mineral dalam buah nanas

  1. Buah nanas mengandung banyak vitamin A dan betakaroten yang bermanfaat untuk melindungi mata dari degenerasi makula, mencegah kanker paru-paru dan kanker rongga mulut.
  2. Kandungan vitamin C, flavonoid dan antioksidan penting untuk membangun sistem kekebalan tubuh, menghancurkan radikal bebas, melawan pilek, flu dan virus. menjaga gusi sehat serta melindungi penykit periodontal dan kanker mulut. Mendukung sintesis kolagen, dan menjaga kesehatan pembuluh darah.
  3. Kandungan vitamin B1 (Thiamin) bermanfaat untuk mengubah karbohidrat menjadi energi, memperkuat otot dan meningkatkan sistem saraf yang tepat.
  4. Kandungan fosfor pada buah nanas bermanfaat untuk mempromosikan tulang dan gigi yang kuat serta menghentikan perkembangan osteoporosis.
  5. Kandungan kalium pada buah nanas berfungsi untuk mengatur tekanan darah dan mendukung fungsi ginjal.
  6. Kandungan Mangan pada buah nanas mendukung perkembangan dan fungsi tulang, mempercepat penyembuhan luka, mendukung kesehatan kulit, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan menstabilkan gula darah untuk mencegah diabetes dan gangguan diabetes.
  7. Kandungan enzim Bromelain pada buah nanas memiliki sifat anti-inflamasi, hingga berkhasiat ampuh untuk mengobati penyakit seperti NSAID dan Steroid.

Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan

1. Menjaga sirkulasi darah
Buah nanas mengandung mineral tenaga yang berperan penting dalam sejumlah reaksi enzimatik dan senyawa dalam tubuh. Mineral tembaga memiliki unsur penting dalam pembentukan sel darah merah yang sehat. Jumlah sel darah merah tinggi dapat meningkatkan oksigenasi berbagai sistem organ sehingga berfungsi optimal.

2. Mengatur tekanan darah
Buah nanas memiliki kandungan mineral yang sangat berharga untuk tubuh yaitu Potassium (Kalium). Potassium salah satu mineral yang penting dalam tubuh karena kekurangan potassium menyebabakan berbagai masalah kesehatan dalam tubuh. Salah satu pottasium adalah sebagai vasodilator, yang dapat meminimalisir terjadinya ketegangan dan tekanan pada pembuluh darah dan dapat meningkatkan sirkulasi darah ke berbagai bagian tubuh. Jika pembuluh darah rileks maka tekanan darah dan aliran darah lancar dan akan mencegah terjadinya aterosklerosis, serangan jantung dan stroke.

3. Mengatasi radang sendi
Nanas mengandung enzim proteolitik yang disebut bromelain yang berperan dalam reaksi pemecahan protein kompleks, dan juga memiliki efek anti inflamasi. Dari kandungan tersebut, buah nanas memiliki manfaat untuk mengurangi peradangan sendi dan otot, terutama yang berhubungan dengan artritis. Artritis adalah penyakit yang menyebabkan pembengkakan, kekakuan dan keterbatasan bergerak.

4. Meningkatkan Imunitas
Buah nanas memiliki tinggi akan kandungan vitamin C yang berperan penting sebagai sumber asam askorbat terkaya yang paling lezat. Vitamin C juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan merangsang aktivitas sel darah putih dan bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi efek dari radikal bebas.

5. Sumber Kolagen
Vitamin C pada buah nanas juga berperan penting untuk menciptakan kolagen. Kolagen merupakan basis protein dari dinding pembuluh darah, kulit, organ dan tulang.

6. Mencegah Kanker
Kandungan Vitamin C, antioksidan, vitamin A, beta karoten, bromelain, berbagai senyawa flavonoid, dan mangan yang tinggi mampu untuk memerangi kanker. Penelitian lain juga menyebutkan nanas memiliki kemampuan secara langsung yang berhubungan dengan pencegahan kanker pada mulut, tenggorokan dan payudara.

7. Mengatasi flu dan batuk
Enzim bromealin pada buah nanas dipercaya dapat mengurangi dahak dan lendir yang terbentuk di saluran pernafasan dan rongga sinus. Untuk anda yang sedang flu atau batuk konsumi buah nanas dapat untuk membantu mengatasinya.

8. Menjaga tulang
Meskipun nanas tidak kaya kana kandungan kalsium, namun nanas memiliki 70% kandungan mangan dari setiap porsinya. Mangan memiliki peran yang penting dalam memperkuat tulang, membantu pertumbuhan dan perbaikan pada tulang.

9. Menjaga kesehatan mulut
Nanas memiliki senyawa antioksidan yang berfungsi untuk melindungi dari kanker mulut, kandungan astringent juga mampu memperkuat gigi dan gusi, selain itu juga baik untuk mencegah kerontokan rambut, kelemahan otot, dan mengatasi kulit kendur.

10. Menjaga Kesehatan Mata
Kandungan betakaroten pada buah nanas memiliki pengaruh yang baik untuk penglihatan. Degenerasi makula mempengaruhi penglihatan orang lanjut usia, dan beta karoten dapat membantu Anda mengurangi masalah ini.

11. Mengatasi Jerawat
Buah nanas mengandung anti-inflamasi yang bermanfaat meningkatkan penyembuhan pada jerawat. Selain anti-inflamasi, kandungan lain yang mendukung penyembuhan jerawat adalah vitamin C dan enzim bromealin.

12. Mengencangkan kulit wajah
Kulit yang sintetis dan kencang adalah kulit uang tinggi akan kolagen. Buah nanas akan memberi sintetis kolagen pada kulit sehingga kulit akan terasa kencang dan lebih fleksibel. Selain itu buah nanas juga kaya vitamin C dan asam amino yang berfungsi untuk memperbaiki sel dan jaringan tidak sehat pada kulit. Jadikan buah nanas sebagai masker untuk wajah anda.

13. Mencerahkan wajah
Selain mengencangkan dan membuat kulit tampak lebih muda, masker buah nanas juga berfungsi untuk mencerahkan kulit wajah. Cara yang digunakan sama yaitu dengan menggunakan buah nanas sebagai masker pada wajah.

14. Mengobati bronkitis
Buah nanas mengandung antiinflamasi yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan salah satunya yaitu untuk mengurangi peradangan pada tabung bronkial yang timbul akibat penyakit bronkitis.

15. Mengatasi Catarrh/ infeksi pada hidung
Catarrh adalah penyakit yang terjadi akibat timbunan lendir didalam hidung atau tenggorokan yang disebabkan adanya peradangan selapun lendir. Catarrh biasanya timbul bersamaan dengan masuk angin atau batuk berdahak. Untuk mengatasinya anda dapat mengkonsumsi nanas secara teratur.

16. Membersihkan Parasit di usus
Nanas mengandung bromelain yang juga bermanfaat untuk membersihkan parasit didalam usus seperti cacing pita.

17. Meredakan mual pada wanita hamil
Pada awal kehamilan biasanya wanita akan mengalami morning sicness atau mual pada pagi hari. Mengkonsumsi jus buah nanas dipercaya bermanfaat untuk mengurangi rasa mual akibat morning sickness. Namun sebaiknay konsultasikan terlebih dahulu pada dokter, karena banyak yang menganggap mengkonsumsi buah nanas pada saat hamil memiliki dampak buruk bagi kehamilan.

18. Melancarkan pembuluh darah
Radikal bebas dapat menyebabkan pengerasan pada pembuluh darah atau disebut dengan Atherosclerosis. Masalah tersebut dapat diatasi dengan antioksidan yang terkandung pada buah nanas.

19. Mengatasi kaki pecah pecah
Manfaat selanjutnya dari nanas adalah untuk mengatasi kaki pecah-pecah. Gunakan kulit nanas untuk menggosok bagian telapak kaki yang pecah-pecah. Jika dilakukan secara rutin, telapak kaki anda akan halus.

20. Melembabkan kulit
Kulit kering akan membuat tampilan menjadi kusam dan tidak menarik. Nanas juga bermanfaat untuk membantu mengurangi dehidrasi pada kulit. Cara memanfaatkan buah nanas untuk mengatasi kulit kering yaitu dengan lumatkan beberapa potong buah nanas, campurkan dengan kuning telur dan sedikit susu, lalu aplikasikan pada bagian kulit kering, diamkan hingga masker mengering dan bilas dengan air hangat.

21. Mengatasi bibir pecah-pecah
Bibir pecah-pecah akan sangat menganggu penampilan dan kenyamanan, untuk mengatasinya anda dapat mengunakan pasta dari buah nanas yang dicampur dengan minyak kelapa sebagai pelembab untuk bibir.

22. Mencegah kerontokan rambut
Rutin mengkonsumsi buah nanas akan membantu menguatkan akar rambut dan mencegah kerontokan. Nanas memiliki kandungan vitamin C yang menjadi elemen penting untuk membantu mencegah kerontokan rambut. Selain vitamin, antioksidan dari buah nanas juga berfungsi untuk memerangi kerusakan akibat radikal bebas.

23. Mengatasi gatal pada rambut
Jika kulit kepala anda merasa gatal cobalah untuk mengatasinya dengan menggunakan masker nanas. Kandungan bromealin pada nanas adalah enzim antioksidan yang memiliki kekuatan anti-inflamasi. Masker buah nanas akan meredakan kondisi peradangan yang terjadi pada kulit kepala.

24. Membantu pertumbuhan rambut
Enzim pada buah nanas berfungsi untuk memperkaya folikel rambut dengan memberikan nutrisi penting yang akhirnya dapat meningkatkan elastisitas dan ketebalan rambut. Anda dapat menggunakan masker buah nanas atau dengan rutin mengkonsumsi jus nanas.

25. Menjaga kesehatan gusi
Manfaat jus nanas selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan ngusi, menjaga gigi tetap sehat dan kuat.

26. Mengurangi stress
Senyawa seratonin pada buah nanas diyakini bermanfaat untuk mengurangi stress dan dapat menimbulkan rasa bahagia.

27. Memperbaiki kesehatan mata
Nanas mengandung betakaroten yang sangat baik untuk memperbaiki sistem penglihatan

28. Mencegah demam dan flu
Kandungan vitamin C pada buah nanas yang cukup tinggi ampuh untuk memerangi virus penyebab flu dan enzim bromealin dapat melancarkan dahak sehingga segera meredakan demam.

29. Menguatkan otot jantung
Zat Valine pada buah nanas dapat mempertahankan kadar energi tubuh, menopang fungsi sendi, tendin dan menguatkan otot-otot jantung.

30. Menurunkan berat badan
Enzim Proteiolitik pada buah nanas dapat menghambat penyerapan lemak dalam saluran pencernaan serta vitamin C nya dapat membantu proses pembakaran lemak sehingga lemak tidak menumpuk dalam tubuh.

Efek samping buah nanas

  1. Nanas dapat menimbulkan efek rasa gatal. Efek yang dirasakan biasanya mulut dan lidah terasa gatal dan sedikit panas. Untuk menghindarinya sebelum dikonsumsi sebaiknya rendam sebentar buah nanas dengan air garam.
  2. Meningkatkan gula darah. Untuk penderita diabetes sebaiknya batasi mengkonsumsi bauh nanas secara berlebihan karena buah nanas mengandung tinggi kadar gula.
  3. Menggugurkan kandungan. Buah nanas muda memiliki potensi sebagai abortivum yang dapat memicu menggugurkan kandungan sehingga ibu hamil dilarang untuk mengkonsumsi nanas muda.
  4. Memicu rematik. Buah nanas yang telah dicerna terfermentasi menjadi alkohol sehingga dapat memicu rematik gout. Untuk penderita rematik disarankan untuk membatasi konsumsi buah nanas secara berlebihan.

Itulah penjelasan tentang Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.