35 Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan, Kehamilan dan Kecantikan yang Perlu di Ketahui

Posted on

Manfaat Buah Mangga – Mangga adalah buah yang masuk dalam marga mangifera dari suku Anacardiaceae. Buah yang dikenal dengan rasa asam manisnya ini menjadi salah satu buah favorit masyarakat Indonesia. Selain dimanfaatkan sebagai buah favorit banyak orang, ternyata mangga juga memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan anda. Hal ini terbukti dari banyaknya kandungan nutrisi dan vitamin yang ada dalam buah mangga.

Beberapa kandungan nutrisi yang ada dalam 100 gram daging buah mangga antara lain : Energi 272 kJ (65 kcal), Karbohidrat 17,00 g, Gula 14,8 g, Diet serat 1,8 g, Lemak 0,27 g, Protein 0,51 g, Vitamin A equiv. 38 mg (4%), Beta-karoten 445 mg (4%), Thiamine (Vit. B1) 0.058 mg (4%), Riboflavin (Vit. B2) 0,057 mg (4%), Niacin (Vit. B3) 0,584 mg (4%), Asam pantotenat (B5) 0,160 mg (3%), Vitamin B6 0,134 mg (10%), Folat (Vit. B9) 14 mg (4%), Vitamin C 27,7 mg (46%), Kalsium 10 mg (1%), Besi 0,13 mg (1%), Magnesium 9 mg (2%), Fosfor 11 mg (2%), Kalium 156 mg (3%), Seng 0,04 mg (0%).

Dari banyaknya kandungan nutrisi yang ada pada buah mangga tidak dipungkiri jika banyak juga manfaat yang dapatkan untuk kesehatan tubuh. Untuk mengetahui lebih lengkap tentang manfaat yang didapatkand ari mengkonsumsi buah mangga, berikut ini adalah manfaat dan khasiat buah mangga untuk kesehatand an kecantikan tubuh anda.

Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan

  1. Mengobati Diabetes
    Meskipun memiliki rasa manis alami dalam buahnya, mengkonsumsi mangga dalam jumlah banyak tidak akan meningkatkan kadar gula dalam darah karena mangga memiliki kandungan Glikemik rendah yang tidak membahayakan penderita diabetes.
  2. Mencegah Degenerasi Macula
    Degenerasi macula adalah suatu penyakit yang menyebabkan kehingan penglihatan. Degenerasi macula dapat dicegah dengan rajin mengkonsumsi buah mangga, hal ini didukung oleh adanya kandungan anti oksidan zeaxanthin dalam buah mangga yang mampu menurunkan kerusakan tubuh akibat degenerasi makula.
  3. Mencegah Panyakit Jantung
    Secara rutin mengkonsumsi buah mangga juga bermanfaat baik untuk membantu pencegahan penyakit jantung. Karena dalam buah mangga memiliki banyak kandungan serat, kalium dan vitamin yang merupakan perpaduan baik untuk menyehatkan organ jantung dalam tubuh.
  4. Mencegah Kanker
    Buah mangga memiliki kandungan senyawa seperti antioksidan, quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, asam galat dan methylgallat, serta enzim yang melimpah. Kandungan senyawa tersebut dipercaya sangat baik untuk membantu melindungi tubuh dari potensi munculnya penyakit kanker payudara dan kanker usus besar.
  5. Menjaga kesehatan Tulang
    Buah mangga tinggi akan kandungan vitamin K dan kalsium. Kandungan tersebut berguna untuk menjaga kesehtan tulang dalam tubuh anda. Secara rutin mengkonsumsi buah mangga akan membantu meningkatkan penyerapan kalsium secara optimal sehingga dapat membantu meningkatkan resiko terjadinya patah tulang.
  6. Melancarkan sistem pencernaan
    Buah mangga memiliki banyak kandungan serat. Serat memiliki peranan yang penting untuk melancarkan pencernaan. Untuk anda yang sering mengalami sembelit sangat terbantu dengan rutin mengkonsumsi buah mangga.
  7. Mengobati Anemia
    Kandungan zat besi dalam buah mangga sangat baik untuk dijadikan sebagai solusi mengatasi Anemia.Sehingga tidak heran jika penderita Anemia sering mengkonsumsi buah mangga untuk membantu mengobati penyakit Anemia secara alami.
  8. Mengkontrol kadar kolesterol
    Kolesterol jahat menjadi pemicu munculnya beberapa penyakit kronis, untuk menghindari kolesterol jahat, anda dapat mengkonsumsi buah mangga. Karena buah mangga memiliki kandungan vitamin C dan serat tinggi yang mampu mengkontrol kadar kolesterol dalam tubuh.
  9. Menjaga kesehatan mata
    Buah mangga juga baik untuk menjaga kesehatan mata, karena memiliki kandungan vitamin A. Penderita mata minus akan banyak terbantu dengan banyak mengkonsumsi buah mangga.
  10. Mencegah Asma
    Buah mangga memiliki kandungan beta karoten yang berfungsi sebagai senyawa yang berkhasiat untuk mencegah penyakit asma.
  11. Mengobati Panas Dalam
    Panasnya terik matahari menyebabkan kelelahan otot serta menyebabkan masalah diuretik dan serangan panas dalam sehingga menyebabkan ginjal mengalami kelebihan beban dalam menetralkan racun. Untuk mengatasi hal ini secara alami anda dapat mengkonsumsi jus mangga untuk mendinginkan.
  12. Menormalkan insulin
    Selain buahnya, daunnya juga juga berfungsi membantu menormalkan kadar insulin dalam darah. Selain daunnya, buahnya juga memiliki indeks glikemik rendah sehingga cukup mengkonsumsi mangga tidak berbahaya bagi kadar gula.
  13. Meningkatkan imunitas
    Buah mangga memiliki jumlah vitamin C dan Vitamin A yang cukup tinggi, ditambah dengan 25 jenis karotenid dalam mangga untuk membantu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap sehat.
  14. Meningkatkan performa seksualitas
    Buah mangga memiliki kandungan vitamin E. Kandungan Vitamin E didalamnya diketahui dapat membantu meningkatkan performa dalam hubungan intim.

Manfaat Buah Mangga untuk Ibu Hamil

Mangga mengandung berbagai macam nutrisi yang sangat penting untuk ibu hamil. Beberapa manfaat buah mangga untuk kehamilan antara lain:

  1. Vitamin A berfungsi untuk membentuk sistem kekebalan tubuh yang dibutuhkan lebih banyak pada ibu hamil.
  2. Zat karoten berperan dalam kehamilan terutama untuk mencegah serangan penyakit yang disebabkan karena tubuh ibu hamil lebih rentan terhadap infeksi bakteri dan kuman.
  3. Vitamin A membantu tubuh dalam menjaga kesehatan mata untuk ibu hamil dan perkembangan janin.
  4. Vitamin A meningkatkan pertumbuhan dan kesehatan organ dalam pada janin
  5. vitamin A yang penting untuk menjaga perkembangan organ pada janin seperti mata, ginjal, paru-paru dan tulang.
  6. vitamin B6 yang berperan untuk meningkatkan perkembangan fungsi kognitif pada bayi
  7. Asupan vitamin B6 untuk menjaga agar tubuh tetap sehat, menjaga sistem kekebalan tubuh, dan membantu dalam pembentukan sel-sel darah pada ibu hamil.
  8. Ibu hamil yang rajin mengkonsumsi mangga sejak awal trimester satu akan memiliki resiko yang lebih ringan dari gejala mual, muntah dan lemah.
  9. Vitamin B6 dalam buah mangga juga penting untuk membantu produksi sel darah merah, menjaga perkembangan sistem syaraf bayi dan perkembangan sistem syaraf.
  10. Vitamin B6 dapat menghindarkan bayi atau janin dari cacat mental dan gangguan sistem darah.
  11. Vitamin C menjadi agen penting untuk menolak dan menyerang semua zat atau radikal bebas yang membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin.
  12. Vitamin C menjadi zat yang bisa mencegah penyebab kanker pada ibu hamil dan janin.
  13. Mangga membantu dan perkembangan fungsi sistem syaraf pusat dan kemampuan kognitif bayi.
  14. Mangga juga membantu penyerapan zat besi yang penting untuk pertumbuhan janin dan kesehatan selama kehamilan.

Manfaat Mangga untuk Kecantikan

Mangga memiliki kandungan vitamin C dan vitamin E yang bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan kulit kecantikan, berikut ini adalah beberapa manfaat yang didapatkan dari mangga untuk kecantikan.

  1. Mencerahkan kulit wajah
    Buah mangga memiliki kandungan vitamin A dan Beta karoten yang berfungsi untuk memulihkan, meremajakan kembali sel-sel kulit mati pada wajah.
  2. Mengatasi Komedo
    Manfaat buah mangga untuk kecantikan lainnya adalah untuk mengatasi komedo. Caranya dengan membuat scrub mencampurkan 1 sdm daging mangga, 1 sdm susu cair plain, dan sedikit madu hingga menjadi pasta, lalu gosokkan keseluruh wajah dengan gerakan melingkar. Scrub ini dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan mengatasi komedo.
  3. Mencegah penuaan dini
    Kandungan antioksidan pada buah mangga juga bermanfaat untuk membantu melawan tanda penuaan dini seperti mengatasi pigmentasi dan keriput serta melindungi kulit dari radikal bebas.
  4. Mencerahkan kulit akibat paparan sinar UV
    Vitamin A dan Vitamin C pada buah mangga juga memiliki fungsi penting untuk membantu mengembalikan kondisi kulit akibat terbakar matahari.
  5. Sebagai masker kulit sensitif
    Untuk anda yang memiliki kulit sensitif, and adapat mengunakan masker yang berbahan dasar buah mangga dengan campuran oatmeal, susu dan madu. Masker tersebut akan membuat kulit wajah anda menjadi lebih lembut dan segar namun tidak akan menimbulkan reaksi alergi.
  6. Mengatasi Jerawat
    Selain berfungsi untuk meremajakan kulit, kandungan vitamin A yang dijadikan sebagai sumber antioksidan dan betakaroten juga berfungsi untuk membantu mengatasi jerawat.
  7. Mengecilkan pori-pori
    Antioksidan dalam mangga membantu meremajakan sel-sel kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan membantu membersihkan pori-pori sehingga tidak membesar dan jadi sarang bakteri.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan, Kehamilan dan Kecantikan yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..