37 Manfaat Buah Delima Untuk Kesehatan, Kehamilan, Kecantikan, Wanita dan Pria Dewasa yang Penting diketahui

Posted on

Manfaat Buah Delima Untuk Kesehatan, Kehamilan, Kecantikan, Wanita dan Pria Dewasa – Delima adalah tanaman buah yang berasal dari Iran yang pada umumnya sering ditemukan di daerah beriklim tropis. Buah delima dikenal memiliki 3 macam jenis yaitu delima putih, delima merah dan delima ungu. Tanaman ini biasanya diperbanyak dengan cara melakukan steak, tunas akar atau cangkok. Buah delima sering ditanam sebagai tanaman hias, tanaman buah atau tanaman obat bagi banyak orang. Delima memiliki rasa yang segar sehingga sering dijadikan sebagai campuran untuk rujak buah, salad maupun minuman buah. Selain memiliki rasa yang segar, buah delima juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Beberapa nutrisi yang terkandung dalam per 1 buah delima (292g) antara lain:

Kalori 234 (980 kj)

  • karbohidrat 191 (800 kj)
  • lemak 27.6 (116 kj)
  • protein 15.8 (66.2 kj)
    NOTE : KJ (Kilo Joules)

Protein 4.7 g (9%)

Total karbohidrat 52.7 g (18%)

  • serat makanan 11.3 g (45%)
  • gula 38.5 g

Vitamin

  • Vitamin C 28.8 mg (48%)
  • Vitamin E 1.7 mg (8%)
  • Vitamin K 46.2 mcg (58%)
  • Thiamin 0,2 mg (13%)
  • Riboflavin 0,1 mg (9%)
  • Niasin 0,8 mg (4%)
  • Vitamin B6 0,2 mg (11%)
  • Folat 107 mcg (27%)
  • Makanan Folat 107 mcg
  • Asam folat 0.0 mcg
  • Aset Folat Setara 107 mcg
  • Asam pantotenat 1.1 mg (11%)
  • Kolin 21.4 mg

Mineral

  • Kalsium 28.2 mg (3%)
  • Zat Besi 0,8 mg (5%)
  • Magnesium 33.8 mg (8%)
  • Fosfor 102 mg (10%)
  • Kalium 666 mg (19%)
  • Sodium 8.5 mg (0%)
  • Seng 1.0 mg (7%)
  • Tembaga 0.4 mg (22%)
  • Mangan 0,3 mg (17%)
  • Selenium 1.4 mcg (2%)

Dari banyaknya nutrisi dan vitamin yang ada pada buah delima, tidak heran jika buah delima memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Untuk mengetahuinya, berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari buah delima.

Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan

  1. Mencegah perkembangan sel kanker
    Buah delima tinggi akan kandungan zat antioksidan, vitamin A, vitamin C dan zat besi yang bermanfaat untuk membantu melawan radikal bebas seperti menghentikan kerusakan sel yang biasanya menjadi salah satu penyebab munculnya perkembangan sel kanker, terutama pada kanker prostat, kanker payud*ra dan kanker paru-paru.
  2. Mencegah penyakit jantung
    Buah delima meiliki kandungan antioksidan yang baik untuk membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL), dan meningkatkan kolesterol baik(HDL) . Dengan demikian akan meningkatkan aliran darah ke jantung, sehingga membuat jantung tetap sehat.
  3. Menjaga sistem Imunitas
    Buah delima memiliki 15% kandungan vitamin C dari kebutuhan harian tubuh. Vitamin C memiliki peranan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan sistem kekealan tubuh. Konsumsi buah delima untuk tetap menjaga sistem imunitas tubuh anda.
  4. Menyehatkan kulit
    Kandungan vitamin C pada buah delima memiliki fungsi yang baik untuk membantu memproduksi kolagen untuk kulit sehat. Antioksidan pada buah deliam juga memiliki peran baik untuk melindungi kulit dari dari polusi, serta mencegah penuaan dini dan kanker kulit.
  5. Menyehatkan Arteri
    Mengkonsumsi buah delima setiap hari bermanfaat untuk membantu memikisi plak yang ada dalam arteri. Arteri yang sehat berdampak baik pada kesehatan jantung, tekanan darah tinggi dan penyakit stroke.
  6. Mengontrol tekanan darah
    Konsumsi jus buah delima setiap hari bermanfaat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi hingga 5%, hal tersebut merupakan cara terbaik dan sekaligus menjaga kesehatan seluruh tubuh.
  7. Mengontrol berat badan
    Buah delima memiliki kandungan antioksidan yang bagus untuk membantu mengendalikan berat badan. Dengan memasukkan buah delima kedalam menu diet harian anda dapat membantu menghilangkan kalori ekstra dalam tubuh.
  8. Mencegah penyakit alzheimer
    Dengan mengkonsumsi buah delima setiap hari dapat membantu mencegah penyakit alzheimer, sedangkan untuk penderita alzheimer buah delima bekerja untuk memperlambat perkembangannya. Hal ini bermanfaat baik untuk membantu meningkatkan otak dan membantu melakukan kegiatan sehari-hari dengan baik.
  9. Mencegah Kanker Prostat
    Mengkonsumsi jus delima sebanyak 227 ml perhari bermanfaat baik untuk memperlambat perkembangan sel kanker prostat yang biasa terjadi pada pria.
  10. Merawat kesehatan gigi
    manfaat selanjutnya dari mengkonsumsi jus delima adalah untuk membantu menyehatkan gigi. Hal ini dikarenakan buah delima memiliki kandungan antibakteri dan antivirus yang membantu mengurangi efek plak gigi dan melindungi berbagai penyakit pada mulut.
  11. Mengatasi gangguan pada perut
    Selain jus buah delima yang bermanfaat baik utnuk menangani masalah disentri dan kolera. Daun buah delima juga dapat dimanfaatkan untuk dijadikan teh yang bermanfata untuk mengatasi gangguan pencernaan.
  12. Menghindari Anemia
    Buah delima memiliki kandungan zat besi yang bermanfaat baik untuk membantu gejala Anemia seperti kelelahan, pusing, kelemahan dan gangguan pendengaran.
  13. Mencegah Osteoarthritis
    Osteoarthritis adalah kerusakan yang disebabkan karena adanya penebalan dan pengerasan dinding arteri, tulang rawan dan persendian. Untuk membantu penyembuhan secara alami dapat mengunakan jus delima. Buah delima mampu mencegah pembentukan enzim yang bertanggung jawab terhadap jaringan ikat dalam tubuh.
  14. Mengobati Cacingan
    Kulit delima (dadat) dapat mengobati sakit perut karena cacingan, disentri, diare, wasir berdarah, muntah darah, batuk darah, pendarahan rahim, radang tenggorokan, radang telinga, keputihan, dan nyeri lambung.
  15. Mengatasi radang gusi, pendarahan dan bronkitis
    Bunga delima dapat mengobati radang gusi, pendarahan, dan bronkitis. Caranya dengan cuci 7 kuntum bunga delima lalu rebus dengan segelas air bersih sampai mendidih. Setelah dingin, saring dan gunakan untuk kumur-kumur.
  16. Mengatasi sariawan
    Buah delima juga bermanfata untuk membantu mengatasi sariwan, yaitu dengan menumbuk daging delima lalu campurkan satu gelas air lalu saring. Gunakan sarinya untuk obat kumur 2-3 kali sehari, lakukan sampai sembuh.
  17. Mengatasi Tenggorokan Kering
    Buah ini juga bisa digunakan untuk megnatasi tenggorokan kering dan suara serak. Caranya ambil sebuah delima segar, belah, dan ambil isinya. Kunyah, lalu buang bijinya. Lakukan 2–3 kali sehari.

Manfaat Buah Delima untuk Kecantikan

Ekstrak buah delima sering dimasukkan kedalam berbagai jenis produk kecantikan dan perawatan kulit. Hal ini dikarenakan dalam buah delima memiliki kandungan nutrisi menyehatkan seperti zat Antioksidan, antimikroba, anti inflamasi dan antipenuaan dini yang memang bagus untuk kecantikan kulit. Berikut ini beberapa manfaat buah delima untuk kecantikan, antara lain:

  1. Menyehatkan kulit
    Buah delima memiliki senyawa yang bekerja untuk menghentikan enzim yang menghambat kolagen, sehingga mampu menjaga kesehatan kulit. Kolagen adalah komponen dasar kulit yang membuat kulit tetap terjaga kelembutan, tetap halus dan kencang. Dengan kolagen yang baik maka akan membantu pertumbuhan fibroplasts yaitu sel-sel yang memproduksi elastin dan serat untuk mejaga kulit tetap halus dan lentur. Buah delima juga memiliki kemampuan untuk merangsang proliferasi keratinosit yaitu sel yang membentuk lapisan terluar dari kulit.
  2. Meregenerasi kulit
    Delima memiliki kemampuan untuk melindungi epidermis (lapisan luar kulit) serta memfasilitasi regenerasi kulit di epidermis yang biasanya menjadi penyebab kerusakan kerusakan pada kulit. Buah delima juga memiliki manfaat untuk membantu antioksidan alami untuk tubuh yang juga membantu meregenerasi sel kulit, meningkatkan sirkulasi darah, dan membantu memperbaiki jaringan luka serta penyembuhan luka.
  3. Mengatasi jerawat
    Delima tinggi akan kandungan vitamin C yang juga berfungsi untuk mengatur sebum, yaitu zat berminyak yang disekresikan oleh kulit yang merupakan akar penyebab timbulnya jerawat. Mengoleskan pasta buah delima pada daerah yang terkena jerawat dapat mencegah jerawat dan menghilangkan bekasnya dengan menumbuhkan jaringan baru.
  4. Mengatasi kulit kering
    Buah delima memiliki kandungan asam punicic (asam lemak omega 5) yang bermanfaat untuk membantu melembabkan kulit kering, pecah-pecah dan mengatasi iritasi kulit.
  5. Mengatasi kulit berminyak
    Manfaat buah delima lainnya untuk kecantikan adalah baik untuk mengatasi masalah kulit berminyak. Karena itulah buah delima sering dijadikan salah satu komponen dalam poduk perawatan yang bertujuan untuk mengatasi kulit berjerawat, mengurangu jaringan parut, dan mengatasi kulit iritasi ringan.
  6. Mencegah penuaan dini
    Buah delima memiliki antioksidan tinggi yang bermanfaat baik untuk meremajakan kulit dan membantu mencegah terjadinya penuaan dini. Buah delima juga bermanfaat untuk memperbaiki kerusakan kulit, sehingga kulit akan tampak lebih muda dan sehat.
  7. Melindungi kulit dari sinar UV
    Selain untuk mencegah penuaan dini, anti-oksidan pada buah delima juga bermanfaat baik untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang menjadi ancaman kerusakan radikal bebas yang manjadi salah satu penyebab perkembangan sel kanker kulit.
  8. Mengobati luka dan radang kulit
    Buah delima memiliki kandungan polifenol yang memiliki sifat anti inflamasi. Hal tersebut bermanfaat baik untuk mempercepat proses penyembuhan luka seperti pada luka goresan. Mengkonsumsi buah delima, serta menerapkan ekstrak atau minyak biji delima akan mempercepat penyembuhan kulit luka dan infeksi. Selain itu, luka yang diobati tidak meninggalkan bekas setelah sembuh.
  9. Mengencangkan kulit
    Buah delima memiliki nutrisi yang baik untuk memproduksi kolagen yang mengencangkan kulit dan mencegah pembentukan garis-garis halus serta kerutan. Selain itu mengkonsumsi jus delima bermanfaat baik untuk mencerahkan warna kulit dan membuat kulit cerah merata.

Manfaat Buah Delima untuk Pria

Secara umum buah delima memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantika, selain itu buah delima juga memiliki manfaat bagi kaum pria. Konsumsi jus delima secara rutin untuk mendapatkan beberapa manfaatnya berikut ini, seperti:

  1. Mengurangi resiko kanker prostat
    Mengkonsumsi jus delima juga bermanfaat untuk membantu mengurangi resiko kanker prostat. Hal ini berdasarkan sebuah penilitian yang dipimpin oleh M. Young Hong dalam sebuah laporan Jurnal Nutrisi Biokimia. Para peneliti menemukan senyawa dalam buah delima yang mampu menginduksi apoptosisi atau membunuh sel kanker pada kanker prostat. Senyawa tersebuut adalah punicalagins dan punicalins dalam jus delima dapat menghambat penyebaran sel kanker prostat.
  2. Meningkatkan kualitas sp3rma
    Pada sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Jurnal Nutrisi Klinis pada tahun 2008, jus buah delima bisa jadi memiliki khasiat yang sangat baik bagi kualitas kesehatan sp3rma. Selain itu jus buah delima juga dapat meningkatkan produksi antioksidan (katalase dan glutathione), yang bertugas melindungi sp3rma dari kerusakan.
  3. Mengatasi masalah disfungsi 3reksi
    Pada penelitian yang dilaporkan dalam Jurnal Penelitian Impotensi Internasional pada tahun 2007, terdapat sebuah hasil bahwa mereka yang mengkonsumsi jus delima murni selama 8 minggu mengalami peningkatan pada indeks fungsi 3reksi.
  4. Meningkatkan L1bido
    Sebuah penelitian dari Queen Margaret University di Edinburgh, menyebutkan bahwa jus delima memiliki fungsi sebagai afrodiak alami dan membantu meningkatakn gairah seksual pada pria. Dengan mengkonsumsi jus delima selama 15 hari secara rutin mampu menunjukkan peningkatan hormon testosteron yang membuat l1bido meningkat.
  5. Mengatasi ejakulasi dini
    Selain berfungsi untuk meningkatkan aliran darah ke alat vital, kandungan nitrat dalam jus delima juga berfungsi untuk mengurangi stress aksidatif yang menjadi penyebab ejakulasi dini. Untuk mencegahnya anda dapat mengkonsumsi jus delima secara rutin.

Manfaat Buah Delima untuk Wanita

Tak hanya menyehatkan, delima bisa membantu meningkatkan kesuburan dan membantu saat kehamilan. Delima diperkaya vitamin yang dibutuhkan untuk meningkatkan kesuburan. Berikut ini beberapa manfaat yang ada pada buah delima untuk wanita, antara lain:

  1. Meningkatkan aliran darah ke Rahim
    Buah delima dikenal dengan tinggi antioksidan. Antioksidan tersebut dipercaya memiliki pengaruh untuk meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Untuk wanita, antioksidan bermanfaat baik untuk membantu meningkatkan dan melancarkan aliran darah ke rahim. Hal tersebut menunjukkan pada wanita yang sering mengkonsumsi jus delima memiliki peningkatan presentasi kehamilan.
  2. Menguatkan dinding rahim
    Mengkonsumsi jus delima secara rutin juga bermanfaat baik untuk membuat dinding rahim menjadi lebih kuat. Dinding rahim yang kuat akan membuat ibu lebih siap untuk menjalani kehamilan selama 9 bulan serta menurunkan kemungkinan terjadinya keguguran.
  3. Mencegah kerusakan otak pada janin
    Masa perkembangan otak pada janin dalam rahim membutuhkan nutrisi yang harus selalu diperhatikan perkembangannya, salah satu nutrisi yang baik untuknya adalah folat. Buah delima memiliki kandungan folat yang baik untuk perkembangan otak janin. Sehingga ibu hamil perlu mengkonsumsi jus delima untuk masa perkembangan janin dalam rahimnya.
  4. Meningkatkan produksi eritrosit
    Eritrosit adalah sel darah merah yang menjadi bagian penting dalam tubuh. Eritrosit juga penting bagi perkembangan janin untuk membantu pertumbuhan sumsum tulang belakang. Konsumsi jus delima untuk membantu meningkatkan eritrosit dalam tubuh.
  5. Mencegah depresi
    Ibu hamil biasanya sering merasa depresi dan emosi, untuk membantu mengatasinya anda dapat mengkonsumsi jus delima. Buah delima memiliki kandungan asam folat yang berguna untuk menenangkan ibu hamil.
  6. Membantu perkembangan janin
    Janin dalam rahim memerlukan asupan nutrisi yang berguna untuk membantu perkembangannya. Dalam buah delima miliki kandungan yang baik untuk membantu perkembangan janin dalma rahim, untuk itu ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi jus delima agar perkembangan janin menjadi lebih maksimal.

Meskipun buah delima memiliki banyak sekali manfaat, hal terpenting yang harus selalu diingat adalah bahwa mengkonsumsi terlalu banyak sesuatu akan berdampak tidak baik untuk kesehatan. Hal tersebut juga berlaku pada buah delima.

Untuk wanita hamil, terlalu banyak mengkonsumsi buah delima juga berdampak buruk pada kesehatan janin. Seperti terjadinya keguguran setelah terlalu banyak mengkonsumsi buah delima, yang memiliki ciri-ciri terjadi kram pada bagian perut bagian rahim. Selalu konsultasikan kesehatan kehamilan anda pada dokter ahli.

Selain mengkonsumsi buah delima, anda juga harus terus menjaga pola hidup dan pola makan yang sehat.  Demikianlah pembahasan singkat tentang Manfaat Buah Delima Untuk Kesehatan, Kehamilan, Kecantikan, Wanita dan Pria Dewasa yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..