25 Manfaat Blueberry untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Perlu Diketahui

Posted on

Manfaat Blueberry untuk Kesehatan dan Kecantikan – Blueberry adalah tumbuhan semak berbunga yang berukuran tinggi sekitar 10cm hingga 4 m asli Amerika Utara, yang kini pertumbuhannya banyak menyebar keberbagai tempat. Tanaman ini juga memiliki buah bernama Blueberry, dengan warna muda hijau dan kehitaman ketika telah masak.

Di Amerika buah blueberry dijuluki sebagai buah super dan dijadikan sebagai buah favorit dalam daftar menu harian. Buah dengan warna tajam dan rasa manis ini juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan.

Buah Blueberry memiliki kandungan gizi berupa fosfor, zat besi, kalium, kalsium, seng, mangan, vitamin C, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B3, Vitamin B6, karbohidrat, lemak, Vitamin E serta kandungan senyawa seperti flavonoid, resveratrol, antosianin, proantosianidin, dan tanin. Kandungan nutrisi tersebutlah yang membuat blueberry bermanfaat untuk kesehatan.

Beberapa manfaat blueberry untuk kesehatan antara lain.

Vitamin C
Blueberry tinggi kandungan vitamin C yang berkhasiat untuk kesehatan antaralain:

  • Menangkal serangan virus penyakit
  • Mencegah serangan infeksi saluran kemih
  • Mencegah perkembangan sel kanker
  • Vitamin C bertindak sebagai antioksidan
  • Meningkatkan kolagen
  • Mencegah penuaan dini
  • Mendukung kesehatan gusi

Serat
Serat bermanfaat untuk kesehatan seperti

  • Mengontrol kadar gula darah
  • Mengontrol kolesterol
  • Mengontrol berat badan
  • Mencegah dan mengatasi sembelit

Mineral
Blueberry memiliki beberapa kandungan mineral seperti mangan, tembaga, zay besi, kalium dan zinc yang bermanfaat bagi kesehatan seperti menjaga kesehatan tulang dari resiko tulang mudah patah.

Manfaat Blueberry

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh
Blueberry tinggi kandungan antioksidan dibandingkan dengan buah segar lainnya. Antioksidan memiliki manfaat untuk menguatkan sistem imunitas tubuh dengan menetralisir radikal bebas.

2. Menurunkan Lemak
Blueberry memiliki senyawa polyphenol yang bermanfaat baik untuk membantu menurunkan lemak berlebih disekitar bagian perut serta membantu mengatasi permasalahan metabolisme tubuh. Blueberry sangat cocok untuk dikonsumsi saat anda sedang menjalani program diet.

3. Mencerahkan Penglihatan
Senyawa anthocyanosides pada blueberry diketahui berperan untuk memperlambat penurunan daya penglihatan. Hal ini bermanfaat baik untuk mengatasi masalah penglihatan, mengkonsumsi 3 buah blueberry setiap hari bermanfaat untuk membantu mengurangi turunnya penglihatan di usia lanjut hingga 36%.

4. Menyehatkan Tulang
Buah blueberry memiliki kandungan mangan yang bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Dengan tulang yang sehat maka dapat menghindari resiko tulang keropos atau osteoporosis.

5. Melancarkan Pencernaan
Dalam semangkuk blueberry mengandung serat sebanyak 4% atau 15% dari asupan harian tubuh yang diperlukan. Blueberry memiliki kandungan serat larut yang mampu menyerap hingga 15 kali beratnya sendiri dalam air sehingga hal tersebut mampu meningkatkan cairan keusus dan melancarkan pencernaan.

6. Menguatkan Memori Otak
Kandungan flavonoid dalam blueberry berperan baik untuk mengaktifkan bagian dalam otak yang berperan untuk mengontrol dan memperkuat memori otak.

7. Mencegah Serangan Jantung
Blueberry memiliki kandungan senyawa tinggi yang dapat membantu melebarkan arteri. Pembuluh arteri menyempit yang disebabkan oleh kolesterol dapat berpengaruh besar pada kesehatan jantung. Mengkonsumsi 3 porsi blueberry setiap minggunya berpengaruh baik untuk mengurangi risiko penyakit jantung pada wanita.

8. Melawan Kanker
Blueberry memiliki kandungan senyawa fenolik yang diketahui mampu menghambat proliferasi sel kanker usus besar dan menginduksi apoptosis. Wanita yang sering mengkonsumsi blueberry diketahui mengalami pengurnagan yang signifikan terkait resiko kanker ovarium.

9. Menurunkan Gula Darah
Blueberry memiliki indeks glikemin rendah yang berperan dalam membantu mengatur kadar gula darah terutama bagi para penderita diabetes. Mengkonsumsi 5 buah blueberry setiap hari sangat baik untuk kesehatan.

10. Mencegah Infeksi Saluran Kemih
Mengkonsumsi blueberry juga bermanfaat baik untuk mencegah terjadinya infeksi saluran kemih. Hal ini karena buah bluebrry memiliki sfat anti-bakteri yang mampu menangkal terjadinya infeksi.

11. Menurunkan Tekanan Darah
Blueberry memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini karena blueberry secara alami bebas dari sodium yang penting untuk menurunkan tekanan darah. Selain itu kandungan potassium, kalsium, dan magnesium pada blueberry adalah kombinasi sempurna untuk menurunkan tekanan darah secara alami.

12. Mencegah Penuaan Dini
Kolagen atau sistem pendukung kulit membutuhkan vitamin C sebagai antioksidan yang penting untuk membantu mencegah kerusakan akibat sinar matahari, polusi dan asap penyebab penuaan dini. Untuk mencegah penuaan dini anda dapat mencampurkan blueberry dengan yoghurt dan gunakan sebagai masker wajah selama 30 menit lalu bilas hingga bersih.

13. Mengatasi Keriput Wajah
Kandungan vitamin C pada blueberry mampu meningkatkan kemampuan kolagen untuk menghaluskan kulit keriput pada wajah. Tidak heran jika banyak produk kecantikan menggunakan blueberry sebagai bahan tambahan pembuatan kosmetik.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Manfaat Blueberry untuk Kesehatan dan Kecantikan yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..