Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Perlu Diketahui

Posted on

Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan dan Kecantikan –¬† Selasih adalah tumbuhan terna yang banyak dimanfaatkan pada bagian buah, daun serta bagian bijinya. Biji selasih sering dimanfaatkan bagian bijinya yang digunakan sebagai campuran es. Biji selasih memiliki ukuran kecil seperti biji wijen. Untuk mendapatkan biji selasih untuk campuran minuman, terlebih dahulu biji selasih direndam dengan air sehingga akan muncul selaput putih bening pada bagian pinggirnya.

Biji selasih memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, hal ini karena biji selasih memiliki kandungan 3 jenis bahan aktif yang sudah di kenal yaitu eugenol yang dapat berfungsi sebagai fungisida, tymol yang dapat befungsi sebagai repellent ( penghalau serangga ) dan metal eugenol yang berfungsi sebagai atraktan ( pemikat ) hama lalat buah. Biji selasih juga memiliki kandungan lemak, vitamin, serat dan lainnya.

Manfaat Biji Selasih

1. Bersifat Antioksidan
Biji selasih juga memiliki kandungan antioksidan. Antioksidan memiliki fungsi yang petning dalam tubuh seperti menjaga daya tahan tubuh, mencegah radikal bebas, mencegah tubuh dari serangan penyakit dan mempertahankan kondisi kesehatan tubuh.

2. Bersifat Analgesik
Biji selasih juga memiliki sifat analgesik yang berperan untuk membantu meredakan rasa nyeri yang timbul akibat beberapa masalah penyakit tertentu seperti pusing, migrain, luka luar kulit, atau gejala rematik, stroke, dan penyakit lainnya.

3. Bersifat Antiinflamasi
Biji selasih memiliki sifat anti-inflamasi yang baik untuk membantu mengatasi peradangan atau pembengkakan khususnya pada lambung. Mengkonsumsi biji selasih cocok untuk penderita sakit maag dan mengurangi pembengkakan pada saluran pencernaan lainnya.

4. Melancarkan sistem pencernaan
Biji selasih memiliki kandungan serat yang berperan dalam mengatasi masalah pencernaan. Konsumsi biji selasih ketika mengatasi masalah sembelit, karena jika tidak ditangani dapat menimbulkan penyakit wasit dan penyakit lainnya.

5. Mengembalikan metabolisme tubuh
Mengkonsumsi biji selasih secara rutin juga bermanfaat untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu mengkonsumsi selasih juga akan membuat tubuh menjadi berkeringat sehingga tubuh terasa lebih ringan.

6. Menurunkan Demam
Biji selasih juga memiliki kandungan anti piretik yang bersifat mendinginkan. Hal ini berarti jika mengkonsumsi biji selasih juga dapat membantu untuk mengurangi demam pada suhu tubuh. Selain menurunkan demam, konsumsi selasih juga bermanfaat untuk mengatasi panas dalam dan sakit tenggorokan.

7. Mencegah dan Mengatasi hipertensi
Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat diatasi dengan mengkonsumsi biji selasih. Hal ini karena biji selasih memiliki manfaat untuk membantu melancarkan sirkulasi peredaran darah.

8. Meringankan Batuk
Batuk rejan dapat diatasi dengan mengkonsumsi biji selasih. Anda dapat mengkonsumsi biji selasih yang diseduh dengan air serta beri sedikit daun mint untuk menyegarkan.

9. Menjaga kepadatan tulang
Biji selasih memiliki kandungan kalsium cukup tinggi yang baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Konsumsi biji selasih secara rutin dapat membantu menjada kepadatan tulang dan gigi sehingga dapat terhindar dari osteoporosis.

10. Mengatasi Nyeri sakit gigi
Selain memiliki kandungan kalisum, biji selasih juga bersifat analgesik yang mampu mengatasi masalah nyeri pada sakit gigi. Mengkonsumsi biji selasih bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri dan cenut-cenut yang ditimbulkan karena sakit gigi.

11. Mempercepat penyembuhan luka
Manfaat selanjutnya biji selasih yaitu membantu mempercepat penyembuhan luka luar seperti luka bakar serta mencegah terjadinya infeksi. Mengkonsumsi biji selasih secara berkala dapat membantu mempercepat penyembuhan luka dan lebih cepat sembuh.

12. Mengatasi Insomnia
Biji selasih memiliki sifat yang dapat menenangkan. Mengkonsumsi biji selasih pada malam hari dapat membuat anda terhindar dari masalah insomnia.

13. Melancarkan Sistem Pernafasan
Bagi anda yang memiliki masalah dengan pernapasan seperti sesak nafas dan asma, biji selasih dapat dijadikan salah satu solusi untuk menyembuhkan. Mengkonsumsi bij selasih secara rutin sangat baik untuk menjaga kesehatan paru-paru serta mencegah masalah lain seperti bronkitis.

Manfaat selanjutnya biji selasih

  1. Peluruh keringat
  2. Peluruh kemih
  3. Menurunkan demam
  4. Membersihkan racun
  5. Meredakan kenjang
  6. Menghilangkan rasa sakit
  7. Mengurangi rasa gelisah dan gugup
  8. Mengatasi masalah pencernaa
  9. Merangsang penyerapan nuutrisi
  10. Meningkatkan imunitas dalam tubuh

Manfaat Biji Selasih untuk Kecantikan
Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan, mengkonsumsi biji selasih secara rutin juga bermanfaat untuk menjaga kecantikan. Beberapa manfaat biji selasih untuk kecantikan antara lain:

  1. Menjaga kehalusan kulit wajah
  2. Menghilangkan garis halus
  3. Mengurangi kantung mata
  4. Mencegah timbulnya jerawat
  5. Melembabkan kulit
  6. Sebagai menu alternatif diet
  7. Membantu mengecilkan perut
  8. Baik untuk cemilan ibu hamil

Itulah pembahasan singkat tentang Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan dan Kecantikan yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..