20 Manfaat Akar Wangi untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Perlu di Ketahui

Posted on

Manfaat Akar Wangi untuk Kesehatan dan Kecantikan – Akar Wangi adalah jenis rumput berasal dari India yang dapat tumbuh sepanjang tahun dan dikenal sejak lama sebagai aroma wangi-wangian. Rumput akar wangi banyak tumbuh didaerah dengan iklmim tropis dan cenderung kering. Aroma wangi tananam ini berasal dari kandungan minyak atsiri yang ada pada bgaian akarnya. Hal ini yang menyebabkan banyak orang pada dahulu kala memanfaatkan akar wangi kering sebagai pengharum lemari pakaian atau barang-barang penting.

Selain dimanfaatkan untuk wangi-wangian, tanaman akar wangi juga sering dimanfaatkan sebagai tanaman herbal untuk mengobati berbagai masalah kesehatan. Hal ini karena akar wangi memiliki kandungan senyawa karbonil,minyat atsiri, ester, vetiverols, seskuiterpen, dan seskuiterpen derivatif yang berfungsi sebagai konstituen utama.

Manfaat Akar Wangi

Berikut ini beberapa manfaat yang didapatkan dari akar wangi, antara lain

1. Mengatasi Rematik
Rematik berhubungan dengan persendian dan asam urat, sehingga harus segera diatasi sebelum kondisinya memburuk. Salah satu cara herbal yang ampuh untuk mengatasi rematik adalah dengan menggunakan akar wangi. Cara mengobati rematik dengan akar wangi adalah dengan menggosokkan akar wangi pada bagian persensian yang sakit, Disarankan untuk menggunakan cara ini secara rutin untuk mengatasi rematik.

2. Mengatasi Bau Mulut
Anda yang memiliki masalah bau mulut dapat mengatasinya dengan menggunakan akar wangi. Caranya yaitu dengan merebus akar wangi dengan daun sirih, daun pegagan, dan kapulaga. Rebus semua bahan hingga mendidih dan gunakan ramuan tersebut sebagai obat kumur untuk membasmi masalah bau mulut.

3. Mempercepat Penyembuhan Luka
Akar wangi memiliki kandungan yang dapat mempercepat penyembuhan luka luar dan menghentikan pendarahan berlebih. Caranya yaitu dengan menumbuk halus akar wangi lalu balutkan pada luka lalu berikan perban agar penyembuhannya lebih cepat.

4. Mengatasi Ketombe
Masalah ketombe memang menjadi masalah yang menjengkelkan, karena menyembabkan kulit kepala menjadi tidak nyaman. Untuk mengatasi masalah ketombe anda dapat menggunakan akar wangi. Caranya yaitu dengan menggosokkan tumbukkan akar wangi pada kulit kepala langsung secara rutin sebelum mandi.

5. Mengobati Demam
Demam adalah bentuk perlawanan bakteri pada tubuh khususnya jika itu terjadi pada anak-anak. Namun demam dapat diturunkan dengan cepat, salah satunya adalah dengan akar wangi.

6. Mengatasi Batu Ginjal
Masalah batu ginjal dapat membahayakan kondisi kesehatan dan harus segera diatasi. Cara herbal untuk mengatasi masalah batu ginjal dapat menggunakan akar wangi. Kandungan pada akar wangi memiliki manfaat untuk memecah batu ginjal dan keluar melalui urin. Cara mengatasi batu ginjal dengan akar wangi yaitu dengan rebusan akar wangi dan konsumsi secara rutin.

7.  Mengatasi Bengkak
Akar wangi juga bermanfaat untuk mengobati pembengkakan pada bagian luar. Caranya yaitu dengan menggosok-gosokkan akar tersebut pada bengkak yang ada pada tubuh. Lakukanlah sampai bengkaknya perlahan-lahan mulai hilang.

8. Mengatasi Pegal
Manfaat selanjutnya dari akar wangi adalah untuk mengatasi pegal-pegal. Kandungan dalam akar ini mampu mengatasi pegal linu caranya mudah, gosok-gosokkan hasil tumbukan akar tersebut kebagian tubuh yang pegal linu. Anda juga dapat mengkombinasikan dengan teknik urut, pijat dan sebagainya agar khasiatnya lebih terasa.

9. Mencegah terjadinya iritasi pada jerawat
10. Mencegah tekanan darah tinggi(Hipertensi) karena ampuh untuk melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh.
11. Mengurangi rasa cape dan pegal linu pada tubuh
12. Menjaga dan memperbaiki sistem saraf yang rusak
13. Memperlancar keluarnya keringat yang cocok untuk mengatasi meriang
14. Mempercepat penyembuhan luka khusus yang di sebabkan oleh gigitan atau sengatan hewan.
15. Bersifat diuretik yang ampuh untuk menurunkan demam atau panas.
16. Membantu menghilangkan kutu rambut

Manfaat lain akar wangi

17. Sebagai pengharum lemari alami
18. Membasmi rayap
19. Membunuh serangga parasit
20. Sebagai parfum Alami

Demikianlah pembahasan singkat tentang Manfaat Akar Wangi untuk Kesehatan dan Kecantikan yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..