45 Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan, Kehamilan dan Kecantikan yang Perlu Anda Ketahui

Posted on

Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan, Kehamilan dan Kecantikan – Apel adalah jenih tumbuhan buah yang awalnya berasal dari Asia Tenggara, namun saat ini sudah berkembang di banyak daerah di Dunia yang memiliki suhu udara dingin. Memiliki nama latin Malus domestica, buah yang khas dengan warna merah cantik dan rasa asam manis ini memiliki banyak kandungan nutrisi dan vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan serta kecantikan. Apel adalah jenih tumbuhan buah yang awalnya berasal dari Asia Tenggara, namun saat ini sudah berkembang di banyak daerah di Dunia yang memiliki suhu udara dingin. Memiliki nama latin Malus domestica, buah yang khas dengan warna merah cantik dan rasa asam manis ini memiliki banyak kandungan nutrisi dan vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan serta kecantikan.

Beberapa nutrisi yang terkandung dalam 100 gram buah apel antara lain: Energi 218 kJ (52 kcal), Karbohidrat (13.81 g), Gula (10.39 g), Serat pangan (2.4 g), Lemak (0.17 g),  Protein (0.26 g), Air (85.56 g), Vitamin A equiv. 3 μg (0%), Tiamina (Vit. B1) 0.017 mg (1%), Riboflavin (Vit. B2) 0.026 mg (2%), Niasin (Vit. B3) 0.091 mg (1%), Asam Pantotenat (B5) 0.061 mg (1%), Vitamin B6 0.041 mg (3%), Folat (Vit. B9) 3 μg (1%), Vitamin C 4.6 mg (8%), Kalsium 6 mg (1%), Besi 0.12 mg (1%), Magnesium 5 mg (1%), Fosfor 11 mg (2%), Kalium 107 mg (2%), Zink 0.04 mg (0%).
Meskipun jika dibandingkan dengan jenis sayuran dan jenis buah lainnya, buah apel tidak memiliki banyak vitamin C namun buah apel memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Meskipun demikian tidak mengurangi manfaat yang ada dalam buah apel untuk kesehatan.

Ketahui lebih lengkap tentang manfaat yang didapatkan dari mengkonsumsi buah apel, berikut ini adalah manfaat dan khasiat buah apel untuk kesehatan dan kecantikan tubuh anda.

Manfaat Buah Apel untuk kesehatan

  1. Menangkal Radikal Bebas
    Kulit buah apel memiliki senyawa yang memproduksi zat kuersetin. Zat kuersetin adalah jenis zat yang berfungsi untuk menangkal serangan radikal bebas serta membantu melawan penuaan dini.
  2. Mengurangi resiko kanker
    Buah apel memiliki manfaat yang baik untuk mencegah serangan kanker, hal ini dikarenakan buah apel memiliki kandungan flavonoid yang bermanfaat unutk mengangkal berbagai jenis serangan kanker yang sewaktu-waktu dapat menyerang tubuh anda.
  3. Mencegah kolesterol jahat dalam tubuh
    Apel juga memiliki manfaat yang baik untuk mencegah kolesterol jahat dalam tubuh sehingga sangat baik dikonsumsi untuk mencegah terjadinya serangan jantung dan membantu menurunkan tekanan darah.
  4. Mencegah Diabetes
    Apel memiliki kandungan senyawa fenolik yang baik dikonsumsi untuk membantu mencegah terjadinya kenaikan kadar gula darah yang menyebabkan penyakit diabetes.
  5. Mencegah sembelit dan diare
    Buah apel memiliki kandungan serat tinggi yang mampu membantu melancarkan sistem pencernaan, sehingga dapat membantu mengatasi masalah sembelit maupun masalah diare.
  6. Mencegah dehidrasi
    Apel memiliki 85% kandungan air yang bermanfaat sangat baik untuk mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. KOnsumsi buah apel ketika tubuh mulai kehilangan banyak cairan.
  7. Menjaga sistem imunitas
    Buah apel memiliki kandungan antioksidan bernama quercetin yang bermanfaat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan imun agar tubuh tidak mudah terserang virus penyebab penyakit.
  8. Menjaga kesehatan mata
    Rutin mengkonsumsi buah apel setiap hari dapat berperan besar untuk mencegah datangnya berbagai gangguan kesehatan mata salah satunya katarak.
  9. Melindungi Tulang
    Apel memiliki kandungan zat flavanoid yang biasa disebut dengan phloridzin, zat tersebut dapat melindungi kaum wanita pasca menopause yang disebabkan oleh osteoporosis. Selain itu juga terdapat zat boron yang dapat membantu untuk meningkatkan massa pada tulang yang dapat menjadikan tulang lebih kuat.
  10. Menyembuhkan asma
    Mengkonsumsi buah apel secara rutin dapat membantu mengobati dan menyembuhkan penyakit asma secara alami.
  11. Mencegah Al-zheimer
    Apel memiliki kandungan quercetin . Kandungan quercetin dapat melindungi otak dari serangan radikal bebas yang dapat memicu terkena penyakit Al-zheimer.
  12. Menurunkan berat badan
    Apel menjadi salah satu jenis buah yang sering disarankan untuk dikonsumsi oleh pada pecinta Diet. Buah apel cenderung memiliki banyak kandungan air dan mengenyangkan sehingga akan membuat anda tetap merasa bugar meskipun sedang melakukan diet.
  13. Mencegah penyakit batu empedu
    Penyakit batu empedu terbentuk akibat empedu terlalu banyak menyimpan kolesterol sehingga mengalami pengerasan, hal ini sering terjadi pada orang yang memiliki kelebihan berat badan. Cara untuk mencegah penghambatan batu empedu biasanya dokter menyarankan penderita untuk melakukan diet tinggi serta agar kolesterol jahat dapat terkontrol. Hal ini berpengaruh pada buah apel yang memiliki banyak kandungan serat sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi oleh penderita batu empedu.
  14. Menetralkan Irritable Bowel Syndrome
    Irritable Bowel Syndrome adalah kondisi medis yang diindikasikan dengan nyeri perut dan kram, serta ada perubahan pola buang air besar. Erat pula terhadap diare dan sembelit. Sehingga saran paling utama dari dokter adalah agar pasien mencukupi asupan tinggi serat seperti yang ada pada buah apel.
  15. Mendetoksifikasi Racun dalam Tubuh
    Sisa makanan dan minuman yang dibiarkan menumpuk dalam hati akan menyisakan racun yang akan merusak fungsi hati bahkan berpengaruh pada oragn tubuh lainnya. Langkah mudah untuk membuang racun-racun tersebut dalam tubuh adalah dengan rutin mengkonsumsi buah tinggi akan kandungan vitamin, mineral dan serat. Buah apel merupakan salah satu jenis buah yang memiliki berbagai kandungan nutrisi yang baik dikonsumsi untuk proses detoksifikasi racun dalam tubuh.
  16. Mencegah Parkinson
    Parkinson adalah penyakit yang ditandai dengan adanya gangguan memproduksi dopamin untuk sel-sel saraf otak. Para ilmuwan telah menghubungkannya dengan kekuatan antioksidan yang berfungsi melawan berbagai jenis radikal bebas. Buah apel memiliki kandungan serat tinggi dan antioksidan yang baik untuk membantu menangkal radikal bebas.
  17. Mencegah dan mengobati Anemia
    Anemia adalah kondisi kekurangan hemoglobin, untuk membantu meningkatkannya dibutuhkan asupan zat besi. Buah apel memiliki kandungan nutrisis yang sangat baik untuk memulihkan dan mengembalikan kondisi tubuh agar terhindar dari anemia.
  18. Mencegah Wasir
    Wasir disebabkan oleh banyaknya tekanan pada daerah panggul dan dubur. Mengkonsumsi buah apel secara rutin dapat berpengaruh baik untuk mengurangi mengejan terlalu berat serta meringankan penyakit wasir. Hal ini dikarenakan buah apel memiliki banyak kandungan serat.

Manfaat Buah Apel Untuk Kecantikan

Selain banyak bermanfaat untuk kesehatan, buah apel juga baik untuk mengatasi eberbagai masalah kecantikan. Hal ini karena dalam buah apel memiliki banyak kandungan vitamin A, vitamin C, Zat besi, mineral dan antioksidan yang baik untuk kecantikan. Untuk mendapatkan manfaat kecantikan dari buah apel anda hanya perlu mengkonsumsi buah apel secara langsung atau membuatnya menjadi scrub dan masker untuk wajah. Inilah beberapa manfaat yang dapat anda rasakan dari buah apel untuk kecantikan.

  1. Mengatasi masalah jerawat
    Gunakan masker parutan buah apel dengan beberapa tetes madu lalu oleskan pada wajah secara merata selama 15 menit hingga mengering dan bilas hingga bersih.
  2. Mengatasi wajah berminyak
    Gunakan masker dari buah apel yang dihaluskan dengan diberi beberapa tetes air jeruk nipis lalu oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama 10 menit setelah itu bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini satu minggu sekali agar kulit wajah tidak menjadi kering.
  3. Mengatasi kulit sensitif
    Gunakan masker dari buah apel dan buah pisang yang di haluskan hingga membentuk seperti pasta lalu oleskan secara merata pada wajah lalu diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat.
  4. Mencerahkan kulit wajah
    Gunakan masker buah apel yang dihaluskan dengan ditambahkan 1 sdm oatmeal dan 1 sdm madu lalu aduk hingga rata dan oleskan merata pada kulit wajah Anda, biarkan saja selama 25 menit agar hasilnya maksimal. Setelah itu baru dibilas menggunakan air bersih.
  5. Melembabkan kulit
    Gunakan masker buah apel yang dicampurkan dengan beberapa tetes gliserin lalu oleskan masker apel tersebut pada wajah dan leher secara merata dan biarkan saja selama 20 menit, baru setelah itu dibilas menggunakan air bersih.
  6. Menghilangkan kerutan
    Gunakan masker dari apel dan oleskan pada bagian kulit wajah secara rutin untuk membantu menghilangkan kerutan di wajag.
  7. Menghilangkan noda hitam
    Untuk menghilangkan noda hitam diwajah anda hanya perlu melakukan perawatan dengan menggunakan masker buah apel tanpa harus merogoh kantong dengan budget yang tinggi.
  8. Menghilangkan kantung mata
    Untuk menghilangkan kantung mata tau mata panda anda dapat mengunakan ampas dari bauh apel lalu tempelkan pada bagian bawah mata secara rutin.
  9. Membersihkan pori-pori wajah
    Pori-pori wajah yang bersih akan membuat kulit wajah menjadi lebih bersinar. Gunakan scrub dari parutan buah apel lalu gosokkan secara melingkar pada seluruh bagian wajah dengan merata.
  10. Mengangkat sel-sel kulut mati
    Buah apel memiliki kandungan Alpha Hidroxy Acid ( AHA), yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati yang ada pada wajah anda. Jika perawatan ini anda gunakan secara berangsur-angsur maka sel kulit mati akan bersih. Agar maksimal gunakan masker buah apel 3 kali seminggu secara rutin.
  11. Mengatasi masalah rambut dan kulit kepala
    Selaian untuk kecantikan wajah, buah apel juga baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan rambut,seperti untuk mengatasi ketombe, rambut lepek, rambut rontok dan menjaga kelembaban kulit kepala.
  12. Memutihkan Gigi
    Sering mengkonsumsi buah apel bermanfaat juga untuk menjaga kesehatan gigi dan memutihkan gigi secara alami dan terbukti ampuh.

Manfaat Buah Apel untuk Kehamilan

Kondisi ibu hamil harus selalu diperlakukan istimewa, hal ini bertujuan untuk memaksimalkan asupan nutrisi bagi ibu dan janin yang dikandungnya dalam kondisi baik setiap harinya. Masa kehamilan adalah masa yang sangat rentan sekali terkena berbagai penyakit ringan maupun berat. Namun hal tersebut dapat dicegah dengan mengkonsumsi buah apel. Buah apel memiliki banyak kandungan nutrisi dan vitamin yang juga berperan baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Kandungan nutrisi dan vitamin terutama pada apel hijau yang mengandung vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan C. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang didapatkan dari mengkonsumsi buah apel bagi ibu hamil, antara lain:

  1. Mengatasi sembelit dan diare pada ibu hamil
    Buah apel memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil yang biasanya mengalami masalah pencernaan.
  2. Mengurangi pembengkakan pada tubuh
    Ibu hamil biasanya akan mengalami pembengkakan pada beberapa bagian tubuh seperti pada kaki, tangan dan siku. Mengkonsumsi buah apel bermanfaat untuk mengurangi pembengkakan yang terjadi.
  3. Mengkontrol tekanan darah
    Ibu hamil biasanya memiliki tingkat emosi yang lebih tinggi dibandingkan sebelum hamil. Untuk menstabilkan tekanan darah, anda dapat mengkonsumsi buah apel.
  4. Mengurangi mual
    Masa kehamilan muda biasanya banyak orang mengalami mual dan muntah, hal ini dikarenakan asam lambungnya meningkat. Untuk mengatasinya anda perlu mengkonsumsi buah apel setiap hari. Buah apel memiliki nutrisi yang baik untuk menurunkan asam lambung, sedangkan rasa asamnya dapat mengurangi rasa mual dan muntah pada perut.
  5. Mencegah kelahiran prematur
    Kelahiran prematur disebabkan ketika ibu mengalami sekresi empedu berlebih sehingga akan mengalami komplikasi. Mengkonsumsi apel hijau setiap hari dapat membantu mengurangi masalah kelahiran prematur karena apel baik untuk kesehatan empedu.
  6. Detoksifikasi racuk
    Apel memiliki antioksidan tinggi yang baik untuk membunuh racun-racun jahat dalam tubuh dan mengurangi radikal bebas.
  7. Mengurangi Asma
    Tidak hanya baik untuk ibu hamil, mengkonsumsi buah apel pada masa kehamilan akan membuat bayi terhindar dari penyakit asma.
  8. Mengurangi resiko stroke
    Apel memiliki banyak kandungan mineral, kandungan mineral didalamnya baik untuk menjaga dan menyehatkan tulang. Dengan begitu ibu hamil akan terhindar dari resiko stroke pada masa kehamilan.
  9. Mengontrol nafsu makan
    Biasanya ibu hamil yang sering mengalami mual akan sulit untuk makan. Padahal pada awal kehamilan, gizi ibu hamil harus selalu stabil untuk menjaga kondisi janin dalam rahim. Konsumsi apel hijau memiliki manfaat untuk meningkatkan nafsu makan.
  10. Meringankan pegal-pegal
    Ibu hamil biasanya akan sering merasakan pegal-pegal dan nyeri, untuk mengatasinya anda dapat mengkonsumsi buah apel hijau untuk meredakan rasa nyeri dan pegal-pegal.
  11. Menyehatkan kulit
    Biasanya ibu hamil akan sedikit malas untuk melakukan perawatan kulit. Tanpa harus melakukan perawatan, anda dapat mengkonsumsi buah apel untuk tetap menjaga kesehatan kuklit tubuh anda tetap sehat dan segar.
  12. Mencegah Dehidrasi
    Salah satu kondisi yang harus dihindari oleh ibu hamil adalah dilarang dehidrasi, karena dapat mengganggu kesehatan dan perkembangan janin dalam rahim. Buah apel memiliki kandungan mineral yang tinggi sehingga sangat baik untuk membantu anda mencegah terjadinya dehidrasi.
  13. Menyehatkan buah dada
    Memiliki buah dada yang sehat menjadi salah satu faktor penting untuk memiliki produksi ASI yang optimal. Buah apel juga berfungsi untuk menjaga kesehatan buah dada.
  14. Menjaga kecantikan
    Kandungan vitamin A dan vitamin E pada buah apel berfungsi juga untuk menjaga kelembaban dan kecantikan kulit. Konsumsi buah apel untuk membuat anda tetap terlihat cantik dan sehat.
  15. Menyehatkan Mata
    Kandungan vitamin A yang lumayan banyak pada buah apel tentu akan berakibat positif pada mata Anda. Hal ini juga akan berakibat baik pada kesehatan mata janin Anda.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan, Kehamilan dan Kecantikan yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..