32 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Perlu Anda Ketahui Luar Biasa

Posted on

Manfaat Alpukat untuk Kesehatan dan Kecantikan – Alpukat adalah buah yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia, buahnya yang tebal dan rasanya nikmat sering dimanfaatkan sebagai minuman jus oleh banyak orang. Namun berbeda dengan jenis buah lainnya, alpukat memiliki banyak kandungan lemak dan kalori yang lebih daripada umumnya. Meskipun demikian, buah alpukat menjadi salah satu profil nutrisi yang tinggi dan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

Kandungan yang paling mengesankan dari buah alpukat adalah kandungan antioksidan (karetanoid). Berikut ini beberapa kandungan yang ada didalam alpukat, antara lain:

  • alpha-carotene
  • beta-carotene
  • beta-cryptoxanthin
  • chrysanthemaxanthin
  • lutein
  • neochrome
  • neoxanthin
  • violaxanthin
  • zeaxanthin

Alpukat juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, Vitamin A, B, C, E, K &, tembaga, besi, fosfor, magnesium, dan potasium. Protein, dan beberapa phytochemical bermanfaat seperti beta-sitosterol,anti-inflamasi, natrium (sodium), glutathione dan lutein, yang dapat melindungi tubuh terhadap serangan berbagai penyakit.

Manfaat Buah Alpukat

Alpukat memiliki banyak manfaat yang penting untuk kesehatan seperti mencegah berbagai penyakit dan meningkatkan metabolisme tubuh. phytochemical bermanfaat seperti beta-sitosterol, glutathione dan lutein, yang dapat melindungi tubuh terhadap serangan berbagai penyakit. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsi buah alpukat, antara lain:

1. Menjaga Kesehatan Jantung
Alpukat memiliki kandungan vitamin B6 dan asam folat yang bekerja membantu dan mengatur kadar Homocysteine. Kadar Homocysteine yang tinggi sangat berkaitan erat dengan tingginya resiko untuk terkena serangan jantung. Kandungan lainnya seperti vitamin E, glutathione, dan lemak tak jenuh tunggal, yang membantu dalam menjaga kesehatan jantung.

2. Mengontrol Tekanan Darah
Kandungan sumber potassium/kalium yang sangat baik pada buah alpukat bermanfaat baik untuk membantu mengontrol tekanan darah dalam tubuh agar tetap stabil.

3. Sebagai Anti-Inflamasi
Dalam buah alpukat ditemukan senyawa phytonutrisi seperti polifenol dan flavonoid yang memiliki sifat anti-inflamasi yang bermanfaat mengurangi resiko gangguan inflamasi dan degeneratif.

4. Menurunkan kadar kolesterol
Alpukat memiliki kandungan senyawa beta-sitosterol yang terbukti efektif untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

5. Menjaga kesehatan mata
Alpukat merupakan sumber lutein karotenoid yang dipercaya dapat membantu melindungi degenerasi makula dan katarak yang berhubungan dengan usia.

6. Menjaga kadar gula darah
Alpukat sangat baik jika disertakan pada pola diabetes. Lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat bermanfaat untuk mengembalikan resistensi insulin yang membantu mengatur kadar gula. Selain itu, kandungan serat larut dalam alpukat juga bermanfaat untuk menjaga kadar darah tetap stabil.

7. Mencegah cacat lahir
Alpukat kaya kandungan folat, unsur vitamin B yang sering dikenal dengan asam folat. Dalam satu cangkir alpukat mengandung 23% dari nilai harian folat yang direkomendasikan untuk tubuh. Tingginya kandungan folat pada buah alpukat sangat penting untuk mencegah cacat lahir bayi bagi wanita hamil.

8. Mencegah resiko stroke
Kandungan folat yang tinggi pada buah alpukat bermanfaat mencegah terjadinya penyakit stroke. Penelitian menyebutkan bahwa orang yang makan diet kaya folat memiliki resiko lebih rendah untuk terkena serangan stroke.

9. Mencegah Kanker
Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa alpukat juga bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker prostat . Sedangkan kandungan asam folat dalam alpukat juga efektif untuk mencegah kanker payudara.

10. Melawan Radikal Bebas
Buah alpukat memiliki kandungan glutation yaitu sebuah antioksidan kuat yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, sehingga imunitas tubuh tetap terjaga dan juga mengurangi risiko kanker.

11. Mencegah penuaan dini
Alpukat kaya akan kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk melawan gelaja penuaan. Glutathione dalam buah alpukat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperlambat proses penuaan dan mendorong sistem saraf yang sehat.

12. Mengatasi bau mulut
Alpukat merupakan salah satu pencuci mulut alami yaitu sebagai obat bau mulut alami. Alpukat akan bekerja dengan membersihkan usus yang merupakan penyebab utama lidah berlapis dan bau mulut tidak sedap.

13. Meningkatkan penyerapan nutrisi
Mengkonsumsi alpukat dikaitkan proses peningkatan penyerapan gizi oleh tubuh. Dalam sebuah studi menunjukkan ketika terdapat peserta makan salad berisi alpukat mereka menyerap lima kali jumlah karotenois (kelompok nutrisi yang mencakup betakaroten dan lycopene) lebih banyak daripada mereka yang tidak memasukkan buah alpukat pada saladnya.

14. Merawat kulit
Minyak alpukat kerap kali di tambahkan dalam bahan pembuatan kosmetik karena minyak alpukat memiliki kemampuan untuk memelihara kuliy dan membuat kulit menjadi lebih bersinar. Hal tersebut juga membantu dalam mengobati psoriasis, penyakit kulit yang menyebabkan iritasi dan kemerahan pada kulit.

15. Meningkatkan Berat Badan
Dalam 100 Gram daging buah alpukat mengandung 200 kalori. Karena jumlah kalorinya yang tinggi, alpukat menjadi salah satu buah yang baik untuk mereka yang ingin menambah berat badan. Alpukat memiliki kandungan tinggi kalori baik yang sehat sehingga tetap baik untuk kesehatan tubuh.

16. Mengatasi radang sendi dan encok
Radang sendi dan encok adalah salah satu penyakit yang sering menyerang anda yang mulai berumur, Osteoarthritis adalah jenis penyakit yang dapat menyebabkan peradangan sendi dan rasa nyeri. Alpukat memiliki kandungan anti-inflamasi yang menjadi salah satu jenis makanan yang dapat mengurangi rasa sakit akibat radang sendi. Selain itu, alpukat juga memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal, pitosterol dan antioksidan seperti vitamin E, vitamin C dan berbagai zat karotenoid yang dapat membantu dengan mengurangi peradangan yang mengarah ke penyakit arthritis.

17. Menjaga kulit tetap sehat
Alpukat memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kulit tubuh seperti vitamin K, vitamin E, seng, zat besi, tembaga dan lainnya. Nutrisi tersebut berguna untuk menjaga kesehatan kulit. Konsumsi alpukat secara langsung untuk membantu menjaga kesehatan kulit anda.

18. Melembabkan kulit
Kandungan mineral dalam buah alpukat bermanfaat baik untuk anda yang memiliki kulit wajah kering. Kulit yang lembab akan membuat anda lebih terasa segar dan sehat sehingga membaut tampilan anda menjadi lebih cantik. Aplikasikan masker alpukat pada wajah anda secara rutin untuk membuat wajah anda menjadi lebih lembab.

19. Mengurangi Age Spot
Alpukat memiliki kandungan sterolins cukup tinggi yang bermanfaat untuk mengurangi age spot. Selain itu, kandungan sterolins juga bermanfaat untuk membantu mengurangi kerutan pada wajah.

20. Menjaga kekenyalan kulit wajah
Kandungan kalium dan mineral yang ada pada buah alpukat sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Kandungan tersebut akan menjaga ke elastisitas kulit wajah sehingga kulit wajah terhindar dari kerusakan dan wajah akan terlihat lebih kenyal, segar dan lebih muda.

21. Mencegah anemia pada ibu hamil
Pada ibu hamil biasanya sering mengalami kekurangan zat besi sehingga mudah mengalami anemia. Alpukat kaya kandungan zat besi yang sangat baik untuk ibu hami. Mengkonsumsi beberapa potong alpukat setiap hari bermanfaat baik untuk membantu menstabilkan kadar zat besi dalam tubuh.

22. Melancarkan pencernaan pada ibu hamil
Masa kehamilan tua biasanya ibu sering mengalami sembelit. Ibu hamil dapat memanfaatkan buah alpukat, karena alpukat memiliki banyak kandungan serat yang baik untuk pencernaan. Selain itu, alpukat juga berfungsi membantu meningkatkan pergerakan usus lebih baik.

23. Mengatasi kram pada ibu hamil
Masalah umum yang sering terjadi pada ibu hamil adalah sering mengalami kram pada kaki. Mengkonsumsi buah-buahan seperti alpukat pada saat hamil akan membantu mendapatkan potasium untuk membantu mengurangi kram.

24. Mencegah peradangan
Alpukat memiliki nutrisi yang bermanfaat untuk membantu dan mencegah peradangan. Hal tersebut sering dimanfaatkan untuk mencegah munculnya resiko yang berkaitan dengan munculnya peradangan pada tubuh.

25. Mengatasi sariawan
Manfaat selanjutnya dari buah alpukat adalah untuk mengatasi sariawan, caranya dengan ambil daging alpukat lalu lumatkan dan beri 2 sendok madu, aduk dan oleskan pada bagian sariawan. Gunakan secara rutin hingga sariawan sembuh.

26. Mengurangi resiko Alzheimer
Alpukat menjadi salah satu jenis makanan yang sehat dan baik untuk otak, sehingga ampuh untuk membantu mengurangi risiko Alzheimer. Kandungan omega 3 dan viatmin E alami pada alpukat terbukti klinis mampu menghentikan laju penyakit Alzheimer bahkan dapat mengembalikan ke tahap sangat awal dan menyembuhkan.

27. Mengobati sakit gigi
Sakit gigi berlubang dapat disembuhkan dengan menggunakan biji alpukat. Ambil sedikit biji alpukat lalu masukkan kedalam gigi yang berlubang atau anda juga dapat menggunakan kapas yang telah diberi tumbukan biji alpukat.

28. Bengkak karena peradangan
Untuk mengatasi bengkak karena peradangan anda dapat menggunakan biji alpukat yang telah di keringkan lalu ditumbuk halus hingga menjadi bubuk. Setelah itu, ambil sebagian dari bubuh alpukat dan beri sedikit air hingga menjadi pasta dan oleskan pada bagian yang bengkak.

29. Mengilaukan rambut
Alpukat memiliki kandungan antioksidan serta kandungan senyawa didalam buahnya. Hal tersebut menjadikan buah alpukat mampu mengembalikan kilau rambut yang hilang akibat rambut rusak. Untuk membuat rambut kembali berkilau dengan alpukat adalah dengan menggunakan alpukat sebagai masker untuk rambut anda.

30. Memperkuat akar rambut
Rambut rontok menandakan bahwa kondisi kesehatan rambut dalam keadaan rendah. Untuk mengembalikan kekuatan rambut anda dapat menggunakan masker dari buah alpukat agar rambut menjadi lebih kuat.

31. Mengatasi rambut rontok
Rambut rontok dapat mengurangi kepercayaan diri, untuk mengurangi dan mengatasi rambut rontok anda dapat menggunakan masker buah alpukat untuk memperkuat akar rambut sehingga kerontokkan rambut akan terkurangi.

32. Mengatasi rambut kering
Rambut kering akan membuat tampilan anda menjadi lusuh dan lepek sehingga kepercayaan diri anda akan berkurang. Untuk mengatasi masalah rambut kering, gunakan masker alpukat pada rambut untuk mengatasi rambut kering.

Itulah penjelasan tentang Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan dan Kecantikan . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.