32 Manfaat Beras Merah untuk Berbagai Macam Kesehatan dan Menu Diet Super cepat

Posted on

Beras merah (oryza glaberrima) adalah satu dari 3 jenis beras yang biasa dikonsumsi, kedua jenis lainnya adalah jenis beras putih (oryza sativa) jenis beras yang kita konsumsi sehari-hari dan jenis beras hitam (oryza sativa L. Indica) yang kini telah populer di negara-negara Barat seperti Amerika Serikat.

Beras merah sering dikonsumsi sebagai menu diet untuk membantu menurunkan berat badan serta baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Beras merah menjadi salah satu pokok jenis makanan yang mengandung banyak karbohidrat.

Saat ini banyak masyarakat Indones yang telah menyadari keunggulan dari beras merah dibandingkan dengan beras putih yang dikonsumsinya sehari-hari. Meskipun nasi beras putih cenderung memiliki rasa yang lebih enak dibandingkan dengan nasi beras merah, namun nasi dari beras merah lebih memiliki kandungan zat gizi yang sangat baik untuk tubuh. Simak kandungan apa saja yang ada pada beras merah dibawah ini.

Jumlah Per 100 g
Kalori (kcal) 110
Jumlah Lemak 0,9 g
Lemak jenuh 0,2 g
Lemak tak jenuh ganda 0,3 g
Lemak tak jenuh tunggal 0,3 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 5 mg
Kalium 43 mg
Jumlah Karbohidrat 23 g
Serat pangan 1,8 g
Gula 0,4 g
Protein 2,6 g
Vitamin A0 IU
Vitamin C0 mg
Kalsium10 mg
Zat besi0,4 mg
Vitamin D0 IU
Vitamin B60,1 mg
Vitamin B120 µg
Magnesium43 mg

Manfaat Beras Merah

Selain memberikan rasa kenyang dalam tubuh, beras merah juga memiliki banyak manfaat untuk memelihara kesehatan dan mengatasi berbagai masalah penyakit. Berikut ini manfaat yang bisa anda dapatkan dari beras merah, antara lain :

1. Sumber asupan Energi
Beras merah mengandung karbohidrat yang tinggi sehingga memberikan asupan energi dalam jumlah besar untuk tubuh. Kandungan mangan pada beras merah juga membantu proses pengubahan karbohidrat dan protein menjadi energy. Konsumsi beras merah untuk meningkatkan asupan energi dalam tubuh

2. Menurunkan Berat Badan
Beras merah memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang berfungsi menyuplai energi secara berkala sehingga membuat perut tidak cepat merasa lapar. Rendahnya kalori yang ada pada berat merah juga efektif untuk membanti mencegah perut buncit karena kelebihan kalori. Konsumsi berat merah berdampingan dengan buah apel untuk memberikan efek baik dan menghasilkan bentuk tubuh yang diinginkan.

3. Melancarkan Sistem Pencernaan
Beras merah tinggi akan kandungan serat yang menyehatkan pencernaan dan menghindari munculnya permasalah pada pencernaan. Serat juga sangat baik untuk usus dan membantu melancarkan proses metabolisme tubuh. Konsumsi beras merah untuk menjaga kesehatan jangka panjang.

4. Baik untuk penderita Diabetes
Bagi penderita diabetes, sebaiknya segera beralih untuk mengkonsumsi beras merah karena beras merah mengandung tinggi serat dan rendah kalori dibandingkan dengan konsumsi beras putih biasa yang mengadung kalori dan gula.

5. Menurunkan Kolesterol Jahat (LDL) dan Meningkatkan Kolesterol Baik (HDL)
Beras merah merupakan sumber serat larut yang sangat baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dalam darah. Sedangkan kandungan minyak esensial dalam beras merah diyakini ampuh untuk meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah yang memang diperlukan oleh tubuh.

6. Mencegah penyakit batu Empedu
Jenis makanan tinggi serat selalu dikaitkan ampuh untuk mencegah terjadinya batu empedu. Tingginya kandungan serat pada beras merah membantu proses pencernaan dengan cepat sehingga dapat melarutkan sisa makanan dalam tubuh dan membantu membentuk empedu yang sehat.

7. Menangkal radikal bebas
Beras merah merupakan salah satu sumber antioksidan yang baik untuk tubuh. Kandungan vitamin dan mineral pada beras merah membantu membuang radikal bebas dalam tubuh.

8. Menjaga kesehatan tulang
Magnesium adalah zat selain vitamin D dan kalsium memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kandungan kaslium dan magnesium pada beras merah inilah yang dapat meningkatkan kesehatan tulang dan gigi.

9. Mencegah Kanker
Kandungan Selenium serta polifenol dalam beras merah diyakini dapat mencegah terjadinya kanker usus besar. Kandungan serat dan antioksidan yang tinggi juga memiliki peran untuk menghindari jenis kanker yang disebabkan oleh radikal bebas.

10. Sebagai masker wajah
Beras merah mengandung oryzanol yang dapat membantu memperbaharui pigmen melamin sehingga membuat kulit terlindungi dari paparan sinar mataharii. Gunakan masker beras merah untuk membantu melindungi kulit wajah dari radikal bebas.

11. Sebagai lulur badan
Gunakan masker dari tepung beras merah untuk scrubbing. Scrubbing bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dalam tubuh sehingga kulit mengalami regenerasi.

12. Menjaga kesehatan Jantung
Beras merah mengandung kalium yang baik untuk mengatur detak jantung, beras merah juga dapat mengendalikan kadar kolesterol sehingga akan menjaga kondisi jantung tetap sehat. Kandungan kaliumnya juga dapat melancarkan peredaran darah sehingga jantung dapat berkerja dengan normal.

13. Mengatasi Asma
Asma menimbulkan rasa kesulitan ketika bernafas yang diakibatkan adanya masalah pada saluran pernafasan. Beras merah mengandung magnesium yang dapat membuat saluran pernapasan menjadi lebih baik dan nafas menjadi lebih lega.

14. Cepat menyembuhkan luka
Beras merah memiliki kandungan mineral Zinc yang daoat membantu proses penyembuhan luka dengan cepat.

15. Meningkatkan imunitas tubuh
Kandungan zinc pada beras merah juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sheingga tubuh akan lebih kuat melawan berbagai macam virus yang masuk kedalam tubuh. Konsumsi beras merah untuk membantu melindungi sel tubuh dari berbagai kerusakan.

16. Melindungi Sel Saraf
Beras merah mengandung vitamin B yang berfungsi melindungi sel saraf dan otak , serta meningkatkan fungsi otak secara optimal. Konsumsi beras merah secara rutin agar sel saraf dan otak selalu terlindungi kesehatannya.

17. Mencerahkan Bibir
Untuk mencerahkan bibir dengan beras merah adalah dengan menggunakan air tajin beras merah lalu gunakan sebagai masker bibir. Gunakan secara rutin untuk hasil bibir lebih merah dan lembab.

18. Melembutkan tangan
Pekerjaan rumah biasanya akan menimbulkan kulit tangan menjadi kasar dan tebal. Gunakan masker dari tepung beras merah sebagai scrubbing untuk membantu menghaluskan dan melembutkan tangan.

19. Sebagai Makanan Pendamping ASI (MPASI)
Bubur beras merah baik diberikan untuk anak diatas usia 6 bulan sebagai sumber asupan gizi sempurna makanan pendamping ASI. Beras merah kaya serat sehingga baik untuk pencernaan balita.

20. Melembutkan kulit
Kandungan vitamin B dalam beras merah ampuh untuk melembutkan dan menghaluskan kulit. Cara yang digunakan adalah dengan gunakan air tajin dari beras merah sebagai masker untuk kulit.

21. Melembabkan kulit
Kulit yang buruk dan kering akan membuat tampilan menjadi lebih kusam dan nampak pecah-pecah sehingga menimbulkan sisik pada kulit. Untuk mengatasinya gunakan masker dari beras merah untuk membantu melembabkan kulit.

22. Meremajakan kulit
Zat selenium pada beras merah bermanfaat untuk mempertahankan elastisitas kulit dan mengurangi peradangan pada kulit. Gunakan masker dari beras merah untuk membuat kulit menjadi lebih kencang dan sehat.

23. Masker beras merah untuk menghindari kerutan pada wajah
24. Masker beras merah digunakan sebagai bedak dingin
25. Konsumsi nasi beras merah untuk mengkontrol lemak dalam tubuh
26. Menjaga kesehatan dan kekuatan gigi
27. Mencegah penuaan dini
28. Menghaluskan dan melembutkan kulit
29. Membantu mencerahkan kulit
30. Meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh
31. Mencegah perut buncit
32. Mencegah obesitas

Itulah penjelasan tentang Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan. Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.