Manfaat Akar Pepaya untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya dengan Benar

Posted on

Manfaat Akar Pepaya untuk Kesehatan – Tidak hanya bagian buahnya saja yang memiliki manfaat untuk kesehatan, pada bagian akar pepaya juga ternyata memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Namun, tidak banyak masyarakat yang mengetahui manfaat yang bisa didapatkan dari akar pepaya. Tanaman pepaya banyak tumbuh dimanapun tempatnya, sehingga kita dapat dengan mudah menemukan tumbuhan pepaya.

Akar pepaya memiliki kandungan yang sangat beragam seperti Papain, Fitokinase, Karpain, kalsium Maleat, Asam Malat, Glikosida Sianogenetik, Kimopapain dan lainnya. Akar pepaya memiliki berbagai kandungan gizi yang dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan dan mengatasi beragam jenis penyakit. Seperti beberapa manfaat dibawah ini.

Manfaat Akar Pepaya

1. Menyembuhkan masalah pada kandung kemih
Masalah kesehayan kandung kemih dapat diatasi dengan menggunakan ramuan herbal dari akar pepaya. Caranya yaitu dengan menyiapkan 10 gram akar pepaya yang sudah kering dan dipotong kecil, Air putih 100 ml, 3 siung bawang putih dipotong kecil. Caranya dengan rebus akar pepaya hingga kadar airnya menyusut setengahnya, setelah itu masukkan bawang putih. Tunggu hingga dingin dan minum ramuan tersebut 2x sehari.

2. Mengobati rematik
Penyakit rematik menyebabkan rasa tidak nyaman pada persendian akibat terjadinya peradangan. Penyakit rematik dapat diatasi dengan rutin mengkonsumsi ramuan dari akar pepaya. Caranya dengan menyiapkan akar pepaya sebanyak 30 gram, Daun sambiloto 20 gram, Jeruk nipis 20 gram, Daun ketapang china 15 gram, Daun sirih 30 gram, Cabe rawit 6 buah, Caranya Tumbukl akar pepaya yang sudah disiapkan sampai halus Iris kecil bahan lainnya Kemudian rendamlah semua bahan dengan menggunakan alkohol 75% sampai 1 minggu lamanya. Setelah satu minggu kemudian peras air dari rendaman tadi dan urutkan pada bagian tubuh yang mengalami sakit akibat penyakit rematik yang diderita Lakukan pengurutan secara rutin sebanyak 3 kali sehari dan ketika anda mengalami sakit rematik kambuh untuk hasil lebih optimal.

3. Mengobati penyakit ginjal
Masalah penyakit ginjal menjadi salah satu masalah yang berbahaya bagi tubuh, hal ini karena ginjal merupakan organ yang memiliki peranan penting dalam tubuh untuk menyaring racund an zat berbahaya lainnya. Untuk mengobati masalha ginjal, anda dapat menggunakan herbal dari akar pepaya, yaitu dengan menyiapkan Akar pepaya 20 gram, Akar alang-alang 20 gram, Kumis kucing 10 gram, Air putih 700 ml.Rebus semua bahan hingga kadar air menyusut setengahnya dan konsumsi selagi hangat 2x sehari.

4. Mengobati Cacingan
Penyakit cacingan biasanya sering diderita anak-anak yang disebabkan karena sering bermain ditempat kotor. Penyakit cacingan dapat menyebabkan pertumbuhan pada anak menjadi terganggu sehingga harus segera diatasi. Salah satunya adalah dengan menggunakan akar pepaya. Cara mengobati cacingan dengan akar pepaya adalah dengan menyiapkan Akar pepaya 15 gram Bawang putih ½ gram Air 100 ml, caranya rebus semua bahan hingga mendidih dan menyusut menjadi setengahnya, biarkan hingga hangat dan beri madu sebagai pemanis.

5. Mengatasi Ambeien dan kolesterol
Manfaat selanjutnya dari akar pepaya yaitu untuk membantu mengobati penyakit ambeien dan kolesterol. Caranya dengan siapkan 1 genggam akar pepaya, 2 genggam daun sambiloto,sedikit kapur sirih dan 2 ruas rimpang temulawak. Cuci dan tumbuk kasar lalu rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih, ssaring dan minum selagi hangat dengan porsi satu gelas sekali minum.

6. Menyembuhkan Diare
Suatu penelitian menyebutkan bahwa pada akar pepaya memiliki kandungan zat yang dapat menyembuhkan diare. Cukup konsumsi rebusan akar pepaya secara rutin hingga diare membaik serta imbangi dengan pola makan yang baik pula.

7. Mengatasi gejala panas dalam
Gejala panas dalam tidak akan membuat nyaman, terutama pada bagian mulut, tenggorokan dan sistem pencernaan. Anda dapat mengatasi gejala panas dalam dengan menggunakan ramuan dari akar pepaya. Konsumsi rebusan akar pepaya untuk membantu menyembuhkan panas dalam.

8. Meningkatkan kejantanan pria
Rebusan akar pepaya dapat meningkatkan kejantanan pria, karena dalam akar pepaya terdapat senyawa alkaloid karpain, sebagai bahan aktif yang menggerakkan aktivitas jantung, mengurangi tekanan dalam pembuluh darah, mengurangi frekuensi urat nadi, penekan pada sistem saraf pusat.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Manfaat Akar Pepaya untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..