39 Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Perlu diketahui

Posted on

Manfaat Buah Duku – Buah duku adalah salah satu anggota suku Meliaceae. Duku merupakan buah asli dari Asia Tenggara termasuk Malaysia, Thailand, Filipina dan Indonesia. Tanaman jenis ini memiliki banyak varian, namun secara garis besar dapat dibedakan menjadi tiga golongan yaitu Duku, Kokosan, dan Langsat.

Dari ketiga golongan tersebut, yang paling dikenal banyak orang adalah Duku karena memiliki rasa manis asam dan sampai saat ini masih tetap eksis. Selain karena rasanya yang manis, buah duku cenderung memiliki daya tahan yang lama sehingga dapat dijadikan sebagai komoditas ekspor. Karena itulah penyebaran buah duku sangat cepat dan menjadi lebih banyak dikenal orang dibandingkan dengan varian lainnya.

Buah duku memiliki bentuk bulat kecil dengan warna pucat. Meskipun memiliki ukuran kecil, manfaat buah duku tidak bisa dianggap remeh. Sama seperti jenis buah tropis lainnya, buah duku juga kaya akan kandungan anti-oksidan yang didapatkan dari vitamin B, vitamin C dan beberapa jenis mineral penting bagi tubuh. Hal ini dibuktikan dari kandungan nutrisi yang ada pada 100 gram buah duku berikut ini.

Informasi gizi dan Nilai gizi

  • Kalori 63 kkal
  • Protein 1.0 gram
  • Serat 1.0 gram
  • Lemak 0,2 gram
  • Karbohidrat 13 gram
  • Kalsium 18 mg
  • Fosfor 9 mg
  • Zat besi 0,9 mg
  • Mineral lain  0,7 gram
  • Vitamin A 0 IU
  • Vitamin B1 (Thiamin) 0,05 mg
  • Vitamin C  9 mg
  • Vitamin B2 (Riboflavin)  –

Dari banyaknya kandungan nutrisi diatas, berikut ini adalah manfaat yang bisa didapatkan dari buah duku.

Manfaat Buah Duku

1. Sumber Anti-oksdian
Buah duku memiliki kandungan vitamin C yang berperan juga sebagai anti-oksidan. Anti-oksidan merupakan nutrisi yang berfungsi untuk menghindari tubuh dari berbagai kerusakan akibat radikal bebas serta membantu tubuh agar terhindar dari kerusakan akibat polusi maupun zat beracun.

2. Sumber vitamin A
Buah duku juga banyak mengandung vitamin A. Fungsi vitamin A dalam tubuh sangat banyak, salah satunya sebagai vitamin untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A juga termasuk dalam golongan vitamin larut lemak yang meliputi  karotenoid dan retinol. Karoten pada buah duku termasuk antioksidan yang dapat menangkal segala radikal bebas.

3. Sumber vitamin B
Selain vitamin A dan C, buah duku juga memiliki kandungan vitamin B yaitu  vitamin B2 (riboflavin) dan vitamin B1 (Thiamin).  Riboflavin berfungsi untuk membantu tubuh dalam melepaskan karbohidrat dan energi, sedangakn Thamin befungsi membantu memecah gula pada tubuh serta mendukung pertumbuhan tubuh dan memproduksi sel darah merah.

4. Sumber Serat
Serat adalah salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh karena memiliki fungsi yang sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan. Duku memiliki 2 gram serat dari 100gram buahnya. Makanan tinggi serat juga mampu membantu tubuh terhindar dari serangan jantung serta baik untuk mengatasi sembelit.

5. Menguatkan sistem imun
Buah duku juga bermanfaat alami untuk memperkuat sistem imun tubuh, karena buah duku memiliki kandungan vitamin C yang penting untuk imunitas. Dengan sistem imunitas yang kuat , tubuh tidak akan mudah terserang penyakit seperti serangan flu, demam, batuk dan sebagainya.

6. Sebagai sumber energi alami
Manfaat selanjutnya dari buah duku adalah sebagai sumber energi untuk proses metabolisme tubuh. Hal ini dikarenakan buah duku memiliki kandungan kalori dan karbohidrat yang berperan penting pada proses pembakaran energi.

7. Melancarkan sistem pencernaan
Buah duku memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga ampuh untuk membantu melancarkan sistem pencernaan.

8. Membantu menurunkan berat badan
Buah duku merupakan salah satu jenis buah yang ampuh untuk membantu membatasi asupan kalori yang berlebih. Kandungan karbohidrat dalam duku juga memberikan efek lebih mengenyangkan lebih lama sehingga mampu mengkontrol napsu makan anda.

9. Membantu proses penyembuhan dengan cepat
Buah duku memiliki sifat antioksidan yang bermanfaat baik untuk mecegah radikal bebas pembawa virus dan bakteri penyebab penyakit. Antioksidan tersebut juga berfungsi memerangi penyakit umum juga membangun kekuatan tubuh yang sedang sakit.

10. Mencegah penuaan dini
Salah satu faktor penyebab penuaan dini adalah pengaruh radikal bebas. Buah duku kaya akan vitamin C yang juga bermanfaat baik untuk membantu tubuh terhindar dari radikal bebas.

11. Memperkuat tulang gigi
Manfaat selanjutnya dari buah duku adalah untuk membantu memperkuat tulang gigi karena buah duku memiliki kandungan fosfor. Mengkonsumsi buah duku akan menjadikan gigi menjadi lebih kuat.

12. Menjaga kesehatan gusi
Kesehatan gusi akan terjaga dengan baik jika tubuh tercukupi vitamin C. Buah duku tinggi kandungan vitamin C sehingga sangat tepat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan gusi.

13. Mengendalikan kadar kolesterol
Bagi penderita kolesterol, mengkonsumsi buah duku dapat membantu pengendalian kadar kolesterol dalam tubuh. Metabolisme kolesterol pada tubuh akan menjadi asam empedu.

14. Mengobati Diare dan Demam
Manfaat selanjutnya dari buah duku adalah untuk membantu mengatasi masalah diare dan demam. Cara mengatasinya dalah dengan, menumbuk biji buah duku sampai halus lalu campurkan dengan air dan minum satu kali sehari.

15. Pengusir nyamuk
Selain buahnya, kulit buah duku juga bermanfaat untuk membantu mengusir nyamuk dan serangga. Cara mengusir nyamuk dengan kulit buah duku adalah dengan membakar kulit buah duku ketika akan digunakan sebagai pengusir nyamuk dan serangga.

16. Merawat kesehatan kuku
Jaman dulu wanita melakukan perawatan kuku dengan menggunakan daging buah duku yang dihancurkan menggunakan kuku. Cara tersebut dinilai efektik untuk membersihkan kotoran yang terselip dalam kuku serta membuat kuku menjadi lebih kuat.

17. Menjaga kesehatan kulit
Buah duku juga memiliki kandungan vitamin E yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit tubuh seperti

  • Mencegah munculnya keriput pada wajah
  • Menghaluskan kulit
  • Melembutkan kulit
  • Melindungi kulit terkena paparan sinar UV
  • Membantu mempercepat penyembuhan luka

18. Manfaat lain dari buah duku

  • Sebagai obat alami cacingan
  • Menjaga kelembaban rambut secara alami
  • Mencegah munculnya jerawat pada wajah

pada umumnya buah duku dikonsumsi secara langsung. Meskipun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, anda tetap mengkontrol jumlah yang dikonsumsi karena terlalu banyak mengkomsumsi buah duku tidak bagus untuk kesehatan lambung.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan dan Kecantikan yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..