50 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Ibu hamil, Bayi dan Kecantikan yang Perlu Anda Ketahui

Posted on

Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Buah Naga adalah buah dari jenis tanaman kaktus yang berasal dari Meksiko. Buah yang khas dengan bentuk dan warnanya ini, baik buah naga warna merah maupun buah naga berwarna putih saat ini banyak di temukan di Indonesia. Rasa manis dan segar yang dimiliki oleh buah naga sangat cocok untuk dinikmati pada siang hari. Selain rasanya, ternyata buah naga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, karena dalam buah naga terdapat banyak kandungan yang sanagt bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Buah Naga adalah buah dari jenis tanaman kaktus yang berasal dari Meksiko. Buah yang khas dengan bentuk dan warnanya ini, baik buah naga warna merah maupun buah naga berwarna putih saat ini banyak di temukan di Indonesia. Rasa manis dan segar yang dimiliki oleh buah naga sangat cocok untuk dinikmati pada siang hari. Selain rasanya, ternyata buah naga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, karena dalam buah naga terdapat banyak kandungan yang sanagt bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Tabel Kandungan Buah Naga

Berikut tabel kandungan gizi dari buah naga

Kandungan vitamin dari 260 gram (1 buah) buah naga merah, antara lain:

Kandungan Vitamin

Vitamin E 1.04 mg
Vitamin B1 0.21 mg
Vitamin B2 0.16 mg
Vitamin B6 0.13 mg
Folate (pre-B9) 114,4 mg
Asam Pantotenat 1.38 mg
Vitamin C 18.2 mg
Niasin 1.04 mg
Vitamin A (Retinol) 40 mg
Cobalamin (Vit B12 34 mg

Kandungan mineral dari 260 gram (1 buah) buah naga merah, antara lain:


Kandungan Mineral

Potassium 910 mg
Magnesium 106,6 mg
Zat besi 0,78 mg
Zink 0,78 mg
Kalsium 15,6 mg
Tembaga 0,08 mg
Mangan 0.23 mg

Selain kandungan diatas, buha naga juga mengandung protein, lemak, karbohidrat, serat, betakarotin, gula dan lycovine. Kandungan-kandungan tersebut banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita.  Banyaknya manfaat yang didapat dari buah naga, membuat banyak orang sering mencari bahkan membudidayakan buah naga di sekitar pekarangan rumahnya. Untuk itu, kita perlu mengetahui manfaat apa saja yang didapatkan dengan rajin mengkonsumsi buah naga.

Manfaat Buah Naga

Banyak manfaat yang didapat dari mengkonsumsi buah naga, mulai dari manfaat sederhana hingga menfaat yang penting dan tidak diketahui oelh banyak orang. Berikut beberapa manfaat dari rutin mengkonsumsi buah naga.

Manfaat Buah Naga Merah untuk Ibu Hamil

Ibu hamil membutuhkan banyak nutrisi untuk dirinya dan janin yang ada dalam rahimnya. Beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil terdapat dalam buah naga merah, seperti :

1. Kandungan folat untuk Ibu hamil
Buah naga tinggi akan kandungan folat yang memiliki fungsi dalam pembentukan sumsum tulang dan otak pada janin dalam rahim ibu hamil. Dalam satu buah naga mengandung 114, 4 mcg kandungan folat, sedangkan ibu hamil membutuhkan minimal 400 mcg folat perharinya. Untuk itu, ibu hamil membutuhkan sekitar 3 hingga 4 buah naga merah untuk dikonsumsi setiap harinya. Selain dari buah naga merah, folat juga terdapat dalam beberapa jenis kacang-kacangan.

2. Kandungan Zat Besi untuk Ibu hamil
Zat besi sangat dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah dan hemoglobin dalam tubuh, jika tubuh kekurangan zat besi dapat mengakibatkan anemia, sedangkan anemia pada ibu hamil sangat membahayakan janin dalam rahimnya. Ibu hamil membutuhkan 50% sel darah merah lebih banyak dari pada biasanya. Sehingga ibu hamil lebih banyak membutuhkan zat besi untuk menjaga kesehatan ibu dan janinnya. Sedangkan kita ketahui jika dalam satu buah naga terdapat kandungan zat besi sekitar 0,78 mg, dan ibu hamil membutuhkan sebanyak 28 mg perharinya. Jadi sangat disarankan jika ibu hamil rutin mengkonsumsi buah naga merah. Selain dari buah naga merah, zat besi juga diperoleh dari beberapa jenis makanan seperti oatmeal, kacang lentil, kacang kedelai dan juga dari daging.

3. Vitamin C bagi Ibu Hamil
Vitamin C sangat dibutuhkan oleh ibu hamil yang berperan sebagai antioksidan, antibakteri dan katalisator bagi tubuh. Salah satu fungsi vitamin C adalah untuk mempercepat penyembuhan dan memaksimalkan pembelahan sel, serta meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh. Dalam satu buah naga merah mengandung 18,2 mg vitamin C, sedangkan ibu hamil membutuhkan 85 mg vitamin C, jadi anda cukup mengkonsumsi 3 buah naga merah untuk mendapatkan sekitar 54 mg vitamin C. Hindari berlebihan mengkonsumsi vitamin C karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

4. Kalsium untuk Ibu hamil
Kebutuhan kalsium pada ibu hamil sangat ebrperan penting untuk membantu pembentukan saraf. massa tulang, dan tumbuh kembang janin dalam rahim. Jadi ibu hamil harus tercukupi kebutuhan kalsium pada masa kehamilan. Ibu hamil membutuhkan 1000mg hingga 1300mg kalsium. Walau dalam satu buah naga merah hanya mengandung sekitar 15,6 mg kalsium, namun dapat menambah asupan kalsium dalam tubuh ibu hamil. Anda juga dapat mengkonsumsi beberapa jenis makanan lain untuk menambah kalsium.

  1. Kandungan serat dalam buah naga ampuh untuk mengurangi kontipasi selama kehamilan, khusunya pada kehamilan bulan pertama.
  2. Kandungan vitamin C, mineral seperti Mg, Kalsium, Mangan, dan juga vitamin lain yang berperan dalam meningkatkan kerja sistem imun dan menutrisinya mampu meningkatkan daya tahan tubuh pada ibu hamil.
  3. Kandungan fosfor dalam buah naga yang cukup tinggi bermanfaat membantu perkembangan tulang bayi dan menjaga tulang ibu hamil.
  4. Mengkonsumsi buah naga juga dapat mengurangi tinggat stress pada ibu hamil.
  5. Konsumsi buah naga juga memiliki potensi mengurangi diabetes pada ibu hamil atau diabetes gestasional.
  6. Konsumsi buah naga juga sangat baik untuk melawan bakteri jahat dalam pencernaan.

Manfaat Buah Naga Merah pada Bayi

Dalam satu buah naga merah mengandung 114 mg folat yang juga sangat bermanfaat untuk bayi. Selain pada ibu hamil, bayi juga membutuhkan folat untuk pertumbuhannya. Kekurangan folat sangat berbahaya karena dapat menyebabkan terjadinya spina bifida dan kelainan perkembangan saraf DNA janin. Bayi yang baru lahir membutuhkan sekitar 65 mg folat setiap harinya, sedangkan bayi berumur 6-12 bulan membutuhkan sekitar 80mg folat, bayi berumur 1-3 tahun membutuhkan 159mhh dan balita membutuhkan 200 mg folat perharinya.

  1. Folat Untuk Bayi
    Ibu yang sering menyusui bayinya masih terbilang cukup untuk memenuhi kebutuhan folat bayinya, meskpiun jumlah folat dalam ASI sangat sedikit dibandingkan dengan kebutuhan folat bayi perharinya. Bayi usia 1-2 bulan dapat anda berikan buah naga untuk memenuhi kebutuhan folat tentunya dengan tambahan ASI dan makanan biji atau sumber folatnya lain.
  2. Selain memenuhi kebutuhan folat, buah naga juga memiliki kandungan lain yang berfungsi untuk pertumbuhan bayi.
  3. Meningkatkan ketahanan bayi secara alami
  4. Kandungan serat yang baik untuk pencernaan bayi
  5. Kandungan glukosa dalam buah naga yang rendah sehingga baik untuk bayi
  6. Kandungan tinggi potassium dan rendah sodium mampu menjaga tubuh bayi agar tidak kering dan menyeimbangkan cairan dalam tubuh bayi.
  7. Buah naga sebagai salah satu nutrisi yang baik dalam membantu pembentukan otot bayi dan menjaga fungsi otot bayi.
  8. Kandungan antioksidan alami dalam buah naga mampu meningkatkan daya tahan tubuh bayi dari serangan penyakit.
  9. Senyawa antioksidan betasianin dan juga nutrisi yang terkandung buah naga merah secara in-vitro mampu menjaga elastisitas dan pertumbuhan pembuluh darah.
  10. Manfaat buah naga merah untuk bayi dalam membantu pertumbuhan tulang yang kuat dan pembentukan sel darah merah.
  11. Kandungan vitamin C dalam satu buah naga merah sudah mencapai 18 mg sedangkan kebutuhan harian bayi sekitar 20 mg.

Manfaat Buah Naga untuk Kecantikan

Kecantikan adalah bentuk keindahan yang hadir dalam manusia, umumnya wanita. Kecantikan berhubungan dengan kulit, wajah, dan rambut. Anda bisa mendapatkan kecantikan tersebut dengan melakukan perawatan menggunakan buah naga. Beberapa manfaat yang anda dapatkan antara lain :

1. Mencegah keriput pada wajah
Cara melakukan perawatan mencegah kulit wajah keriput menggunakan buah naga yaitu dengan, buah pasta dari 1/2 bagian buah naga, 1 sendok yoghurt palan lalu jadikan masker pada bagain wajah dan leher, dan biarkan selama 25 menit. Kemudian bilas dengan air hangat.

2. Mengurangi Jerawat
Cara melakukan perawatan mengurangi jerawat menggunakan buah naga yaitu dengan, hancurkan sebagian buah naga hingga halus dan tempelkan menggunakan kapas pada noda bekas jerawat dengan kapas. Tunggu hingga mengering lalu bilas, lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil optimal.

3. Menghilangkan bekas kulit terbakar matahari
Cara melakukan perawatan menghilangkan bekas kulit terbakar matahari menggunakan buah naga yaitu dengan, haluskan buah naga dan kapsul vitamin E, lalu jadikan masker untuk wajah. Diamkan selama 40 m3nit dan bilas dengan air hangat.

4. Merawat Rambut
Cara melakukan perawatan rambut menggunakan buah naga yaitu dengan hancurkan buah naga hingga halus lalu gunakan sebagai masker rambut secara merata dengan diberi pijatan lembut. Diamkan selama 20 menit dan bilas seperti berkeramas seperti biasanya.

5. Menjaga elastisitas kulit
Cara menjaga elastisitas kulit dengan buah naga adalah dengan rutin menkonsumsi buah naga merah setiap hari. Buah naga kaya akan vitamin C. Vitamin C dalam kofaktor kolagen yang penting dalam menjaga elastisita kulit, sendi dan wajah.

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

1. Kesehatan tulang
Kandungan sumber kalsium dan fosfor dalma buah naga bekerja dnegan baik menjaga dan meningkatkan massa tulang dan mencegah osteoporosis.

2. Sistem Saraf
Vitamin B yang tinggi pada buah naga membantu dalam formasi saraf sehingga mampu mengantat sinyal dengan baik.

3. Menutrisi mata
Kandungan vitamin A dalam karoten dibutuhkan mata untuk melihat warna dan dalam gelap.

4. Mencerahkan kulit
Kandungan Antioksidan dan asam lemak pada buah naga bermanfaat menutrisi kulit, dan membantu mencerahkan kulit sehingga tampak lebih muda.

5. Anti inflamasi
Buah naga juga menyediakan alkalin karena vitamin dan mineral yang tinggi, yang bekerja membantu mengurangi infalmasi, radang pada sendi dan mempercepat penyembuhan luka dan penyakit.

6. Melancarkan pencernaan dan metabolisme
Buah naga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga optimal untuk menyehatkan pencernaan, serta menjaga berat badan dengan meningkatkan tingkat metabolisme.

7. Kardiovaskuler
Buah naga juga bermanfaat untuk mencegah penyakit pembuluh darah, menurunkan kolesterol dan mengurangi tekanan darah.

8. Anti penuaan dini
Antioksidan pada buah naga bermanfata untuk melawan radikal bebas dan akan membuat kulit terlihat lebih cerah dan awet muda.

9. Menjaga kekebalan tubuh
Kandungan vitamin dan mineral yang tinggi berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh dan meningkatkan imunitas serta mencegah penyakit.

10. Mencegah kanker
Buah naga mengandung phytoalbumin dan antioksidan yang mampu mencegah kanker, Betasianin juag mampu mencegah kanker dan mengeluarkan logam berat yang berbahaya dalam tubuh.

11. Menurunkan berat badan
Kandungan serat dalam buah naga serta rendah lemak akan membuat anda terhindar dari perut buncit. konsumsi jus buah naga secara rutin untuk membantu program diet anda.

12. Sebagai detoks
Manfaat antioksidan dalam buah naga juga bermanfaat mengurangi radikal bebas dalam tubuh. Rutin konsumsi buah naga akan membantu proses detoksifikasi atau pengeluaran racun dari tubuh melalui hati.

13. Mencegah diabetes
Buah naga memiliki manfaat membunuh sel jahat yang dihasilkan oleh pola hidup tidak sehat. Selain itu, buah naga rendah kandungan gula sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes.

14. Meningkatkan nafsu makan
Buah Naga juga dapat meningkatkan nafsu makan karena dalam buah ini mengandung vitamin B2 dan B1 yang dipercaya dapat menambah nafsu makan terutama bagi anak anak.

15. Meringankan Batuk dan asma
Buah naga juga memiliki jumlah vitamin C yang sangat tinggi yang membuat sistem kekebalan tubuh Anda lebih kuat sehingga Anda dapat melawan infeksi lebih mudah sehingga dapat meringankan batuk dan asma.

  1. Konsumsi buah naga baik untuk membersihkan usus karena kandungan serat yang tinggi
  2. Mencegah peradangan karena buah naga mengandung anti inflamasi
  3. Menjaga sistem imunitas, dan menjaga ion tubuh
  4. Baik untuk meningkatkan AsI
  5. Baik untuk mengatasi sariawan karena mengandung vitamin C
  6. Ampuh mengatasi tenggorokan kering
  7. Menjaga kelembaban kulit dan mengencangkan kulit wajah
  8. Menjaga usus dari perkembangan bakteri
  9. Meningkatkan stamina tubuh

Buah naga memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan, pada ibu hamil, bayi, kecantikan hingga mengatasi masalah penyakit kanker dan usus. Hingga saat ini belum ditemukan efek samping dari mengkonsumi buah naga, satu-satu efek samping yang terlihat adalah air seni dan feses agak berubah warna kemerah-merahan.

Itulah penjelasan tentang Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan  . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.