50 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit TERUJI EFEKTIF

Posted on

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan – Bawang putih ( Allium sativum ) adalah jenis tanaman dari family Amaryllidaceae dan genus allium yang masih berkerabat dekat dengan bawang merah, bawang daun, bawang bombai dan jenis bawang lainnya. Bawang putih memiliki ciri khas yang dimiliki yaitu umbi berwarna putih dan bau khas yang menyengat.

Bawang putih adalah salah satu bumbu wajib masakan yang harus ada didapur, wanginya yang khas membuat masakan menjadi lezat dan nikmat. Selain digunakan sebagai bumbu wajib masakan, bawang putih juga memiliki segudang manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Bawang putih kaya akan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh.

Nutrisi apa sajakah yang terkandung dalam bawang putih? berikut ini beberapa kandungan yang ada pada bawang putih.

Nilai Kandungan Gizi Bawang Putih Mentah per 100 g (3.5 oz)

Energi 623 kJ (149 kcal)
Karbohidrat 33,06 g
Gula 1.00g
Diet serat 2,1 g
Lemak 0,5 g
Protein 6,39 g
Beta-karoten 5 mg (0%)
Thiamine (Vit. B1) 0,2 mg (15%)
Riboflavin (Vit. B2) 0,11 mg (7%)
Niacin (Vit. B3) 0,7 mg (5%)
Asam pantotenat (B5) 0,596 mg (12%)
Vitamin B6 1,235 mg (95%)
Folat (B9 Vit.) 3 mg (1%)
Vitamin C 31.2 mg (52%)
Kalsium 181 mg (18%)
Zat Besi 1,7 mg (14%)
Magnesium 25 mg (7%)
Fosfor 153 mg (22%)
Kalium 401 mg (9%)
Sodium 17 mg (1%)
Seng 1,16 mg (12%)
Mangan 1,672 mg
Selenium 14.2 mg
Sumber: USDA Nutrient database

Manfaat Bawang Putih

Dari banyaknya kandungan yang ada pada bawang putih, sudah dipastikan bahwa bawnag putih juga memiliki banyak manfaat yang berguna untuk tubuh. Ketahui manfaat yang didapatkan dari konsumsi bawang putih berikut ini :

1. Mencegah perkembangan sel kanker
Bawang putih tinggi akan antioksidan yang sanagt baik untuk mengatasi perkembangan sel-sel kanker. Konsumsi bawang mentah dengan cara dokunyah langsung untuk membunuh sel-sel kanker jahat dalam tubuh.

2. Sebagai Anti-Inflamasi
Bawang putih mengandung antiinflamsi sehingga baik untuk dikonsumsi ketika anda sedang mengalami demam, atau sakit tenggorokan. Kunyah bawang putih secara langsung untuk mengatasi masalah peradangan.

3. Sebagai Anti Bakteri
Bawang putih merupakan anti bakteri yang baik, ketika anda mengalami infeksi pencernaan, campurkan geprekkan bawang putih pada salad untuk membantu melancarkan pencernaan.

4. Menyuburkan Rambut
Kandungan Alicin yang tinggi pada bawang putih efektif untuk mengatasi masalah rambut rontok. Untuk mengatasi kerontokan pada rambut gosokkan bawang putih pada kulit kepala lalu beri pijatan pada rambut untuk mendapatkan hasil maksimal.

5. Mengatasi Jerawat
Bawang putih tinggi akan antioksidan yang mampu membunuh bakteri begitu juga efektif untuk mengatasi jerawat . Cara mengusir jerawat dengan bawang putih yaitu dengan menggosokkan bawang putih pada jerawat diwajah secara perlahan.

6. Mencegah dan Mengobati flu
Antioksidan dalam bawang putih berguna untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Ketika anda flu maka sistem imun dalam tubuh menurun. Konsumsi teh bawang putih untuk meredakan flu dan mencegah munculnya flu.

7. Mengatasi Penyakit Kulit
Bawang putih memiliki kandungan anti-inflamasi yang ampun untuk mengatasi peradangan, seperti juga ampuh untuk mengatasi masalah kulit. Oleskan minyak bawang putih pada bagian kulit yang bermasalah secara rutin hingga kondisi pulih.

8. Kontrol Berat Badan
Rajin mengkonsumsi bawang putih mentah dapat membantu mengkontrol berat badan dengan baik.

9. Mengatasi Keracunan
Antioksidan pada bawang putih mampu mengusir racun dalam tubuh melalui detoksifikasi. Sehingga tubuh akan terhindar dari berbagai macam penyakit.

10. Pereda Nyeri
Bawang putih juga ampuh untuk mengatasi arthritis atau nyeri persendian. Cara yang dilakukan untuk mengatasi masalah arthritis yaitu bubuhkan geprekkan bawang putih pada bagian persendian yang terasa nyeri untuk meredakan nyeri.

11. Menyembuhkan luka serpihan
Bawang putih juga ampuh untuk menyembuhkan luka akibat seroihan kaca atau duri yang menusuk pada kulit. Caranya dengan balutkan bawang putih pada bagian yang terkena serpihan lalu balut dengan bawang putih. Diamkan selama beberapa jam untuk membuat serpihan kaca atau duri keluar dengan sendirinya.

12. Mengatasi gatal karena jamur
Bawang memiliki sifat anti-jamur yang juga ampuh untuk mengatasi gatal pada kaki akibat jamur. Cara yang dilakukan adalah dnegan rendam kaki dalam bak berisi air hangat dan cincangan bawang putih dalam beberapa menit untuk membunuh kuman.

13. Mengusir nyamuk
Masyarakat di India dahulu menggosokkan bawang putih pada kaki dan lengan mereka untuk menghindari gigitan dari nyamuk. selain dengan mengosokkan langsung pada kulit, anda juga dapat membuat larutan dari minyak jeli, lilin lebah dan bawang putih lalu tempatkan pada ruangan sebagai penangkal pengusir nyamuk.

14. Menyembuhkan sariawan
Bawang putih mengandung suplemen yang dapat membantu proses penyembuhan pada sariawan. Sifat anti-inflamasi nya mampu mengurasi rasa sakit dan pembengkakan.

15. Melancarkan peredaran darah
Mengkonsumsi bawang mentah secara rutin dapat membantu melancarkan peredaran darah dan membukan pembuluh darah yang tersumbat.

16. Mengatasi diabetes
Bawang putih bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah, juga berfungsi untuk menjaga jumlah kadar gula dalam darah. Untuk penderita diabetes, cobalan untuk rutin konsumsi bawang putih mentah untuk membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

17. Bagus untuk ibu hamil
Bawang putih juga baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Bawnag putih memiliki peran untuk mengurangi kehamilan pra-eclampsia tau hipertensi saat kehamilan serta membantu meningkatkan berat badan pada bayi dalma kandungan. Kandungan kalsium pada bawang putih dan antibakteri baik untuk kehamilan dan menyehatkan janin.

18. Mengatasi Anemia
Pada penderita Anemia, bawang putih berperan memberikan nutrisi seperti vitamin B1, Vitamin C dan khususnya zat besi yang memang bisa mengurangi penderita anemia mengalami penurunan tekanan darah kambuhan.

19. Mengurangi rematik
Bawang putih mengandung nutrisi seperti natrium dan zink yang memiliki peran penting untuk syaraf, otot dan juga persendian. Kandungan zink pada bawnag putih memiliki peran baik untuk mengurangi rasa sakit karena rematik.

20. Melancarkan pencernaan
Kandungan Alicin pada bawang putih dapat merangsang dinding perut dan usus sehingga melancarkan pencernaan. Untuk anda yang mengalami kontipasi, konsumsi bawang putih untuk membantu melancarkan pencernaan.

21. Mengatasi perut kembung
Senyawa Alicin pada bawang putih juga ampuh untuk meredakan perut nyeri dan perut kembung.

22. Melancarkan pernafasan
Bawang putih juga dipercaya ampuh untuk meredakan pernafasan seperti pad abronkitis dan asma. Senyawa alicin pad abawnag putih memberikan sensasi sedikit tajam pada bagian penciuman dan dapat meredakan radang atau sakit pada paru-paru. Konsumsi bawang putih untuk meredakan masalah pernafasan.

23. Merangsang sel saraf
Bawang putih mengandung senyawa saltivine yang bekerja untuk merangsang susunan sel saraf agar bekerja dengan baik. Jika sel saraf berkerja dengan baik maka anda akan terhindar dari berbagai macam penyakit saraf.

24. Mengatasi kolesterol
Kandungan alicin dan alin pada bawang putih ampuh untuk mengurangi kadar kolesterol tinggi dalam darah. Kolesterol tinggi dapat menyebabkan munculnya beberapa penyakit yang membahayakan seperti penyakit jantung dan darah tinggi.

25. Menyembuhkan flu
Kandungan antibakteri dan anti jamur pada bawang putih mampu dnegan baik menyembuhkan flu dan mencegah anda terserang flu. Konsumsi bawang putih secara rutin untuk terhindar dari penyakit flu.

26. Mengobati sakit gigi
Pada sakit gigi, bawang putih bekerja sebagai anti bakteri dan mampu membunuh ulat penyebab sakit gigi. Pada gigi bolong selipkan potongan bawang putih untuk membunuh ulat penyebab sakit gigi, atau gunakan rebusan bawang putih untuk obat kumur pada sakit gigi.

27. Mengobati wasir
Bawang putih juga baik untuk mengatasi pembengkakan akibat wasir, cara yang dilakukan adalah dengan oleskan bawang putih pada bagian anus yang mengalami wasir. Tunggu beberapa saat dan bilas hingga bersih.

28. Mengobati liver
Bawang putih memiliki antioksidan, allicin dan alin yang ternyata berguna untuk mengobati luka pada organ hati atau liver. Konsumsi bawnag putih untuk mengatasi peradangan pada hati.

29. Mengobati impotensi
Bawang putih mengandung nitrit oksida sintase memiliki sifat afrodisiak dan bisa menyembuhkan para penderita impotensi. Kandugan ini mengatasi lemah syahwat.

30. Meningkatkan metabolisme zat besi
Bawang putih dapat meningkatkan produksi protein ini sehingga membantu menjaga zat besi yang beredar dalam tubuh sesuai dengan kebutuhan.

Manfaat Lain dari konsumsi bawang putih antara lain :

  1. Memperkuat kuku
  2. Mengurangi berat badan
  3. Mengurangi uban
  4. Sebagai anti ketombe
  5. Sebagai anti penuaan
  6. Mengobati kutil
  7. Membersihkan telinga
  8. Meningkatkan kerja otal
  9. Menghilangkan bekas luka
  10. Mengobati masalah tenggorokan
  11. Membantu menghilangkan varises
  12. Mencegah pikun
  13. Menguatkan sistem imunitas
  14. Mencegah atherosklerosis (penyempitan pembuluh arteri )
  15. Mengatasi herpes
  16. Menyembuhkan Diare
  17. Mengobati cacingan
  18. Meredakan stress
  19. Melindungi organ hati
  20. Mengobati malaria

Efek samping utama yang ditimbulkan oleh konsumsi berlebih bawang putih adalah bau badan, rasa mual dan muntah, terutama jika dikonsumsi dalam keadaan mentah.  Itulah penjelasan tentang Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.