30 Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan, Kecantikan dan Wanita Hamil yang Perlu Diketahui

Posted on

Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan, Kecantikan dan Wanita Hamil – Brokoli adalah salah satu jenis super food, atau jenis makanan yang memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. Brokoli adalah jenis sayuran berwarna hijau tua dengan bentuk bulat seperti bunga kol karena brokoli masih termasuk dalan suku kubis-kubisan yang berasal dari Laut Tengah.

Pada umumnya, banyak orang mengkonsumsi brokoli dengan cara ditumis atau untuk olahan masakan. Namun, untuk mendapatkan khasiat untuk kesehatan, sebaiknya anda mengolah brokoli dengan cara dikukus atau dijadikan sebagai lalapan.

Brokoli memiliki kandungan kalori rendah yaitu 34 kalori dalam 100gr brokoli. Selain itu brokoli juga memiliki kandungan serat, vitamin, mineral, dan anti oksidan yang tinggi yang baik untuk tubuh. Pro vitamin yang terdapat dalam brokoli seperti beta karoten, alfa karoten, zat xanthin dapat membantu untuk menjaga integritas dari kulit dan selaput lendir. Zat gizi yang terkandung dalam brokoli diantaranya serat, antioksidan, vitamin A, B, C, K, dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Dan berbagai macam nutrisi penting lainnya yang ada pada brokoli.

Manfaat Brokoli untuk Kesehatan

Sebagai super food sudah pasti brokoli memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, berikut ini beberapa manfaat brokoli antaralain:

1. Menjaga Kesehatan Sistem Saraf
Brokoli memiliki kandungan tinggi kalium yang bermanfaat menjaga kesehatan sistem saraf dan mengoptimalkan fungsi otak serta merangsang perkembangan otot.

2. Mengatur Tekanan Darah
Kandungan kalsium dan magnesium pada brokoli berperan untuk membantu mengatur tekanan darah dalam tubuh.

3. Melawan Radikal Bebas
Brokoli tinggi kandungan vitamin C yang diperlukan untuk melawan radikal bebas yang bisa menjadi penyebab tubuh terinfeksi banyak virus penyakit. Selain itu, vitamin C dan antihistamin pada brokoli juga berperan untuk meringankan ketidaknyamanan pada saat flu menyerang.

4. Menjaga Kesehatan Tulang
Kandungan kalsium dan vitamin K yang tinggi pada brokoli membuatnya sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

5. Menjaga Kesehatan Kulit
Brokoli dipercaya dapat membantu dan memperbaiki kerusakan kulit akibat terkena paparan sinar matahari. Hal ini karena brokoli memiliki kandungan glucoraphanin yang membantu memperbaiki kerusakan pada kulit.

6. Menjaga Sistem Kekebalan tubuh
Brokoli tinggi kandungan beta-karoten yang bermanfaat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kandungan seng dan selenium pada brokoli juga merupakan faktor penting untuk menjaga pertahanan kekebalan tubuh.

7. Mencegah Kanker
Brokoli mengandung glucoraphanin, yang didalam tubuh akan diproses menjadi senyawa anti-kanker sulforaphane. Senyawa tersebut berperan untuk mengusir bakteri Helicobacter Pylori atau bakteri yang meningkatkan resiko asam lambung dalam tubuh. Selain itu, brokoli juga juga tinggi antioksidan dan anti-karsinogen yang menghambat pertumbuhan kanker payudara, kanker prostat, kanker serviks serta meningkatkan fungsi hati.

8. Menjaga Kesehatan Mata
Berdasarkan penelitian, brokoli memiliki kandungan karotenoid lutein (pigmen organik) yang bermanfaat mencegah degenerasi makula akibat bertambahnya usia dan katarak. Viatmin A pada brokoli juga juga bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan retina.

9. Menjaga Kesehatan Jantung
Brokoli memiliki kandungan karotenoid lutein yang berperan untuk memperlambat atau mencegah penebalan arteri dalam tubuh sehingga bermanfaat baik untuk melawan penyakit jantung dan stroke. Sedangkan kandungan vitamin B6 dan Asam folat pada brokoli bermanfaat untuk mengurangi aterosklerosis atau radang pada pembuluh darah.

10. Menurunkan Berat Badan
Brokoli tinggi kandungan serat yang dapat mendukung proses penurunan berat badan. Kandungan seratnya yang tinggi membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Selain itu, brokoli juga tinggi mineral dan rendah kalori.

11. Menjaga Sistem Pencernaan
Kandungan seratnya yang tinggi pada brokoli juga mampu menjaga sistem pencernaan berfungsi dengan baik sehingga ampuh untuk mencegah sembelit konstipasi. Selain itu, antioksidannya juga berperan untuk proses detoksifikasi alami yang membersihkan saluran pencernaan pada lambung dan usus.

12. Mencegah Kardiovaskular
Brokoli memiliki kandungan vitamin B6 dan Asam Folat yang baik untuk mencegah penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke. Selain mengkonsumsi brokoli, anda juga dianjurkan untuk melakukan gaya hidup sehat dan olahraga secara teratur.

13. Mengontrol Tekanan Darah
Kandungan kalium dan magnesium pada brokoli yang tinggi, membuatnya menjadi salah satu sayuran yang baik dikonsumsi untuk penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

14. Menjaga Tulang dan Gigi
Kalsium adalah mineral yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain kalsium, brokoli juga memiliki kandungan vitamin K yang baik untuk mencegah osteoporosis.

15. Mencegah Depresi
Brokoli memiliki kandungan asam folat dan vitamin B cukup tinggi sehingga bisa memperbaiki suasana hati dan mencegah depresi.

16. Meningkatkan Kecerdasan
Selain vitamin C dan Vitamin K, brokoli juga memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang baik untuk perkembangan otak. Ketida kandungan tersebut juga membangun kesehatan mental serta meningkatkan memori otak.

17. Menjaga Kadaar Gula Darah
Brokoli memiliki kemampuan untuk mengatur kadar gula darah tetap stabil, sehingga sangat baik untk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

18. Menurunkan Kolesterol
Brokoli memiliki fungsi yang baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan lemak dalam tubuh. Karena itulah brokoli juga sangat baik dikonsumsi untuk program diet.

19. Mencegah Alzheimer
Brokoli bermanfaat juga untuk mencegah penyakit kardiovaskular, serta menjaga sistem saraf dan menjaga fungsi otak. Hal tersebut yang membuat brokoli menjadi salah satu makanan yang baik untuk dikonsumsi untuk mencegah penyakit alzheimer.

20. Mengatasi Asma
Brokoli memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, Vitamin B6 dan berbagai mineral seperti zat besi, kalsium dan serat makanan. Brokoli juga dipercaya memiliki sifat anti-karsinogenik yang bermanfaat baik untuk membantu mengobati penyakit Asma.

21. Sumber Antioksidan
Tidak dipungkiri jika brokoli tinggi akan antioksidan, hal ini karena tingginya kandungan vitamin C yang menjadikannya sebagai antioksidan kuat yang mampu menangkal radikal bebas. Brokoli juga memiliki kandungan flavonoid, karotenoid lutein, beta-karoten dan zeaxanthin yang tinggi, dan semua itu merupakan zat antioksidan yang akan mentralisir efek buruk radikal bebas dalam tubuh.

22. Sebagai Anti-inflamasi
Brokoli juga memiliki kandungan asam lemak omega-3 dan senyawa kaempferol yang kuat, hal tersebut menjadikan brokoli bermanfaat sebagai anti inflamasi dan anti alergi.

23. Mencegah Osteoporosis
Rutin mengonsumsi brokoli baik untuk mengurangi risiko osteoporosis, kandungan kalsium dan vitamin K membantu tulang kamu tetap terjaga.

24. Mencegah Osteoarthritis
Brokoli juga bermanfaat untuk mencegah Osteoarthritis, yaitu degenerasi tulang rawan yang biasanya terjadi pada usia pertengahan keatas. Hal in karena brokoli memiliki kandungan senyawa Sulforaphane, yang dapat menghalangi enzim penyebab kerusakan tulang rawan, dengan cara mencegah terjadinya peradangan.

25. Detoksifikasi
Brokoli memiliki tiga nutrisi penting untuk membantu proses detoksifikasi yaitu glucoraphanin, gluconasturtiian dan glucobariscin. Nutrisi tersebut berperan mengaktifkan, menetralkan, dan menghancurkan zat-zat bersifat beracun dalam tubuh.

26. Mencegah Penuaan Dini
Kandungan antioksidan yang tinggi pada brokoli juga bermanfaat untuk membantu mencegah penuaan dini dan kulit wajag tetap terasa kencang.

27. Melindungi kulit dari Radiasi UV
Brokoli memiliki senyawa sulfophrane yang bermanfaat baik untuk mencegah dan meminimalkan kerusakan kulit akibat radiasi sinar UV.

28. Mencegah Anemia
Brokoli memiliki kandungan zat besi dan asam folat yang bermanfaat untuk mengurangi resiko kekurangan sel darah merah atau anemia.

29. Petumbuhan dan Perkembangan Janin
Brokoli memiliki kandungan folat yang bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan janin dalam rahim.

30. Sebagai Tabir Surya
Mengkonsumsi brokoli dapat mencegah terjadinya penyerapan terhadap sinar UV. Hal tersebut bermanfaat baik agar terhindar dari kerusakan yang disebabkan karena radiasi sinar UV. Hal tersebut karena brokoli memiliki kandungan sulforafane.

Proses memasak brokoli yang paling baik adalah dengan cara dikukus dan hindari untuk memanaskan kembali brokoli yang sudah dingin. Jika brokoli dimasak terlalu lama terlebih dengan cara ditumis, nutrisi brokoli akan banyak yang hilang.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan, Kecantikan dan Wanita Hamil yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..